Menu Tutup

Strategi bisnis louhan agar menjadi penghasilan jangka panjang

Ikan louhan adalah ikan hias yang kini banyak dipelihara banyak orang.Bukan hanya sekedar hobby, tapi sebagian orang bahkan menjadikan ikan louhan sebagai ladang bisnis. Tapi bagaiaman strategi bisnis louhan agar tidak cepat redup?

Sebenarnya bisnis louhan bisa di jadikan ladang bisnis untuk jangka panjang. Walaupun mungkin sulit melakukanya.

Namun ada beberapa cara yang memungkinkan bisnis ikan louhan ini bisa bertahan lama. Dan itu tentu tergantung dari mereka para pelaku bisnisnya sendiri.

Sebelum ke intinya, kita akan contohkan hal hal lain yang bisa kita pelajari.

Secara umum nilai jual barang akan menjadi mahal karena jumlahnya sedikit. Tetapi akan menjadi murah, bahkan tidak laku karena jumlahnya terlalu banyak.

Walaupun hal tersebut memang tidak bisa menjadi tolak ukur setiap nilai barang. Tetapi secara umum bisa di bilang seperti itu.

Seperti nilai Uang itu sendiri misalnya.Jika uang terlalu banyak di cetak dan di edarkan, maka akan terjadi Inflasi. Sebaliknya jika terjadi kekurangan jumlah uang, maka akan terjadi Deflasi.

Inflasi dan Deflasi tentu juga akan mempengaruhi nilai jual barang maupun nilai uang itu sendiri bukan?

Beberapa waktu yang lalu sempat terjadi demam nasional batu akik.Disana sini, tua muda dimana mana ngobrolin batu akik.

Di awal awal, harga batu akik selangit. Dari harga jutaan sampai puluhan juta.Tetapi hanya sekitar setahun ramai, lalu kembali redup. Dan harga batu akikpun merosot bahkan hanya jenis tertentu saja yang masih laku di jual.

Salah satu penyebab mengapa batu akik menjadi turun,bahkan tidak laku adalah karena barangnya semakin mudah di dapat, terlalu banyak dan penjual banting harga.

Pada akhirnya batu akik hanya menjadi sebuah bisnis musiman. Selain batu akik, masih banyak jenis bisnisan lain yang bisa di sebut bisnis musiman. Dan tidak sedikit yang pada akhirnya rugi karena bisnis musiman.

Fenomena bisnis musiman seperti batu akik, sebenarnya bisa menjadi pelajaran buat para pebisnis ikan louhan. Karena ikan louhan juga masuk kategori bisnis musiman.

Seperti yang kita ketahui, tahun 2000 lalu juga sempat melejit bisnis ikan louhan dengan harga cukup mahal dan bukan hanya di Indonesia saja. Tetapi di luar negeri juga sama.

Jika sudah begini, ada baiknya para pecinta ikan louhan dan para pelaku bisnisnyamempunyai taktik dan strategi bagaimana supaya ikan louhan harganya tetap stabil dan tidak cepat tenggelam.

Belaja dari fenomena batu akik, ada beberapa strategi bisnis ikan louhan yang mungkin bisa di gunakan untuk menyiasati pasar.

Walaupun memang tidak mudah dilakukan, dan tetap rentan tenggelam suatu saat nanti. Tetapi jika mau mencoba melakukan strategi, memungkinkan bisnis louhan bisa bertahan lebih lama.

Berikut beberapa strategi bisnis louhan yang bisa di lakukan

1.Progres ikan louhan

Memelihara ikan louhan diiringi denga perawatan ikan louhan yang baik, akan memungkinkan tumbuh kembang louhan juga baik sehingga bernilai jual tinggi.

Cara progres louhan baca di sini : Cara progres ikan louhan yang baik

2.Ternak ikan louhan

Jika memungkinkan, selain memelihara dan merawat luhan agar bernilai tinggi, ternak juga ikan louhan untuk menambah pendapatan dari bisnis louhan.

Baca dulu : Cara membedakan ikan louhan jantan dan betina

3.Jual anak louhan

Dalam hal pemasaran atau penjualan anak ikan louhan,bisa dilakukan lewat media sosial maupun komunitas pecinta louhan.

Tapi yang perlu di perhatikan adalah strategi penjualanya. Jangan perlihatkan semua anak ikan louhan yang ada. Ingat istilah inflasi dan deflasi di atas.

Pilihlah beberapa sample sesuai kriteria dengan nilai harga yang berbeda beda untuk di jadikan pajangan.

4.Stabilkan harga ikan louhan

Dengan taktik di point no 3 tadi kita bisa menjaga harga jual ikan louhan agar tetap stabil.Jadi kalaupun menurunkan harga masih dalam tahap yang wajar.

5.Jangan banting harga

Kita bisa saling berkomunikasi antar sesama pedagang louhan misalkan di dalam wadah seperti komunitas maupun forum forum.

Mengkomunikasikan sesama pedagang ikan louhan agar saling menjaga harga agar tetap stabil. Membuat kesepakatan batasan batasan naik turunya harga ikan louhan.

Memang hal ini tidak muah dilakukan. Tetapi jika bisa saling memahami tujuanya bisa saja kesepakatan ini di terapkan.

6.Ciptakan species jenis louhan baru

Menciptakan jenis louhan baru bukan tidak mungkin. Tapi mungki saja bisa di lakukan jika kita memang mau serius berbisnis dan memiliki imajinasi kreatifitas yang tinggi.

Misalnya saja dengan mengawinkan ikan louhan dengan ikan koki. Secara normal memang tentu sangat susah dilakukan karena berbeda jenis.

Tetapi mungkin saja bisa dilakukan dengan menyuntikan obat perangsang pada kedua ikan tersebut. Biasanya obatnya ada di toko peternakan atau mungkin kimia.

Atau misalnya dengan mencoba coba mengawinkan ikan louhan dengan jenis ikan lain yang jauh lebih bagus tampilanya jika di lihat.

Saya rasa tidak ada salahnya mencoba hal hal baru seperti itu dan mungkin saja kita bisa berhasil menciptakan jenis louhan baru.

Jika berhasil mungkin saja anak hasil kawin silang louhan ini bisa menjadi species louhan baru yang lebih cantik dan unik yang bernilai tinggi.

Jka memang lebih bagus hasilnya, bisa saja kita memasang harga jual yang lebih tinggi karena memang hasil ciptaan sendiri dan belum ada di tempat lainya.

Ya itulah beberapa tips, taktik dan strategi bisnis louhan agar bisa menjadi bisnis yang bisa bertahan lama dan untuk pendapatan jangkan waktu yang lebih lama pula.

Rating

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.