Menu Tutup

Tips blogger untuk pemula agar cepat di index

Untuk pertama kalinya, saya mau mencoba mengulas dengan sederhana tentang tutorial blogger untuk pemula.

Seperti kita ketahui bahwa membuat blog kini bukanlah hal yang sulit. Hanya dengan beberapa langkah saja kita sudah bisa membuat blog sampai jadi.

Di jaman yang semakin canggih ini, membuat website sudah tidak harus menggunakan komputer atau laptop lagi. Karena membuat website kini bisa menggunakan smartpone.

Tutorial Blogger untuk pemula

tutorial blogger

Buat temen temen pemula yang pengin membuat blog menggunakan platform blogger caranya cukup mudah.. Silahkan ikuti beberapa langkah berikut ini:

  • Langkah pertama kita cari dulu Bloggernya berada dimana dengancara mengetikan "blogger" di pencarian Google. Jika menggunakan smartphone, kamu bisa mendownload dulu aplikasi bloggernya di playstore. Masuk ke BLOGGER disini
  • Kemudian login menggunakan akun google atau email @gmail untuk lebih memepermudah pengelolaan selanjutnya. Jika sudah masuk, biasanya akan di arahkan pada tampilan seperti ini

  • Kalau sudah masuk disitu tinggal klik buat blog atau,new blog yang berada di pojok kiri atas jika memang untuk pertama kalinya membuat blog, tepatnya di bawah logo dan tulisan Blogger yang berwarna orange.
  • Jika melihat gambar di atas, itu sudah ada blog jadi harus di klik terlebih dahulu tulisan "lihat blog " yang berwarna biru, nanti akan di temukan buat blog baru di bagian paling bawah.
  • Klik buat blog baru, Lalu akan muncul tab baru, kemudian kita isi dengan nama blog yang kita inginkan dikolom yang tersedia. Untuk Platform Blogger sudah ada subdomain defaultnya blogger yaitu blogspot . Jika alamat yang kamu buat tersedia akan diarahkan ke langkah berikutnya.
  • Pilih template yang kamu inginkan. Disitu sudah tersedia banyak template gratis silahkan pilih sesuai keinginan.
  • Membuat judul blog. Judul blog kapan saja bisa di ubah sesuai kebutuhan, isi kolom yang lain jika diperlukan lalu klik simpan. Dan blog kamu sudah jadi dan siap menulis postingan demi postingan.

Untuk penyesuaian tampilan, settingan, menambah widget, mengatur tata letak dan membuat post silahkan masuk ke dashboard semuanya sudah tersedia disitu.

Agar blog mudah di temukan

Setelah blog kita dianggap rampung, tentunya kita dituntut selalu membuat konten sesuai dengan topik atau niche blog tersebut.

Rutin update juga akan mempengaruhi performa blog tersebut yang nantinya memungkinkan akan semakin bagus.

Tetapi apa jadinya jika konten bagus, rajin update namun kurang pengunjung yang membaca karena sulit di temukan?

Alhasil blog kita menjadi tidak bermanfaat bagi untuk orang lain. Karena hal tersebut berarti kita juga harus menjadikan blog kita agar mudah di temukan calon pengunjung.

Salah satunya menggunakan Webmaster Tool yang juga sudah di sediakan oleh Google untuk membantu mempermudah blogger agar situsnya mudah di cari di mesin pencari

Apa fungsi dan manfaat dari Webmaster tool ini, serta bagaimana cara menggunakanya silahkan baca ulasanya di artikel lain

Baca artiket terkait: Cara agar website banyak pengunjung untuk blogger pemula

Manfaat blog bagi pemiliknya?

Banyak sekali alasan mengapa orang orang banyak yang membuat situs web/blog maupun toko online.

Istilah istilah tersebut kurang lebih sama yaitu situs atau media online yang di gunakan untuk sarana promosi maupun informasi.

Secara detailnya saya juga tidak begitu tahu persis, tetapi jika dilihat dari fungsinya barulah kita bisa sedikit membedakan dan apa pula manfaanya.

Misalnya, blog kebanyakan berisi informasi informasi, tutorial dan lain lain. Selain itu juga situs atau website yang di gunakan untuk identitas formal branding produk perusahan.

Seperti marketplace , toko online atau eCommerce sudah jelas di gunakan untuk mempromosikan dan jual beli produk.

Manfaat blog buat pembacanya

Saat pertama saya membuat blog, saya tidak belajar ke orang lain apalagi secara formal. Tetapi saya belajar dari blog blog orang lain yang banyak membahas bagaimana cara membuat blog.

Ketika kita membutuhkan sebuah informasi misalnya, kita juga bisa dengan membaca blog orang lain yang membahas tentang topik tersebut.

Jadi blog banyak sekali manfaatnya baik untuk pemiliknya maupun pembacanya yang artinya saling menguntungkan bagi keduanya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.