Menu Tutup

Mengapa hp cepat panas, hati hati bisa meledak! segera lakukan hal ini

Banyak orang mengeluhkan mengapa hp cepat panas. Banyak yang menyebabkan kenapa hp cepat panas.Sebaiknya kamu hati hati jika hal ini terjadi di hpmu.

Sudah beberapa kali hp, powerbank maupun barang elektronik lainya menjadi penyebab kebakaran hingga mengakibatkan korban jiwa.

Beberapa waktu lalu terjadi kebakaran di kabin pesawat udara yang di picu oleh powerbank yang di bawa oleh penumpang pesawat. Dan kasus ini ternyata sudah beberapa kali terjadi.

Hingga muncul peraturan tingkat internasional untuk melaporkan jika membawa powerbank yang memiliki kapasitas di atasa 20.000 mah untuk seluruh pengguna pesawat.

Kasus lain juga terjadi sebuah handphone meledak hingga mengakibatkan kematian karena bagian tubuhnya hancur terkena ledakan.

Dan masih banyak kasus kasus serupa lainya yang belum tereskpose ke publik yang juga berakibat fatal ke penggunanya.

Beberapa penyebab hp cepat panas.

Sebenarnya banyak penyebab mengapa hp cepat panas bila di gunakan, bahkan ketika tidak di gunakanpun bisa menyebabkan naiknya suhu pada sebuah hp.

1.Korsleting komponen

Point pertama yang pasti menyebabkan handphone cepat panas adalah karena salah satu atau beberapa komponen di dalam hp terjadi korsleting.

Korsleting bisa di picu karena hp terkena air, bisa karena hp tertekan terlalu keras yang tidak sengaja . Ini bisa menyebabkan hp cepat panas bahkan bisa meledak.

Jika hp terkena air, segera matikan hp kamu, lepaskan batre dan cahsing jika memungkinkan. Kemudian lakukan pengeringan dengan menjemur di bawah panas matahari dengan dengan layar di balikan atau di bagian bawah (layar jangan terkena sinar matahari langsung).

Atau bisa juga kamu mengeringkan dengan hairdryer atau blower.Dan jangan di hidupkan sampai hp kamu benar benar kering.

2.Komponen mati

Sebab hp cepat panas berikutnya bisa karena salah satu komponen di dalam hp tersebut mati. Salah satu komponen yang rentan mati adalah IC. Matinya IC juga bisa di sebabkan karena korsleting seperti pada ponit 1 di atas.

Didalam rangkaian pcb hp terdapat banyak IC yang memiliki fungsi yang berbeda beda.Misalnya untuk sinyal memiliki IC sendiri, Untuk suara, warna, logo/brand dan funsi fungsi lainya juga memiliki IC sendiri sendiri.

Seperti kasus sering hilang sinyal misalnya, padahal lokasi bagus untuk sinyal. Ini kemungkinan besar IC untuk sinyal di hp anda tidak normal atau bahkan mati.

IC yang mati pada kasus ini bisa menyebabkan hp cepat panas. Kenapa begitu? Karena semua komponen yang ada pada sebuah hp sudah di setting harus berjalan seirama bahkan saling ketergantungan.

Hp yang dalam kondisi hidup, akan menjalankan banyak proses pada system yang akan berjalan dan mendorong secara terus menerus. Walaupun hp sedang tidak di gunakan.

Nah jika ada salah satu komponen yang mati, maka secara otomatis komponen komponen lainya akan mengeluarkan tenaga lebih besar terutama biasanya berimbas pada prosesor sebagai otak penggeraknya.

Jadi kalau kita ibaratkan, 5 orang sedang adu dorong dengan 5 orang lawan. Jika salah satu orang diantaranya diam tidak ikut mendorong,maka 4 lainya tentu akan menambah tenaga untuk mendorong lawan 5 orang agar tetap seimbang. Kira kira begitu atau mungkin kamu punya logika lain.

Selain hp menjadi cepat panas, hal ini juga pasti menyebabkan boros batre. Itu pasti.

3.Ram terlalu minim

Selanjutnya Ram dan memory yang terlalu minim, sementara aplikasi terlalu penuh. Hal ini juga menyebabkan hp cepat panas.

Baca juga : Tips memilih hp yang baik agar awet dan tidak boros batre

Kita tahu, Ram berfungsi sebai pintu keluar dan pintu masuk data yang di gunakan dalam segala aktifitas yang terjadi pada smartphone, pc dan laptop

Jadi jika kita membuka aplikasi berat, pintu keluar masuknya akan penuh berjubal dan berebut saling dorong.

Selain menyebabkan cepat panas, juga menyebabkan hp lemot, crash, hang, hp restart sendiri bahkan hp bisa mati. Karena pintu keluar masuk data sudah tidak muat.

Sementara memory berfungsi sebagai tempat penyimpanan datanya.Baik data system, aplikasi, download bahkan data sampah yang di hasilkan oleh semua aktifitas yang terjadi di hp.

Untuk penggunaan ram dan memory, kamu bisa mengecek sendiri di hp kamu. Kamu bisa melakukan uji coba dengan melihat ram maupaun memory yang di gunakan saat kamu membuka sebuah aplikasi.

Kamu nanti bisa membandingkan penggunaan ram maupun memory saat membuka aplikasi dan tanpa membuka aplikasi apapun.

Saran untuk hp yang memiliki ram dan memory minim, jangan instal aplikasi berat. Hapus juga aplikasi aplikasi yang tidak di gunakan.

Jika aplikasi bawaan system biasanya tidak bisa di hapus. Kamu bisa mengakalinya dengan menonaktifkan aplikasi tersebut. Disarankan juga, saat menggunakan atau membuka aplikasi ram dan memory tersisa di atas 25% atau lebih besar jauh lebih baik.

4.Sinyal buruk

Lokasi sinyal yang sangat minim juga menyebabkan hp cepat panas. Apalagi sampai sinyal sering hilang karena memang daerahnya jauh dari BTS.

Kurangnya pasokan sinyal akan menyebabkan system pada perangkat smartphone akan terus mencari cari sinyal tiada henti.

Hal ini akan membuat prosesor bekerja ekstra dan lebih kencang.Imbasnya komponen komponen lainya ikut panas, dan secara keseluruhan hp juga akan terasa panas.

Hp yang di masukan ke saku celana yang ketat, sering terasa panas bisa karena kurang sinyal atau tertekan. Sebaiknya hp jangan di masukan ke saku celana.

Baja juga : 10 hp termurah ram 4gb mulai dari 1 jutaan

5.Charger tidak sesuai

Yang berikutnya adalah karena charger atau powerbank yang ukuranya tidak sesuai. Dalam artian ukuran disini adalah kapasitas chargernya. bukan ukuran bentuknya.

Charger bawaan standar pabrik, pastinya sudah di sesuaikan dengan kapasitas batre pada hp kamu. Tetapi ketika kita lupa membawanya, kita sering meminjam charger milik orang lain.

Bisa juga karena charger bawaan kita yang sudah rusak, akhirnya kita membeli charger di pasaran. Jika itu terjadi, disarankan kita mengetahui kapasitas charger dan kapasitas batre yang akan di cas.

Jika kapasitas batre tinggi jangan gunakan charger maupun powerbank yang berkapasitas rendah. Sebagai gambaran saja jika kita akan mengecharge hp dengan kapasitas batre 4000 mah, Jangan menggunakan charger bawaan untuk mengecharge hp yang memiliki kapasitas 3000 mah.

Selain bisa menyebabkan panas, hal ini juga bisa menyebabkan kerusakan komponen pada hp kamu. Jadi sebaiknya kamu hati hati.

Tetapi sebaliknya jika batre berkapasitas 3000 mah boleh menggunakan charger yang biasa di gunakan untuk mengecharge batre yang 4000 mah atau lebih besar. Bahkan batre akan lebih cepat penuh.

Begitu juga dengan powerbank, Jangan gunakan powerbank abal abal, atau non real capasity. Lebih baik gunakan powerbank 5000 mah real capasity, daripada menggunakan powerbank 95.000 mah non real capasity.

Karena bisa di pastikan harga powerbank 5000 mah real capasity lebih mahal di banding harga powerbank 95.000mah non real capasity.

Hal tersebut bisa memicu terjadinya panas berlebih bahkan menyebabkan kerusakan pada komponen hp.

Sebenarnya masih ada hal hal lainya yang bisa mengakibatkan hp cepat panas. Tapi saya rasa ini dulu saja.

Dari semua point point di atas maka di pastikan juga akan menyebabkan batre cepat habis atau boros selain menyebabkan hp cepat panas. Borosnya batre bisa menyebabkan cepat panas, panas di hp juga pasti menyebabkan batre boros.

Itulah sedikit ulasan mengapa hp cepat panas, bikin batre boros bahkan bisa menyebabkan meledaknya sebuah smartphone yang bisa menimbulkan kebakaran.

Semoga sedikit coretan ini bisa menambah pengetahuan bagi yang memang belum mengetahuinya. Tapi mudah mudahan kamu sudah lebih tahu banyak

Terima kasih sudah sudi membaca, terima kasih banyak juga untuk yang sudi membagikanya. Salam hangat... semoga kamu selalu di beri kesehatan dan selalu dalam lindungaNYA. amiiiin..

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.