Menu Tutup

Usb magnetic solusi konektor charger hp sering rusak

usb magnetik

Mengatasi konektor charger hp yang rusak memang gampang gampang susah. Karena kita bisa saja mengganti konektornya saja tanpa melakukan penyolderan.

Akan tetapi ada sebagian smartphone tertentu yang memang harus melakukan penyolderan untuk mengganti konektor flexible charger.

Masalahnya tidak semua pemilik smartphone bisa melakukanya. Selain tidak memiliki alat servis, ketrampilan untuk untuk itu juga mungkin terbatas. Satu satunya jalan ya tentunya ke tukang servis Hp

Nah Bagaimana jika konektor cas hp sering rusak, seperti yang saya alami sendiri. Mungkin sudah belasan kali ganti konektor maupun kabel datanya.

charger magnetic

Penyebab konektor charger dan usb kabel data sering rusak

Sebaiknya ketahui apa penyebab konektor charger hp sering rusak. Nah beberapa penyebabnya adalah sebagai berikut.

Menggunakan hp sambil di cas

Menggunakan smartphone sambil di cas mungkin menjadi salah satu penyebab terbesar mengapa konektor charger maupun usb kabel data cepat rusak, apalagi bermain game.

Saat bermain game, kita akan terbawa emosi dengan permainan yang sedang kita mainkan. Tanpa disadari, tangan kita akan sering menekan usb kabel data yang menancap di smartphone

Akibatnya konektor charger maupun kabel data akan menjadi longgar, kabel data mudah terputus, lama lama saat di cas baterai tidak mau bertambah walaupun indikator menyala.

Artikel terkait :

Dampak lainya seperti terkadang konek kadang juga tidak, lama lama ga akan konek sama sekali.

Solusinya kita bisa coba mengecas pake usb kabel data lain. Jika normal, berati yang rusak hanya kabel datanya dan harus ganti baru.

Tetapi jika tidak ada perubahan, kemungkinan besar konektornya yang rusak mungkin sudah longgar maupun terputus salah satu jalur arusnya. Ini yang kadang menjadi rumit jika ternyata harus ganti konektor charger dengan penyolderan.

Sering gonta ganti kabel data

Sering gonta ganti kabel data charger juga akan berdampak buruk pada konektor casan hp. Biasanya lubang casan akan menjadi longgar.

Masih banyak orang yang asal pakai charger siapapun apalagi saat dirinya lupa tidak membawa charger orisinil bawaan hp.

Sejatinya walaupun sama ujung kabel data charger baik usb mikro maupun usb tipe C, sebenarnya tidak selalu sama persis.

Kita bisa merasakan perbedaanya saat memasukan ujungnya ke konektor charger. Ada yang terasa longgar, ada juga yang tidak. Aja juga yang terasa kencang setelah dimasukan.

Hal itulah yang natinya akan mempengaruhi lubang pada konektor casan smpartphone kita. Jadi sebaiknya gunakan kabel data milik sendiri saja

Mengecas kabel data dilipat dan disandarkan

Mengecas dengan disandarkan di tembok atau benda lain, dengan posisi kabel data dibawah sebagai tumpuan juga akan menyebabkan kerusakan pada lubang konektor charger

Ini juga banyak dilakukan orang mungkin karena sambil di pakai menonton video, bisa juga karena untuk mendapatkan sinyal yang lebih baik menurut penggunanya.

Mencabut dan memasukan kabel charger kurang benar

Mencabut maupun memasukan usb kabel data saat mengecas yang kurang benar juga bisa mengakibatkan konektor charger cepat rusak.

Hal ini biasanya sering dilakukan karena terburu buru, mencabut kabel data menggunakan satu tangan, atau mencabut dan memasukan tidak lurus.

Usb kabel data sering dipake untuk hp berbeda beda.

Semakin banyak dan sering dipinjam orang lain kabel data anda, artinya kabel data sering di gunakan untuk hp yang berbeda beda.

Hal ini menjadi rentan dengan kerusakan pada ujung kabel data charger. Saat anda akan menggunakan kembali, maka akan terasa longgar bahkan mungkin tidak bisa digunakan dengan normal

Solusi konektor charger hp jika sering rusak

Setelah mengetahui penyebabnya, tentu Anda akan melakukan tindakan baik berupa mengganti konektornya, mengganti usb kabel data dan lain lain tergantung kerusakanya.

Apabila sudah kembali normal, ada satu alternatif lain yang bisa kita lakukan untuk menghindari terlalu seringnya kerusakan baik pada konektor casan maupun kabel datanya.

USB Magnetic

Ya mungkin anda perlu mencoba beralih ke Usb harger magnetic dari usb biasa. Usb magnetik selain lebih simple cara menggunakanaya, juga kualitasnya cukup bagus dengan harga yang raltif murah

Kelebihan usb charger magnetic

Usb charger magnetik tidak perlu mencabut charger dari konektor ketika selesai mengecas hp. Tapi untuk memutuskan hubungan dari hp, kita tinggal ambil saja smartphonya agar lepas dari magnet.

Sementara ujung dari kabel data tetap menempel di smartphone kita. Untuk menghubungkan kembali, kita hanya perlu mendekatkan hp dengan kabel data. Maka magnet yang terdapat pada ujung kabel data dan konektor hp akan menempel menyatu, dan terjadi proses ngecas/charging

Karena tidak perlu mencabut ujung kabel data dari flexible konektor, maka tidak akan semakin longga dan tentu saja akan meminimalisir bahkan terhindar dari kerusakan.

Kebanyakan usb magnetik juga dilengkapi lampu indikator pada ujung didekat magnetnya untuk mengetahui bahwa kabel data sudah di aliri arus listrik DC.

Harga usb charger magnetik juga terjangkau karena tidak jauh berbeda dengan usb kabel data biasa. Harga kisaran termurah bisa di bawah 20 ribu. Untuk merk tertentu memang ada yang cukup mahal.

Menurut pengalaman saya, harga usb charger magnetik yang 17 ribuan juga cukup bagus saat di gunakan untuk mengecas bahkan bisa fast charging.

Usb magnetik juga tersedia di pasaran dengan beragam merk, bentuk oval maupun bulat, tipe micro usb untuk android dan tipe c untuk Ios

Kekurangan usb magnetic

Namun usb kabel data magnetic ini juga memiliki kekurangan yaitu tidak bisa mentransfer file untuk merk tertentu yang harganya murah. Belum mencoba untuk merk lain yang harganya mahal sekitar 200 ribuan

Demikian solusi untuk menghindari konektor charger hp yang sering rusak. Semoga bermanfaat

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.