Menu Tutup

Cara menghilangkan iklan di hp android tanpa root

Bagaimana cara menghilangkan iklan di hp Android yang tiba tiba muncul pada layar hp yang bahkan iklan itu muncul ketika sudah menutup aplikasi atau saat sedang tidak di gunakan.

Tentu hal ini sangat menjengkelkan bukan? Saya sendiri pernah punya pengalaman seperti itu. Sedang tidak di gunakan tapi tiba tiba muncul iklan yang berjajar dengan aplikasi aplikasi di hp

Jadi sepintas aplikasi yang ada di hp dengan iklan aplikasi yang muncul nyaris tidak ada bedanya. Mungkin anda saat ini sedang mengalaminya.

Langkah langkah menghilangkan iklan di hp

  • Analisa sumber iklan

Disarankan Anda menganalisa sumbernya agar bisa mengetahui penyebab munculnya iklan. Ini berbeda cerita ketika anda sedang mengunjungi website atau sedang menggunakan aplikasi kemudian muncul iklan.

Sekali lagi ini iklan yang muncul tiba tiba di layar dan menyerupai aplikasi yang ada pada smartphone Anda

Menganalisa sumber iklan dari aplikasi terinstal

  • Anda ingat ingat aplikasi terakir yang anda download sebelum munculnya iklan
  • Cek semua aplikasi hasil download sendiri ( bukan aplikasi bawaan HP )
  • Jika anda mencurigai satu aplikasi, coba anda hapus dulu aplikasi tersebut
  • Atau hapus dulu satu persatu kemudian lihat hasilnya.
  • Jika tidak muncul iklan, berarti berasal dari aplikasi.
  • Anda bisa mulai instal kembali aplikasinya satu persatu lihat aplikasi mana yang memunculkan iklan

Menganalisa dari sumber yang lain

Jika tidak ada perubahan, coba ingat ingat apakah Anda pernah mengunjungi blog/ situs
Mungkin Anda pernah membuka situs terlarang, konten dewasa, dan lain lain. Jika iya mungkin itu sumbernya.

  • Penyebab iklan bisa muncul tiba tiba

Di dunia internet, banyak hal hal yang tidak bisa kita lihat dan sulit di jelaskan oleh orang orang yang berposisi sebagai pengguna. Kecuali mereka yang paham dengan dunia pemrograman.

Iklan adah sebuah bisnis, terkadang ada yang memakasakan memasang iklan menggunakan cara cara curang.

Jadi pengiklan nakal bisa saja menyisipkan sebuah script iklan misalnya dengan mendompleng aplikasi secara tidak resmi. Kita tidak bisa mengetahui di mana letak scriptnya. Dan hal itu bisa menyebar di manapun.

Bukan hanya pada HP tetapi dijaringan internet secara online yang kemudian bisa masuk ke hp, laptop, komputer saat kita menggunakanya untuk ber internet

Biasanya script semacam ini akan dianggap malware. Ada yang berupa virus untuk merusak hp, ada juga script malware yang berupa iklan untuk promosi secara tidak sah

  • Bahaya malware

Jika hanya bertujuan menampilkan iklan saja memang tidak berbahaya. Tetapi memang membuat pengguna hp pasti jengkel.

Namun akan menjadi berbahaya jika walware tersebut justru di ciptakan dan di sebarkan ke jaringan internet bertujuan untuk mencuri data data pengguna hp.

Misalnya mencuri password, pin Anda, apalagi jika sehari hari anda menggunakan transaksi bank menggunakan smartphone.

Tentu ini akan sangat merugikan orang lain. Karena Apa yang ada di dalam hp anda bisa di ketahui dan di curi oleh si pembuat malware.

Artikel terkait

Menghapus iklan di hp Android

Ketika dulu hp saya selalu muncul iklan yang janggal. Saya dulu menganalisa dengan cara seperti yang saya sebutkan di atas.

Kemudian saya menemukan ada aplikasi yang ternyata menjadi sebab munculnya iklan secara tiba tiba di layar smartphone. Kemudian saya menghapus aplikasi tersebut

  • Instal antimalware

Tetapi jika Anda tidak menemukan titik terang, Anda bisa menginstal malwarebyte yaitu aplikasi antimalware yang bisa di download di playstore.

Anda bisa langsung scan atau mengaturnya agar bisa melakukan scanning secara terjadwal misalnya sehari sekali atau di otomatiskan.

Malwarebyte juga akan mendeteksi dan membritahu anda jika situs yang anda kunjungi mengandung malware berbahaya.

Bahkan malwarebyte bisa menghapus, atau mengkarantina bahkan memblok situs atau mungkin aplikai yang terindikasi mengandung malware.

Jadi malwarebyte sangat membantu melindungi perangkat smatphone maupun laptop anda dari script jahat ( berdasarkan pengalaman )

Aplikasi Lainya :

  • Reset ulang ke pengaturan awal

Ini adalan langkah terakhir untuk membersihkanya

Tetapi biasanya kita sayang jika harus reset ulang hp. Karena bisa mengakibatkan banyak data yang hilang. Tapi jika harus ya mau tidak mau.

Namun sebelum melakukanya disarankan anda membackup dulu secara online menggunakan akun Anda seperti umumnya Akun Google

Dan setelahnya disarankan untuk mendownload Antimalware seperti malwarebyte. Bahkan jika saat ini kondisi hp Anda aman, untuk berjaga jaga Anda bisa mendownloadnya.

Itulah langkah langkah bagaimana cara menghilangkan iklan di hp android yang sering muncul tanpa sebab secara mendadak. Semoga bermanfaat.

loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.