Menu Tutup

Tips cara membuat blog agar cepat menghasilkan uang

Pada tutorial blogger kali ini saya hanya akan membahas tentang bagaimana cara membuat blog agar menghasilkan uang dan memiliki kesempatan besar untuk cepat mejadi blog yang sukses.

Jadi bukan soal bagaiman cara membuat blog , menginstal dan lain lain. Tetapi lebih kepada bagian yang terpenting dari sebuah blog.

Yaitu bagaimana cara membuat blog agar lebih cepat naik dan banyak dikunjungi orang. Dan pastinya kalau sudah banyak pengunjung bisa di sebut sukses dan menghasilkan uang.

Tutorial blogger ini merupakan untuk blogger pemula. Jadi lebih di khususkan bagi yang memang benar benar baru mau mencoba membuat blog.

Dan perlu di ketahui, bahwa membuat blog bukan cara cepat menjadikan anda banyak uang. Tapi juga memungkinkan Anda menjadi punya penghasilan karena sebuah blog.

Karena memang sudah banyak blogger yang sudah sukses dan mendapatkan uang dari website mereka dan menjadi sumber kehidupanya.

Jadi kalau kamu baru memulai, yakinlah bahwa kamu juga bisa membuat blog agar cepat menghasilkan. Yang nantinya bisa menjadi sumber pendapatan utamamu.

Untuk cara membuatnya saya sudah bahas pada tulisan sebelumnya. jadi silahkan di baca dulu

Langkah terpenting membuat blog

Pikirkan, apa tujuan membuat blog.

Ini adalah hal terpenting ketika seseorang berniat membuat blog. Pikirkanlah tujuanya apakah hanya untuk iseng, apakah hanya untuk tempat curhat.

Apakah memang kedepanya untuk tujuan bisnis, apakah nantinya supaya blog benar benar menghasilkan uang, atau hanya sekedar penasara karena ingin bisa aja.

Hanya sekedar penasaran? lebih baik urungkan niatmu membuat blog! Karena nantinya kamu akan menyesal.

Ini murni pengalaman saya. Saya belajar ngeblog secara otodidak sejak sekitar 10 tahun lalu. Hanya belajar dari internet. Tanpa sklill, tanpa tahu coding

Saya suka membaca blog orang, ketika saya membutuhkan sesuatu atau informasi. Disitu saya mulai ingin mencoba bagaimana cara membuat blog. Kok orang lain bisa buat begini? gimana caranya sih? Seperti itulah

Pertama membuat blog saya menggunakan platform blogger. Tanpa tujuan, hanya karena penasaran pengin bisa bahkan tidak tahu kalau blog biasa ( bukan toko online)  bisa menghasilkan uang.

Sedikit sedikit mulai mengerti, mulai paham, namun tidak tahu apa yang akan saya tulis.  Jadi seumur umur hanya senang ngotak atik tampilanya, tanpa membuat konten. Inilah kesalahan besar.

Jadi pikirkanlah matang matang tujuanya agar kedepanya kita fokus, blognya mau jadi apa, mau menghasilkan apa. Itu sangat penting, dan akan memberi semangat untuk menulis konten pada blog.

Tentukan jenis blog

Masih berhubungan dengan poin di atas. Jenis blog itu macam macam, kembali kepada tujuanya. Misalkan jika kita mempunyai produk untuk di jual, mungkin kita akan membuat toko online.

Yang nantinya tetap ada blognya yang bisa di gunakan secara khusus membahas produk tersebut ataupun membuat artikel lainya.

Jika kita memiliki banyak pengetahuan pada satu atau banyak bidang tertentu, kita bisa membuat blog tutorial. Pada blog tersebut nantinya berisi konten berbagi ilmu pengetahuan yang kita miliki.

Untuk memilih topiknya, sesuaikan dengan misalkan bakat, minat, hobby, pekerjaan atau apapun yang paling kita sukai.

Tujuanya agar kita tetap semangat menulis karena sesuai kesukaan kita. Logikanya kita tidak mungkin membahas sesuatu yang tidak kita minati. Jadi tidak perlu  mengikut trend blog orang lain apalagi blog tersebut sudah sukses.

Kecuali kita bisa membuat lebih baik dari itu, bisa membuat konten lebih bagus, lebih lengkap dan bisa menyampaikan dengan cara berbeda.

Gunakan juga tool riset kata kunci untuk mencari topik niche blog yang bagus dan lebih bernilai. Lalu kombinasikan dengan kesukaan yang di minati

Membuat konten blog

Buatlah artikel yang baik sesuai topik , semenarik mungkin, dengan alur yang mudah di pahami pembaca dari awal hingga akhir. Tidak mengulang ulang kalimat pembahasan dalam satu artikel.

Buatlah agar pembaca senang membacanya, betah berlama lama ada di blog kita, dan berpotensi menjadi pembaca setia blog kita.

Sampaikan apa yang di bahas dengan jelas, singkat dan padat. Jangan bertele tele hanya karena ingin tulisanya lebih panjang. Lebih baik pendek, tapi mudah di mengerti.

Jangan tersega gesa karena ingin cepat banyak artikel, tapi pelan pelan utamakan kualitasnya. Jika belum selesai, simpan dulu dan lanjutkan kapanpun hingga menemukan kalimat yang bagus.

Buatlah judul yang menarik , agar seseorang tertarik untuk mengklik. Selipkan  kata kunci yang maksimal di setiap artikel, dengan menggunakan kalimat kalimat yang berbeda. Namun tetap menjadi alur sebuah cerita yang rapih.

Perjelas artikel secara visual, yaitu dengan menambahkan gambar supaya saling mendukung  supaya lebih mudah di pahami pesan yang di sampaikan.

Bayangkan jika kita adalah pengunjung yang membacanya. Pengunjung yang sedang mencari sesuatu pada blog kita. Apa yang di inginkan pembaca

Itulah "desain" dan isi tulisan yang harus anda tulis. Apa yang bisa bermanfaat untuk para visitor blog kita nantinya. Terbitkan tulisan anda jika dirasa sudah cukup baik.

Desain tampilan blog

Pilihlah template yang menarik, mudah di gunakan dan tentunya kita juga suka. Banyak tersedia ribuan template gratis.

Buatlah tombol tombol navigasi untuk memudahkan pencarian pengunjung. Bukan tombol navigasi yang membingungkan.

Atur tampilan sebaik mungkin, mudah di gunakan dan mudah di temukan pengunjung blog. Istilahnya user friendly  gitu lah. Agar pengunjung betah di blog kita.

Terkadang kita membaca blog, mencari sesuatu  yang ingi di baca namun sulit. Akhirnya kita malas, dan cepat cepat meninggalkan blog dan pindah ke blog lain. Ini sangat di sayangkan. Begitu juga ketika isi konten yang susah di pahami.

Seo

Seo secara singkat adalah optimasi pencarian di mesin pencari. Jadi intinya bagaimana agar tulisan kita mudah di temukan di mesin pencari. Misal seperti google search, bing yahoo dan lain lainya.

4 point di atas sebenarnya sudah bagian dari seo. Seo penting untuk kebutuhan mesin pencari, tapi lebih penting lagi artikel kita untuk kebutuhan pembaca.

Karena percuma saja jika tulisan kita mudah di temukan di mesin pencari, tetapi pengunjung hanya membuka sebentar lalu cepat meninggalkanya.

Mungkin karena alasan susah memahami, menganggap bukan informasi yang akurat atau bermacam alasan lainya.

Seo hanya menunjang saja. Yang terpenting kualitas dan manfaat tulisan kita. Jadi jangan pusing pikirkan bagaimana mudah di temukan di mesin pencari.

Tidak perlu juga pusing mikir agar menjadi no 1 di mesin pencari sebelum artikel yang kita buat bermanfaat buat orang lain

Daftarkan situs kita di webmaster tool. Baik di google, bing , yahoo. Kirimkan sitemap xml ke mesin pencari menggunakan webmaster tool. Gunanya agar tulisan kita terindex di mesin pencari. Atau bisa langsung submit url artikel untuk Google Search

Jika menggunakan wordpress, disarankan menggunakan plugins yoast seo untuk membantu optimasi . Untuk blogger juga bisa

Mungkin kamu tertarik baca :

Mempromosikan situs untuk menarik pengunjung.

Banyak cara untuk menemukan pengunjung agar sering berkunjung ke blog kita. Misalkan melakukan promosi, membagikan artikel ke media sosial dan lain lain.

Bagikan juga di goup group yang sesuai dengan topik blog kita. Tapi jangan asal membagikan di group. Setidaknya kita aktif di group tersebut, bekomentar dan membalas komentar, beramah tamah, update dan lain lain.

Jadi bukan dengan gabung ke group lantas kita hanya membagikan url blog kita seenaknya. Dipastikan kita di anggap nyepam kemudian kita di tendang dari group.

Ini sangat di sayangkan. Tapi bagikan tulisan kita jika memang di group sedang membahas mirip dengan salah satu artikel kita.

Monetisasi

Jika pengunjung kita rame, baru kita memikirkan bagaimana cara menghasilkan uang dari blog yang kita buat.

Jika sebuah toko online, tentu kita sudah dapat penghasilan dari produk yang kita jual. Tapi jika dari blog, mungkin kita bisa menjadi publisher. Kembali lagi kepada tujuan awal membuat blog.

Beberapa cara untuk menjadi publisher misalnya google adsense yang paling umum. Atau bisa langsung dengan calon pengiklan. Ini lebih baik dan menguntungkan.

Kesimpulan :

Yang saya sampaikan diatas merupakan gambaran secara garis besar saja. Ke 7 point di atas masih memiliki banyak perincianya.

Misalkan bagaimana cara memilih topik blog yang bagus. Yang memungkinkan bisa cepat booming. Atau misalkan bagaimana cara membuat konten berkualitas. Bagaimana standar dari kualitas konten. Ini memang masih perlu pembahasan lebih jauh.

Cara merubah tampilan blog yang baik, cara menempatkan navigasi agar memudahkan visitor , ini juga masih perlu di bahas lebih lanjut.

Tetapi dari semua point di atas, yang terpenting adalah bagaimana cara membuat konten yang baik, yang bisa bermanfaat bagi banyak orang.

Dengan asumsi blognya sudah jadi. Jadi yang lain jangan pikirkan dulu. Karena konten benar benar nomor 1

Bukan tampilan, bukan seo tapi tapi tulisan kita lah yang di nilai oleh pengunjung, yang berujung kepada seo.

Ok saya rasa cukup itu dulu tutorial blogger secara garis besarnya. Jadi jika ada beberapa yang tidak di pahami silahkan tulis di komentar saja.

Rating

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

cerita cinta

Punya uneg uneg tentang Cintamu? Yuk berbagi disini tentang cerita kisah cintamu. Tuliskan cerita dan pengalaman perjalanan cintamu yang tak terlupakan, kisah cinta yang mengharukan, ataupun kisah cintamu yang paling gokil

Caranya mudah:

Kamu bisa menulis langsung di blog ini

     

Mengirimkan tulisan lewat email

info@dunia1001.net

Kita tidak tahu kapan kekasih sejati itu datang...Tapi orang bilang kalau jodoh itu adalah sesuatu yang bisa datang tanpa disengaja