Menu Tutup

7 tips bisnis jual beli online tanpa modal

Rating

Apa mungkin kita bisa sukses bisnis jual beli online tanpa modal ? Lalu bisnis online apa yang menguntungkan? Sementara kita juga tidak memiliki produk untuk di jual.

Untuk jaman sekarang dengan teknologi yang semakin canggih, semuanya jadi serba mungkin. Lalu bagaimana caranya memulai bisnis online? Yuk ikuti ulasan dan tips berikut ini.

Saat ini banyak sekali orang yang berjualan online bisa di bilang tanpa modal. Maksudnya tanpa harus mengeluarkan modal besar untuk membuat produk, atau membeli produk tertentu untuk di jualnya.

Baca Juga : 10 cara dapat uang dari internet menggunakan hp android

Walau begitu kita tetap harus memiliki seperti handphone, Rekening Bank dan kuota untuk akses ke internet.

Jaman sekarang ini hampir semua orang sudah memiliki handphone yang bisa di gunakan untuk berselancar di dunia maya.

Keuntungan bisnis online:

  • Bekerja online bisa dilakukan dimana saja, kapan saja saat kita sempat
  • bekerja online bebas mengatur diri sendiri tanpa di atur oleh orang lain
  • Pekerjaan jauh lebih ringan tanpa mengeluarkan tenaga berlebih
  • Lebih banyak mengandalkan akal,taktik,strategi di banding tenaga
  • Tidak memikirkan jam kerja
  • Bisnis online bisa menggunakan modal yang di sesuaikan dengan budget

Bisnis online yang ingin saya share ini tentang cara jualan online gratis dan tanpa modalyang besar. Cara ini sudah biasa dilakukan oleh banyak orang dan terbukti bisa memberi penghasilan.

Langkah langkah untuk jual beli online

1.Perangkat dan internet online.

Seperti yang di sebutkan di atas, bahwa kita harus memiliki smartphone, Rekening, dan pastikan kita bisa berinternet.

Jika ada dan memang di perlukan, kita juga bisa menggunakan PC atau laptop untuk perangkat menuju dunia maya dan kartu kredit jika ingin bertransaksi antar negara.

Selain kartu kredit untuk system pembayaran luar negeri, kita juga bisa menggunakan payapal atau bitcoin dan lain lainya.

2.Suplier atau penyedia produk

Carilah penyedia produk yang terpercaya. Saat ini banyak sekali pedagang online yang menawarkan kerjasama dibisang penjualan produk

Salah satunya dalam bentuk dropship. Dropship adalah sistem menjual barang dengan cara menginduk pada satu atau beberapa penjual.

Ada banyak yang menawarkan dropship secara gratis, ada juga yang menawarkan dengan persyaratan tertentu. hal ini merupakan bagian dari strategi mereka.

Untuk yang secara gratis biasanya kita bebas mengambil apapun dan berapapun produknya dengan cara mengcopy gambar produk yang di jualnya. Kekuranganya, biasanya harga yang ditawarkan lebih mahal.

Untuk yang bersyarat, ada yang dengan cara membayar biaya pendaftara terlebih dahulu, baru kemudian kita di beri akses untuk mengambil semua gambar produk yang ingin kita jual.

Ada juga yang dengan cara mewajibkan kita membeli satu produk yang di jualnya terlebih dahulu, baru kemudian kita di beri akses bebas mengambil gambar produknya.

Keuntunganya biasanya harga yang di tawarkan akan lebih murah dan memiliki poin bonus penjualan.

Nah suplier dengan cara di atas, biasanya sudah memiliki toko online atau website sendiri untuk menjual produk produknya

3.Penyedia produk pada mall online atau marketplace.

Jika kita tidak mau pusing dengan penyedia produk pada point no 2, kita bisa berjualan online dengan cara memajang gambar produk yang ada pada pasar online atau mall online

Kita tinggal memilih dan mencari produk yang harganya paling murah. Disitu juga sudah bisa langsung berjualan dengan memarkup harga atau menaikan harga untuk mengambil keuntunganya.

Cara ini adalah paling efektif, dan paling aman. Karena system transaksinya sudah otomatis dan tersedianya penjamin keuangan dari pihak marketplacenya.

Hal yang perlu diperhatikan disini adalah kita harus pintar pintar memilih produk berkualitas, agar konsumen kita tidak kecewa dengan apa yang kita jual.

Bagaimana cara memilih dan mengetahuinya?. Kita bisa melihat pada review barang tersebut, bisa juga dengan melihat data penjual terlebih dahulu apakah si penjual memiliki track atau kredibilitas yang bagus.

4.Penyedia produk di situs luar negeri.

Jika kita mau lebih luas dan lengkap, kita bisa saja mancari produk produk luar negeri yang masih jarang di jual di dalam negeri.

Yaitu dengan cara mencarinya di situs situs luat negeri seperti Aliexpress dan Alibaba. Ini merupakan situs jual beli terbesar di asia yang berpusat di china.

Atau bisa juga mencari produk di situs jual beli luar negeri dan lain lainya. Tapi perlu diingat, perhatikan harganya, biaya kirim, pajak/cukai dan lain lain. Apakah harganya masuk jika di jual di dalam negeri.

Selain berjualan langsung produk produk yang tersedia dari situs luar , kita juga bisa membangun Afiliasi dengan situs tersebut.

Yaitu menjual produk yang ada di situs luar namun tidak secara langsung. Kita hanya memajang gambarnya saja dan merekomendasikan transaksi pembelianya di situs mereka.

Jika ada yang membeli produk disitus luar negeri dan berasal dari situs kita maka kita akan mendapatkan komisi dari situs tersebut sebagai keuntungan afiliasi.

5.Membuat akun jual beli.

Jika kita sudah menemukan suplier atau penyadia barang yang tepat, yang bagus, tentu kita harus mempunyai tempat untuk berjualan juga.

Salah satunya adalah dengan membuka akun jual beli di situs situs jual beli seperti yang saya sebutkan di atas.

Jadi langkah ke 5 ini wajib memiliki akun jual beli online gratis yang banyak tersedia di internet baik di dlam negeri maupun luar negeri

Baca juga : Tips aman belanja online

Jadi selain mengambil gambar produk dari situ, kita juga bisa menjualnya disitu juga. Atau bisa juga dengan cara penjualan silang misalnya kita mengambil gambar produk di toko online A, kita bisa menjual di akun jual beli kita yang ada di toko online B

Begitu juga sebaliknya. Kita tinggal memperhatihan masalah harga saja.

Misalnya jika kita melihat harga di situs A harganya lebih murah engan situs B, maka kita bisa mengambil gambar produk yang ada di situs A kemudian kita jual di akun kita yang ada pada situs B.

Kita bisa menyilangnya dengan situs manapun. Yang terpenting kita memiliki tanggung jawab terhadap konsumen, kita konsisten mau berjualan dengan baik.

Disitus situs terpercaya, kita bisa menjual barang tetap menggunakan nama kita sebagai penjualnya.

Walaupun sebenarnya kita juga membeli pada orang lain bahkan dari awal sampai akhir kita tidak menyentuh barang tersebut.

Karena ketika ada yang membeli barang kekita, sebenarnya kita juga membeli barang itu ke penjual lain atau orang pertama.

Nah barang tersebut nantinya dikirim oleh penjual pertama langsung ke alamat konsumen atau pembeli atas nama kita sebagai dropship.

Dan keuntungan kita nanti secara otomatis akan masuk ke akun jual beli kita yang bisa di cairkan ke rekening kita kapan saja.

6.Promosikan

Banyak sekali sekarang ini mereka kereka yang memanfaatkan media sosial  dan lain lainya untuk berjualan.

Nah kita juga bisa melakukan hal yang sama. Media sosial merupakan salah satu media promosi yang gratis.

Kita bisa secara langsung berjualan di media sosial, bisa juga kita tetap mengarahkanya ke akun jual beli kita yang ada pada situs jual beli online agar transaksi lebih aman dan tingkat kepercayaan juga lebih tinggi.

Di media sosial kita bisa mempromosikan jualan kita dengan cara masuk ke group jual beli, bisa juga ke forum forum jual beli selain hanya sekedar membagikan keberanda saja.

Baca juga :Cara pasang iklan di fb bersponsor

Selain itu, di dunia nyata kita juga bisa mencoba menawarkan kepada keluarga, teman, tetangga dengan cara memperlihatkan gambar gambar produk yang memang ingin kita jual.

Dan masih banyak sekali cara cara yang bisa kita lakukan untuk mempromosikan barang atau produk online yang kita jual.

Hal di atas hanya sekedar ulasan singkat untuk contoh saja. Di luar itu kita masih bisa menggali dan mencari referensi lainya.

7.Memiliki website atau toko online sendiri

Jika 6 point di atas bisa berjalan dengan baik, kita bisa lebih memperkuat bisnis jual beli online kita dengan cara membuat website sendiri.

Banyak sekali keuntunganya. Kita akan lebih terlihat formal, dengan kepercayaan bisa meningkat lebih tinggi. Bisa lebih memperluas jaringan penjualan dengan mempromosikan website kita.

Kita bisa membuat produk affiliasi yang resmi dari situs lainya. Atau sebaliknya kita bisa menjual ke situs jual beli tertentu secara otomatis.

Artinya jika kita membuat produk baru di situs kita, secara otomatis produk tersebut masuk ke situs jual beli lain yang sebeliumnya sudah kita setting di awal. Namun hanya bisa pada situs tertentu saja.

Jika kita sudah memiliki website, kita harus memperkenalkan ke orang lain agar orang tahu kalau kita memiliki toko online.

Ikuti strategi pemasaran untuk bisnis online agar website atau toko online kita rame di kunjungi orang dan mudah di temukan di mesin pencari Google:

Itulah 7 tips bagaimana kita bisa memulai belajar bisnis online gratis atau bisnis online tanpa modal.

Sumber gambar : google search.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.