Menu Tutup

Keunggulan Xiaomi vs Android lainya untuk budget minim

Sebenarnya apa sih keunggulan Xiaomi dengan smartphone android lainya?
Sebelum kita bahas smartphone xiaomi,sedikit ulasan tentang fungsi utama seseorang memiliki smartphoneSemua orang pastilah punya pendapat dan persepsi berbeda beda.

Secara umum fungsinya memang sama seperti untuk telepon, sms, chatting maupaun browsing internet.

Akan tetapi banyak orang yang kini memanfaatkan smartphone untuk keperluan lebih dari itu. Ada beberapa fungsi yang biasanya di utamakan.

Nah dalam hal ini, fitu fitur maupun spek yang tersemat pada smartphone akan kita cari yang terbaik. Fitur inilah yang nantinya akan sangat membatu pada fungsi utama kita.

Misalkan jika kita memiliki smartphone untuk bisnis online, berarti fungsi utamanya adalah untuk browsing. Tentuk saja hal terpenting untuk fungsi ini adalah kecepatan loading data ketika berinternet.

Untuk itu kita memerlukan smartphone yang memliki fitur fitur yang menunjang kecepatan data misalkan RAM lebih besar untuk loading, Prosesor juga lebih tinggi, batre juga harus mumpuni biar seimbang.

Atau misalkan kita memiliki smartphone untuk keperluan hobby membuat video dan berfoto ria. Tentu saja kita akan memilih smartphone yang memiliki kamera yang terbaik. Dengan resolusi yang tinggi dan dan spek kamera yang tinggi juga.

Strategi marketing vendor ponsel

Semua orang pasti ingin punya pansel pintar yang memiliki spek yang paling tinggi, fitur lengkap dan tentu saja harganya murah. Tapi tidak sedikit orang yang memikirkan hal itu.

Mungkin karena belum mengetahui apa apa di balik sebuah ponsel, dan kurang memahami seluk beluknya, lalu bagaimana dan untuk apa saja nantinya kita menggunakan ponsel tersebut.

Banyak orang berpikir mau membeli handphone kalau bukan "Merk" A dia tidak mau. Hanya melihat merk. Nama besar belum tentu lebih baik.

Kembali lagi kepada fungsinya. Karena itu, jika membeli smartphone sebaiknya kenali dan pahami apa dan bagaimana sebenarnya di balik smartphone agar nantinya berfungsi dengan baik sesuai yang kita harapkan untuk menunjang aktifitas pada fungsi utama yang di rencanakan.

Semua vendor ponsel memiliki strategi pemasaran masingg masing dan tentu saja berbeda beda. Misalkan vendor A mengunggulkan Kamera.

Vendor B mengunggulkan desain dan body. Vendor C mengunggulkan Ram besar namun batre kecil dan lain lain. Jadi di tiap tiap vendor bahkan setiap smartphone android, windows phone maupun IOS phone memiliki kelebihan dan kekurangan masing masing.

Baca juga :

Begitulah strategi mereka agar produknya tetap laku. Padahal jika mau, bisa saja memproduksi type ponsel yang semuanya speknya serba tinggi. Pasti type ini akan laku keras. Tetapi type atau seri yang lainya jadi tidak laku. Perusahaan pastilah akan rugi.

Kita sebagai penggunalah yang secara tidak langsung dituntut untuk selalu membeli, ganti, dan membeli lagi. Karena jika tidak mengikuti pada akhirnya akan ketinggalan bukan dari segi gaya, tetapi lebih kepada fungsinya.

Bagaimana tidak, mereka para vendor ponsel berlomba lomba terus melakukan update dengan cepat. Dengan menambahkan fitur fitur baru maupun fungsi baru yang terus semakin canggih.

Xiaomi VS Smartphone android lain

Dari sedikit ulasan seluk beluk smartphone diatas, kira kira kamu akan memilih handphone apa jika kamu cocokan dengan niat dan fungsi lain selelain untuk menelpon maupun sms.

Spesifikasi tinggi

Xiaomi salah satu vendor smartphone android dari negeri China. Gebrakan pertama xiaomi mengunggulkan spek dimana saat itu jauh mengungguli smartphone lainya yang sbenarnya sudah ada jauh lebih dulu.

Spek yang ditawarkan xiaomi selalu lebih unggul sampai sekarang dengan harga yang hampir sama. Jadi kalau kita lihat dari spek yang sama, ponsel cerdas android xiaomi tergolong paling murah. Secara kualitas bahan maupun fungsi, xiaomi juga tidak kalah dengan nama besar vendor lainya.

Fitur bawaan lengkap

Bahkan banyak fitur bawaan yang sudah disematkan, yang tidak dimiliki smartphon lainya. Walaupun memang pada ponsel lainy juga ada tetapi mungkin harus mendownload aplikasi pihak ke tiga.

Xiaomi tergolong smartphone yang laris manis. Karena seperti yang saya sebut di atas, hampir semua fitur dan speknya seimbang dan merata. Artinya tidak mengunggulkan salah satu fitur, dengan mengurangi fitur spek yang lainya.

Strategi pemasaran berbeda

Xiaomi memiliki strategi pemasaran yang berbeda dengan yang lain tanpa kita sadari. Xiaomi nyaris bahkan mungkin tanpa mengiklankan produknya di televisi seperti ponsel lain pada umumnya. Tentu saja hal ini sangat menghemat biaya marketing hingga milyaran rupiah.

Xiaomi hampir tidak membekali outlet outlet dengan brandingnya secara resmi. Berbeda dengan vendor ponsel lainya. Ini juga bentuk penghematan yang luar biasa bagi xiaomi. Bahkan kalau tidak salah dealer resminya pun hanya ada di Jakarta saja.

Laku tanpa promosi  besar

Jadi intinya Xiaomi bisa laku dan laris di pasaran tanpa adanya promosi besar besaran. Selain melalui internet atau web resminya saja.
Ditambah dengan berbagai review user xiaomi di komunitas maupun forum online.

Kok bisa ya..iya karena memang xiaomi lebih menawarkan kualitas secara keseluruhan. jadi pengguna yang mengerti dan paham fungsi spek lebih jauh akan datang dengan sendirinya.

Kekurangan xiaomi adalah tidak dilengkapi pada paket box  dengan headset atau handsfree yang pada umumnya selalu di sertakan pada paket pembelian. Akan tetapi xiaomi menjual headset secara terpisah dengan berbagai variant harga tergantung fungsi dan fiturnya.

Untuk lebih jauh harga headset xiaomi original silahkan baca :  Memilih headset yang bagus dan cocok untuk smule

Jadi secara global produk xiaomi sangat baik dan unggul dengan harga yang terjangkau. Nah bagaimana pren... masih tergiur dan memilih merk? atau lebih memilih kualitas dan fungsi dengan melihat spesifikasinya?. Ya biar bagaimanapun keputusan untuk membeli handphone tetap di tangan anda.

Demikian sedikit ulasan tentang smartphone xiaomi semoga kamu jadi lebih memahami apa dan bagaimana tentang smartphone. Semoga bermanfaat silahkan di share sapa tau berguna buat orang lain yang kenbetulan mau beli HP. Atau mau protes juga boleh he he he...silahkan tulis di komentar

Rating
Berbagi ke media sosial :
  • 5
  • 2
  •  
  • 1
  • 2
  •  
  •  
  •  
  •  
    10
    Shares

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.