Menu Tutup

5 Kebiasaan Penyebab Smartphone Kamu Cepat Rusak

penyebab smartphone rusak

Di zaman sekarang ini siapa sih, yang tidak memiliki perangkat telepon pintar atau yang biasa dikenal dengan smartphone. Rasanya hampir semua orang kini memiliki smartphone.

Mulai dari orang dewasa, remaja bahkan anak-anak pun kini sudah akrab dengan perangkat pintar yang bisa digunakan untuk apa saja.

Mulai dari melakukan panggilan suara, panggilan antar muka atau video call, bermain social media, berselancar di dunia maya, bermain game hingga mengambil gambar.

Semuanya bisa dilakukan dengan mudah hanya dengan menggunakan smartphone. Tapi sebagai pengguna smartphone apakah kamu mengetahui apa saja kebiasaan yang bikin smartphone cepat rusak.

Pasti banyak nih, yang masih tidak peduli dengan penggunaan smartphone secara benar, karena nyatanya sebagian besar pengguna tak terlalu paham mengenai tata cara penggunaan smartphone dengan benar sehingga membuat smartphone mereka cepat rusa. Pastinya kamu tak mau dong, jika smartphone kesayangan kamu cepat rusak.

Makanya kamu juga harus mengetahui bagaimana cara menggunakan smartphone dengan benar, agar tidak asal menggunakannya tanpa tahu apa saja yang bisa membuat smartphone kamu cepat rusak.

Biasanya ada beberapa kebiasaan yang sering dilakukan oleh pengguna dan tanpa sadar justru membuat kinerja smartphone-nya menurun, sehingga menyebabkan error yang akhirnya membuat smartphone menjadi rusak.

Duh, serem ya kalau smartphone tiba-tiba rusak begitu saja. Nah, biar tidak mengulangi kesalah, coba nih baca kebiasaan apa saja yang bisa membuat smartphone menjadi cepat rusak. Jangan-jangan kamu sering melakukannya nih.

Kebiasaan apa saja yang membuat smartphone cepat rusak

 

  • Suka Mengabaikan Cache

 

Tidak banyak pengguna smartphone yang peduli dan cenderung mengabaikan cache. Seringnya seorang pengguna yang mengabaikan cache inilah yang membuat kinerja smarphone menjadi menurun karena cache yang dibiarkan menumpuk tentu akan menganggu kinerja android kamu.

Maka dari itu, seringlah untuk menghapus cache untuk memperlancar kinerja smartphone kamu, caranya cukup mudah. Kamu hanya perlu masuk ke Settings kemudian pilih Stoarge lalu Cache Data dan hapus cache yang kamu ingin untuk dihapus.

Atau sebenarnya sekarang ini sudah bisa dipermudah dengan adanya aplikasi yang memberikan kendali cache, jika cache juga terlalu banyak menumpuk maka kamu akan mendapatkan notifikasi dan bisa menghapusnya hanya dengan satu kali klik.

Jadi, jangan suka mengabaikan cache ya, meski terlihat sepele namun nyatanya keberadaan cache ini bisa menghambat kinerja android kamu sehingga lambat laut akan membuat android kamu mudah eror dan rusak. Pasti tidak mau dong jika smartphone kesayangan rusak begitu saja.

Baca juga:

 

  • Sering Mengabaikan Memori Internal

 

Bukan hanya cache saja, penggunaan memori internal juga sering sekali disepelekan oleh pengguna android. Banyak yang tidak terlalu memperhatikan mengenai pentingnya menjaga ruang memori internal di smartphone mereka sehingga mereka cenderung menggunakan memori internal hingga habis tak tersisa.

Nah, buat kamu yang hobi menyimpan file di perangkat hingga ruang memori internya penuh, siap-siap saja untuk kehilangan smartphone kamu dalam waktu dekat ya.

Pasalnya memori internal yang biasa digunakan hingga penuh justru akan membuat smartphone kamu mudah error dan sering mati tiba-tiba loh.

Hal ini karena smartphone kamu tetap membutuhkan ruang bebas untuk digunakan menjalankan sistem yang ada di background. Minimal 2 GB atau 1 GB tersisa dari penyimpanan internal agar android kamu bisa berjalan dengan maksimal.

Nah, baru tahu kan jika sering mengabaikan memori internal bisa menjadi salah satu kebiasaan yang bikin smartphone cepat rusak.

 

  • Terlalu Banyak Menyimpan Foto

 

Di zaman sekarang ini hampir semua orang sangat menyukai kegiatan mengambil gambar melalui smartphone mereka.

Apalagi sekarang ini smartphone telah dibekali dengan kamera canggih yang kualitasnya tak kalah dengan kamera professional namun bisa dioperasikan dengan mudah tanpa perlu keahlian khusus.

Tak khayal hal ini membuat hampir semua orang semakin gemar mengambil gambar kapanpun dan dimanapun mereka berada.

Mulai dari gambar pemandangan indah saat liburan hingga swafoto yang dilakukan kapanpun mereka mau. Namun tanpa disadari foto yang diambil ini ternyata memenuhi album bawaan di samrtphone kamu sehingga jika sudah begini maka sistem pasti membutuhkan sedikit waktu untuk membaca semua foto dan video yang terdapat di galeri smartphone kamu.

Hal ini mengakibatkan RAM smartphone bekerja ekstra keras untuk membuka galeri foto kamu. Maka mulai sekarang coba perhatikan ada berapa banyak foto yang ada di galeri smartphone kamu ya.

Untuk menyiasatinya kamu bisa menggunakan aplikasi dari Google Photos, karena jika kamu menyimpan foto dan video di dalamnya, maka akan menggunakan memori bawaan dari Google Photos dan tidak memakan memori internal di android kamu.

 

  • Sering Mengabaikan RAM

 

Banyak sekali pengguna yang tidak sadar jika sudah menggunakan RAM melebihi dengan kapasitasnya sehinggan membuat smartphone sering mengalami error karena bekerja melebihi kapasitasnya.

Biasanya hal tersebut dikarenakan oleh banyaknya aplikasi yang berjalan pada latar belakang atau pun gim yang dimainkan di smartphone terlalu berat untuk spesifikasi smartphone yang kamu gunakan.

Sehingga biasakan untuk menyisakan ruang RAM pada smartohone kamu untuk menjaga kinerjanya agar tetap optimal. Jadi mulai sekarang perhatikan ya, RAM di smartphone kamu.

Baca juga : 2 cara membersihkan sampah android tanpa aplikasi

 

  • Mengisi Baterai Smartphone Sambil Dimainkan

 

Ini nih, salah satu kesalahan yang paling banyak dilakukan oleh pengguna smartphone, yakni menggunakan smartphone-nya dalam keadaan sedang diisi daya baterai.

Padahal kebiasaan sepele ini ternyata memiliki dampak yang cukup serius untuk perangkat kesayanganmu loh. Karena jika kamu sering melakukan kebiasaan buruk tersebut, bisa membuat usia baterai smartphone kamu menjadi lebih singkat.

Hal ini dikarenakan durasi pengisian daya smartphone pada saat perangkat dimainkan akan membutuhkan waktu yang lebih lama, sebab jika kamu memainkan smartphone pada saat mengisi daya baterainya akan memaksa perangkat menggunakan daya baterai lebih besar dari seharusnya.

Maka waktu ideal untuk mengisi daya baterai adalah dengan mencasnya pada saat smartphone dalam keadaan mati. Karena durasi pengisian baterai smartphone pada saat dimatikan umumnya hanya membutuhkan waktu sekitar satu hingga dua jam saja.

Jadi mulai sekarang ubah kebiasaan ya, jangan memainkan smartphone kamu dalam keadaan sedang mengisi daya, atau lebih baik kamu mengisi smartphone kamu pada saat kamu hendak tidur, dan usahakan untuk mematikan smartphone terlebih dahulu untuk mengisi dayanya hingga penuh.

Sudah tahu kan, kebiasaan apa saja yang bisa merusak smartphone kamu. Beberapa kebiasaan di atas pastinya sering sekali kamu lakukan.

Meski terlihat sepele dan biasa, ternyata kebiasaan tersebut cukup berpengaruh dengan usia smartphone kamu ya. Jadi mulai sekarang ubahlah kebiasaan dengan tidak melakukan kebiasaan kebiasaan yang bikin smartphone cepat rusak.

Rating

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.