Menu Tutup

Penyebab karaoke smule boros kuota, ini trik hemat nya

Mengapa karaoke smule boros kuota internet?. Begitu juga pada karaoke online lainya seperti starmaker, the voice, yooke dan lain lainya.

Banyak yang bilang isi paket internet dengan kuota 8GB bisa habis dalam waktu seminggu. Mengapa ini terjadi?

Sebelum kepada triknya, ada kita cari penyebabnya terlebih dahulu mengapa kuota internet cepat habis ketika kita sedang menggunakan aplikasi smule.

Penyebab Aplikasi karaoke online boros data

Pemborosan kuota akan terjadi terutama saat proses start bernyanyi dan save lagu setelah bernyanyi karaoke selesai. Tetapi jika hanya sekedar membuka buka, melihat dan menutupnya mungkin tidak terlalu boros.

Perlu di ketahui bahwa saat kita start atau mulai bernyanyi, tentu kita meloading sebuah lagu yang akan kita nyayikan.

Saat meloading lagu pada aplikasi karaoke online, yang terjadi sebenarnya adalah kita sedang mendownload sebuah lagu dari server smule ke aplikasi smule yang ada di smartphone kita.

Proses download inilah yang membuat kuota kita bengkak. Yang namanya download apapun dari internet pasti akan menggunakan kuota lebih banyak di bandingkan sekedar browsing internet.

Mendownload itu borosnya hampir sama dengan menonton video secara online. Baik di situs video Youtube maupun di situs video lainya

Begitu juga saat kita save lagu hasil rekaman nyanyi di smule, starmaker maupun Aplikasi karaoke online lainya.

Baca juga : Smule vs StarMaker

Yang terjadi ketika kita save lagu, sebenarnya kita sedang upload lagu ke server smule supaya lagu tersebut menjadi online dan bisa dilihat oleh semua orang.

Jika lagu hasil rekaman yang di save bukan video, pemakaian kuotanya kurang lebih hampir sama dengan ketika kita start atau loading lagu.

Tetapi jika yang di save adalah lagu video, maka pemakaian kuotanya jadi berlipat lipat. Karena format video memiliki memory yang sangat besar.

Oleh karena itu mengapa nonton video online akan memakan kuota yang sangat besar alias boros kuota internet.

Gambaran pemborosan data internet

Untuk membuktikan, kamu bisa test sendiri dengan cara merekam video apapun dengan smartphone kamu selama kurang lebih 5 menit. Bukan merekam nyanyi di smule loh ya. Tetapi merekam video biasa tanpa smule atau Aplikasi video lainya.

Waktu 5 menit ini di ibaratkan kurang lebihnya durasi lagu lagu yang di nyanyikan. Setelah merekam, kamu simpan videonya. Kemudian kamu lihat, berapa memory ( mb ) video yang kamu buat dengan durasi kurang lebih 5 menit itu. Pasti cukup besar.

Saya sendiri membuat uji coba merekam video menggunakan kamera selfi/ kamera depan selama 2 menit lebih 1 detik.

Setelah di simpan, kemudian saya cek videonya berformat mp4 dan besaran memorinya adalah 124.01MB. Itu sangat besar bukan?

Jadi perhitunganya kurang lebih seperti ini : 2 menit video mp4 = 124 MB. Berart jika 1 menit = 62MB Jika kita merekam selama 5 menit kurang lebihnya jadi 62mb X 5 = 310 MB.

Perbandinganya jika kita bernyanyi karaoke smule biasa atau yang bukan video, lagu dengan durasi kurang lebih 5 menit berformat mp3 memiliki memory sekitar 5mb saja.

Jadi kalau di total sampai save lagu biasa tanpa video kurang lebih dibawah 15 mb saja. Hitungan kasarnya 5 mb saat download, 5 mb proses upload dan 5 mb saya hitung nilai memory vocal kita.

Bayangkan kalau kita nyanyi di smule menggunakan video hitungan totalnya bisa sampai 325 MB. Sangat jauh bedanya bukan? Perhitungan uji coba ini hanya untuk gambaran dan tidak menggunakan aplikasi apapun.

Nah besaran nilai memory inilah yang membuat kuota kita boros. Apalagi lagi jika kita menggunakan smartphone yang bagus, memiliki kamera HD yang berarti semakin bagus juga video yang di hasilkan.

Maka semakin bagus videonya semakin besar pula nilai memory nya. Berarti semakin boros juga kuota yang kita gunakan.

Beberapa hal yain yang mempengaruhi pemborosan kuota internet pada Smule maupun Aplikasi karaoke online  lainya adalah karena seringnya kita mengulang ulang atau mengganti dengan lagu yang lainya

Begitu juga karena sering mencoba menyanyikan lagu lagu walaupun tidak di teruskan atau di batalkan, dan secara umum dari mulai membuka aplikasinya, juga sudah memakan kuota. Membuka aplikasi apapun.

Sampai disini saya rasa sedikit memiliki gambaran mengapa smule boros kuota internet. Namun begitu Aplikasi sing karaoke online juga terus memperbarui sistemya agar semakin baik dan mungkin juga pembuat aplikasinya memikirkan bagaimana supaya tidak boros kuota kedepanya.

Cara hemat kuota smule

Kita bisa mencoba beberapa cara berikut agar kuota data internet lebih hemat pada Aplikasi Smule maupun Aplikasi Sing karaoke online lainya Tips menghemat ini memang tidak terlalu besar. Namun lumayan sedikit membuat irit kuota.

Menonaktifkan koneksi Internet saat karaoke online

Jadi seperti yang saya bahas di atas, setelah loading start lagu saat mau berkaraoke, lagu tersebut sudah tersimpan pada aplikasi smule yang ada di hp kita.

Jada pada saat kita bernyanyi sebenarnya kita bisa berkaraoke ria secara ofline. Baik menggunakan video maupun karaoke biasa.

Nah trik irit kuota di smule nya dengan cara mematikan koneksi internet. Apalagi jika kita tidak bernyanyai sekali jadi alias sering mengulan ulang.

Berarti kita membutuhkan waktu yang lebih lama untuk sampai pada proses save lagu. Semakin lama kita membereskan sebuah lagu, berarti semakin besar kuota yang terpakai.

Karena jika tidak di matikan koneksinya kuota internet akan jalan terus. Walaupun tidak sebesar saat kita save lagu rekaman kita.

Baca juga :

Selain itu juga ada manfaat lain menonaktifkan koneksi internet saat bernyanyi smule, starmaker maupun karaoke lainya. Yaitu mencegah video call masuk, chatting masuk dan ataupun notifikasi media sosial lainya.

Karena jika itu terjadi, akan sangat menganggu kualitas rekaman kita. Terkadang suara musik maupun vocal kita jadi mengecil hanya gara gara ada chatting masuk atau pemberitahuan facebook masuk ke smartphone kita.

Baru setelah bernyanyi selesai rekaman dan siap di save, kita aktifkan kembali koneksi internetnya. Karena sekali lagi dalam hal ini kita akan menguplaod lagu kita ke server smule. Jadi memang membutuhkan koneksi inetrnet.

Begitu juga jika kita akan ganti lagu lain misalnya. Maka kita harus mengaktifkan lagi koneksi internetnya.

Menggunakan Aplikasi penghemat Data Internet (update)

Cara yang kedua adalah dengan menggunakan aplikasi penghemat kuota internet. Aplikasi gratis ini bisa kita dapatkan di Google Playstore

Kita bisa menggunakan aplikasi ini dengan mudah tanpa merlu membuat settingan khusus. Karena Aplikasi ini akan bekerja secara otomatis dan akan memberitahukan kepada kita melalui notifikasi yang muncul saat aplikasi di buka

Lebih lanjut tentang aplikasi yang bisa menghemat kuota ini silahkan lihat tulisan saya  tentang Aplikasi penghemat kuota terbaik 2018 untuk Android

Nah itulah sebab smule boros kuota internet. Dan hanya itu dulu satu trik hemat kuota yang bisa saya bagi kali ini.

Yang terpenting adalah kita mempunyai gambaran bagaimana dan mengapa smule nyedot kuota yang cukup besar. Bahkan lebih besar dari game online. Tapi hampir imbang dengan kita nonton video online. Kembali lagi pada karaoke video atau bukan.

 

Rating

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

cerita cinta

Punya uneg uneg tentang Cintamu? Yuk berbagi disini tentang cerita kisah cintamu. Tuliskan cerita dan pengalaman perjalanan cintamu yang tak terlupakan, kisah cinta yang mengharukan, ataupun kisah cintamu yang paling gokil

Caranya mudah:

Kamu bisa menulis langsung di blog ini

     

Mengirimkan tulisan lewat email

info@dunia1001.net

Kita tidak tahu kapan kekasih sejati itu datang...Tapi orang bilang kalau jodoh itu adalah sesuatu yang bisa datang tanpa disengaja