z35W7z4v9z8w Tips memilih hp yang baik agar awet dan tidak boros batre | Dunia Gadget
Menu Tutup

Tips memilih hp yang baik agar awet dan tidak boros batre

Bak kacang goreng rasanya kalau melihat smartphone dipasaran. Dari yang termurah sampai yang termahal semua ada. Tapi tahukah Anda cara memilih hp yang baik agar awet dan tidak boros batre?

Harga smartphone sekarang ini terbilang murah murah namun kualitas tetap tidak kalah, karena harga yang cukup terjangkau tentu siapapun dapat memilikinya.

Karena memang dimana mana banyak toko toko yang menjual handphone. Kualitas dan spek yang mumpuni sudah tersemat hampir di semua hanphone, memang masing masing vendor merebut pasaran salah satunya ya dengan adu spesifikasi dan fitur

Tetapi, tidak jarang beberapa orang di antara kita mengeluh katanya habis beli smartphone baru ternyata kecewa, karena hp barunya kok boros batre, dan terpaksa harus bolak balik charge bisa sehari 3 x.

Wah wah... ribet kan? gimana jika dalam perjalanan repot tuh.. ya solusinya harus punya Powerbank untuk jaga jaga kan...? Tambah biaya lagi tuh...

Memang masalah utama pada smartphone di era digital ini yaitu boros batre.Penyebabnya adalah semakin membludaknya aplikasi bawaan yang terintal di smartphone tersebut, itu salah satunya.

Mau di hapus takutnya itu aplikasi bawaan system tar rusak lagi. Sementara kamu ingin instal aplikasi aplikasi favorit kamu kan?

Kalau secara fitur sih secara umum untuk Os Android ya hampir sama ya,tergantung jenis handphone dan harga tentunya.

Pengalaman pribadi ya pernah beli hp, merk terkenal, dari hari pertama pake sehari harus 3 x nge charge, bahkan saya coba dalam sehari sama sekali tidak di pake jadi cuma hidupkan dan standby aja, tetap aja batre habis.

Hmmm kesal bukan main tuh...Lalu saya beli handphone menggunakan trik di bawah ini walau merk biasa dan harganya jauh lebih murah tapi hasilnya wow...batre tahan lama walau di oprek seharian.

(update) Study kasus berdasarkan pengalaman, hp yang ideal agar awet , bandel, tahan lama, tidak boros adalah memiliki spesifikasi ram 3gb, baterai 4100mah. Itu yang utama. Pengalaman memiliki hp Xiaomi redmi 3s dan sampai sekarang masih awet walau sudah tahunan.

Jadi kalau kita mau beli hp spesifikasinya lebih tinggi, usahakan baterai juga memiliki kapasitas yang lebih besar lagi.

Jika kita membeli hp misalnya ram 6gb tetapi baterai hanya 3000mah, saya pastikan hp tersebut akan boros baterai

Nah berikut saya share nih cara memilih hp yang bagus agar tidak boros batre tapi harga tetap paling murah...

  • Lihat spek bukan lihat Merek.

  1.  RAM.
    Namanya juga cari hp yang murah tapi kualitas lumayan ya tentu saja beli hp jangan merk yang sudah lama terkenal dan malang melintang di dunia per handphonan.
    Kalau saya lebih melihat speknya terlebihh dahulu,terutama dari mulai RAM yang besar. Karena Ram sangat berperan besar pada kecepatan loading handphone baik loading di saat membuka menu aplikasi maupun loading di saat browsing atau berselancar di internet. Rekomendasi min Ram 2gb,kalau bisa min 3GB.
  2.  Prosesor terbaru (CPU )
    CPU dan RAM tidak bisa di pisahkan,mereka harus kompak bekerja sama,fungsinya berbeda tapi saling mendukung.CPU juga sangat penting untuk kecepatan data. Kalau loading Handphone berat,CPU juga harus mengeluarkan tenaga yang lebih besar,jika over dari normalnya biasanya handphone terasa panas. Hal ini akan mengakibatkan batre cepat hasbis,dan jika terus terusan dipaksa seperti ini maka batre akan ngedrop.
  3.  Kapasitas Batre.
    Nah kapasitas batre itu sendiri juga tentu harus besar. Rekomendasi usahakan minimal ya 4000 mah.kapasitas batre yang besar memungkinkan batre akan lebih tahan lama. Charger standar bawaan biasanya sudah di sesuaikan dengan kapasitas batrenya. Tapi jika charger rusak atau hilang carilah charger ori atau belilah charger yang berkapasitas besar,biasanya ada tulisan pada chargernya. Tujuanya adalah jika di pake nge charge tidak terlalu lama,karena batre berkapasitas besar.
  4.  ROM (memory internal)
    ROM atau biasa di sebut memory internal semakin besar semakin bagus. Karena Aplikasi system di setiap handphone tersimpan di dalam memory internal atau ROM. jadi kalau ROM nya kecil,hampir pas pasan hanya buat penyimpanan file system, ya nanti bakal terasa berat saat loading.. Rekomendasi minimal 1 : 4 atau 1 banding 4. Artinya jika file system sebesar 5gb, usahakan besar ROM adalah 20 GB, walaupun hampir semua HP sudah support memory internal tapi tidak ada salahnya kalau memory internal juga besar.

Baca juga :

  1.  Kamera.
    Tentu saja kita ingin punya HP yang punya fitur lengkap, karena selain untuk telpon dan sms kini fungsi HP sudah lebih dari itu.Hampir mau sejajar dengan komputer dari sisi multimedia maupun hiburan lainya. Silahkan pilih sesuaikan dengan kebutuhan. HP keluaran baru biasanya sudah di sematkan fitur fitur canggih Kamera depan untuk video call,dan kamera belakang untuk merekam video atau sekedar berfoto foto ria saja. Silahkan cari HP yang kameranya sudah berelusi tinggi aga kualitas lebih bagus, dan jika di cetak warna tetap bagus atau tidak pudar.
  2.  Multimedia
    Selain kamera,untuk hiburan juga ingin mendengarkan musik baik melalui Radio,Musik Player, maupun streaming silahkan di sesuaikan dengan keinginan.
  3.  Hp dual sim
    Hampir semua HP baru sudah support dual sim,ini akan lebih efisien dan hemat biaya beli hp. Daripada harus beli 2 HP. silahkan yg ini sesuaikan seleramu saja
  4.  Network atau jaringan 4g lte
    Urusan jaringan, yang terbaru sudah 4G LTE, jadi ya jangan salah pilih ya. Jangan lupa upgrade sim card mu ke 4g kalau belum ya, karena walau hp dah 4G kalau sim card nya belum ya internet ga bakal jalan. support Wifi,hotspot dll silahkan di teliti.
  • Interface , tampilan dan kenyamanan pengguna

  1. Ukuran/dimensi layar atau touchscreen
    Kenyamanan dalam menggunakan hp juga penting,hp yang terlalu lebar juga mungkin agak kurang nyaman jika di pake telpon maupun di masukan ke kantong saku, kecuali memiliki tas khusus hp. Silahkan pilih yang enak di pakenya yang ukuran layar berapa inch.
  2. Pelindung layar /anti gores  (corning gorilla glass)
    Belum semua hp bawaan yang sudah di pasang pelindung pada layar atau touch screennya. Jadi usahakan beli HP yang sudah di pasang pelindung misalnya gorilla glass atau yang lainya.Jika belum ada ya sebaiknya sekalian aja di pasang karena penting untuk keamanan layar, jika terjatuh maupun terkena benda runcing layar akan tetap aman.
  3. Batre non built (sudah jarang ada)
    Ada batre yang langsung tertanam dan tidak bisa di ganti ( kecuali oleh teknisi) atau Batre in built, ada juga batre yang non built yaitu batre yang sewaktu waktu bisa di ganti sendiri alias batrenya bisa bongkar pasang sendiri. Ini menjaga kemungkinan juka batre rusak bisa di ganti sendiri.

Tips tambahan agar hp awet dan tidak boros baterai

  • Jangan instal aplikasi yang memang tidak terlalu penting dan jarang di pake.Jika tidak di uninstal atau tidak di hapus sebaiknya di non aktifkan, karena semua aplikasi aktif akan memakan batre walaupun tidak di gunakan.
  • Rutin membersihkan file file sampah, baik menggunakan aplikasi pihak ke tiga maupun menggunakan cara standar atau tanpa aplikasi

Baca juga : 2 cara membersihkan sampah android tanpa aplikasi

Itulah tips cara memilih hp yang baik agar awet dan tidak boros baterai. Semoga tips ini bermanfaat.

Rating

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.