Menu Tutup

Cara Setting Kursor dan Pointer di Windows 10 Paling Mudah

setting -mouse-pointer-windows-10

Menjalankan sebuah perangkat aplikasi untuk mempermudah langkah kerja anda tentulah sangat diperlukan, apalagi anda baru beranjak ke sebuah sistem operasi yang terbaru seperti Windows 10.

Meskipun sepertinya hampir sama dengan windows pendahulunya, akan tetapi anda bisa menemui sedikit kendala apabila tidak melakukan sebuah setting dengan benar akan hal yang sangat sederhana.

Untuk menjalankan sebuah aplikasi tentu fungsi dari kursor sangatlah penting untuk bisa mempercepat langkah kerja anda.

Hal ini akan sangat menghambat bila anda tidak menyesuaikan pengaturan kursor dengan tipe dan jenis pekerjaan yang sedang anda lakukan. Maka dari itu anda sangatlah membutuhkan sebuah pengaturan yang bisa mengoptimalkan pekerjaan anda.

Langkah yang bisa anda lakukan tentulah sangat mudah dalam pengaturan kursor pointer pada windows 10.

Baca juga :

Ada banyak yang bisa anda dapatkan dengan melakukan sebuah pengaturan pada pointer anda, seperti halnya pada sedang melakukan sebuah pengetikan atau aktivitas yang lainnya.

Untuk lebih jelasnya dan lebih mudah memahaminya, berikut adalah tahapan yang bisa anda lakukan dalam melakukan sebuah pengaturan pada kursor pointer di windows 10.

Pengaturan Pada Kursor dan Pointer

Untuk sebuah proses awal dalam pengaturan kursor dan jua pointer pada tampilan PC anda di windows 10, anda harus menuju ke sistem setting yang bisa diakses hanya dengan menekan beberapa kombinasi tombol yang ada di Keyboard anda. Tombol yang harus anda tekan adalah tombol Windows+ I.

Selanjutnya anda akan menuju kepada sebuah tampilan pengaturan, lalu pilih Easy Access >> Cursor dan pointer size.

Setelah anda mengikuti langkah –langkah tersebut anda akan menuju pada tampian gambar diatas. Tampilan tersebut menunjukkan sebuah pengaturan yang ada pada windows 10 mengenai pointer dan juga kursor.

Pada pengaturan Cursor dan juga Pointer anda bisa mendapati banyak sekali pilihan yang bisa anda setting sesuai kebutuhan anda. Hal tersebut akan membuat anda lebih mudah dalam melakukan sebuah pengetikan.

Macam Pengaturan pada Kursor dan Pointer

Pada Pengaturan Kursor dan Pointer ada beberapa pilihan penting yang bisa anda setting seperti dengan “Change Cursor Thickness”.

Pengaturan tersebut bisa memberikan sebuah kemudahan dalam melihat kursor, karena semakin diberi nilai tinggi maka tingkat ketebalan kursor akan semakin jelas.

Selanjutnya ada sebuah pengaturan yang disebut “Change Pointer Size and Color”. Pengaturan tersebut bisa memberikan sebuah kemudahan dalam melihat  ukuran dan juga warna dari kursor, tentu saja semakin besar ukuran maka semakin besar pula kursornya.

Begitupun dengan pilihan warnanya bisa anda atur sendiri, sehingga bisa memudahkan anda dalam melihat sebuah perpindahan kursor.

Anda juga bisa menemukan tata letak dari kursornya, hal ini jelas berguna pada saat sedang mengetik pada sebuah lembar kerja sehingga anda bisa menemukannya dengan sangat cepat.

Cara Paling Mudah Mengatur Kursor Mouse Pada Windows 10

Dalam melakukan berbagai kegiatan dalam SO Windows, tentu peran dari kursor sangatlah penting sebagai sebuah alat navigasi.

Fungsi dari kursor sendiri adalah untuk menunjuk atau melakukan sebuah operasi yang lain, seperti halnya dalam menunjuk pada link, aplikasi ataupun yang lainnya.

Kita hanya tinggal mengklik sebuah aplikasi yang ditunjukkan oleh Kursor yang biasanya berbentuk tanda panah.

Pastinya anda sering melihat sebuah kursor yang menjadi sebuah bentuk lain, seperti halnya pada saat proses loading ataupun saat kejadian tertentu.

Perlu anda ketahui bahwa sebuah tampilan dari kursor tentunya bisa anda ganti sendiri, seperti halnya pada sistem operasi Di Windows 10.

Berbagai tampilan bisa anda ubah secara manual baik itu dari sebuah ukuran kursornya, warnanya ataupun juga dengan bentuknya.

Dengan berbagai kelebihan yang dihadirkan oleh sebuah sistem operasi seperti Windows 10, tentunya meliputi beberapa hal. Kali ini anda akan bisa mengubah tampilan kursor menjadi berbeda.

Akan hal tersebut anda perlu untuk mengetahui sebuah pengaturan dasar dari kursor dalam windows sebagai berikut.

Pengaturan Kursor Mouse Pada Windows 10

Langkah awal untuk bisa mengganti kursor pada tampilan PC anda di windows 10 adalah dengan memahami terlebih dahulu sebuah pengaturan mouse.

Hal tersebut tentulah bisa anda lakukan dengan sangat mudah, anda hanya perlu untuk menekan sebuah tombol yang ada di Keyboard anda.

Tombol yang harus anda tekan adalah Windows + I, selanjutnya anda menuju ke sebuah Windows setting kemudian memilih Device >> Mouse

Pengaturan select your primary button

Bisa anda lihat sebuah pengaturan mouse yang ditampilkan di atas dan di kolom sebelah kanan anda bisa melihat “select your primary button” di sana anda bisa mengganti dari sebuah tombol utama pada mouse anda.

Sejatinya secara default biasanya sistem akan menunjukkan untuk tombol sebelah kiri atau menunjukkan left. Pengaturan ini akan sangat berguna bila anda sewaktu-waktu menggunakan tangan kiri, dan pengaturannya dirubah ke right supaya lebih nyaman.

Pengaturan Roll the mouse wheel to scroll

Pengaturan Roll the mouse wheel to scroll tentunya akan bisa mempermudah anda dalam menetapkan scroll mouse anda bisa beranjak per baris halaman.

Di sana juga ditunjukkan ada sebuah penetapan Multiple lines at a time yang memungkinkan anda menentukan jumlah baris pengaturannya.

Dengan pengaturan ini apabila semakin ke kiri maka jelas semakin sedikit pula baris yang dilewati sekali scroll mouse.

Pengaturan One screen at a time

Pilihan lain dari pengaturan kedua ini adalah pada pengaturan One screen at a time artinya anda bisa merasakan sebuah pergerakan perpindahan per halaman dalam sekali scroll mouse.

Pengaturan Scroll inactive windows when I hover them

Dengan memilih pengaturan tersebut maka anda akan merasakan sebuah sensasi dimana dengan sekali scroll pada mouse anda bisa berpindah jendela tanpa harus melakukan klik.

Dan bila tidak di aktifkan maka anda akan merasakan pengaturan biasa secara default nya dan harus melakukan klik terlebih dahulu.

Rating

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.