z35W7z4v9z8w Tutorial blogger untuk pemula agar cepat di index Google | Dunia Tutorial
Menu Tutup

Tutorial blogger untuk pemula agar cepat di index Google

Untuk pertama kalinya, saya mau mencoba mengulas dengan sederhana tentang tutorial blogger untuk pemula secara lengkap.

Seperti kita ketahui bahwa membuat blog kini bukanlah hal yang sulit. Hanya dengan beberapa langkah saja kita sudah bisa membuat blog sampai jadi.

Di jaman yang semakin canggih ini, membuat website sudah tidak harus menggunakan komputer atau laptop lagi. Karena membuat website kini bisa juga dilakukan hanya menggunakan smartpone.

Apa sebenarnya manfaat blog bagi pemiliknya?

Banyak sekali alasan mengapa orang orang banyak yang membuat situs, website, blog maupun toko online.

Saya asumsikan istilah istilah tersebut kurang lebih sama yaitu situs atau media online yang di gunakan untuk sarana promosi maupun informasi.

Secara detailnya saya juga tidak begitu tahu persis, tetapi jika dilihat dari fungsinya barulah kita bisa sedikit membedakan dan apa pula manfaanya.

Misalnya blog kebanyakan berisi informasi informasi, tutorial dan lain lain. Selain itu juga situs atau website yang di gunakan untuk identitas formal branding produk perusahan.

Seperti marketplace , toko online atau eCommerce sudah jelas di gunakan untuk mempromosikan dan jual beli produk.

Jadi secara garis besarnya ya manfaat situs bagi penggunanya berujung kepada bisnis dan mencari penghasilan . Apapun bentuk blog atau situsnya. Ya walaupun mungkin tidak semuanya begitu.

Berarti kalau begitu blog maupun website jenis apa saja bisa menghasilkan uang? Jawabanya pasti  Ya semua jenis situs bisa menghasilkan uang yang bahkan mengelola situs bisa menjasi sumber penghasilan utama.

Apa manfaat blog buat pembacanya?

Saat pertama saya membuat blog, saya tidak belajar ke orang lain apalagi secara formal. Tetapi saya belajar dari blog blog orang lain yang banyak membahas bagaimana cara membuat blog.

Ketika kita membutuhkan sebuah informasi misalnya, kita juga bisa dengan membaca blog orang lain yang membahas tentang topik tersebut.

Jadi blog banyak sekali manfaatnya baik untuk pemiliknya maupun pembacanya. Jadi saling menguntungkan bagi keduanya.

Apakah kamu ingin membuat blog untuk mencari uang?

Jika iya yuk kita belajar bersama sama bagaimana cara membuat blog gratis menggunakan platform blogger dengan subdomain blogspot  milik perusahaan raksasa Google

Buat temen temen pemula yang pengin membuat blog menggunakan platform blogger caranya cukup mudah.. Silahkan ikuti beberapa langkah berikut ini:

1.Langkah pertama kita cari dulu Bloggernya berada dimana dengancara mengetikan "blogger" di pencarian Google. Jika menggunakan smartphone, kamu bisa mendownload dulu aplikasi bloggernya di playstore. Masuk ke BLOGGER disini

2.Kemudian login menggunakan akun google atau email @gmail untuk lebih memepermudah pengelolaan selanjutnya. Jika sudah masuk, biasanya akan di arahkan pada tampilan seperti ini

3.Kalau sudah masuk disitu tinggal klik buat blog atau,new blog yang berada di pojok kiri atas jika memang untuk pertama kalinya membuat blog, tepatnya di bawah logo dan tulisan Blogger yang berwarna orange.

Jika melihat gambar di atas, itu sudah ada blog jadi harus di klik terlebih dahulu tulisan "lihat blog " yang berwarna biru, nanti akan di temukan buat blog baru di bagian paling bawah.

4.Klik buat blog baru, Lalu akan muncul tab baru, kemudian kita isi dengan nama blog yang kita inginkan dikolom yang tersedia.

Platform blogger dibelakangnya sudah ada subdomain defaultnya blogger yaitu blogspot . Jika alamat yang kamu buat tersedia akan diarahkan ke langkah berikutnya

Kita tinggal ikuti langkah langkanya saja dengan teliti, dan pilih template yang kamu inginkan. Disitu sudah tersedia banyak template gratis silahkan pilih sesuai keinginanmu tinggal di klik aja.

5.Judul blog kapan saja bisa di ubah sesuai kebutuhanIsi kolom yang lain jika diperlukan lalu klik simpan. Dan blog kamu sudah jadi dan siap menulis postingan demi postingan.

Untuk penyesuaian tampilan, settingan, menambah widget, mengatur tata letak dan membuat post silahkan masuk ke dashboard semuanya sudah tersedia disitu.

Apa tujuanmu membuat blog?

Sebelum membuat blog, ada baiknya kamu pikirkan dulu apa tujuan kamu membuat blog. Agar kedepanya kamu benar benar konsisten dan fokus bahwa kamu benar benar ingin ngeblog.

Jika untuk mencari penghasilan suatu hari nanti, kamu harus baca dulu hal penting sebelum kamu membuat banyak postingan atau artikel

Baca : Tips cara membuat blog agar menghasilkan uang

Jika sudah menentukan tujuan membuat blog, menentukan topik, dan mulai menulis, biasanya kita bertanya tanya mengapa blog kita belum juga muncul di mesin pencari Google.

Jadi langkah berikutnya adalah kita mengoptimasi dahulu konten yang ada pada blog kita dengan teknik SEO secara sederhana.

Teknik SEO sederhana untuk blogger

SEO adalah search engine optimization yaitu pengoptimalan untuk membantu mesin pencari menemukan blog atau tulisan kita.

Pikirkan kata kunci sebelum membuat judul artikel. Kemudian buatlah judul yang mengandung kata kunci tersebut.

Pikirkan juga bagaimana kira kira orang akan menulis di mesin pencari untuk mencari sesuatu yang terkait dengan artikel kita.

Misalnya kita akan menggunakan kata kunci " Kue Lapis". sebagai kata kunci kepala atau utamanya. Kemudian kita bisa saja membuat judulnya " Cara membuat kue lapis warna warni dengan cepat"

Jadi kemungkinan besar orang mencari di mesin pencari Google dengan menuliskan " cara membuat kue lapis". Iya kan?

Didalam artikel yang kita buat, perbanyak kata kunci kata kunci sejenis namun berbeda kata. Misalnya di tengah tengah artikel kita selipkan "bikin kue lapis"  atau misalnya "kue lapis coklat" dan lain lain.

Dengan catatan jangan ada kejanggalan karena kata kunci yang kita selipkan tersebut. Jadi kata kunci yang kita buat tetap membentuk sebuah alur cerita yang baik.

Untuk lebih mendalam soal SEO, baca : Belajar teknik seo dasar yang bagus menurut pakar seo dunia

Karena biar bagaimanapun, pembaca tetap harus di utamakan. Jangan sampai gara gara kebanyakan kata kunci untuk optimasi mesin pencari, alur cerita tulisan jadi amburadul tidak enak di baca.

Selain kata kunci, di setiap artikel ada baiknya kita selipkan tautan internal. Yaitu link atau url yang menuju halaman lain yang masih ada di blog kita.

Contohnya :

Begitu juga sebaiknya di tiap artikel yang kita buat, kita selipkan juga tautan eksternal. Yaitu tautan keluar dari blog kita sebagai sumber referensi misalnya. Contohnya tulisan webmaster tool di bawah.

Membuat dan mengirimkan sitemap ke webmaster tool.

Langkah berikutnya yaitu membuat sitemap untuk blogger lalu kita kirimkan ke webmaster tool. Tujuanya yaitu tadi untuk memberitahu Google tentang tulisan baru kita agar di index supaya nantinya muncul di mesin pencari Google.

Yang pertama daftar dulu ke webmaster tool, silahkan klik disini.

Login menggunakan gmail yang sama, berikutnya daftarkan blog kita di search console dengan mengklik Add Property di pojok kanan atas. Perhatikan gambar berikut:

Jika sudah seharusnya sudah muncul blog kita disitu. Kemudian kita klik blog kita yang sudah di daftarkan tadi. Kemudian lihat banyak menu menu di sebelah kiri.

Biasanya google akan meminta verifikasi blog kita disitu. Jadi silahkan ikuti saja langkahnya dan verifikasi saja dulu.

Perhatikan gambar di bawah ini :

Pada menu menu seperti pada gambar, kita klik crawl kemudian klik sitemap. Lihat di pojok kanan atas, ada tulisan Add/test sitemap lalu klik.  Kemudian isikan satu persatu 3 sitemap di bawah ini, (jangan di ikutkan nomor urutnya)

  1. sitemap.xml
  2. feeds/posts/default?orderby=updated
  3. atom.xml

Apa tujuan dan fungsi sitemap di di webmaster tool?

Secara singkatnya sitemap di buat untuk bot mesin pencari merayapi dan meng index konten di situs kita secara berkala  dan otomatis.

Hasil perayapan ini nantinya akan di olah oleh Google untuk di tampilkan di mesin pencari. Supaya ketika ada orang mencari di Google menggunakan kata kunci yang kita buat tadi,maka tulisan kita bisa di temukan di sana.

Selain menggunakan sitemap kamu juga bisa memanfaatkan fitur submit url yang juga bisa kita temukan di webmaster tool.

Yaitu dengan mengklik fetch as Google. Kita bisa klik fetch as Google dan memasukan satu per satu url tulisan kita di kolom yang tersedia. Cara ini manual.

Disini juga ada 2 pilihan yaitu Fetch dan Fetch and Render. Jika memilihh Fetch, Google hanya akan merayapi artiket kita saja.

Jika memilih Fetch and Render Google akan merayapi artikel kita beserta tautan tautan yang kita sematkan di dalamnya.

Biasanya setelah beberapa jam  kemudian tulisan kita sudah bisa di muncul dan di temukan di mesin pencari Google.

Ya kurang lebih seperti itulah tutorial blogger untuk pemula sampai bagaimana caranya supaya tulisan kita di index dan muncul di  mesin Pencari Google

salam hangat blogger

Rating

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.