Menu Tutup

Tips aman belanja online

Anda suka belanja online?..tapi anda ragu dan takut? begini tips aman belanja online agar tidak tertipu dengan oknum penjual online

Kemajuan teknologi yang berkembang pesat dan semakin canggih memang sangat membantu kita di banyak hal. Salah satunya belanja.

Dulu kita belanja banyak menghabiskan waktu di mall, pasar atau pertokoan. Rasa kelelahan berkeliling mencari barang yang akan di beli

Lokasi pertokoan yang cukup jauh, dan tentu membutuhkan transportasi. Belum lagi macet, barangnya belum tentu ada, dan banyak hal yang cukup membuat kita merasa malas dan menyita waktu.

Namun berkat kecanggihan teknologi, kini belanja sangatlah mudah dan tidak perlu keluar kamar sekalipun. Tidak perlu keluar berpanas panasan, dan bisa dilakukan dengan sangat cepat.

Pemilihan barang yang akan di belipun jauh lebih mudah. Kita tinggal menulis nama barang, dan mengkliknya. Maka munculah ratusan barang yang kita cari.

Lebih myudah juga kita membandingkan harga barang dari toko yang satu ke toko yang lainya. Begitulah teknologi membantu kita dalam aktifitas pembelian barang.

Akan tetapi kita juga harus jeli, dan mencermati apakah informasi barang yang akan kita beli tersebut benar benar ada, atau hanya sekedar iklan yang bertujuan penipuan.

Disini kita memang harus lebih teliti dan bisa menggunakan logika dengan baik.Memang tak semua itu penipu,banyak yang murni bisnis dan resmi. Tapi tak sedikit juga yang penipuan..

Berikut tips aman belanja online agar terhindar dari penipuan.

  • Berbelanja di situs atau toko online resmi

Ini hal pertama dan terpenting yang harus di perhatikan. Berbelanjalah di situs atau toko online yang memiliki pihak penjamin transaksi anda.

Bukalapak,lazada,tokopedia,dan lain lain,merupakan mall online yang sudah jelas teruji,memiliki administrator pihak penjamin keuangan.

Banyak juga situs yang menjual produk tertentu dan juga resmi. Biasanya situs yang di dominasi merk tertentu, atau situs afilliasi produk tertentu yang bisa juga di sebut dealer produk tertentu.

  • Pahami asal Informasi

Dari mana asal informasi yang anda dapatkan juga penting untuk di cermati. Banyak iklan yang di broadcast melalui sms,wa, messenger maupun media sosial, yang tidak semuanya valid. Banyak yang telah tertipu oleh iklan iklan pribadi melalui media sosial, oleh karena itu pahami iklan yang benar dan palsu.

  • Harga wajar

Banyak iklan yang mengiming imingi harga murah dan terkesan tidak wajar. Ini bisa di pastikan penipuan. Carilah harga yang murah tapi yang sewajarnya saja. Anda bisa membandingkan dengan iklan online yang lainya.

  • Situs palsu

Banyak iklan broadcast dengan harga murah yang memberikan link ke sebuah situs. Pastikan anda bisa mencermati, sehingga tau perbedaan situs resmi dan palsu.

Pastikan alamat,info kontak dan lain lain tertera disitu. Dan itu belumlah cukup.Langkah awal jika anda ragu..

Anda bisa mencoba lacak identitas secara online salah satunya adalah mencari di www.google.com misal no HP,pin BB,no rekening atau alamat dan identitas lain dengan cara mengetik di kolom pencarian google lalu klik cari..

Jika sudah ada korban penipuan dengan identitas tersebut,pasti anda akan menemukanya jika si korban sudah menguplod identitas si penipu ke internet..

Jika anda tidak menemukanya,bukan berarti identitas tersebut bersih..anda tetap waspada krn mungkin anda korban pertamanya..Jadi pintar pintarlah memilih atau mencermatinya..
Jika terasa janggal,tak masuk akal.. Waspadalah..gunakan logika..

Cara ini mungkin sudah banyak yg tau. Tapi saya yakin masih ada yang belum tau.

Cara Melaporkan no rekening Penipuan:

  • Berikanlah info sedetail-detailnya bagaimana jalannya transaksi
  • Masukkan pula bukti-bukti lainnya, seperti bukti pengiriman atau bukti transfer, sms, ataupun bukti percakapan lainnya antara Anda dan penipu
  • Sertakan pula data-data penipu, seperti nomor rekening, nomor handphone, maupun sosial media yang digunakan oleh penipu
  • Kemudian kirimkanlah semua bukti dan data-dta tersebut ke email resmi Kepolisian Indonesia,

Email:cybercrime@polri.go.id

Just info..silahkan di share. Kalau bermanfaat..cegahlah sebelum terjadi.. Selamatkan sesama..

Artikel Lainya :

Nah itulah tips aman belanja online dengan link bagaimana cara melaporkanya semoga bermanfaat

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.