Menu Tutup

Cara merawat keyboard ,membersihkan hingga memperbaikinya

Keyboard adalah salah satu alat yang memiliki fungsi yang sangat vital pada laptop atau komputer.  Oleh karena itu, kita harus merawat keyboard agar keyboard selalu bersih sehingga dapat berfungsi secara optimal.

Selain itu, anda juga dianjurkan untuk membersihkan keyboard secara rutin agar tidak kotor dan mencegah kerusakan.

Bayangkan jika tidak ada keyboard maka komputer atau laptop tidak dapat berfungsi dan tidak dapat digunakan. Saking pentingnya maka anda dianjurkan untuk merawat keyboard dengan baik agar awet dan tahan lama. Tujuannya untuk mencegah terjadinya kerusakan pada keyboard.

Tips merawat Keyboard

Berikut beberapa cara sederhana yang bias anda lakukan untuk merawat Keyboard:

  1. Langkah pertama adalah anda diharuskan untuk mematikan laptop atau komputer sebelum membersihkan keyboard laptop atau komputer.
  2. Laptop dimiringkan lalu ditiup agar debu dan kotoran yang menempel dapat hilang.
  3. Untuk membersihkan bagian tepi anda dapat menggunakan alat tipis seperti sendok teh, lalu sendok tersebut dibalut dengan kain yang sedikit basah.
  4. Anda disarankan untuk menggunakan pelindung keyboard yang bentuknya berasal dari karet.
  5. Anda tidak disarankan untuk meletakkan minuman dan atau makanan di sekitar keyboard agar tetap bersih dan mencegah konslet apabila minuman tumpah pada keyboard laptop.
  6. Anda disarankan untuk tidak bermain game secara berlebihan agar mencegah kerusakan pada keyboard. Mengapa demikian? Hal ini dikarenakan saat memainkan game hanya tombol tertentu saja yang dapat digunakan sehingga akan terkena tekanan sehingga menjadi mudah rusak.
  7. Anda disarankan untuk tetap menggunakan laptop atau computer secara rutin. Kerusakan pada keyboard dapat terjadi karena keyboard sudah lama tidak digunakan. Oleh karena itu, anda harus menyalakan laptop setiap hari untuk mencegah kerusakan.
  8. Hindari menggunakan laptop pada tempat berdebu

Tips memilih keyboard

Berikut ini merupakan beberapa tips untuk memilih keyboard yang berkualitas baik agar keyboard tidak mudah rusak:

  1. Anda dianjurkan untuk membeli keyboard yang bermerek terpercaya dan sudah teruji kualitasnya
  2. Anda harus memeriksa semua bagian keyboard terutama pada bagian sudut keyboard. Keyboard yang baik adalah yang tidak terlalu keras serta tidak teralu empuk untuk digunakan mengetik. Saat terlalu empuk maka akan sensitif jika tersenggol. Sebaliknya jika terlalu keras dapat menyebabkan jari anda mudah lelah.
  3. Anda disarankan untuk memilih keyboard yang hurufnya sesuai dengan yang familiar anda gunakan.
  4. Saat membeli anda disarankan untuk mencoba keyboard terlebih dahulu untuk mencegah resiko kerusakan pada keyboard atau ada beberapa tombol yang tidak dapat berfungsi sebagaimana mestinya. Dengan demikian anda dapat memilih keyboard yang benar – benar bagus dan berkualitas.
  5. Anda disarankan untuk memilih warna yang cerah untuk keyboard anda agar dapat terlihat saat keyboard kita kotor. Oleh karena itu, kita disarankan untuk membersihkan keyboard secara rutin.
  6. Memilih keyboard standar sesuai dengan kebutuhan anda
  7. Anda juga disarankan untuk memilih keyboard wireles atau keyboard tanpa kabel karena lebih praktis. Namun anda juga tetap bisa menggunakan keyboard dengan kabel yang dilengkapi dengan port USB.
  8. Anda disarankan untuk tidak meletakkan apa pun di atas keyboard anda agar mencegah ketidaknyamanan saat anda menggunakan keyboard.
  9. Hindari keyboard terkena cipratan air, debu dan lain – lain.  Anda juga dianjurkan untuk tidak makan di dekat keyboard agar mencegah keyboard kotor.
  10. Anda disarankan untuk melakukan perawatan dan pembersihan keyboard secara berkala pada sela – sela keyboard. Untuk mempermudah anda dapat menggunakan kuas atau air spray. Saat dibersihkan anda dapat membalikkan keyboard agar bersih sempurna.
  11. Menggunakan pelapis keyboard untuk melindungi dari debu dan kotoran yang masuk.
  12. Anda disarankan untuk membersihkan keyboard sebelum anda menggunakannya untuk mengetik.  Anda dapat mengelapnya menggunakan tisu atau kain.

Kerusakan pada keyboard

Berikut ini merupakan beberapa macam kerusakan pada keyboard yang yang secara umum terjadi dan di alami oleh kebanyakan orang :

  1. Tombol tidak bisa dipencet akibat adanya kotoran yang masuk pada bagian bawahnya
  2. Karet pada tombol rusak, penyebabnya adalah keyboard pernah terkena air atau kotoran sehingga keyboard harus diganti.
  3. Keyboard terkena api pada rokok
  4. Ada tombol pada keyboard yang lepas
  5. Tombol pada keyboard tidak nyaman digunakan karena keras sehingga sulit untuk ditekan.
  6. Laptop terlalu panas

Laptop yang digunakan dalam jangka waktu lama dapat menyebabkan laptop panas.  Hal ini juga memicu masuknya debu dan kotoran melalui sela – sela keyboard.  Debu – debu yang masuk dapat menghambat kinerja keyboard sehingga keyboard sulit untuk ditekan.

  • Cara menggunakan yang salah

Saat anda terlalu keras dalam memencet tombol pada keyboard dapat memicu timbulnya bunyi beep panjang saat menyala. Hal ini juga menyebabkan tombol pada keyboard tidak dapat berfungsi dengan baik dan lancar.

  • Adanya benda asing yang masuk ke keyboard

Adanya benda – benda asing seperti rambut, debu dan benda lainnya dapat memicu kerusakan pada keyboard. Anda harus berhati – hati jangan sampai ada kotoran dan debu yag masuk serta anda dianjurkan agar keyboard tidak terkena air. Keyboard yang terkena air dapat menyebabkan keyboard tersebut rusak dan tidak dapat digunakan.

  • Keyboard mengetik sendiri

Kondisi seperti ini sangat mengganggu aktivitas anda saat mengetik di laptop atau komputer. Selain itu, kerusakan tersebut juga dapat memperlambat kinerja anda.

  • Keyboard tidak dapat befugsi sama sekali

Jika keyboard sudah tidak dapat befugsi maka segeralah ganti keyboard anda.

  • Tombol pada keyboard tertukar

Kondisi ini harus segera diatasi karena dapat mengganggu aktivitas anda terutama jika anda menggunakan laptop sebagai salah satu alat utama untuk bekerja.

  • Terlalu sering memencet salah satu tombol pada keyboard

Hal ini dapat menyebabkan kerusakan pada tombol tertentu pada keyboard. Untuk dapat menggunakannya lagi anda harus menekannya secara lama.

  • Laptop terjatuh

Saat laptop terjatuh juga dapat memicu kerusakan pada keyboard. Mengapa? Hal ini dikarenakan saat terjatuh bagian keyboard ada yang retak, ada tompol yang lepas, kendor dan lain – lain. Oleh karena itu, anda harus pandai dalam merawat keyboard dan laptop anda sehingga mencegah kerusakan.

Cara memberbaiki keyboard

Berikut ini adalah beberapa hal yang dapat anda lakukan jika berniat memperbaiki keyboard jika di temukan kerusakan yang tidak terlalu parah

  • Menganalisa kerusakan keyboard

Anda dianjurkan untuk mencari penyebab kerusakan keyboard dan menganalisis jenis kerusakannya sehingga akan mempermudah anda dalam menentukan langkah perbaikan keyboard yang tepat.

  • Melakukan Restart Laptop

Melakukan restrat juga dapat membantu mengatasi beberapa masalah ringan pada kerusakan ringan atau error keyboard.

  • Memeriksa Num Lock

Kerusakan pada keyboard yang berhubungan dengan kerusakan pada tombol maka anda dapat memeriksa bagian num lock. Cara mengembalikan fungsi tombol seperti semula maka anda dapat mengklik “Fn” atau “Numlk” secara bersamaan.

  • Membersihkan debu dan kotoran

Adanya debu dan kotoran menyebabkan keyboard cepat mudah rusak. Solusinya adalah anda membersihkan keyboard secara rutin

Kita bisa membersihkan kotoran maupun debu yang biasanya mengendap di dalam tombol tombol keyboard dengan cara membuka tombolnya satu persatu

Membuka tombol tombol keyboard satu per satu agar tidak tertukar. Atau bisa sekaligus untuk mempermudah kita membersihkanya, jika kita hapal saat memasang ulang nantinya.

Harap matikan laptop atau computer sebelum Anda mencopot tombol keyboard. Hal ini dilakukan untuk mencegah terjadinya korsleting pada jalur keyboard

Alat pembersih keyboard

Berikut ini beberapa alat pembersih keyboard yang bisa Anda gunakan untuk merawat keyboard agar tetap awet

  • Membersihkan keyboard menggunakan Vacum cleaner mini usb
  • Cairan pembersih keyboard sperti screen clening
  • Gel pembersih
  • Kanebo
  • Kuas
  • Kain kering
  • Air blower

Demikian tips sederhana bagaimana cara merawat keyboard , membersihkan keyboard , memilih keyboard yang baik hingga memperbaiki keyboard dengan kerusakan ringan

Rating

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

cerita cinta

Punya uneg uneg tentang Cintamu? Yuk berbagi disini tentang cerita kisah cintamu. Tuliskan cerita dan pengalaman perjalanan cintamu yang tak terlupakan, kisah cinta yang mengharukan, ataupun kisah cintamu yang paling gokil

Caranya mudah:

Kamu bisa menulis langsung di blog ini

     

Mengirimkan tulisan lewat email

info@dunia1001.net

Kita tidak tahu kapan kekasih sejati itu datang...Tapi orang bilang kalau jodoh itu adalah sesuatu yang bisa datang tanpa disengaja