Menu Tutup

Propaganda hoax adalah doktrin pencuci otak mematikan

Kata "propaganda" saya rasa tidak perlu di jabarkan panjang lebar. Karena semua orang sudah tahu. Secara gampangnya itu adalah iklan. Kalau propaganda hoax ?

Tetapi ketika "propaganda" memiliki embel embel "hoax" apa yang anda pikirkan? Suatu informasi, berita atau apapun yang belum tentu kebenarnya, yang di gembar gembokan secara terus menerus dalam jangka waktu yang lama, pada akhirnya akan di anggap benar dan di percaya.

Dan hal tersebut bisa dianggap doktrin yang sudah memenuhi sebagian besar otak kita. Berbahayakah? Itu tergantung informasi apa yang masuk ke dalam pikiran kita. Mematikankah? Nah itu yang akan kita renungkan di bawah..

Sebelum dilanjutkan, perhatikan contoh gambar di bawah ini:

 

Apa yang Anda pikirkan?

Biasanya gambar gambar seperti itu bisa di like, di bagikan, di komentari sampai ratusan ribu orang dengan di awali kata "Subhanallah" setelahnya kadang berupa caci maki, ada juga yang sedih, berempati dan kalimat kalimat mengecam.

Gambar tersebut biasanya melintas di FB karena banyak yang membagikan,dan pertama di upload oleh akun akun yang menggunakan nama artis/ selebriti terkenal, akun akun dengan nama nama Islami, atau menggunakan nama nama Ustad terkenal dan lain lain.

Yang membagikan kadang menuliskan ketik Subhanallah, ketik Amin untuk 1 kebaikan, bagikan untuk 1000 pahala dan bla bla...

Tidak ada yang salah dengan menulis kalimat kalimat Allah disitu walaupu tujuan si A dan si B berbeda, tapi tahukah anda apa di balik semua itu?

Pernahkah Anda mendengar kata " White Helment"? saya pastikan hanya segelintir orang saja yang mengetahuinya.

Singkat saja, White Helment adalah sebuah organisasi "pabrik" propaganda barat berkedok pegiat kemanusiaan di Suriah akibat perang dengan tujuan "tertentu".

Seperti menolong orang dari reruntuhan,anak kecil berlumur darah dan hal hal tentang kemanusiaan agar membuat kita iba, kasihan dan mengecam dan lain lain. Dan white helment tampil sebagai pahlawan di mata kita.

Tetapi fakta sesungguhnya adalah hal itu terbalik dan satu kebohongan besar yang di propagandakan oleh white helment atas yang terjadi di Suriah.

White helment sebenarnya adalah organisasi teroris afilliasi dari Al Qaeda. Bentuk propaganda mereka berbeda dengan isis namun memiliki tujuan yang hampir sama... Menghancurkan..

White helment sebenarnya teroris yang membantu dan mendukung pemberontak, untuk menjatuhkan pemerintahan yeng resmi. Jadi mereka yang menghancurkanya ,tapi  membuat gambar gambar propaganda yang menampilkan bahwa mereka adalah pahlawanya.

Propaganda mereka inilah yang akhirnya banyak di percaya disini. Di Indonesia. Jangankan kita yang di bawah.. yang konon katanya pinter aja banyak yang mempercayai propaganda hoax ini.

Lalau tujuanya apa? Tujuanya adalah uang. White helment adalah afilliasi Al Qaeda yang di danai jutaan dollar oleh negara barat untuk kepentingan mereka.

Tapi kembali lagi kepada penilaian Anda sendiri..semua bukti bukti bisa dilihat di Youtube, dan situs situs ternama dunia.. Bukan situs hoax ya... (banyak penggemar situs hoax soalnya disini)

Video kesaksian pembuatan hoax korban kimia di Suriah:

Tonton salah satu video ini dan perhatikan wajah wajahnya siapa mereka sebenarnya:

Lihat gambar di bawah:

 

Perhatikan gambar dengan teliti semua gambar gambar ! dan lihat gambar gais kecil yang pada 2 gambar terakhir. Dan itu adalah gambar gambar yang janggal. Hanya sebuah propaganda palsu.

Ini videonya:

Ketika diangkat dari reruntuhan, gadis kecil ini bersih tanpa darah sedikitpun. Tetapi ketika dalam perawatan, gadis ini tampak berlumuran darah.

Bendera resmi Suriah diakui PBB

Bendera pemberontak Suriah

Presiden Suriah Bashar al-Assad

Siapa dia?

Siapa mereka? dalam acara apa?

Perhatikan gambar terakhir... pasti anda mengenalnya terutama lelaki yang memakai kopiah hitam dan sedang memegang tiang bendera. Ada apa dengan "cinta" ?

Setelah melihat semua gambar dan video di atas, Anda bisa menafsirkan sendiri apa akibat sebuah propaganda hoax yang terbukti menghancurkan dan mematikan.

Lalu apa hubunganya dengan kita disini?

Banyak di antara kita yang berselisih memperdebatkan Suriah, bahkan hampir terpecah belah karena sebuah propaganda yang belum tentu kebenaranya.

Bahkan efek propaganda timur tengah berdampak langsung dan menjadi doktrin yang memenuhi sel sel otak kita

Apa buktinya? Jangan tanya lagi...teror, ujaran kebencian,fitnah dan lain lain itulah bentuk nyata efek dari sebuah propaganda hoax.

Seorang teroris bom Thamrin ditangkap hidup hidup. Kemudian di Interogasi oleh aparat mengapa melakukan hal itu.

Menurutnya Jihad adalah satu satunya jalan untuk masuk ke syurga. Itulah mengapa mereka menciptakan "peperangan" di negara yang tidak dalam kondisi perang.

Jadi mereka berharap bisa menciptakan momentum, dimana ketika melakukan aksinya dia tertembak dan mati.Itulah yang mereka percayai. Dan kepercayaan itulah akibat dari doktrin pembelajaran yang sesat.

Tentu saja Jihad berperang adalah pekerjaan yang mulia yang mungkin menjadi jalan menuju Syurga.Tetapi itu dilakukan di tempat yang sedang berperang. Bukan menciptakan "peperangan" dinegeri damai.

Jihad di negeri damai tentu bisa dilakukan dengan cara yang damai juga. Anda pasti lebih mengerti tentang hal itu.

Ketika seorang bayi Muslim lahir, suara Adzan yang pertama kali di perdengarkan ke telinga bayi tersebut. Tentu itu bukan hanya sebatas tradisi. Tetapi memiliki makna yang sangat besar.

Suara Adzan itulah yang pertama di suntikan untuk mengisi pikiran si bayi yang masih bersih. Berharap si anak akan menjadi orang yang baik di dunia akhirat. Anda lebih paham soal ini pastinya.

Seiring pertumbuhan anak, apa yang di dengar, dilihat, dirasa akan di tiru. Disitulah sebuah doktrin mempengaruhi pikiran kita.

Jadi ketika kita sudah dewasa, kita harus bisa memilih dan memilah. Apa yang perlu di masukan ke dalam pikiran kita. Dengan melihat lebih objektif, mempertimbangkan sisi dan sudut pandang, logis dan realistis.

Baca juga:

Dan setelah ini mungkin sebagian dari kita ada yang sedikit terbuka dan bisa menyimpulkan dalam sebuah persepsi menurut diri Anda.

Soal tanah Palestina, asal usul Palestina, apa itu Al Quds dan apa hubunganya, apa itu Bangsa Kanaan, kapan lahir dan asal usul Bangsa Arab.

Kapan lahir Agama Islam, kapan lahir Bani Israel, keturunan siapa Israel, apa yang terjadi dengan Nabi Daud di Israel, lebih tua mana Israel dengan Palestina

Bagaimana Khalifah Umar bin Khattab menaklukan tentara Romawi bersama tentara islamnya. Bagaimana asal usul Fir'aun, bagaimana  Allah mengutus nabi Musa hingga pada zaman itu apakah Islam sudah lahir? Lalu kapan Nabi Muhammad SAW Lahir?

Tentu Anda yang ahli Agama sudah sangat memahami tentang hal di atas. Berbeda dengan saya yang hanya bisa menyimpan berjuta pertanyaan.

Tentang Suriah maupun Palestina, disini saya tidak berbicara siapa benar dan siapa yang salah. Tetapi  kita sama sama belajar dari semua peristiwa yang terjadi disana untuk kebaikan di negeri sendiri.

Apakah di negeri kita ada media dan berita hoax? tentu saja banyak. Hanya saja tidak bisa di sebutkan satu persatu.

Lalu apa tujuan menyebar informasi palsu? Ya banyak sekali tentunya. Dari mulai ambisi, menjatuhkan, kekuasaan, dan uang sekalipun.

Contoh saja saracen mereka demi uang, yang berkepentingan bisa saja demi kekuasaan. Contoh lain gambar di FB yang berdarah darah misalnya. Mereka mencari empati pecinta hoax. bisa jadi mereka adalah afillias jaringan timur tengah yang di bayar demi uang.

Situs atau blog misalnya mereka membuat berita palsu agar traffic tinggi, pagerank naik dan tentunya berujung kepada uang.  Jadi macam macam tujuanya.

Contoh paling sederhana adalah media media berita. Mereka membuat judul dengan kalimat bernada provokasi. Padahal isinya tidak memprovokasi. Tapi banyak orang yang hanya membaca judulnya saja kemudian saling caci maki di komentar.

Mereka sengaja membuat judul kontroversi, supaya terjadi pro dan kontra si pembacanya. Itu adalah strategi media, untuk menaikan traffic dan page rank. Ujungnya duit ngalir dari iklan. gitu looooh.

Makanya kita harus pintar pintar memahami media. Kalau media tidak bisa seperti itu ya tidak laku, tidak bisa bayar karyawan, tidak makan dan bangkrut.

Tinggal kita bisa memilih dan memilahnya sesuai logika dan akal sehat kita. Sekali lagi, hoax jika di hembuskan secara terus menerus akan menjadi kepercayaan.

Hoax akan membangun opini dan persepsi berbeda beda di setiap pemikiran masing masing individu. Seperti sebuah kata hilang satu huruf bisa berbeda arti yang sangat jauh.

Kembali kepada diri kita masing masing . Bagaimana kita menerima informasi, apakah akan langsung di telan mentah mentah? atau perlu di cari sumber yang terpercaya.

Jadi apakah propaganda hoax benar benar bisa mencuci otak manusia yang bisa membunuh umat manusia? silahkan Anda pikir sendiri.

Sumber:

video: youtube, gambar : google search

Rating
Berbagi ke media sosial :
  • 3
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
    3
    Shares

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.