Menu Tutup

Ternyata ini orang orang yang bakal kebagian hasil Reklamasi

Opini tentang reklamasi yang menjadi perdebatan pro dan kontra di masyarakat akhir akhir ini. Tapi di balik itu ketahuilah reklamasi sebenarnya bermanfaat untuk memajukan perekonomian

Reklamasi pantai utara Jakarta
Reklamasi...kalau mendengar kata ini pasti identik dengan pro dan kontra. Tidak tau ini budaya, atau tradisi, atau karena ada sesuatu di balik pro kontranya.

Atau hanya ikut ikutan dengan dalih dalih tertentu, atau karena tidak paham tujuan dan fungsi reklamasi,atau jangan jangan unsur politik?

Wah... jangan dong..lha tapi kok cuma reklamasi di jakarta ya yang diributkan, kalau di tempat lain kayaknya terbilang aman saja,noooooh..Pantai Losari juga hasil reklamasi tuh emangnya bukan...tiap hari rame pengunjung tuh...
Nanti nilai sendiri ya setelah baca opini saya ini..

Apa tujuan Reklamasi

Tujuan...,Siapapun dan dimananpun penggagas Reklamasi tentu punya tujuan dan perencanaan yang matang,yang mungkin sudah terstruktur sampai di hasil akhirnya.

Tentu sudah mempertimbangkan biaya,dampak dan resiko,dan target hasil akhir yang sudah terprogram apik dengan meminimalisir sisi negatifnya.

Pastinya positif dan negatif tetap akan ada. Ibarat orang dagang pasti ada untung ada rugi,tetapi bagaimana agar keuntungan lebih banyak dan langgeng agar bisa menutupi sedikit kerugian di awal.

Masalahnya tergantung siapa pelaku " penyelenggaranya" sudah terbiasa " bersih" atau sudah terbiasa tanganya "belepotan".

Karena disini kan banyak tuh kasus yang di "tradisikan", ada berita Rapat tertutup Paripurna eksekutif akan membangun "anu" dan akan menghabiskan dana Trilyunan,yang akan di ambil dari APBN.

Baru setengah jalan,dananya dah habis. Akhirnya ya mangkrak.Kira kira apa karena perancang dan gerombolan penggagasnya yang ga sekolah atau memang niatnya nilep untuk ini itu?

Tapi tetap saja mereka punya tujuan kan? untuk anu, dan untuk ini itu. Contohnya ya e-KTP masih anget anget kuku tuh..

Tapi logika saya tujuan Reklamasi secara primer untuk jangka panjangnya ya investasi,dan dimana mana yang namanya investasi pasti untuk mencari untung.

Fungsi dan manfaat reklamasi

Selain itu manfaat reklamasi khususnya di Jakarta yang suka banjir. Pulau reklamasi juga berfungsi untuk menahan atau menghambat arus air laut menuju daratan,sehingga mampu meminimalisir banjir jika air laut meluap.

Setidaknya derasnya air laut yang menuju ke darat akan terhambat oleh pulau reklamasi. Bisa juga untuk tujuan wisata,salah satu pembangunan daerah,salah satu pembangunan infrastruktur dan fasilitas umum nantinya yang bisa mendongkrak perekonomian di wilayahnya.

Keuntungan...Nah yang ini nih yang justru akan jadi perdebatan panjang. Lha iya selama ini saya ga kebagian, mau bikin rumah di pulau reklamasi pasti ga gratis, pasti mahal, pasti orang kaya kaya semua yang bisa membeli.

Gitu kan? Laaaah... jangankan kamu...,wakilmu di senayan aja menuding begitu, wakilmu aja g ngerti, wakilmu aja g bisa memahami tujuan reklamasi..., KECUALI... kamu kamu yang CERDAS.

Tugas Gubernur

Jika ada seorang Gubernur, yang punya pemikiran ingin membangun,Ekonomi warganya, Fasilitas umum, infrastukrtur, transportasi dan lain lain itu adalah kewajiban.

Lalu bagainmana jika ada seorang Gubernur berpikir ingin bisa membiayai sekolah warganya dengan gratis,dengan memberi KJP,ada KJL,KJS dan KJ KJ lainya tanpa menguras APBD terlalu banyak,itu kira kira duitnya dari mana? apa itu duit sendiri apa itu duit negara?. Dalam hal ini kita butuh pemahaman lebih memang.

Ibarat seorang kepala keluarga punya warung di rumah, penghasilanya pas pasan untuk biaya sehari hari anak anak dan keluarga.

Lalu ia berpikir bagaimana caranya supaya hasil dari warung ada sisa untuk di tabung untuk membeli sepeda buat anaknya,juga untuk biaya sekolah dan hari tua nya.

Akhirnya kepala keluarga ini merelakan tanah sepetaknya di bangun oleh si A selaku penyedia bahan bangunan dan akan di gunakan oleh si B untuk tempat usaha.

Dan hasinya akan menguntungkan ke tiganya,Tapi untuk jangka panjangnya tentu si pemilik tanah yang lebih di untungkan sesuai perjanjian kontrak hak guna selama misalkan 25 tahun.Setelah 25 tahun tempat itu sudah menjadi hak si pemilik tanah..

Kurang lebih seperti itu sebenarnya yang terjadi dengan reklamasi Jakarta yang selama ini berniat dilanjutkan oleh Pak Gubernur Basuki TP.

Hasil Reklamasi

Memang betul kalau rakyat kecil mungkin tidak mampu membeli tanah di pulau reklamasi, tetapi sebenarnya warga sudah menikmati hasil reklamasi duluan sebelum reklamasi itu selesai, dalam bentuk KJP,KJS,KJL,Transportasi murah bahkan gratis.

Dan Pak Basuki atau Ahok akan terus berupaya menambah, menambah dan menambah porsi porsi yang serba gratis untuk warganya,salah satunya dengan Reklamasi itu,dan bagaimana caranya supaya tanpa menghabiskan APBD DKI Jakarta.

Cerdas bukan? nah kalau kamu kamu paham berarti kamu salah satu orang yang cerdas juga.

Jadi kesimpulanya siapa yang menikmati hasil Reklamasi nantinya? Jawabnya ya kamu kamu warga Jakarta.Kacau kan Gubenurnya? lha iya saya ga kebagian bukan warga Jakarta sih...

Bagaimana opini kamu tentang reklamasi?

Baca Juga :

Rating

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.