Menu Tutup

Cara redirect website dan auto redirect url otomatis

redirect url otomatis-2

Kali ini saya ingin berbagi bagaimana cara redirect website di cpanel, redirect dari blog lama ke blog baru dan semua redirect semua url dalam satu blog tanpa ada masalah di mesin pencari

Cara redirect website dari domain satu ke domain lainya, maupun redirect url yang menggunakan cpanel, sebenarnya sudah banyak yang membahas.Tapi disini saya tetap akan membahas secara singkat saja.

Tapi untuk meredirect secara otomatis semua jenis url baik 301, 302, 404 not found atau tidak di temukan mungkin belum banyak yang membahas.

Dengan redirect otomatis ini kita tidak perlu takut kehilangan trafik. Menurut pengalaman saya menghapus slug karena terlalu panjang, bahkan menghapus artikel sekalipun tidak terjadi error, tidak ada not found 404 di Google Console.

Saya juga belum tahu auto redirect atau redirect otomatis ini bagus apa tidak di mesin pencari, mengurangi seo atau tidak.

Tapi semuanya akan saya jelaskan di bawah, apa kelebihan dan kekurangan menggunakan redirect url otomatis ini. Tapi sampai saat ini apa yang saya lakukan masih normal dan aman aman saja.

Cara Redirect Website di Cpanel

Langkah pertama untuk melakukan redirect domain dari website satu ke website yang lainya kita login dahulu ke Cpanel. Begitu juga juga jika ingin meredirect url satu persatu secara manual.

cara redirect website

Login dan temukan menu Redirect di cpanel

Seperti tampak pada di atas yang merupakan tampilan utama Cpanel. Anda bisa mencari menu redirect menggunakan kolom pencarian.

Hinga muncul menu redirect yang tampak seperti pada gambar berikut ini. Klik menu tersebut hingga akan membawa Anda ke halaman baru.

redirect website-5

Keterangan :

  1. Tulisakna Redirect di kolom pencarian
  2. Memunculkan menu Redirect

Pada halaman baru akan muncul tampilan seperti beikut. Disini Anda tinggal memilih apa yang akan di redirect. Apakah akan redirect alamat website ke website yang lain, atau hanya redirect url konten blog ke url yang lainya.

redirect website-1

Anda tinggal mengisi dan menuliskanya pada kolom yang tersedia dengan keterangan sebagai berikut:

  1. Pilih jenis redirect yang di inginkan. 301 untuk redirect permanen atau 302 untuk redirect sementara
  2. Pilih website yang akan di redirect
  3. Jika yang di redirect sebuah url konten, halaman, taxonomi dan lain lain maka isikan urlnya di sini. Contoh ful url https://www.dunia1001.net/cara-redirect-website-dengan-mudah/. Cukup tuliskan yang saya tandai warna merah saja. Tapi jika domain website yang akan di redirect, maka biarkan saja kosong
  4. Url tujuan redirect. Di piont ini harus di tuliskan penuh dengan alamat domainya. Misalnya, https://www.dunia1001.net/cara-redirect-website/
  5. Pada point ini Anda harus memulih sala satu sesuai kebutuhan. Defaultnya akan seperti pada gambar di atas yaitu pada posisi tengah Redirect with or without www. Saya biasanya membiarkan settingan defaultnya saja. Kemudian klik tombol berwarna biru

Cara menghapus redirect di Cpanel

Jika suatu saat nanti Anda ingin menghapus kembali rediret blog, website ataupun url Anda tinggal scrol ke bawah masih pada halaman yang sama.

Karena hasil redirect yang sudah Anda buat akan muncul pada bagian bawah di halaman yang sama. Lihat gambar berikut.

redirect website-2

Keterangan:

  1. Domain asal yang di redirect
  2. Url asal yang di redirect
  3. Url tujuan redirect atau pengalihan
  4. Jenis pengalihan/ redirect misal 301 atau 302
  5. Delete yaitu untuk menghapus dan membatalkan pengalihan url/ redirect

Cara Redirect Url otomatis

Ini sebenarnya bagian utama pada tulisan kalin ini yang ingin saya jelaskan lebih jauh. Ya mungkin diantara Anda sudah banyak yang tahu bahkan menggunakanya.

Redirect url secara otomatis ini hanya untuk internal website,atau url di dalam satu website dan khusus untuk wordpress saja.

Url yang bisa di redirect otomatis

Semua url support untuk di redirect. Misalnya kita akan meredirect url 301, 302 seperti yang bisa kita lakukan menggunakan cpanel.

Bahkan url 404 yang tidak di temukan sekalipun bisa kita redirect otomatis menggunakan cara ini.

Kita tahu bahwa url 404 atu tidak di temukan sangat berpengaruh buruk bagi seo di mesin pencari, juga buruk bagi visitor yang akhirnya akan menurunkan trafik maupun Domain Authority ( DA )

Url 404 bisa terjadi karena kita mengubah slug url, atau bisa saja karena kita sengaja atau tidak sengaja menghapus konten artikel website

Langkah langkah membuat redirect otomatis

Sebelum membuat redirect otomatis pada website, kita akan membutuhkan plugin redirect otomatis atau auto redirect yaitu WP 404 Auto Redirect to Similar Post

Download plugin auto redirect tersebut, dan silahkan tempatkan di folder plugins di cpanel. Atau Anda bisa langsung tambah plugin melalui Dashboard WordPress.

redirect url otomatis-2

Setelah di extract dan di instal, Anda langsung aktifkan saja dan masuk ke menu setting. Sebenarnya membiarkan secara default juga tidak apa apa. Karena kita tidak perlu settingan rumit.

Namun jika Anda membuka settingan akan terlihat seperti pada gambar berikut. Jika settingan tidak sama dengan gambar, Anda bisa menyamakan pengaturan seperti gambar ini.

redirect url otomatis

Keterngan :

  1. Secara default pengalihan url otomatis akan mengarah ke beranda/ homepage jika tidak menemukan postingan yang mirip. Jadi silahkan setting disini jika ingin tujuan defaul redirect otomatisnya berbeda.
  2. Pilih jenis redirectnya mau pengalihan jenis 301 atu 302
  3. Pilih jenis post, halaman, media, produk dan lain lain yang tidak ingin di masukan ke redirect otomatis. Ingat ya yang Tidak akan di alihkan otomatis. Jika ingin semua url di masukan pengalihan otomatis, maka biarkan saja apa adanya

Artikel Terkait :

Test Redirect Otomatis

Setelah Anda melakukan pengaturan seperti gambar di atas, Anda bisa langsung mencoba plugin ini dengan melakukan test pada halaman setting pada bagian bawah.

Lihat gambar berikut :

redirect url otomatis-1

Seperti tampak pada gambar, Redirection Preview. Untuk mencobanya, Anda bisa mengisi url tersebut dengan kata atau kalimat apapun sesuka Anda.

Kemudian klik Preview Url, dan lihat alamat url yang anda ketikan secara asal tadi akan mengarah ke artikel atau halaman mana.

Anda juga bisa mencobanya lagi misalnya dengan mengambil salah satu url artikel aktif, namun membuang beberapa kata bagian akhir atau memendekan url pada slug url tersebut.

Kemudian klik Preview Url. Apakah setelah di pendekan urlnya tetap merujuk ke halaman yang sama saat sebelum di pendekan?

Jika iya berarti plugins Wp auto redirect ini sudah bekerja dengan baik. Selain percobaan di atas, Anda juga bisa mencoba memanggil url yang sudah dipendekan langsung di browser.

Cara kerja auto redirect / pengalihan url otomatis

Plugin wp auto redirect to similiar post secara otomatis mengarahkan semua url 404 ke posting yang mirip berdasarkan Judul dan Jenis konten.

Jika tidak ditemukan apa pun yang serupa, maka akan dialihkan ke halaman utama beranda.

Fitur fitur Plugin wp auto redirect to similiar post

  • Secara otomatis akan mendeteksi url 404 apapun di website
  • Secara otomatis akan mencari artikel yang mirip berdasarkan judul, jenis postingan, kategori, tags, taxonomy dan lain lain
  • Jika tidak menemukan apapun secara otomatis akan di alihkan ke url redirect lain atau default 404 sesuai settingan
  • Anda juga bisa memilih settingan header http pengalihan url 301 atu 302 sesuai keinginan
  • Anda juga bisa mengecualikan url tertentu agar tidak di redirect secara otomatis, seperti halaman, postingan dan lain lain.

Keunggulan menggunakan plugins redirect otomatis

Dengan menggunakan plugin ini akan sangat membantu mempermudah redirect url blog yang biasanya di lakukan secara manual.

Kita cukup mudah memasang plugin ini dan tidak memerlukan settingan apapun. Karena secara defaultnya sudah di setting dengan sempurna

Jika kita berniat memperpendek url artikel, plugins ini akan secara otomatis mengarahkan ke artikel saat belum di pendekan dengan akurasi ketepatan di atas 90 persen kecuali ada artikel lain yang sangat mirip urlnya. Karena plugin ini akan mencari url konten yang paling mirip

Kita bisa kapan saja menghapus postingan blog tanpa harus meredirect url secara manual, dan tak perlu khawatir berakibat error atau 404 di Google Webmaster

Berdasarkan pengalaman saya, sampai hari ini belum ada masalah apapun terkait redirect otomatis di webmaster walaupun saya sudah menghapus belasan artikel tanpa diredirect manual

Namun begitu saya juga belum bisa memastikan apakah cara redirect website otomatis seperti ini bagus untuk seo dan untuk kebutuhan Search Engine.

Karena url redirect otomatis tidak mengarah ke sebuah artiket blog yang kita inginkan. Berbeda dengan redirect website manual menggunakan Cpanel

Kekurangan redirect website otomatis

Seperti yang sudah di jelaskan di atas, Redirect url otomatis tidak bisa mengarah ke url yang postingan yang kita inginkan.

Redirect otomatis hanya berfungsi untuk satu blog yang terpasang plugins tersebut dengan semua link url internalnya.

Jika di cpanel kita bisa mengalihkan url yang di redirect ke url dalam log atau website yang berbeda. Bahkan domain pun bisa di redirect.

Demikian ulasan bagaimana cara redirect website ,domain website, url urlnya, baik menggunakan cpanel maupun redirect otomatis menggunakan plugin khusunya untuk wordpress

Rating

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.