Menu Tutup

Membuat backup listrik dc untuk rt rw net mudah dan murah

backup listrik dc rt rw net
Loading...

Kali ini kita akan membahas bagaimana cara membuat backup listrik dc untuk menyuplai kebutuhan listrik pada perangkat radio wireless rt rw net.

Biasanya para pemain hotspot menempatkan banyak antena wireless untuk menyebar luaskan jaringan ke banyak wilayah.

Semakin banyak titik penempatan antena, tentu semakin beresiko pada listrik apalagi jika mengandalkan PLN lebih dari satu jalur.

Jika di salah satu titik terkena pemadaman arus listrik, kemungkinan besar semua jaringan akan terkena imbasnya walaupun di titik lain listrik menyala.

Maka solusinya adalah membuat backup listrik dc untuk menghidupkan perangkat hotspot di titik tersebut ketika terjadi pemadaman.

backup listrik dc rt rw net

Membuat backup listrik dc

Jadi buat teman teman yang sedang membutuhkan informasi, mudah mudahan ini akan membantu.

Apalagi kita akan menggunakan bahan bahan yang mudah di dapat, murah namun akan berfungsi dengan baik dan stabil.

Backup dc ini akan berjalan secara otomatis, tanpa ribet harus mencolokan/ memindahkan saat listrik padam. Perangkat akan terus menyala walau listrik padam.

  • Bahan bahan yang di butuhkan

  1. Accu/ Aki
  2. Controller
  3. Power suply
  4. Modul step-up/stepdown
  5. Box
  6. Cooler/minifan/kipas pendingin
  7. Kabel
  8. Jack dc universal

controller

  • Fungsi komponen backup listrik dc to dc

Accu/ aki bisa menggunakan aki mobil ataupun motor yang nantinya berfungsi untuk menyimpan atau membackup listrik dc. Sesuaikan dengan kebutuhan arus listriknya ataupun budgetnya saja.

Tapi disini kita akan menggunakan aki motor saja, harganya sekitar 120 ribuan, banyak tersedia di bengkel motor.

Controller kita akan menggunakan solar charge controller, atau pengontrol yang biasa di gunakan pada panel surya.

Harganya sekitar 50 ribuan tergantung kita akan menggunakan yang berapa ampere. Biasanya ready 10 A 20A 30A, banyak tersedia di toko online.

Power Suply atau adaptor sebagai pengganti solar panel. Bisa menggunakan tipe apa saja seperti adaptor jaring maupun adaptomodul stepdownr biasa.

Usahakan di atas 5 Ampere, bisa 10 Ampere sesuaikan kebutuhan. Harga untuk adaptor jaring yang biasa di pake untuk cctv mulai 40 ribuan.

 

Modul stepup/ stepdown berfungsi untuk menaik turunkan tegangan dc karena output dari aki hanya sekitaran 12 volt.

Sementara kebutuhan suply pada Antena perangkat hotspot/wifi bervariasi mulai dari 5 volt, 6 volt, 9 v, 12 v dan 24 volt. Harganya mulai dari 10 ribuan

Loading...

Box digunakan untuk menyimpan komponen komponen backup listrik dc to dc agar lebih rapin dan mempermudah dalam penggunaan

Pendingin di perlukan untuk menjaga agar suhu dalam box tersebut tidak overheat sebagai antisipasi terjadinya korsleting ataupun terbakar

Jack dan kabel kabel juga akan di gunakan untuk penghubung ke tiap tiap perangkat nantiya.

  • Merangkai komponen backup listrik sendiri

Proses perangkaian cukup mudah, karena semua komponen sudah siap pakai hanya tinggal menyolder kabel yang di perlukan saja.

Semua komponen di atas juga terdapat tanda min (-) dan plus (+) yang artinya positif negatifnya tidak perlu lagi di cari akan tetapi tinggal menyambungkan kabel kabel saja.

Langkah pertama selalu pasangkan Baterai/ Aki pada kontroler terlebih dahulu agar tidak terlupa nantinya sebelum mencolokan power suply ke arus listrik AC.

Kemudian sambungkan output dc dari power suply ke input dc controller solar charge yang sudah di siapkan.

Pada bagian output controller, barulah kita menyambungan modul modul baik untuk penurun tegangan maupun stepup yang fungsinya untuk menaikan voltase.

  • Setting solar charge controller

Setelah terpasang aki, solar panel kontroler ini akan menampilkan menu menu pada layar lcdnya.

Menu menu ini bisa di atur sedemikian rupa, di sesuaikan dengan keeperluan. Namun jika ragu kita bisa tetap membiarkan sesuai pengaturan defaultnya.

Ada 3 buah tombol yang bisa di gunakan dalam pengaturan ini. Selengkapnya kita akan bahas di lain waktu.

  • Setting modul stepup dan stepdown

Seperti yang sudah disinggung di atas, modul stepup berfungsi untuk menaikan tegangan/ voltase sesuai kebutuhan perangkat.

Modul ini bisa di atur voltasenya mulai dari 3 vol hingga 28 volt untuk harga  yang terendah. Untuk yang lebih mahal ataupun tipe lainya bisa lebih dari itu.

Caranya dengan mengukur output teganan akhir modul menggunakan avometer. Kemudian kita memutar menggunakan obeng kecil tuas searah jarum jam untuk mendapatkan voltase yang di inginkan dengan melihat pada avometer.

Kebalikanya untuk modul stepdown yang fungsinya untuk memperkecil output teganan/ voltase, diatur dengan memutar ke kiri.

Penjelasanya, ouput dari accu tanpa modul sekitar 12 volt. Dengan salah satu stepup kita bisa membuat outputnya menjadi 24volt sesuai dengan kebutuhan perangkat outdoor seperti Ubiquity, TPlink dll

Begitu juga untuk stepdownnya. Kita bisa membuat output 12 volt menjadi 5 volt untuk menyuplai arus pada switch hub, ataupun 6 volt /9 volt untuk router home wifi.

Itulah gambaran bagaimana membuat backup listrik dc untuk rt rw net sendiri dengan komponen yang muran dan mudah di dapat... semoga membantu.

 

loading...

1 Comment

  1. Pingback:Mengatasi mikrotik rb450g sering restart sendiri 100% work - 1001 dunia

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Pemblokir Iklan

Menonaktifkan Pemblokir iklan, atau memasukan blog ini ke daftar putih pada pemblokir iklan adalah bentuk support dan dukungan Anda untuk blog ini. Kami ucapkan banyak terima kasih..