Menu Tutup

Mudahnya nembak sinyal wifi pake Litebeam dan AirGrid

nembak sinyal wifi

Melanjutkan tulisan saya sebelumnya, disini kita akan mengulas lebih rinci bagaimana cara nembak sinyal wifi pake litebeam sebagai sumber pasokan sinyal server hotspot Anda

Seperti kita ketahui bahwa perangkat seperti Powerbeam, Litebeam, AirGrid dan sejenisnya memang di rancang khusus untuk menangkap sinyal (Mode Station) client,dan juga menyebarkan sinyal(AP) transmisi ke sesama perangkat sejenis.

Jadi walaupun bisa sebagai penyebar sinya (AP) namun tidak bisa lagsung di terima menggunakan smartphone atau laptop. Melainkan hanya bisa di terima oleh perangkat sejenis di jaringan yang sama.

Nembak sinyal wifi pake Litebeam

Instalasi Litebeam

Langkah pertama tentunya kita harus merangkai perangkat itu sendiri. Karena dari pabriknya memang masih berupa komponen terpisah yang belum di rangkai.

Setelah dirangkai dengan benar barulah anda menempatkan dan mengarahkan perangkat tersebut ke sumber sinyal yang sudah di dapatkan

Jangan lupa colokan kabel lan ke perangkat dan POE adaptor. Kemudian colokan kabel adaptor ke sumber listrik.

Pastikan indikator sinyal menyala, led pada Poe adaptor juga menyala yang menandakan kabel maupun Adaptor Poe sudah berfungsi dengan baik.

Berikutnya ambil kabel lan dan colokan dari port POE ke PC tau Laptop. Lakukan settingan di Laptop dengan masuk ke Network and Sharing center dari indikator sinyal. Klik pada Lan yang terdeteksi.

network sharing center

Bisa juga dengan masuk Control panel-Network dan Internet- Network sharing center- pilih Change adapter setting. Dobel klik pada Local Area Conection (LAN).

Atau untuk lebih cepat kita juga bisa menggunakan tombol kombinasi pada keyboard dan temukan tab dengan tampilan yang tampak seperti pada gambar

Kemudian dobel klik pada Internet Protokol Version 4 (TCP/IPv4), maka akan terbuka tab baru seperti pada screenshot ini

tcp_ipv4

Pilih Use the following IP Adress. Lalu masukan IP yang satu segmen dengan IP standar bawaan litebeam, Powerbeam, AirGridmaupun perangkat lain yang akan anda gunakan untuk nembak sinyal wifi.

Untuk produk Ubiquity, rata rata memiliki IP standar bawaan 192.168.1.20. Maka anda harus menginput IP yang berdekatan atau satu segmen misalnya 192.168.1.3, 192.168.1.4 dan seterusnya.

Pilih yang anda inginkan. Yang terpenting jangan sama persis dengan IP standar bawaan Ubiquitynya. Lalu klik simpan.

Setting Litebeam mode station

Selanjutnya buka browser Anda bebas mau pake Opera, Firefox atau yang lainya kemudian ketikan IP standar bawaan yang sama persis yaitu 192.168.1.20 dan klik enter

Jika tidak menampilkan halaman login, coba refresh ulang browser Anda atau tambahkan login.cgi dibelakang Ip menjadi 192.168.1.20/login.cgi. Biasanya dengan cara ini lebih cepat.

Biasanya memang agak lama baru muncul pesan warning "your conection is not private". Lihat dan klik tulisan kecil di bagian bawah "proceed to 192.168.1.20 (unsafe)

Setelah muncul halaman Login, silahkan masukan username dan password standar yaitu user=ubnt pass=ubnt, pilih negara dan centang I Agree these T.O.s

Setelah masuk, kita akan di bawa ke tampilan utama sistem Ubiquity dimana banyak menu menu settingan didalamnya.

Wireless menu

Pilih tab menu Wireless dan kita akan di bawa ke menu settingan dasar Litebeam m5 atau rata rata tampilan produk Ubiquity lainya

Wireless mode silahkan pilih Mode station. Pada baris SSID Anda klik select maka sistem akan mecari dan mendeteksi sinyal wifi di sekitar kita.

Siste akan memunculkan deretan sinyal hotspot yang sudah terdeteksi. silahkan pilih salah satu sinyal terbaik yang ingin Anda tembak sinyalnya sebagai sumber sinyal wifi Anda.

Klik Lock to AP untuk mengunci sumber internet yang sudah anda pilih. Maka SSID pada tab settingan standar akan terisi oleh SSID yang baru saja kita pilih.

Di bagian bawah ada wireless security yang biasanya akan meminta password jika yang Anda tembak sinyal wifi yang menggunakan password atau di gembok.

Tapi jika yang Anda gunakan adalah sinya hotspot voucher yang memunculkan halaman login (non security) anda bisa membiarkanya.

Lalu klik Change untuk menyimpan semua pengaturan ini. Sampai disini pengaturan Ubiquity sebagai Client untuk nembak wifi atau hotspot sudah selesai, dan siap di gunakan pada mikrotik maupun di colokan langsung pada laptop/PC

Jangan lupa masuk kembali ke "Internet Protokol Version 4 (TCP/IPv4)" pilih Obtain an Ip adress automaticaly. Klik OK anda bisa mencoba test browsing internet menggunakan Lan langsung dari Ubiquity.

Anda masih bisa mengubah untuk menyesuaikan dengan lokasi anda misalnya mengatur frequensi, mengubah usename dan password, channel dan lain lain sesuai kebutuhan.

Itulah cara setting LiteBeam untuk nembak sinyal wifi. Semoga bermanfaat

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.