Menu Tutup

Tutorial seo terbaru dan terbaik menurut pakar seo dunia

Disini saya mencoba menulis tutorial seo website untuk pemula. Karena kita sama sama belajar tentang cara seo website yang baik dan benar itu seperti apa.

Selain berdasarkan pengalaman sendiri saya juga banyak belajar dari internet dengan membaca tutorial seo para master master yang memang sudah ahli di bidangnya.

Teknik seo dasar yang bagus menurut pakar seo dunia

(Search Engine Optimization) Seo adalah sebuah rangkaian proses yang di lakukan untuk  meningkatkan jumlah dan kualitas traffic sebuah situs dari mesin pencari dengan memanfaatkan algoritme mesin pencari tersebut.

Didalam internet marketing seo memiliki peran penting untuk menunjang keberadaan blog itu sendiri di mata mesin pencari.

Jika kesulitan, kita bisa menggunakan plugins seo wordpress , seo blog untuk blogger maupun pada bermacam platform lain yang kita gunakan.

Menurut pakar seo dunia , dalam tutorial seo terbarunya, bahwa penulisan konten pendek justru lebih banyak mendatangkan traffic bada sebuah blog jika di bandingkan konten yang panjang.

Tetapi pendek di sini adalah tetap sudah mencapa batas minimum yang di rekomendasikan. Misalnya antara 1000 sampai 2500 kata.

Dalam optimasi seo , ada dua sektor besar yang harus diperhatikan:

SEO On Page

Beberapa tahun terakhir, Google telah membuat banyak sekali pembaruan pada sistem dengan alur algoritmenya yang super njlimet. Bahkan menurut data, Google telah membuat hingga 600 perubahan ke algoritme setiap tahunya.

Jadi kita nyaris tidak mungkin mengikuti arus perkembangan Google yang sangat cepat dan mengubah perilaku pengguna dunia internet .

Oleh karena itu satu hal yang tetap bisa kita lakukan adalah melakukan SEO on page atau SEO pada halaman untuk kebutuhan mesin pencari

Memang aktivitas pada halaman untuk SEO tidak terkait dengan faktor peringkat google secara langsung, tetapi lebih kepada faktor seperti rasio klik dan waktu tayang situs kita

Contoh, tugas SEO on page yang umum dilakukan adalah mengoptimalkan deskripsi meta dan judul tag.

Judul tag dan deskripsi meta yang kita buat akan muncul pada hasil pencarian Google. Misalnya, jika seseorang mencari artikel "tujuan SEO," maka akan muncul dengan judul dan deskripsi yang secara pribadi kita tulis.

Oleh karena itu dalam teknik SEO penting memasukan kata kunci pada judul. Menempatkan kata kunci dalam judul dan deskripsi dapat membantu pengguna menavigasi konten lebih cepat, namun itu tidak langsung meningkatkan peringkat.

Jadi memasukkan kata kunci dalam meta dan tag belumlah cukup.

Namun begitu semuanya akan memberi kontribusi pada rasio tayang yang lebih baik dan bisa memicu klik yang lebih banyak.

Karena itulah tag dan deskripsi meta, kita harus buat lebih menarik dan pastikan terkait dengan topik pada artikel kita.

Semakin tinggi RKPT, semakin tinggi juga peluang peringkat yang akan di berikan kepada kita oleh mesin pencari.

SEO On page terdiri dari beberapa elemen utama yang harus diperhatikan :

  • Kesalahan perayapan oleh mesin pencari
  • Riset kata kunci (keyword)
  • Optimasi halaman untuk membantu mesin pencari menemukan
  • Dan kecepatan loading.

Disini, kita akan membahas lebih jauh bagaimana kita dapat meningkatkan masing-masing elemen ini untuk mendapatkan seo on page terbaik

Kesalahan perayapan oleh mesin pencari

Kesalahan perayapan oleh mesin pencari bisa berbentuk apa saja seperti kesalahan 404 (tautan rusak) hingga konten duplikat. Dipastikan semua masalah ini akan mengganggu situs web kita yang berdampak pada :

  • Kecepatan loading menjadi lambat
  • Penurunan peringkat di mata mesin pencari
  • Bisa terkena penalty dari Google
  • Lebih parah lagi risiko pengunjung meninggalkan situs kita.

Jika dibiarkan kesalahan 404 atau link rusak  akan memengaruhi lalu lintas situs secara besar-besaran. Apalagi jika kita telah memasukan konten atau tautan di sumber lain seperti media sosial,situs lain, kita bisa kehilangan banyak lalu lintas yang akan merujuk ke web kita.

Oleh karena itu segeralah kita memperbaikinya. Salah satu alat yang bisa kita gunakan untuk mengetahui dan memperbaiki kesalahan perayapan yang bisa merusak situs kita adalah Screaming Frog.

Sceaming frog adalah alat SEO yang dapat memindai situs web kita secara gratis, memberi tahu kita informasi detail tentang apa yang perlu diperbaiki dan bagaimana cara melakukannya

Jika belum memiliki anda bisa download disini

Riset kata kunci  (keyword)

Riset kata kunci sebenarnya adalah sebuah proses dasar dalam merencanakan pemasaran secara online atau internet marketing untuk hal SEO.

Kata kunci adalah apa yang akan di tulis oleh seseoarng pada mesin pencari untuk menemukan konten, produk informasi atau apapun yang kita cari.

Misalnya, ketik "celana jeans" pada mesin pencari Google. Itu akan menjadi kata kunci yang akan memunculkan banyak halaman yang bersaing dalam peringkat di mesin pencari.

Ada 2 jenis kata kunci utama yang harus kita perhatikan sebelum melakukan strategi riset kata kunci dasar.

Kata kunci ekor panjang (long tail word)

Kata kunci ekor panjang adalah kata kunci yang lebih panjang yang terdiri dari 3-5 kata. Mereka sering lebih mudah untuk mencapai terget karena lebih spesifik, lalu lintas kurang, dan persaingan kurang.

Misalnya " cara membuat celana jeans", ini akan menjadi kata kunci spesifik yang langsung mengacu kepada tujuan si pencari.

Ini akan lebih mudah mendapatkan pageone karena persainganya di pastikan lebih sedikit di bandingkan hanya menggunakan kata kunci utama saja yaitu " celana jeans"

Tapi kekuranganya, kita hanya akan mendapatkan trafik yang jauh lebih sedikit di banding jika menggunakan keyword utama.

Untuk mencari kata kunci ekor panjang Anda bisa menggunakan keyword tool gratis atau alat reset kata kunci gratis milik pakar seo Neil Patel yaitu UBERSUGGEST's

Kata kunci ekor pendek/utama(short tail words)

Kata kunci utama atau kata kunci ekor pendek adalah kata kunci satu-kata atau dua kata yang lebih umum. Misalnya, "celana jeans" akan menjadi kata kunci utama kompetitif.

Jika kita hanya mengandalkan ini,kita akan sangat susah mentuk mencapai target posisi yang bagus karena harus bersaing dengan ribuan situs lainya.

Kecuali jika memang kita mampu menganalisa bahwa kata kunci yang kita gunakan hanya sedikit persainganya dan bisa membuat konten yang jauh lebih baik dengan saingan kita.

Tetapi kelebihanya jika kita mampu bersaing dengan kata kunci utama, dan bisa mendapat posisi pageone di mesin pencari, akan memungkinkan tidak terkalahkan.

Baca Juga :

Untuk membuat SEO website yang baik kita harus menerapkan kedua istilah ini dalam strategi SEO untuk menargetkan posisi dalam persaingan yang sangat ketat.

Kita bisa meriset kata kunci menggunakan tool riset seperti Moz atau perencana kata kunci adwords, Words. Kita cukup dengan memasukkan kata dasar untuk artikel yang ingin kita bahas.

Bahkan menurut pakar seo Google Moz adalah tool seo yang di rekomendasikan untuk meriset kata kunci ekor pendek. Mau memulai pake Moz Klik Disini

Mencari kata kunci dasar akan memberi kita daftar metrik yang menampilkan volume berapa banyak pencarian per bulan, tingkat kesulitan dalam peringkat persaingan untuk keyword tersebut, dan berapa jumlah klik organik yang berasal dari mesin pencari

Dengan menggunakan tool seo tersebut nantinya akan memberi tahu kita saran saran kata kunci yang relevan dengan konten yang kita buat.

Tetapi Secara umum, disarankan ketika mencari kata kunci untuk konten blog kita, carilah istilah untuk kata kunci berekor panjang dengan volume yang lebih tinggi dengan tingkat kesulitan yang lebih rendah.

Setelahnya kita ambil kata kunci itu dengan mencopy ke notepad kemudian kita pergunakan untuk mengoptimalkan halaman website kita.

Optimasi halaman

Optimasi halaman adalah langkah penting dalam proses SEO. Melakukan Optimasi pada halaman melibatkan beberapa hal dasar SEO.

Mengoptimalkan halaman situs dengan keyword atau kata kunci tertentu,berguna untuk mempermudah mesin pencari dalam merayapi situs kita.

Tapi Ingat , kita menulis konten dan melakukan optimasi pada halaman memang untuk mesin pencari. Tetapi yang utama tetap kita harus memperhatikan kebutuhan pengguna yaitu konten

Pengguna atau pengunjunga tetap nomor satu. Jadi buatlah alur yang tetap relevan sesuai topik, mudah di mengerti dan menjadi satu alur cerita sebagaimana mestinya.

Semua faktor diatas membantu kita untuk menambahkan konteks ke halaman untuk mesin pencari dan Google akan menyusun dengan baik cara agar tampak ramah bagi pengguna di pencarian.

Misalnya, ketika kita mencari artikel di Google, kita berharap menemukan sesuatu yang sama atau mirip dengan apa yang kita cari.

Semua hal seperti permalink (URL) hingga judul dan struktur postingan kita (judul h1 dan h2) akan di pindai oleh mesin pencari dengan cara yang unik dan akan di tampilkan berbeda agar tampak lebih ramah untuk penggunjung.

Semakin baik pengoptimalan halaman yang kita lakukan, maka semakin lama pengguna tetap menggunakan atau membaca konten kita tanpa harus mencari kesitus lainya

Selain itu juga, mengoptimalkan halaman dengan memberi link atau tautan internal akan membantu lalu lintas blog karena berpotensi mendorong pengguna untuk menelusuri artikel lain di seluruh situs kita

Meningkatkan kecepatan loading halaman

Salah satu faktor terbesar dan penting untuk lebih sukses menaikan traffic adalah meningkatkan kecepatan loading halaman pada situs kita

Ketika kita melakukan optimasi SEO pada semua posting dan situs kita secara keseluruhan, pastikan bahwa semua konten kita diload dengan cepat. Karena Google akan lebih menyukai situs web yang memuat tiap tiap halaman dengan cepat.

Menurut laporan dan penelitian terbaru, ketika loading halaman lambat hanya dalam beberapa detik saja, seseorang akan meninggalkan situs kita.

Menurut Standar Google saat ini loading halaman terbaik adalah tiga detik atau lebih rendah dari itu. Walaupun memang secara umum sebenarnya kecepatan loading sebuah situs masi rata rata lambat.

Dengan meningkatkan kecepatan situs, Kita berharap pengguna untuk tetap berada di situs kita untu waktu yang lebih lama dan mengurangi rasio bounce rate yang pastinya akan berdampak negatif di mata Google pada peringkat visitor organik kita.

SEO Off Page

SEO off page yaitu semua hal dan aktivitas yang dapat kita lakukan di luar halaman itu sendiri,untuk menaikkan peringkat situs kita di mesin pencari

Ada beberapa cara utama yang bisa kita lakukan untuk SEO off page yang memiliki peran penting untuk meningkatkan SEO.

Membuat tautan ekternal

Membuat tautan ekternal adalah faktor paling penting dalam strategi SEO. Hal ini justru bertentangan dengan cara SEO lama.

Banyak orang justru tidak menggunakan dengan alasan sama dengan memberikan jalan keluar untuk pengunjung meninggalkan blog kita. Itu salah besar.

Karena justru Menurut Andrey Lipattsev, seorang Pakar Strategi SEO Senior kualitas Pencarian di Google, tautan dan konten menjadi pasangan yang mendominasi traffic tertinggi.

Bahkan pihak Google memberi informasi melalu video secara resmi yang menyatakan bahwa tautan ekternal adalah salah satu faktor terpenting dalam menaikan peringkat pada mesin pencari.

Semakin banyak tautan eksternal yang kita sisipkan pada sebuah konten yang kita buat,maka memungkinkan kita akan mendapatkan backlink dari situs lain.

Tetapi penting di ingat

Jangan membuat tautan ekternal ke situs situs yang memiliki otoritas rendah. Hal ini akan justru akan membuat nilai minus pada blog kita bahkan bisa menurunkan peringkat di mesin pencari

Membuat link ekternal penting, tetapi belum tentu semua tautan akan berhasil mendapatkan baclink yang bagus.

Menurut pakar yang telah meneliti, situs yang memiliki peringkat tinggi dengan dengan backlink yang juga tinggi, memiliki backlink dari ratusan situs yang berbeda beda.

Dan mayoritas dari semua backlinknya berasal dari situs situs yang memiliki otoritas tingkat tinggi
Memang terkesan cukup mudah namun pembuatan tautan dengan harapan mendapat backlink yang bagus dan banyak tidaklah mudah.

Tetapi itu sangat perlu lakukan untuk menunjang SEO agar bisa bersaing dengan SEO dari situs lain untuk hal online marketing

Jadi jumlah total link ekternal yang kita buat, kualitas backlink yang di dapat dan dari bermacam macam sumbernya akan mempengaruhi peringkat di mesin pencari.

Semakin berkualitas konten yang kita buat, semakin berkualitas link yang tersemat untuk mendapatkan backling yang bagus akan memungkinkan menjadi pageone di mesin pencari.

Karena itulah mengapa rata rata situs dengan peringkat atas memiliki konten jauh lebih sempurna dengan ribuan tautan yang tersemat di dalamnya.

Membuat konten berkualitas, di analogikan 1 : 9. Yang maksudnya membuat 1 konten berkualitas lebih baik daripada membuat 9 konten biasa.

Membuat 1 konten sempurna sama dengan menggabungkan 9 konten dengan rentang waktu yang juga 1 di banding 9.

Jadi inti dasar sebelum SEO, adalah sebuah konten berkulitas.

Tanpa konten Yang memiliki kualitas tinggi,kita tidak akan mendapatkan backlink yang banyak dan bagus untuk menciptakan lebih banyak trafic dan meningkatkan market dan bisnis online.

Salah satu cara yang bagus untuk membangun backlink dengan cepat adalah dengan menyebutkan influencer lain dalam sebuah konten yang kita buat.

Selain itu juga kita bisa dengan menyebutkan dan memberi pujian kepada influencer tersebut.
Hal Ini bagus di lakukan karena berpotensi menambah nilai plus pada konten kita yang juga berpotensi mendorong mendapatkan backlink yang lebih banyak.

Berbagi ke media sosial

Membagikan konten ke media sosial adalah promosi gratis terbaik dan ampuh secara tidak langsung akan memberi kontribusi sangat positif dalam strategi seo off page.

Walaupun bukan faktor peringkat yang di dapat secara langsung, tetapi ini adalah bagian dari strategi SEO off page yang akan mendatangkan banyak backling berkualitas ke situs kita.

Kita bisa menggunakan tool atau plugins berbagi ke media sosial untuk mempermudah pekerjaan kita. Dimana media sosial sangat beragam dan banyak jenisnya.

Namun untuk hasil baclink yang jauh lebih maksimal, menulis lebih panjang dari sebuah konten secara langsung di media sosial itu sangat di sarankan.

Dengan stategi menyalin awal postingan sampai di titik yang memungkinkan membuat orang ingin tahu lebih jauh isi konten kita dengan di akhiri " klik selengkapnya"

Itu lebih baik untuk dilakukan. Jadi bukan sekedar berbagi postingan terbaru saja. Dengan cara di atas akan mendorong banyak traffic ke situs kita.

Selain itu, tambahkan gambar unggulan dari konten atau postingan kita. Jangan lupa tambahkan juga judul yang sesuai.

Biasanya dengan cara ini traffic akan meningkat yang di hasilkan dari backlink media sosial yang merupakan bagian dari strategi teknik SEO off page.

Itulah tutorial seo menurut pakar seo yang sudah berpengalaman di bidang trik trik seo temuanya. Semoga bermanfaat buat kita semua.

Rating

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.