Menu Tutup

Meningkatkan earning Adsense dengan keyword dan topik konten

Kali ini saya ingin berbagi pengalaman saja tentang  PPC Google Adsense menggunakan beberapa trik seo sederhana, dengan meriset keywords dan pemilihan topik konten bernilai CPC tinggi

Selain menaikan earning Adsense yang lebih besar ternyata strategi yang kita gunakan juga mampu menaikan trafik dari mesin pencari Google. Entah ini kebetulan atau bukan karena saya hanya mengotak atik saja

Namun begitu hal ini belum tentu berhasil jika Anda praktekan, tetapi mungkin anda perlu mencobanya siap tahu ini juga akan berhasil buat Anda.

Cara meningkatkan CPC Google Adsense untuk earning Adsense

Sebelum saya tuliskan lebih jauh kita bicara dulu tentang program iklan PPC. Bagi para pelaku publisher Google Adsense kata PPC tentu sudah tidak asing lagi.

CPC atau BPK (Bayar Per Klik) selalu saja di bicarakan para blogger yang di blognya sudah di pasang Google Adsense.

Banyak yang mengeluh mengapa earning Adsense terus menurun bahkan sampai ke titik terendahnya dan nyaris di bawah Rp 100 perak.Sungguh memprihatinkan bukan.

Termasuk saya sendiri nggak habis pikir. Visitor harian naik hampir 50% tetapi pendapatan harian justru anjlok ke jurang.

Tapi sebaliknya jika visitor harian menurun drastis taksiran pendapatan harian justru naik berlipat, BPK juga ikut naik. Anehnya hampir selalu seperti itu.

Setelah saya Googling kesana kemari , bahkan pihak Google sendiripun mengatakan bahwa BPK itu tergantung dari jenis Iklan yang bayar murah atau mahal.

Tentu hal itu bisa kita maklumi dan masuk akal tetapi mengapa selalu kebalikan dengan irama naik turunya jumlah visitor.

Mungkin hanya saya yang mengalami seperti ini. Atau mungkin juga banyak sebenarnya yang mengalami hanya saja tidak terlalu memperhatikan pengunjung harian seperti saya.

Karena jika saya hanya memperhatikan untuk bulanan saja saya jadi tidak bisa memahami apa yang terjadi dengan aktifitas harianya.

Akhirnya dari berbagai macam masukan dan informasi yang saya baca, pikiran saya tertuju pada harga iklan yang mahal dan murah. Mungkin ini yang pertama harus di akali.

Secara umum yang paling berpengaruh untuk menaikan pendapatan Adsense:

  • Niche blog atau konten blognya
  • Trafik blog

Memilih topik blog atau topik konten bernilai

Ketika blog saya sudah terjerumus jauh ke dalam gado gado, mengakali jenis iklan yang masuk juga akhirnya kerepotan sendiri.

Karena standarnya mungkin Google Adsense sudah membuat settingan bahwa iklan yang masuk akan di sesuaikan dengan niche blog itu sendiri.

Nah kalau blognya gado gado mungkin Robot Google Adsense juga tidak mau ambil pusing dan membiarkan mana aja yang kahirnya masuk. Ya.. begitulah kita mengambil logika.

Dengan membuat settingan cekal iklan di dashboard Adsense juga kita tidak tahu mana iklan bernilai tinggi atau mana yang murah. Ya bingung lagi.

Jadi dalam kebingunan itulah saya membuat analisa dan logika sendiri untuk coba coba saja yaitu dengan membuat konten dengan topik yang bernilai CPC tinggi

Jika Anda baru memulai membuat blog saya sarankan untuk memilih satu niche blog atau satu topik blog saja.

Cara memilih topik yang bagus mungkin bisa menggunakan Google Trend atau Tool riset keyword yang banyak tersdia secara gratis sepertu Ubersuggest

Tapi jika Anda sudah memiliki blog gado gado seperti saya, dan punya pengalamn seperti saya tentang BPK rendah mari kita belajar bersama mengakalinya. Karena saya juga masih belajar

Kita tidak tahu jenis iklan apa yang bernilai BPK tinggi. Karena tentunya itu menjadi rahasia pemilik perusahaan periklanan seperti PPC Google Adsense misalnya

Nah karena blog saya gado gado maka saya mencoba memilih topik konten yang memungkinkan di datangi iklan ppc Google adsense dengan nilai cpc tinggi.

Meriset keyword untuk memilih topik konten

Sebelum menulis konten, saya sering bingung sendiri apa yang ingin saya tulis. Konten atau topik artikel apa yang kira kira banyak dikunjungi orang

Selain itu saya juga bertanya tanya topik blog apa yang memiliki nilai CPC atau BPK tinggi, Artikel apa yang kira kira bisa menjadi pageone di mesin pencari dan bermacam pertanyaan terlintas

Dari pertanyaan pertanyaan itu saya mencoba meriset keyword menggunakan tool gratis Ubersuggets milik ahli seo dan marketing online Neil patel.

Sadar jika saya tidak mampu membuat konten berkualitas tinggi, jadi saya hanya mengandalkan tool riset keyword ekor panjang saja.

Saya mulai mencoba meriset dengan dua atau tiga kata kunci untuk mencari seberapa populer kata kunci tersebut dan berapa nilai CPC nya.

Jika sudah menemukan yang cocok, barulah saya memulai menulis konten. Dan saya rasa ini bisa juga di praktekan untuk mencari jenis topik niche blog jika Anda masih pemula.

Dalam menulis konten saya hanya mengambil beberapa kata kunci saja. Karena saya tidak akan mampu jika mengcopy semua keywords dan di jadikan artikel.

Rasanya terlalu banyak dan bisa di pastikan akan susah merangkai menjadi satu artikel yang memiliki alur cerita yang baik

 Seo website untuk optimasi halaman

Seperti yang sudah saya bahas sebelumnya tentang tutorial seo , jika seo ini berguna untuk kepentingan mesin pencari dalam merayapi blog kita dan memberi penilainya.

Jadi sebisa mungkin kita dalam menulis konten memang harus memperhatikan hal seo agar blog kita mudah di temukan oleh calon visitor kita.

Jadi pada akhirnya ketika mulai mencari niche blog yang bagus, mencari topik konten yang rame dikunjungi dan bernilai CPC tinggi kita juga sebeanya sudah sambil memikirkan tentang seo.

Apalagi jika sudah sampai pada tahap riset kata kunci. Sebenarnya tahap ini paling menentukan untuk kepentingan optimasi seo pada halaman.

Bagaimana menempatkan keyword yang baik tanpa mengurangi seo untuk pembaca itu sendiri ini juga hal terpenting dalam pembuatan konten blog.

Jika kita menggunakan wordpress kita bisa menggunakan plugin plugin seo yang tersedia secara gratis maupun yang berbayar.

Untuk keperluan seo juga kita bisa memanfaatkan template blogger seo untuk para pengguna blogger. Yoast seo premium juga mungkin bisa di gunakan pada platform blogger

Eksperimen membuat topik konten bernilai CPC tinggi

Setelah saya melakukan hal hal di atas, ada beberapa perubahan dari sisi nilai BPK yang walaupun lambat namun terlihat ada kenaikan.

Membuat konten yang memiliki nilai CPC lebih tinggi menurut riset tool keywords, ternyata memang mempengaruhi juga nilai earning Adsense kita.

Walaupun begitu, tidak bisa cepat juga agar konten kita rame pengunjung. Dan ini butuh waktu dari mulai pengindekan oleh mesin pencari.

Setelah beberapa lama, saya mencoba juga mengotak atik atau merubah rubah kata kunci utama pada tiap tiap tulisan saya. Dan ternyata juga ini ada pengaruh yang lumayan.

Intinya mengedit ulang untuk memperbaiki konten juga sangat perlu dilakukan. Dibaca ulang, di tambah di teliti penempatan kata kunci dan lain lain juga ternyata ada pengaruh

Sebelum mengedit edit konten kita bisa sambil meriset ulang kata kunci menggunakan tool riset dan dengan melihat keyword pada kueri webmaster tool.

Dengan mengkombinasikan kueri dan hasil tool riset ini juga bagus untuk membuka jalan masuknya visitor baru karena nilai index mesin pencari juga semakin baik.

Dan seiring berjalanya waktu hasilnya cukup bagus di hasil pencarian Google. Walaupun tidak bisa menjadi pageone Google, minimal bisa berada di halaman pertama pencarian Google.

Secara tidak langsung akhirnya kita mendapat beberapa keuntungan sekaligus seperti BPK Adsense naik, backlink juga naik pagerank juga mungkin bisa naik.

Ya itulah hasil ekperimen logika, dan lumayan bisa menaikan BPK. Karena konten yang kita buat berdasarkan nilai CPC tinggi juga akan mendatangkan iklan PPC Google Adsense yang sesuai dengan topik kita jadi kemungkinan besar juga bernilai tinggi.

Rating

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.