Menu Tutup

5 Tips Aman Dari Aplikasi Berbahaya di Android

mencegah aplikasi berbahaya

Tak dipungkiri bahwa android memang menjadi salah satu sistem operasi yang paling banyak digunakan. Sehingga tak heran jika android menjadi salah satu sasaran serangan hacker.

Nah, salah satu cara yang paling sering digunakan oleh hacker untuk menyerang android adalah dengan menggunakan aplikasi.

Cara ini dianggap sangat efektif karena aplikasi merupakan inti dari sistem operasi android dan langsung terhubung dengan pengguna.

Meski Google selalu meningkatkan keamanan dari aplikasi yang disediakan oleh platform merekan, namun tak ada salahnya jika anda mengintip tips aman smartphone dari aplikasi berbahaya Androd berikut

Karena meski raksasa internet tersebut telah memiliki kiat dan beberapa cara yang terus mereka kembangkan untuk memastikan keamanan platform android yang mereka miliki.

Akan tetapi hal tersebut dinilai tak cukup, kamu harus lebih waspada dan sadar sebagai pengguna mengenai aplikasi yang aman agar terhindar dari berbagai masalah yang disebabkan oleh hacker tak bertanggung jawab.

Baca juga: Cara menghilangkan iklan di hp android tanpa root

5 Cara Aman dari Aplikasi Berbahaya Di Android

Berikut ini adalah tips yang bisa kamu lakukan untuk menghindari aplikasi berbahaya pada android yang kamu gunakan.

tips android

  • Jangan Sembarangan Memasang Aplikasi Dari Sumber Yang Tidak Jelas

Saat ini Play Store menjadi tempat yang paling aman untuk menemukan apklikasi dan memasangnya di android kamu.

Hal ini dikerenakan Google selalu memantau keamanan dari setiap aplikasi yang ada di dalamnya, langkah ini dilakukan tentu saja untuk mencegah file berbahaya yang mungkin saja ada di dalamnya.

Selain itu meski pihal Google sendiri kini telah memasang sistem keamanan pada setiap aplikasi yang dijual di Play Store, untuk lebih amannya kamu juga bisa memindai aplikasi yang hendak kamu gunakan melalui fitur Play Protect.

Cara ini bisa kamu lakukan sendiri untuk memastikan bahwa aplikasi yang kamu unduh aman. Caranya hanya dengan membuka Play Store kemudian pilih Menu dan Play Protect.

Dari situ kamu bisa mengetahui apakah aplikasi yang kamu pasang di perangkatmu tersebut aman untuk digunakan. Kamu sendiri juga bisa loh, berpartisipasi dengan melaporkan aplikasi yang kamu anggap bermasalah dengan memilih ‘Improve harmful app detection’.

  • Jangan Memasang Aplikasi Dari Pihak Ketiga

Android memang bisa digunakan untuk memasang aplikasi dari luat Play Store, hal ini memang menjadi salah satu keuntungan dari android itu sendiri, namun sayangnya karena keunggulan ini membuat kamu tak bisa sembarangan memasang aplikasi yang disediakan oleh pihak ketiga atau aplikasi yang kamu dapatkan di luar Play Store yang tentu belum bisa kamu ketahui keamanannya.

Alasannya tentu saja karena kebanyakan toko aplikasi tersebut tidak menerapkan sistem keamanan atau control kualitas yang ketat seperti yang dilakukan oleh pihak Google.

Dengan begini, tak ada jaminan jika toko tersebut menyediakan aplikasi yang aman, bisa saja justru menyediakan aplikasi yang berbahaya bagi android kamu.

Tapi bukan berarti kamu tidak bisa mengunduh aplikasi dari toko pihak ketiga. Untuk menggunakan aplikasi yang kamu unduh dari pihak ketiga kamu bisa memastikan reputasinya terlebih dahulu, karena sebenarnya ada juga loh toko aplikasi pihak ketiga yang bisa dipercaya karena menyediakan aplikasi yang aman untuk digunakan oleh android mu.

  • Pastikan Untuk Cek Ulang Izin Aplikasi

Semenjak generasi android Marsmallow, kini kamu bisa meninjau izin akses sebuah aplikasi di perangkat yang kamu gunakan. Jadi kamu bsia nih, mengatur satu persatu izin apa saja yang bisa diberikan pada sebuah aplikasi tersebut.

Dengan begini kamu bisa mengetahui akses apa saja yang nantinya dibutuhkan oleh sebuah aplikasi untuk berfungsi secara optimal saat digunakan.

Oleh sebab itu pastikan terlebih dahulu untuk membaca izin sebuah aplikasi sebelum kamu memutuskan untuk memasangnya di android kamu.

Karena dari permintaan tersebut dapat membuat kamu bisa menentukan apakah sebuah aplikasi tersebut memang membutuhkan izin sesuai dengan fungsinya, jadi terhindar dari bahaya kan.

Karena jika kamu menemukan sesuatu yang mencurigakan kamu bisa segera mengurungkan niat untuk memasang aplikasi tersebut dan mencari alternatif lain yang lebih aman.

  • Membaca Ulasan Yang Ada Di Toko Aplikasi

Tips jauhkan smartphone dari aplikasi berbahaya berikutnya adalah dengan membaca ulasan yang tersedia di toko aplikasi karena  kini Google Play Store telah menyediakan ilustrasi Google Play Instan yang merupakan fitur terbaru yang memungkinkan kamu dan pengguna android lainnya yang ingin mencoba gim mobile terlebih dahulu sebelum mengunduh atau menginstalnya di perangkat android kamu.

Selain itu, cara lain yang lebih mudah untuk mengetahi apakah aplikasi tersebut adalah aplikasi yang aman adalah dengan cara membaca ulasan yang ditulis oleh pengguna lainnya.

Namun wajib kamu ingat ya, untuk membaca ulasan secara baik-baik dan tak hanya mengandalkan rating dan bintang yang diberikan. Karena biasanya dari membaca ulasan ini lah kamu bisa mengetahui kualitas dari aplikasi tersebut dan masalah apa saja yang biasanya terjadi.

Dengan begitu kamu bisa mengetahui apakah aplikasi tersebut memiliki masalah atau tidak di mata pengguna android lainnya melalui ulasan yang mereka tuliskan.

Cara ini pun bisa kamu gunakan untuk memastikan apabila aplikasi tersebut tidak memiliki fungsi lain selain yang telah dijelaskan dalam deskripsi yang ditambilkan.

Karena tak jarang ada beberapa pengembang yang terkadang membeli review palsu sehingga kamu namun kamu masih bisa mengenalinya melalui ulasan asli yang merupakan opini pribadi para pengguna android yang biasanya juga akan disertai dengan penuturan masalah yang dihadapi.

Nah, ulasan mengenai masalah ini biasanya akan mendapatkan respon dari pengembang yang bisa kamu jadikan sebagai refrensi.

  • Rajin Memperbaharui Sistem Secara Berkala

Pihak Google sendiri cukup rajin merilis pembaruan keamanan setiap bulannya, sehingga kamu wajib memasang pembaruan ini karena biasanya aplikasi yang telah diperbaharui hadir dengan sejumlah peningkatan keamanan dan juga solusi untuk masalah yang biasa kamu hadapi saat masalah tertentu dengan aplikasi yang kamu gunakan.

Namun sayangnya memang tak semua vendor smartohone merilis pembaruan tersebut secara berkala dan bahkan ada beberapa di antaranya yang baru merilis pembaruan dengan jeda waktu yang cukup lama dengan waktu perilisan pembaruan yang diberikan oleh pengembang.

Tapi meski begitu, pembaruan sistem ini dianggap cukup penting sehingga kamu perlu langsung memasangnya ketika pembaruan telah dirilis. Hal ini juga bisa menjadi salah satu penentu bagi kamu pada saat akan membeli smartphone baru, sebaiknya pilihlah smartphone yang rajin merilis pembaruan sebagai salah satu penunjang keamanan.

Jadi kesadaran diri sendiri dalam hal menggunakan smartphone menjadi salah satu penetu juga tak hanya mengandalkan sistem keamanan yang diterapkan oleh android. Karena semuanya kembali ke pada diri kamu sendiri sebagai pengguna.

Oleh sebab itu  tips aman smartphone dari aplikasi berbahaya di atas bisa kamu terapkan ya, untuk menjaga android kamu agar tetap dalam kondisi aman. Selamat mencoba.

Rating

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.