Kategori: Bisnis

Modus penipuan jual beli online canggih hati hati dropshiper

Mudah mudahan modus penipuan jual beli online yang saya alami di salah satu marketplace/ toko online Indonesia ini di baca oleh pemiliknya, para dropshiper dan semua pelaku jual beli online lainya

Bagi para pemilik marketplace/online shop mudah mudahan sudah menyadari hal ini dan segera memperbarui sistem keamananya.

Karena pernah jadi korban modus penipuan jual beli online ,pesan saya pada dropshiper, pembeli online dan lain lain agar senantiasa selalu waspada.

Kemudahan jual beli online memang sangat membantu menghemat waktu bagi para pelaku bisnis jual beli online

Keuntungan yang di dapat juga memungkinkan jauh lebih besar karena jangkauan penjualanya yang di pastikan jauh lebih luas tanpa batas

Saya adalah salah satu orang yang lebih suka belanja online daripada belanja ke toko toko retail, mall ataupun pasar.

Karena buat saya sangat praktis, tidak buang buang waktu berkeliling, tidak pusing dengan pilihan karena online jauh lebih banyak pilihan dan hemat energi.

Beberapa waktu yang lalu saya punya pengalaman yang agak kurang baik saat beli produk secara online ternama Indonesia.

Agak lama saya pikirkan analisa kemungkianya, kemudian saya kategorikan hal semacam jenis modus baru penipuan jual beli online.

Jadi kronologisnya seperti ini :

Waktu itu saya mau beli 3 buah kaca mata di situs jual beli ternama di Indonesia yang nilainya sekitar 700rban . Yang satu untuk saya sendiri dan yang dua lagi pesanan teman saya yang akan di kirim ke satu alamat.

Artinya ketiga buah barang berupa kacamata tersebut di pastikan akan di kemas dalam 1 paket. Karena akan di kirim ke alamat yang sama.

Ketika pertama saya menanyakan barang pada fitur chat, responya sangat sangat lambat padahal terlihat online.

setelah lamaaaa barulah ada balasan. Dan jawabanya cuma dua kata " ya ada". Padahal pertanyaan saya panjang lebar tujuanya agar sekali bertanya langsung deal.

Mau tidak mau saya bertanya lagi karena belum puas dengan jawaban seperti itu, lalu ku ulang beberapa pertanyaanku sebelumnya.

Ditunggu lama tetap belum ada balasan. Hingga ku kirim pesan lagi " gini bos saya mau beli tiga jenis kacamata, tapi di tanya aja kok susah amat..

Menunggu sampai berjam jam sampa sda rasa kesal dan jengkel. Lalu bertanya yang lain lain untuk menunjukan kekesalan saya.

Misalnya saya bertanya " bos barangnya jadi di jual apa nggak, kalau ga tutup aja tokonya. Tampak online tapi ga respon.. mau di jual ngga?..

Dan pertanyaan pertanyaan lain untuk menunjukan kekesalan saya. Setalah banyak pesan kekesalan saya, barulah orangnya membalas chat saya.

Tetapi balasanya malah sangat menjengkelkan. Bukanya meminta maaf karena sudah menunggu lama, malah jawabanya tidak nyambung dengan pertanyaan awal saya.

Baca juga :

Malahan terkesan mengejek atau seperti mentertawakan. Mungkin menganggap saya mau beli tiga itu hanya guyonan supaya cepat di balas saja.

Karena saya sudah pusing, jengkel dan marah sendiri, akhirnya sore nya saya klik beli tiga buah kaca mata yang berbeda beda jenis, tanpa rasa puas jawaban di chatting.

Keesokan harinya ada pemberitahuan masuk ke email bahwa pesanan saya sedang di proses. Dan pada sore harinya ststus sudah berubah, sudah dalam pengiriman.

Lacak resi pengiriman

Nomor id tracking juga sudah muncul walaupun ketika saya lacak memang belum bisa terlacak. Mungkin karena system belum sinkron aja atau koneksi yang lemot.

Besoknya lagi status sudah berubah dan berpindah tempat dari likasi penjual ke tempat yang berbeda tetapi masih tetap dalam satu kota. Barang di lacak juga tetap tidak bisa.

Tetapi saya percaya saja walaupun tidak bisa di lacak pake nomor resi. Karena status barang berpindah tempat.

Karena beberapa kali mengalami hal serupa nomor resi tidak bisa di lacak tapi barang tetap sampai. Jadi ya aku percaya aja tanpa ada curiga.

Besoknya kemudian ada pemberitahuan email bahwa barang sudah di terima. Dan status terakhir di situs jual beli online masih di dalam kota yang sama dengan penjual.

Bacaan teratas lainya :

Hanya saja alamat terakhir barang di terima, yaitu di sebuah perumahan dan alamatnya sangat jelas sesuai di update status terakhir.

Jujur saja saya kaget. Karena perlu di ketahui saya membeli produk tersebut dengan alamat yang sama sekali tidak mirip dengan alamat tersebut dan saya berada di pulau yang berbeda.

Saya cek ulang alamat yang saya tuliskan dan semuanya tidak ada yang salah. Kemudian saya chat dengan penjual untuk menanyakan kejadian itu.

Lagi lagi lama tanpa balasan walapun jelas jelas terlihat online. Akhirnya saya komplain ke CS Situs Jual beli online dan cerita tentang kejadian itu.

Tak berapa lama ada telepon masuk. Ketika saya angkat, ternyata dari penjual tersebut. Mungkin ada teguran dari CS Toko Online.

Si penjual bilang katanya salah kirim. Kemudian dia bertanya terus ini jadi mau dikirim apa tidak? jika tidak uangnya mau di tranfer langsung ke no rekening saya katanya.

Tapi belum saya sempat menjawab telponya sudah lebih dulu di matikan.Hingga beberapa lama saya membiarkan itu . Biarkan pihak Toko online yang mengurusnya.

Saya cepat cepat mencari barang serupa di toko online lainya. Walapun uang yang tadi belum kembali sampai sekitar 2 mingguan.

Kesimpulan dari kejadian di atas

Dari kejadian di atas, Jika salah kirim masa ada pembeli yang barangnya persis dengan yang saya beli, namanya sama, no HP juga sama, hanya alamatnya yang berbeda.

Karena alamat tujuan sudah muncul sejak pertama update status di blog jual beli dan pemberitahuan lewat email. Tapi yang berbeda hanya alamatnya saja.

Ku biarkan saja alamat yang berbeda karena kupikir mungkin kesalahan teknis atau mungkin juga itu adalah alamat jasa pengiriman.

Analisa modus penipuan baru jual beli online

Para pedagang online yang nakal ternyata bisa dengan mudah melakukan aksi tipi tipu seperti kejadian di atas.

Jika kita seorang dropshiper atau mungkin reseller yang sibuk kita bisa dengan mudah di kelabui dengan cara seperti di atas.

Atau juga siapapun para pembeli yang malas memantau perkembangan status transaksi kita. Terutama buat dropshiper dan reseller yang terlalu sibuk ngurusin orderan masuk.

Bagi pembeli perorangan mungkin banyak waktu untuk memantau perkembangan status transaksinya asal tidak malas saja.

Oleh karena itu sebaiknya siapapun anda hati hati dan waspada jangna malas cek status transaksi belanja online

Kejadian di atas, sederhananya seperti ini

Penjual berada di surabaya misalnya terima order dari pembeli di pulau sulawesi. kemudian di proses dan dikirim oleh penjual.

Tapi si penjual mengirim barang ke alamat rumah saudaranya yang berjarak misalnya 5 km dan masih di kota yang sama namun menggunakan no hp dan nama persis seperti orderan masuk.

Jadi yang di ganti hanya alamatnya tujuan pengiriman saja.Lalu resi pengirimanya di input seperti biasa.

Setelah barang sampai di rumah saudaranya, oleh saudaranya di konfirmasi barang di terima. Klik konfirmasi dan uangpun segera di transfer oleh pihak toko online.

Jadi jika pembeli aslinya tidak selalu cek status pekembangan transaksi maka akan sangat mudah tertipu.

Apalagi dropshiper atau reseller yang sering dan sibuk mengirim pesanan barang ke alamat yang berbeda beda tanpa membiasakan mengikuti status transaksinya.Ini akan mudah di kelabui.

Bisa bisa dropshiper sering ribut dengan para konsumenya karena barang tidak sampai. Dipastikan akan kehilangan kepercayaan dan kehilangan banyak pelangganya.

Berabe dan rugi besar bukan? Walaupun memang lambat laun pasti akan ketahuan juga. Karena ada data transaksi tersimpan di setiap marketplace atau toko online.

Namun tetap saja kita akan rugi waktu, bisa kehilangan kepercayaan, kehilangan konsumen walaupun uang bisa kembali utuh.

Ya itulah pengalaman indikasi modus penipuan jual beli online oleh pedagang online yang nakal, yang mudah mudahan bisa membuat anda lebih berhati hati dalam melakukan transaksi jual beli online.

Share sebanyak banyaknya agar tidak ada kejadian seperti yang saya alami. Mungkin anda tidak rugi uang secara langsung.

Tapi anda bisa kehilangan waktu, kepercayaan dan banyaknya pelanggan anda. Dan itu semua sebenarnya adalah bibit uang anda.

Post ini telah di update pada 28 Januari 2019 23:14

Share
Disqus Comments Loading...