Menu Tutup

Fungsi dan keungulan teknologi Blockchain di Indonesia

Teknologi Blockchain Indonesia

Beragam inovasi dari dunia teknologi membuat kecemasan dalam dunia usaha. Salah satunya adalah blockchain. Apa itu teknologi blockchain ? Berikut penjelasan blockchain Indonesia

Blockchain adalah salah satu bentuk transaksi yang dapat dilakukan secara langsung dan tidak membutuhkan perantara. Salah satu contohnya adalah transfer uang melalui internet banking.

Berikut ilustrasinya. Orang A melakukan transfer ke orang B, maka secara langsung uang telah tertransfer ke orang B dengan catatan transfer yang dilakukan oleh orang A telah terekam di bank.

Lain halnya jika anda menggunakan sistem blockchain untuk melakukan transaksi maka data anda mentransfer ke orang B tidak direkam terlebih dahulu oleh bank.

Block chain dapat diartikan sebagai basis data online yang dapat dimanfaatkan dan dilihat oleh seluruh orang di dunia. Data yang disimpan terjamin aman. Seiring berkembangnya teknologi maka kehadiran blockchain ini mampu memberikan peluang yang besar terutama bagi dunia industri perbankan.

Hasil Riset Blockchain

Berdasarkan hasil penelitian telah dilakukan di berbagai negara seperti Eropa, Timur Tengah, dan Afrika menggambarkan bahwa hampir seluruh bank secara global mencoba menerapkan sistem blockchain.

Hal ini dikarenakan dengan menggunakan blockchain dapat meminimalisir biaya dan mendongkrak efisiensi operasionalnya.

Hasil yang diperoleh berdasarkan riset tersebut antara lain adalah sebagai berikut:

  1. Pada sebagian besar bank telah membuktikan bahwa bank yang menggunakan sisitem blockchain ternyata dapat meminimalisirkan biaya, mempercepat berbagai macam transaksi serta membuka peluang meluncurkan produk baru. Selain itu, pihak bank juga dapat meningkatkan keuntungan yang diperoleh dengan cara meningkatkan daya saing di pasaran.
  2. Pihak bank semakin meningkatkan penggunaan blockchain untuk mengatasi berbagai permasalahan dalam dunia perbankan.
  3. Regulator kini telah membangun kerjasama dengan pihak bank untuk meningkatkan penggunaan blockchain.
  4. Di dalam sektor keuangan kini akan bermunculan penyedia jasa dengan basis blockchain.
  5. Banyak perbankan yang telah mengaplikasikan sistem blockchain, diantaranya adalah Royal Bank of Canada atau RBC yang telah mengembangkan sebuah sistem berbasis teknologi yang menggunakan blockchain.

Selain itu, Bank OCBC juga telah turut berpartisipasi menggunakan teknologi bloackchain untuk memproses pemindahan uang antar kantor cabang baik di dalam maupun di luar negeri dan lain – lain.

Di Inggris pun turut berkontribusi menggunakan teknologi blockchain dalam sistem perbankan, salah satunya adalah Bank Santander. Teknologi tersebut.

Perkembangan Blockchain Indonesia

Di dunia perbankan kini sedang banyak diperbincangkan oleh khalayak umum mengenai blockchain. Ada salah satu perusahaan asal Amerika IBM kini telah mengembangkan sistem tersebut pada bank – bank di seluruh dunia, salah satunya adalah di Indonesia.

Berdasarkan keterangan yang dinyatakan oleh IBM tahun lalu beberapa bank telah menggunakan blockchain di Indonesia, antara lain adalah Bank Mandiri, BNI, BRI, Bank Danamon dan Bank Permata.

Ketertarikan bank di Indonesia terhadap sistem blockchain ini ternyata cukup tinggi. Bank Indonesia pun turut berpartisipasi menggunakan teknologi tersebut. Tantangan terberat bagi dunia perbankan antar lain adalah memberikan sebuah informasi yang tepat dalam penerapan teknologi terupdate blockchain.

Dalam hal ini dibutuhkan kondisi yang kondusif untuk mendukung pengembangan teknologi blockchain.  Hal ini dikarenakan kehadirannya dapat membuka peluang usah jika berhasil menjalankan teknologi blockchain. Namun, apabila tidak dapat menyesuaikan maka dapat menyebabkan keterpurukan pada bank.

Perusahaan yang telah Mengaplikasikan Teknologi Blockchain

Berikut ini adalah beberapa daftar perusahaan yang telah memanfaatkan teknologi blockchain:

  • Pundi X

Pundi X merupakan salah satu startup yang memanfaatkan teknologi blockchain dalam melakukan transaksi keuangan. Pundi X juga membuat produk berupa mesin kasir yang dikenal dengan XPOS. Namun sayangnya kini produk pundi X telah dijual ke Jepang, Singapura dan Korea Selatan.

  • Omise

Omise adalah perusahaan startup yang berasal dari Thailand. Startup tersebut menggunakan teknologi blockchain untuk digunakan sebagai sarana pembayaran.  Saat ini Omise telah berencana akan menghadirkan berbagai macam layanan di Indonesia.

  • SwipeCrypto

SwipeCrypto merupakan sebuah platform yang berbasis blockchain yang bermanfaat sebagai wadah untuk memasarkan hasil karya masing – masing developer aplikasi mobile.

  • Bitspark

Bistpark merupakan salah satu startup yang berasal dari Hong Kong. Startup tersebut menggunakan sistem blockchain sebagai sarana untuk melakukan transfer uang baik di dalam maupun di luar negeri.

Siapa saja yang telah menggunakan Blockchain di Indonesia

Berikut ini merupakan beberapa lembaga yang telah mendukung Perkembangan Blockchain di Indonesia:

  • Indonesia Blockchain Network atau IBN

IBN merupakan salah satu yayasan yang memilki misi untuk mendukung sistem teknologi blockchain di Indonesia. Yayasan tersebut didirikan dan diresmikan pada 4 April 2018. Selama ini IBN telah menunjukkan prestasinya lewat keberhasilan dalam agenda pelatihan blockchain yang dilaksanakan akhir Maret 2018.

  • Blockchain Zoo

Blockchain Zoo merupakan sebuah perusahaan yang menyediakan jasa konsultasi untuk membangun blockchain. Selain itu, perusahaan tersebut telah mengadakan pelatihan mengenai vendor blockchain untuk para developer dan eksekutif.

Perusahaan ini telah mengembangkan teknologi blockchain dengan membantu beberapa perusahaan dalam mengelola blockchain seperti Fidentiax dan Tokenomy. Selain itu, perusahaan ini juga telah memberikan berbagai pelatihan kepada Bank Indonesia Institute beserta anak perusahaan Bank Mandiri.

  • Blocktech

Blocktech ini didirikan sejak akhir tahun 2017. Perusahaan tersebut memanfaatkan luasnya jaringan yang dimiliki untuk mengembangkan blockchain. Perusahaan ini telah menjadi investor dalam pengembangan Eximchain yang memanfaatkan sistem blockchain.

Salah satu jenis representasi dari blockchain adalah mata uang kripto yang saat ini telah banyak dikenal dan dinikmati oleh khalayak umum.  Namun sayangnya tidak semua mata uang tersebut terkenal khususnya di Indonesia.

Teknologi blockchain ini memiliki peranan yang sangat penting terutama dalam hal membuat mata uang secara digital.  Salah satu contohnya adalah Bitcoin.  Baik itu teknologi blockchain maupun Bitcoin keduanya telah berkembang pesat sejak tahun 2015 di Indonesia.

Kelebihan Teknologi Blockchain

Berikut ini merupakan beberapa kelebihan dari teknologi blockchain Indonesia:

  • Blockchain bersifat instan, aman, efisien dan transparan

Semua jenis transaksi yang menggunakan teknologi blockchain terjamin keamanannya. Prosesnya cepat dan efisien sehingga menghemat waktu. Semua transaksi juga dilakukan secara transparan serta dapat dicek oleh banyak orang.

Meskipun blockchain bersifat transparan, namun teknologi blockchain ini tetap aman untuk digunakan. Hal ini dikarenakan  sebelum transaksi disahkan blockchain dilengkapi dengan teknologi digital signature saat melakukan transaksi tersebut.

Selain itu, bentuk transaksi yang telah dilakukan menggunakan blockchain tidak dapat dihapus atau pun diganti sehingga hal ini sangat menguntungkan anda dalam bertransaksi.

  • Blockchain merupakan teknologi peer to peer

Dalam melakukan transaksi menggunakan teknologi blockchain anda dapat mentransfer seperti uang  dan bentuk layanan lainnya tanpa membutuhkan bantuan pihak ketiga. Oleh karena itu, anda bisa langsung mengirimkan uang tersebut tanpa melalui bank.  Hal ini juga dapat meminimalisir berbagai macam bentuk penipuan.

Artikel Terkait :

Rating

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

cerita cinta

Punya uneg uneg tentang Cintamu? Yuk berbagi disini tentang cerita kisah cintamu. Tuliskan cerita dan pengalaman perjalanan cintamu yang tak terlupakan, kisah cinta yang mengharukan, ataupun kisah cintamu yang paling gokil

Caranya mudah:

Kamu bisa menulis langsung di blog ini

     

Mengirimkan tulisan lewat email

info@dunia1001.net

Kita tidak tahu kapan kekasih sejati itu datang...Tapi orang bilang kalau jodoh itu adalah sesuatu yang bisa datang tanpa disengaja