Menu Tutup

Masalah hp xiaomi dan beberapa solusi sederhana

Ada beberapa masalah hp xiaomi yang mungkin saja sedang Anda alami saat ini. Kali ini kita akan share beberapa hal yang bisa Anda lakukan untuk memperbaikinya.

 

Jenis type hp Xiaomi yang kadang ada masalah

Sampai saat ini Xiaomi sudah mengeluarkan produk smartphone yang cukup banyak dengan berbagai macam type dan spesifikasinya.

Dari kategori yang murah sampai yang berkelas pun sudah banyak mewarnai pasar smartphone dunia dan mampu bersaing dengan vendor smartphone lainya.

Dari sekian banyak tipe Xiaomi ini ada beberapa yang di keluhkan oleh sebagian orang misalnya Xiaomi 4c, Redmi note maupun Redmi s

  • Sinyal 4g hilang setelah update

Di beberapa tipe memang ada yang mengeluhkan kalau setelah update sinyal 4gnya bisa hilang. Bahkan penjualnya sendiri kadang memberitahu hal ini.

Biasanya ini terjadi pada tipe hp xiomi keluaran lawas seperti mi 4c misalnya. Ini karena terkait undang undang yang berlaku saat itu yang belum resmi ijin di Indonesia.

Tetapi sekarang Pabrikan Xiaomi sudah bekerja sama dengan beberapa perusahaan di Indonesia secara resmi. Selain itu juga mungkin karena rom yang di gunakan masih Rom negeri asalnya.

Solusinya jika terjadi seperti itu di flash, atau kembali ke settingan pabrik.

  • Mi Cloud membuat boros baterai

Jika smartphone boros baterai sebenarnya adalah masalah umum hp Android maupun yang menggunakan sistem operasi lainya.

Baca : Cara memilih hp agar tidak boros baterai

Nah khususnya pada Hp Xiaomi sendiri itu karena adnya fitur mi Cloud yang akan secara otomatis aktif dan bekerja saat tersambung ke Wifi

Mi cloud itu sendiri fungsinya semacam backup data pada hp yang nantinya akan tersimpan pada ruang penyimpanan di server Mi Cloud.

Fitur ini bisa di non aktifkan untuk keperluan menghemat pemakaian baterai karena untuk backup biasanya kita sudah menggunakan akun Google.

Selain itu kita juga bisa melakukan penghematan baterai untuk smartphone Android secara umum misalnya dengan menonaktifkan sinkronisasi email dan mengubah settingan non auto start pada aplikasi yang terinstal

Non aktifkan Wifi, hotspot, bluetooth jika tidak di gunakan, menghapus aplikasi yang tidak terpakai juga bisa menghemat pemborosan pada baterai

Masalah hp Xiaomi secara umum dan jarang terjadi

Secara umumnya masalah hp Android sebenarnya kurang lebih sama saja. Ada yang mengeluh sinyal kecil, kadang sinyal hilang ataupun kadang ng hang, Lagy.

Jadi bukan hanya pada Xiaomi saja. Hanya saja tiap merk posel cara penangananya memang berbeda beda karena memiliki karakteristik masing masing.

Bahkan sesama satu Vendor ponselpun bisa saja berbeda cara mengatasinya tergantung dari permasalahanya

  • Hp Xiaomi not charging.

Hal ini bisa terjadi karena Baterai habis total sehingga ketika di cas, charger tidak mampu mengangkat dan mengisi  baterai.

Solusinya kita bisa membuka tutup  baterai dan melepaskan konektornya. Lalu kita cas, dan mencoba menyalakanya hp kembali.

Setelah menyala normal, kita bisa mengembalikan konektor baterai seperti semula. Denagn cara ini kadang berhasil dan normal kembali, ada juga yang tidak bisa.

  • Ketika di cas, tidak mengisi dan lampu led berkedip kedip.

Ini bisa juga terjadi seperti di atas, bisa juga karena ic charger mati atau mungkin juga konektor input charger yang rusak.

Solusinya buka tutup hp kemudian buka tutup pada bagian bawah yaitu tutp yang menutupi konektor charger.

Kita bisa mengganti konektor chargernya namun sebelum itu pastikan dulu di coba di cas menggunakan charger lain.

  • HP xiaomi mati total

Jika hp xiaomi mati total tanpa sebab, dan tidak bisa di cas, sebaiknya coba cas menggunakan charger lain untuk memastikanya.

Mungkin juga karena baterai yang ngedrop, kita bisa menggantinya dengan mudah karena xiaomi baterainya menggunakan soket yang mudah di lepas.

Bisa juga mencoba mengganti konektor chargernya karena kemungkinan ada element pada input charger yang mati.

Bisa juga karena ic charger yang mati kita bisa mencoba menganalisa sendiri dengan charger lain dan melihat reaksi pada hp.

  • Tidak bisa di cas karena baterai terlalu dingin.

Jika baterai terlalu dingin ini juga memicu kegagalan penyimpanan arus pada baterai ketika di cas dan kadang led hanya berkedip dan tidak ada indikator charger.

Selain menggunakan cara cara di atas, kita bisa mencoba mengecas baterai secara langsung menggunakan power suply dengan mengatur arus masuk yang di sesuaikan dengan ukuran voltase yang ada pada charger bawaan Xiaomi.

Setelah di atur ukuran voltase power suply, kita cabut konektor baterai dan menghubungkan langsung dengan power suply.

Jika anda ragu, sebaiknya bawa ke tempat servis saja atau jika ingin memperbaiki sendiri sebaiknya Anda benar benar sudah menganalisa dengan baik ata berkonsultasi terlebih dahulu dengan pakar servis hp.

Keunggulan hp Xiaomi

Walaupun begitu Xiaomi memiliki keunggulan harga yang tergolong lebih murah dibanding smartphone merk lainya tetapi memiliki spesifikasi yang lebih tinggi.

Uniknya lagi, Xiaomi tidak terlalu banyak mengeluarkan dana untuk promosi di media televisi seperti merk hp lainya

Namun begitu Xiaomi mampu mengebrak pasar smartphone hingga bisa membuktikan bahwa merk dapat bersaing dengan vendor hp peringkat atas.

Terbukti dengan hadirnya smartphone asal China ini termasuk laris manis di pasaran sejak awal kemunculanya sekitar tahun 2012 lalu.

Bongkar pasang untuk mengganti sparepart Xiaomi termasuk mudah. Sebagian aksesoris Xiaomi juga banyak yang terkoneksi oleh pin pin yang memudahkan kita untuk mencopotnya

Kekurangan hp Xiaomi secara umum

Kekurangan hp Xiaomi secara umum, di dalam paket tidak di bekali headset Xiaomi. Jadi untuk kebutuhan Headset Xiaomi kita harus membeli secara terpisah.

Adapun beberapa jenis headset atau earphone Xiaomi misalnya : type Piston 1, piston 2 piston 3 dan yang terbaru piston 4 hybird triple driver

Baca Juga :

Cara Instal ulang Xiaomi atau biasa di sebut Flash sebenarnya tidak terlalu sulit jika kita sudah mengetahui urutanya, driver, rom  maupun tool yang di gunakan.

Namun bagi yang belum pernah memang ini akan terasa rumit. Karena banyak hal yang harus di siapkan, harus mencari tahu tipe dan Rom yang sesuai.Selain itu berbeda tipe beda lagi yang di gunakan.

Termasuk harus terlebih dahulu unlock device dengan meminta terlebih dahulu ke  situs resmi Xiaomi. Jadi harus bolak balik. Ya itulah beberapa kekuranganya

Demikian sedikit tips cara mengatasi masalah hp xiaomi mudah mudahan bermanfaat untuk Anda

Rating

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

cerita cinta

Punya uneg uneg tentang Cintamu? Yuk berbagi disini tentang cerita kisah cintamu. Tuliskan cerita dan pengalaman perjalanan cintamu yang tak terlupakan, kisah cinta yang mengharukan, ataupun kisah cintamu yang paling gokil

Caranya mudah:

Kamu bisa menulis langsung di blog ini

     

Mengirimkan tulisan lewat email

info@dunia1001.net

Kita tidak tahu kapan kekasih sejati itu datang...Tapi orang bilang kalau jodoh itu adalah sesuatu yang bisa datang tanpa disengaja