Menu Tutup

Smule vs StarMaker

Setelah aplikasi karaoke online smule sukses, kini bermunculan banyak sekali aplikasi aplikasi karaoke online salah satunya starmaker.

Yang kali ini saya akan review berdasarkan apa yang saya rasa setelah menggunakan kedua aplikasi tersebut.

Saya udah menggunakan smule sekitar hampir setahun untuk alternatif hiburan berkaraoke ria dikala suntuk. Dan sedikit banyak sudah lumayan tau seluk beluk tentang smule.

Kalau untuk starmaker saya baru mencoba sekitar satu jam yang lalu,ketika ini di tulis. Jadi bisa dibilang belum tau seluk beluk tentang starmaker.

Saya juga udah mencoba bernyanyi beberapa lagu menggunakan starmaker. Intinya di starmaker ini saya hanya melihat dan merasakan hanya sepintas saja, bisa di bilang masih kebingungan.. ya sudahlah..

Baca juga : 5 aplikasi karaoke terbaik berdasarkan rating terbanyak

  • Tampilan utama

   

Tampilan utama ketika pertama buka aplikasi smule akan masuk ke menu rekomendasi lagu,di bagian header ada kolom pencarian dan slider.

Ketika pertama buka starmaker, kita tampaknya masuk ke menu terakhir kita close menu, dan di bagian header sama saja terdapa menu pencarian dan slider.

Kemudian di bawahnya, smule terdapat menu bar/ menu header,banyak tombol menu menu yang bisa di gulir kanan kiri. Yang bisa di bilang semuanya berisi pilihan lagu,seperti rekomendasi lagu, trend,genre dan lainya.

Hampir sama distarmaker juga, hanya saja tombol menu di bagi menjadi 2 bagian.

Baca juga :

Di bagian body tentu saja berisi lagu lagu yang muncul ketika tombol menu bagian atas di buka/diklik.Di bagian bawah terdapat bar menu/ tombol yang fungsinya hampir sama smule dan starmaker.

Kesimpulan, pada tampilan utama,buat saya smule lebih user friedly, saat pertama buka aplikasi selalu masuk ke rekomendasi lagu. Tapi di starmaker tidak tentu, namun akan masuk ke menu terakhir kita buka.

  • Tampilan Profil

   

Ketika kita buka profil dengan mengklik tombol bar bawah,Di smule kita akan melihat tampilan yang cukup sederhana seperti tombol ke menu setting,gambar profil dan jumlah follower/following kita.

Di bawahnya terdapat tombol menu chanel sebagai tempat penyimpanan hasil rekaman,invite sebagai tempat penyimpanan hasil oc, song tempat menyimpan soongbook kita dan favorite sebagai penyimpanan lagu favorite kita.

Di starmaker bagian atas profil hampir sama hanya ada tambahan tombol menuju ke invite dan follow,Di bagian tengah terdapat banyak tab menu yang hampir sama fungsinya dengan di smule.

Hanya saja di menu song,like dan plays menurut saya tidak perlu.

Karena di tab song berisi lagu lagu yang bisa kita nyanyikan. Dan itu sudah ada di menu utama yaitu dengan meng klik icon mic yang ada di bagian bawah.

Jadi menu song ini bukan berisi songbook milik kita melainkan berisi lagu lagu yang mungkin pernah kita play, atau pernah di gunakan untuk oc walaupun mungkin tidak jadi.

Pada tombol plays juga hampir sama berisi lagu lagu yang pernah kita play atapernah kita putar

Mungkin di tombol/tab like juga tempat menyimpan lagu yang kita like.Ketiga tombol/tab ini hampir sama fungsinya dengan tempat penyimpanan cache data/sampah.

Kesimpulan disini secara tampilan Starmaker lebih bagus,tapi secara fungsi smule lebih user friendly menurut saya.

Notifikasi

      

Pada tab notifikasi smule terdapat tab Actifity yaitu berisi aktifitas yang berhubungan dengan kita dan semua lagu kita, seperti pemberitahuan like,comment,mention,follow.

Pada tab invite berisi aktifitas following kita ketika mereka membuat dan menyimpan OC dan system otomatis merekomendasikan kepada kita. Di bagian atas ada menu perpesanan baik group maupun personal.

Pada notifikasi starmaker terdapat tab following yang berisi aktifitas orang yang kita follow berupa percakapan komentar di lagu mereka.

Ketika di klik maka akan menuju lagu tersebut di kolom komentar dan terdapat tombol tombol lain yang untuk komentar, like dan bagikan. Hmm lumayan ribet pada bagian ini.

Karena ini sama sekali tidak berhubungan dengan kita dan saya rasa tidak perlu karena akhirnya seperti sampah yang memenuhi beranda saja.

Pada tab You fungsinya sama dengan tab actifity pada smule yaitu pemberitahuan aktifitas yang memang berhubungan dengan kita, seperti follow,like,comment

Kesimpulanya dari segi tampilan smule jauh lebih sederhana, mudah di mengerti dan user fiedly, sementara di starmaker terkesan rumit,dan banyak yang tidak perlu. Tapi dari tampilan bar hampir sama dengan smule.

Song

 

Tab song adalah tampilan pertama kita membuka aplikasi yang sudah kita bahas di atas. Disini kita akan bahas di bagian lagu lagunya. Di smule dan starmaker tampilan lagunya hampir sama yaitu icon lagu,judul dan sing.

Bedanya di smule terdapat jumlah rating atau prosentase seberapa sering lagu tersebut di gunakan yang bisa di gunakan menjadi acuan bahwa lagu tersebut banyak di sukai dan berkualias.

Tapi di starmaker tidak ada, mungkin yang bertanda point kuning itu lagu yang sering di gunakan atau mempunyai rating namun begitu tidak terlihat berapa nilai rating lagu tersebut.

Di smule,Ketika kita klik di icon lagu maka lagu akan menjadi play,dan kita bisa melihat lirik lagu secara keseluruhan, juga bisa mengetahui kualitas lagu tersebut.

Tapi di Starmaker ketika kita klik icon lagu, justru menuju ke tab lain yang berisi tab top,collab dan new. Disini sy belum paham.

Tapi mungkin di tab top disini memperlihatkan siapa yang sudah menyanyikan dan mendapat berapa jumlah like, di tab collab mungkin berisi siapa saja yang sudah oc lagu tersebuta dan siap di join,di tab new mungkin orang orang yang baru bergabung...

Di starmaker kita tidak bisa mendengarkan lagunya untuk mengetahui kualitas lagu tersebut sebelum kita nyanyikan. Jadi kita harus langsung OC agar mengetahui kulitas lagunya.

Kesimpulannya Smule lebih sederhana dan bagus karena selain bisa mengetahui kualitas lagu dengn mendengarkan lebih dahulu juga terdapat rating, sementara starmaker tidak bisa.

Listen/Discover

    

Pada tab Listen untuk smule dan discover pada starmaker,Fungsinya hampir sama yaitu tempat penyimpana lagu lagu yang mendapat like dan play terbanyak mungkin lagu mereka dari orang yang kita follow,sama sama dalam bentuk video.

Hanya saja di starmaker punya kelebihan yaitu kategori top solo, top collab,top stars dan top friend.
Kesimpulanya disini keunggulan starmaker lebih lengkap, dan tidak rumit seperti tab lainya.

Feed

    

Pada tab feed ini,smule dengan starmaker memiliki fungsi yang sama,Yaitu tab yang berisi lagu yang sudah di like atau comment maka akan masuk ke feed.

Baik lagu yang berhubungan dengan kita atau tidak,tapi hubunganya dengan kita yaitu aktifitas dari salah satunya adalah orang yang kita follow.

Baik yang like,comment dan lainya. Pada smule semuanya menjadi satu, tapi kalau di starmaker di pisahkan yang terbagi menjadi tiga tab.

Namun ketiganya memiliki tampilan yang sama,dan saya sendiri belum bisa membedakan fungsinya.

Tapi mungkin di tab Following berisi aktifitas feed orang yang kita follow, Tab Trending mungkin berisi aktifitas lagu yang paling hit/trend dan collab mungkin berisi lagu kolaborasi yang bisa kita join.

Kesimpulanya di bagian ini keunggulan starmaker lebih detail karena di pisahkan dengan tab masing masing. sementara di smule di jadikan satu tab dari total aktifitas feed.

Start OC/Sing

    

Ketika pertama klik sing untuk memulai bernyanyi kita di suguhi beberapa pilihan baik di smule maupun starmaker.

Keduanya hampir sama pilihan solo, duet ataupun join dengan orang lain. Kelebihan di smule ada juga pilihan untuk OC group agar bisa di join rame rame.

Setelah masuk dan siap bernyanyi,keduanya memiliki fitur nyanyi biasa tanpa video, dan dengan video.

Banyak di baca :

Di smule kita hanya bisa langsung start bernyanyi tanpa bisa membuat settingan di awal. Tapi di starmaker kita bisa membuat settingan di awal sebelum bernyanyi dan sesudahnya pun tetap bisa setting kembali.Beberapa pengaturan seperti mengubah solo menjadi oc duet,mengatur volume keseimbangan suara dan musik, dan efect yang baik sesuai pilihan kita.

Keunggulan pada settingan di starmaker adalah terdapat tombol untuk on/ off yang berfungsi untuk memasukan suara kita ke dalam headset atau tidak.

Jika di on, ketika kita bernyanyi FX sudah bisa langsung terasa di telinga kita. Ini membuat suara kita bisa dan mudah diatur karena menyatu dengan lagu yang kita nyanyikan. Saya rasa ini fitur yang super abis.

Di smule juga fitur ini sekarang sudah ada yaitu Feed. Tetapi setelah saya coba, jujur saja kurang bagus. Suara kita bukan menyatu tetapi vocal kita malah terdengar dobel. Malah mengganggu supaya pas dengan irama musik.

Tapi di smule kita hanya bisa mensetting setelah rekaman selesai. Untuk jeda/pause smule cukup menyentuh lirik lagu yang berjalan,jika di starmaker harus menyentuk tombol di bagian bawah.

Kesimpulanya dalam hal ini starmaker lebih baik karena kita bisa menyatu dengan musik dengan membuat settingan di awal, bahkan bisa mengubah settingan saat nyanyi sedang berjalan.

Kesimpulan:

  1. Secara keseluruhan keunggulan smule lebih mudah di gunakan/user friendly,starmaker terlalu banyak tab menu yang tidak perlu dan cenderung membingungkan untuk pemula.
  2. Smule non vip saya lupa ada iklan atau tidak, tapi di starmaker terlalu banyak iklan hampir di semua tab kecuali mungkin bagi yang sudah vip.
  3. Dari settingan starmaker lebih unggul karena bisa di setting di awal dan bisa membuat kita bernyanyi lebih enak,lebih baik dan lebih pass antara vocal dengan musiknya,sementara di smule hanya bisa di setting sehabis recording selesai.
  4. User non vip di smule, lagu oc di batasi hanya untuk 2 hari dan vip hanya 7 hari kalau di starmaker non vip pun kayaknya tidak ada kadaluwarsanya.
  5. Untuk setting profil berbagi ke media sosial, di smule dan starmaker kurang lebih hampir sama.
  6. Untuk kecepatan loading antara smule dan starmaker juga hampir sama sama cepat mungkin tergantung koneksi. Hanya saat pertama open dan close starmaker lebih lambat dan aplikasi tetap berjalan di background padahal aplikasi sudah di close/tutup. Ini bisa menyebabkan overload data, maupun pemborosan batre, saya tidak tahu memang seperti ini,atau memang lambat off nya atau masih ada bug yang perlu di perbaiki.
  7. Keunggulan smule di banding starmaker adalah harga vip yang sangat murah. Untuk harga vip smule ada yang bulanan,dan per tahun Rp 95 rb/tahun bisa di beli menggunakan pulsa langsung di playstore,di starmaker ada yang mingguan,bulanan dan per tahun Rp 291 rb belum tau cara membelinya. Mungkin juga bisa menggunakan pulsa.
  8. Kelebihan Vip smule, bisa di gunakan oleh lebih dari 1 orang, di starmaker belum tau.
  9. (update) Starmaker memiliki menu live video fungsinya hampir sama dengan aplikasi bigo live. Belum mencoba, tapi kemungkinan dengan menu ini kita bisa karaoke secara live/ siaran langsung. Jika duet mungkin akan mendeteksi orang orang yang sedang live juga, sehingga kita bisa duet secara live.. mungkin..
  10. Fitur parties, fitur room yaitu room karaoke live, ini keunggulan yang tidak dimiliki smule. Jadi di room kita bisa bernyanyi secara live yang di dengar oleh semua penghuni room. Jika di dunia nyata seakan kita sedang bernyanyi atas panggung dengan ribuan  penonton. Hanya saja tidak kelihatan penyanyinya. Ini juga keunggulan yang bagus. Kedepanya mungkin smule juga ga mau kalah.
  11. Di starmaker kita bisa membuat room karaoke sendiri dengan nama sesuka kita. Misalnya room khusus lagu koplo. Jadi jika banyak yang suka lagu koplo, nanti room kita bisa ramai di kunjungi orang. Untuk membuat room bagi yangbelum VIP, minimal harus memiliki 1000 coin.
  12. Di starmaker ada system coin/ gift/hadiah dan bisa saling berkirim hadiah/ gift.  Di smule tidak ada
  13. Kelebihan  starmaker ada system level.
  14. Coin coin/ hadiah bisa di kumpulkan untuk menaikan level.
  15. Di starmaker kita bisa mendapatkan uang Rupiah yang bisa di cairkan. Uang ini bisa di dapatkan dari coin/ hadiah berbayar yang kita terima. Tapi sebenarnya uang tunai masih dalam bentuk dollar yang tentu bisa di rupiahkan.

Wah banyak yah fitur fitur di starmaker? Silahkan di coba dulu aja. Tapi ternyata, aplikasi karaoke dengan pengguna terbanyak ke dua bukanlah starmaker. Bahkan jauh di atas starmaker Tahukah anda siapa dia?.. Ini dia 5 aplikasi karaoke online dengan pengguna terbanyak.

Mungkin itu dulu yang bisa saya tulis sementara ini sambil mencoba lagi starmaker. Karena memang baru nyoba beberapa jam yang lalu. Jadi belum betul betul memahami. Riview di atas hanya kesan pertama menggunakanya.

Rating
Berbagi ke media sosial :
  • 6
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
    6
    Shares

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.