Menu Tutup

Setting Mikrotik untuk server voucher hotspot 2020

mikrotik

Kini saatnya Anda melakukan setting Mikrotik untuk voucher hotspot/wifi yang akan dipandu step by stepnya, setelah kemarin kita membahas alat alat untuk membangun server hotspot.

Mikrotik ada bermacam macam jenis maupun tipenya, kemampuan berdasarkan fitur fitur yang di tawarkan, hingga harga mikrotik dari yang paling murah sampai yang mahal.

Setting Mikrotik untuk server voucher hotspot

Memilih mikrotik yang cocok

Lalu bagaimana memilih mikrotik yang cocok untuk kita gunakan?. Sebenarnya kembali kepada kita sendiri. Kedepanya mau seperti apa, budgetnya berapa dan lokasi kita sebagai taget penggunanya bagaimana

Kalau dananya longgar, mungkin tidak akan menjadi masalah. Bisa saja kita membeli yang paling bagus tapi mahal sehingga kemampuan menampung user online bisa banyak dan bisa di kembangkan lagi ke jaringan yang lebih luas.

Jika anggaran untuk membeli mikrotik sekitar 1 jutaan, Anda bisa pilih RB951,RB750,2110, 450 dan lain lain.

Untuk mengetahui kekurangan dan kelebihanya masing masing, Anda bisa cari review produk Mikrotik yang bisa di cari melalui internet.

Setting mikrotik cepat non voucher

Jika hanya untuk di gunakan secara pribadi, bisa saja kita melakukan setting cepat dengan cara memanfaatkan fitur Quick Set.

Langkah pertama, tentu Anda harus menyalakan Mikrotik Routerboard yang akan di gunakan dengan mencolokan adaptornya ke perangkat.

Colokan kabel Lan dari salah satu port Lan Mikrotik ke PC atau laptop. Bisa juga dengan mengkoneksikan sinyal yang muncul dari perangkat Mikrotik di laptop.

Buka winbox, atau webfig sesuai dengan tipe mikrotik dan Router Osnya (ROS). Jika belum ada silahkan download Winbox di situs resmi Mikrotik

Klik pada Mac address yang muncul, isikan user admin dan password biarkan saja kosong lalu klik connect.

Anda bisa membiarkan settingan default mikrotik dulu, atau bisa juga mereset konfigurasi bawaan kemudian memberikan IP sendiri

Setelah halaman baru terbuka, silahkan pilih Quick set di pojok kiri atas deretan menu winbox.

cara setting mikrotik

Di beberapa tipe Mikrotik, ada yang tidak memiliki fitur mode tertentu. Seperti RB750 misalnya, tidak bisa memilih mode WISP AP.

Jadi setting RB 750 pake Quick set bisa di mode bridge, lalu harus menambahkan minimal 1 buah router untuk AP wifi/ hotspot.

Tapi disini saya mencontohkan menggunakan Mikrotik RB951-2hnd dimana routerboard yang satu ini bisa pake mode WISP AP tanpa harus menambah router lagi.

Artinya di Mikrotik RB951-2hnd memiliki fitur Acces Point untuk menerima dan menyebarkan sinyal wifi dan langsung bisa digunakan.

Seperti pada gambar di atas, kita bisa mengisi network name sesuka Anda, memilih frekuensi, channel dan lokasi Anda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.