Cara mendapatkan uang dari video Youtube (tutorial lengkap)

Apakah anda suka fotography?. Suka cekrak cekrek dengan smartphonemu?. Suka bikin video? Apakah itu semua bagian dari hobby kamu? Kalau iya,cobalah kreatifitas dari kamera smartphonemu itu kamu jadikan sebagai sumber penghasilan tambahan.

Bahkan jika kreasi kamu terus meningkat, itu bisa menjadi sumber panghasilan utama. Dan tentunya kamu akan dapat embel embel jutawan Youtuber. Nggak percaya? Lihat buktinya di akhir artikel ini!

Siapa sih yang tidak tahu youtube,hampir semua penduduk dunia yang menggunakan smartphone,pc maupun laptop pasti tau youtube sebagai situs video terbesar di dunia.

Yang masih termasuk anak perusahaan raksasa Google. Situs video Youtube inilah yang sangat bisa memberimu pundi pundi rupiah hingga jutaan bahkan ratusan juta.

Sudah sejak puluhan tahun lalu,youtube sudah mencetak ribuan Youtuber dunia termasuk dari Indonesia yang berhasi menjadi jutawan bahkan milyader.Kamu tertarik dan berminat mencoba keberuntunga menjadi youtuber? Yuk ikuti tutorial berikut ini

Berikut langkah langkah yang harus kamu lalukan :

1.Membuat akun Youtube

Untuk pemula,pastinya kamu harus mempunyai akun youtube. Dan caranya sangatlah mudah. Buka aplikasi youtube dari smartphonemu, kemulian login/masuk menggunakan akun google (bagi yang biasa menggunakan gmail.com). Jika sudah berhasil masuk itu artinya akun youtub kamu sudah jadi.

2.Membuat chanel Youtube.

Jika sudah berhasil membuat akun youtube, silahkan klik di foto profilmu,kamu bisa lihat disitu banyak menu menu tersedia.

Sebetulnya tanpa membuat chanel juga kamu sudah bisa mulai meng upload video kamu. Tetapi memnag lebih baiik memang membuat channel.

Tujuanya adalah untuk memisahkan kategori kategori video kamu,supaya tidak campur aduk dan ini sangat baik untuk memudahkan pencarian.

Misalkan untuk video kamu yang lucu lucu kamu beri nama channelnya Humoria Video, untuk video kamu tentang tutorial,tips,cara-cara dan lain lainya kamu beri nama channelnya Tips nTrick channel. dan lain lain begitu seterusnya. Klik my channel/channel saya,klik tambah chanel kemudian ikuti saja petunjuk berikutnya.

3.Mengupload video.

Mulailah mengupload video sebanyak banyaknya ke channel kamu sesuaikan dengan kategori video masing masing. Promosikan video kamu dengan membagikan video video kamu ke media sosial facebook,twitter,instagram dan lain lainya.

Kasih tau teman teman kamu bahwa kamu mempunyai video video menarik di youtube. Tips: Edit video kamu semenarik mungkin, sisipkan tulisanmu mungkin berupa id kamu misal nama channel atau apapun itu agar kamu dan video kamu lebih di kenal orang.

Buat tampilan utama video kamu, ambil bagian yang paling menarik diantara video kamu,atau tampilan utamanaya kamu ganti dengan gambar buatan kamu yang lebih menarik yang bisa membuat orang jadi penasaran dan akhirnya mengklik video kamu untuk menontonya.

4.Memonetisasi Video Youtube

Setelah video sudah di edit menarik,siap di publikasikan bahkan mungkin ada yang sudah banyak yang menontonya, kini saatnya kamu memonetisasi atau meng uangkan video kamu.

Berikut beberapa langkah untuk memonetisasi video youtube kamu. Yaitu cara menghasilkan uang dari youtube.

Perhatikan gambar 1 di bawah ini!

Klik pada channel kita,sehingga tampak deretan video video yang sudah kita upload seperti yang tampak pada gambar di samping.

Jika menggunakan perangkat smartphone mungkin ada sedikit perbedaan tampilanya. Kemudian klik edit, sehingga muncul tampilan yang tampak seperti pada gambar 2.

Perhatikan gambar 2 di bawah ini

Keterangan:

Disebelah video ada 3 gambar kecil,silahkan pilih salah satu gambar yang akan kamu jadikan gambar utama atau tampilan gambar awal sebelum video di putar,seperti yang sudah saya sedikit jelaskan di atas.

Kamu juga bisa mengganti gambar kreasi kamu yang lebih menarik,dengan mengklik tulisan gambar kecil khusus yang berada di bawah ketiga gambar tersebut. Lalu kamu upload dari smartphone,laptop atau pc kamu.

Jika sudah,lihat di bawah video kamu ada tulisan Info dasar,Terjemahan,Monetisasi dan setelan lanjutan.

Silahkan isi info dasar tentang video tersebut seperti Judul video kamu, deskripsi yang menjelaskan tentang video kamu, dan tags yaitu kata kata yang juga berhubungan dengan video kamu.

Isilah tags lebih dari satu kata dan piisahkan dengan koma.

Di kata terjemahan boleh kamu lewati, langsung ke monetisasi perhatikan gambar 3 di bawah ini1

Keterangan:

Di tab monetisasi inilah settingan bahwa video kamu akan di uangkan atau tidak. Klik monetisasi,lalu klik tombol monetisasi dengan iklan sehingga tombol berubah warna menjadi biru dan bertanda centang yang artinya moetisasi dalam posisi on.

Lihat 4 buah gambar berjajar. Ini adalah posisi iklan yang akan tampil di video kamu nantinya. Karena dari iklan iklan itulah nantinya kamu akan mendapat uang. Kamu tinggal memberi tanda ceklist pada gambar tersebut. Kamu juga bisa memilih jenis iklan yang berbeda lebih dari satu.

  1. Menghubungkan Youtube dengan Google Adsense.

Sejak beberapa tahun lalu, google mengeluarkan kebijakan baru untuk memonetisasi video youtube yaitu video yang bisa di monetisasi minimal sudah mencapai 10.000 play/atau di tonton 10.000 kali. Kurang tau pasti apa penyebeb Google mengubah kebijakan ini.

Tetapi jika persyaratan monetisasi diatas sudah kamu lakukan, kamu tinggal mengajukan permohonan membuat akun Google Adsense langsung dari akun youtube kamu. Agar akun youtube dan Adsense kamu langsung terhubung.

Kamu tinggal memanfaatkan tab menu yang tersedia di channel kamu dan memilih menu hubungkan ke google adsense. Selanjutnya kamu akan di arahkan ke Google Adsense

  1. Membuat akun Adsense.

Sambil menunggu video kamu banyak yang menonton, kamu  memulai membuat akun google Adsense.Google adsense adalah Akun publisher/ pengiklan sebagai syarat wajib untuk bisa memonetisasi atau meng uangkan video youtube kamu.

Sebenarnya bukan hanya video dari youtube saja yang bisa kamu uangkan, tetapi banyak cara lain untuk menjadi publisher google. Misalkan membuat blog/web,develop app dekstop,plugins dan lain yang natinya kamu juga bisa hubungkan dengan akun google adsense kamu.

Jadi nanti penghasilan kamu dari video,dari blog atau web,dari hal hal lainya, akan terkumpul jadi satu di akun google adsense. Jadi bentuknya semacam rekening yang bisa kamu monitor perkembangan Rupiahnya setiap saat.

Jika kamu pembuat aplikasi hp,baik untuk android,ios,windows phone juga nanti kamu bisa hubungkan dengan akun google adsense.

Tapi untuk memonitornya nanti kamu akan di arahkan ke akun Admob. Yaitu akun khusus akun untuk memonetisasi atau menjadi publisher aplikasi maupun blog selluler dan semua yang berhubungan dengan smartphone.

Untuk membuat google adsense, kamu tinggal masuk ke google adsense. Kemudian buat akun,sebaiknya gunakan email google yaitu gmail.com atau bisa gunakan email yang kamu pake untuk membuat akun youtube.

Disini isilah data identitas kamu yang valid, yang sesuai KTP lebih baik. Ini untuk mempermudah jika suatu hari nanti kamu akan mencairkan penghasilan kamu. Isi semua data yang di minta, dan ikuti petunjuk sampai selesai. Jika kamu berhasil, kamu akan di arahkan dan masuk ke monitor akun adsense kamu, berupa tabel tabel data rupiah.

 

Perhatikan gambar di samping ini.

Disitulah nantinya kamu bisa melihat seluruh penghasilan kamu. Banyak sekali menu menu disitu yang suatu saat bisa kamu gunakan sesuai kebutuhan kamu.

 

 

Itulah tutorial lengkap tentang dari membuat akun youtube sampai kamu memonetisasi atau cara mendapatkan uang dari video youtube kamu. Jika masih bingung silahkan tuliskan pertanyaan kamu di kolom komentar di bawah ini. Selamat berkreasi dengan video video kamu

Berikut contoh jutawan youtuber dari Indonesia

1. Sudiyono alias Topan dari Desa Jamus karang anyar Jateng  hobby cekrak cekrek penghasilan 40 jt perbulan

2. Aaron Ashab  berusia 22 tahun video yang terkenalnya “sayur lodeh” dan lambaikan tangan di kamera penghasilan 18 jt perbulan

3.SkinnyIndonesia24 kakak beradik yang pinter ngebanyol dan videonya di unggah ke youtube penghasilan 50 jt perbulan

4.Bayu Skak anak malang yang pinter ngebanyol lewat video komedinya penghasilan 100jt lebih perbulan.

5.Eka Gustiwana Jago edit edit video penghasilan 82 juta perbulan

Dan masih banyak jutaan orang lainya yang dari indonesia. Kalu untuk dari mancanegara tidak heran sudah tentu penghasilan mereka sudah milyaran per bulanya

Bagikan jika berkenan... Indahnya Berbagi...
  •  
  •  
  •  
  • 1
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
    1
    Share

1001 Dunia

Aku suka kotak katik sesuatu di kala waktu senggang. Salah satunya iseng belajar ngeblog disini. Banyak ilmu yang bisa kita dapatkan dari dunia Internet. Bersama blog ini juga, saya berbagi apa yang saya tau dan bisa di bagikan.. semoga bermanfaat... salam...

Mungkin Anda juga menyukai

1 Respon

  1. 13 Januari 2018

    […] Namun berkat teknologi kini kita tidak perlu sususah mencari di pasaran. Karena video jaman sekarang sudah tersebar di situs situs video dalam memory digital. Salah satu situs video terbesar tentu saja youtube. Kita tinggal klik mencari dan sudah bisa langsung menontonya. Bahkan di situs youtube kita juga bisa mengirimkan video kita supaya bisa di tonton oleh orang lain. Untungnya lagi jika video kita di monetisasi, kita bisa dapat uang loh dari youtube. Kalau butuh informasinya baca : Cara mendapat uang dari Youtube […]

Bagaimana pendapatmu, ada ide?

Informasi Tutorial Tips dan Trik Dunia Online
%d blogger menyukai ini: