Menu Tutup

Kursus Android online gratis yang menyenangkan

kursus android

Buat Anda yang berminat kursus Android online secara gratis , kini Google hadir untuk para calon developer Android di Indonesia.Belajar Android secara online dengan cara yang menyenangkan

Sejak kemunculan OS Android dunia smartphone dan tablet berkembang sangat pesat dengan dukungan fitur fitur aplikasi canggih yang sudah tersemat di dalamnya.

Aplikasi aplikasi pada smartphone Android yang kian beragam dan selalu update dengan fitur fitur barunya menandakan bahwa pengembang Android juga semakin bertambah

Developer Android ( pengembang Android )

Android yang awalnya di kembangkan oleh Android.inc dengan dukungan dana oleh Google, kini secara resmi menjadi milik Google sejak tahun 2005

Sejak itu pula dunia Android berkembang jauh lebih pesat hingga sekarang. Bahkan Google telah mengembangkan Android TV untuk TV, Andorid Auto untuk mobil Android Wear untuk jam dan lain lain

Hal ini tentu saja menciptakan lapangan pekerjaan baru lagi untuk pengembangan di dunia teknologi berbasis Android.

Developer Android Indonesia

Bukan hanya di negeri asalnya Google dan Android saja, kini Google merambah ke seluruh dunia untuk calon calon pengembang Android yang ingin kursus Android atau belajar Android salah satunya di Indonesia

Di universitas universitas yang ada di Indonesia kini sudah hadir kurikulum khusus mata kuliah untuk para pengembang Android kelas dunia.

Kurikulum kursus Android sebagai modul pelatihan yang akan berada di Kampus kampus Universitas di Indonesia ini telah di sediakan sejak akhir 2016.

Beberapa kampus yang sudah di sediakan kurikulum Android

  • Institut Teknologi Bandung
  • Universitas Gadjah Mada
  • Universitas Bina Nusantara
  • Universitas Katolik Parahyangan
  • President University
  • Institut Teknologi Harapan Bangsa
  • Universitas Telkom
  • Universitas Kristen Maranatha

Tidak menutup kemungkinan kedepanya Google juga akan melakukan hal yang sama pada kampus kampus lain di seluruh Indonesia.

Karena Google juga akan memberikan sertifikat secara resmi untuk para pengembang Android yang sudah menamatkan belajar Android programing dan siap untuk menjadi pengembang Android

Bagaimana dengan Anda yang tidak kuliah ?

Jangan berkecil hati dulu . Jika Anda saat ini sudah bukan lagi anak sekolah, bahkan sudah bekerja dan berkeluarga tetapi berminat untuk belajar Android.

Karena Google juga menyediakan fasilitas kursus Android Online secara gratis. Google bekerja sama dengan Udacity untuk memberikan pelatihan belajar Android secara Online

Anda bisa mengikuti kursus Android online gratis secara individu, mempelajari pemrograman Android benar benar dari titik nol.

Di sana Anda juga akan mendapatkan sertifikasi resmi oleh Google, sebagai bentuk bahwa Anda sudah siap untuk bekerja menjadi Developer Android

Sertifikasi inilah yang nantinya bisa Anda gunakan untuk mendapatkan pekerjaan sebagai pengembang Aplikasi Android

Kursus Android Gratis di Udacity

Untuk memulai kursus Android secara online Anda bisa mendaftarkan diri langsung ke situs resminya Udacity secara gratis.

Mendaftar di Udacity sangatlah mudah. Kita hanya memerlukan email pendaftaran yang natinya kita pergunakan untuk masuk ke kelas kursus Android.

Setelah mendaftar kita akan di arahkan ke beberapa pilihan seperti pilihan belajar dasar dasar Android bagi yang benar benar pemula.

Ada juga pilihan belajar untuk pengembang atau Developer Android Profesional bagi yang sudah mengerti dasar dasar Android.

Jika Anda benar benar pemula, pilihlah Belajar Andoid untuk pemula. Yang nantinya benar benar mempelajari dasar dasar Android untuk pemula

Belajar Andoid Untuk Pemula

Jika Anda memilih belajar Android untuk pemula ( Android Development for Beginners ), Anda akan di arahkan ke bermacam macam pertanyaan yang harus kita pilih.

Pertanyaan pertanyaan pilihan ini nantinya akan mengarahkan kita ke kelas kursus Android yang lebih tepat, hingga ke tujuan akhir dari mengikuti kursus Android online tersebut.

Pada pilihan pertanyaan terkahir kita akan di suguhi beberapa pilihan apa tujuan akhir kita mengikuti kursus Android.

Pilihan akhir tersebut kurang lebih seperti apakah Anda ingin di carikan pekerjaan setelah lulus, apakah ingin menciptakan Aplikasi Android sendiri, Apakah ingin berkarir di Android

Pertanyaanya dalam bahasa Inggris kalau tidak salah kurang lebih seperti itu. Kita tidak perlu mengisi apa apa, tapi hanya mencentang pilihan saja.

kursus android online

Memulai kursus Android di ruang kelas kursus ( Classroom )

Setelah pertanyaan pilihan selesai kita akan di arahkan ke my classroom. Di kelas ini juga ada beberapa pilihan untuk memeulai.

Disana Anda juga akan di rekomendasikan untuk memulai pada bagian kursus yang mana. Kita tinggal memilih saja.

Pilihan disini adalah ruang untuk yang benar benar pemula dari nol, ada juga pilihan mungkin bagi yang sudah sedikit mengerti dasar dasar Android.

Jika sudah memiliki sediki dasar dasar Android ,Anda bisa saja meloncat ke level dasar yang lainya tanpa harus memulai dari nol

Pelajaran pertama di level dasar kursus Android, kita akan di perkenalkan dan diajarkan membuat tampilan dasar aplikasi Android

Tampilan dasar disini adalah halaman awal yang pertama kali muncul ketika sebuah aplikasi Android pertama kali di buka

Kita akan di ajarkan bagaimana mengubah ubah dan mengganti tampilan tersebut dengan mengedit edit kode program Android

Cara mengikutinya mudah saja. Anda bisa melihat apa yang di ajarkan disana melalui video. Di akhir video akan ada beberapa pertanyaan yang harus di jawab.

Jawaba bisa berupa pilihan dengan memberi tanda centang atau dengan menulis sebuah kode sederhana yang berkaitan dengan pelajaran Android yang ada di video.

Jika Anda merasa kesulitan atau belum memahamai, Anda bisa memutar kembali video tersebut.Langkah terakhir anda juga bisa melihat jawaban yang benar dengan mengklik tombol lihat jawaban di bagian bawah.

Kursus Android langsung praktek agar cepat bisa.

Jika Anda mengikuti kursus Android ini di sarankan agar Anda menyiapkan Android Studio untuk mempraktekan langsung agar Anda benar benar memahami dan cepat bisa.

Hal ini akan membiasakan diri Anda untuk menulis kode kode Android. Namun begitu tidak semua pertanyaan berupa menulis kode.

Terkadang kita hanya perlu mengklik saja untuk melanjutkan pada pertanyaan berikutnya. Perlu di ketahui juga bahwa hampir semua pertanyaan di awali dengan video.

Setiap halaman kelas dasar terdiri dari sekitar 10 sampai 12 pertanyaan.Yang kesemuanya masih saling berkaitan satu sama yang lainya dan di jelaskan denga sangat detail.

Sehingga untuk mempelajari 1 item saja bisa sampai puluhan pertanyaan dengan disetiap tahapnya menambah 1 hal baru ataupun kode baru.

Jadi benar benar sangat detail dan ini akan membuat kita benar benar menguasai semua program kursus Android yang di ajarkan tanpa melewatkan sedikitpun hal.

Kekurangan belajar Android di Udacity, untuk saat ini baru tersedia dalam bahasa Inggris. Jadi bagi yang tidak bisa berbahasa Inggris memang agak kerepotan.

Namun begitu Anda bisa mengakalinya dengan menerjemahkan tulisan yang ada ke dalam Google Translate.

Tapi bagi yang sudah bisa berbahasa Inggris, bisa di pastikan Anda akan cepat bisa menguasai semua pelajaran yang di ajarkan pada kursus Android online Udacity .

Baca Juga :

Ya itulah program kursus Android online terbaik yang kami temukan untuk saat ini. Seperti yang sa tulis di atas, setelah menjalani semua tahap pada kursus ini, kita bisa mendapatkan sertifikasi dari Google. Denangan sebelumnya menjalani uji kemampuan.

Keuntungan kursus Android di Udacity , kita juga bisa nantinya mendapat pekerjaan, atupun langsung di rekrut pada perusahaan Android tergantung dari pilihan pertanyaan di awal pendaftaran

Selain itu juga kita bisa menjadi Developer Android sendiri, untuk menciptakan Aplikasi Aplikasi Android dan terus mengembangkanya.

Demikian semoga tulisan ini bermanfaat. Silahkan share agar bermanfaat juga buat orang lain di sekitar Anda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.