Menu Tutup

5 cara mengatasi catridge tidak terbaca printer hp 2135

catridge failure

Jika Anda pernah mengalami masalah catridge tidak terbaca pada printar hp 2135, mungkin tulisan ini akan membantu Anda.

Sebelumnya saya sudah menulis tentang mengatasi bermacam masalah pada printer hp deskjet 2135. Nah tentunya tulisan ini akan melengkapi ulasan sebelumnya.

Mengatasi catridge printer tidak terbaca

catridge failure

Beberapa hal yang menjadi penyebab catridge printer hp 2135 tidak terdeteksi adalah karena tinta yang berlebihan mengenai pin pin head catridge.

Jika dalam kondisi menyala hal itu bisa saja menyebabkan korsleting kecil pada sistem, yang kemudian menyebabkan error pada Catridge

Selain itu bisa saja karena kotoran lain, pin yang sudah aus, terlalu sering di pegang langsung oleh tangan kita, ataupun karena terlalu lama kedua catridge di copot dan berada di luar printer dan masih banyak penyebab lainya.

Oleh karena itu disini kita akan memberikan beberapa alternatif bagaimana cara mengatasi catridge tidak terbaca terutama pada printer hp 2135

Mereset printer

Langkah pertama cobalah reset printer anda dengan mematikan secara total hingga mencabut kabel jack agar arus yang masuk benar benar hilang.

Untuk cara meriset printernya, Anda bisa lihat tulisan sebelumnya yang menggunakan 3 cara riset dengan fungsi yang berbeda beda.

Membersihkan catridge

Membersihkan catridge dari kotoran maupun dari tinta yang tercecer uga sangat penting karena berpengaruh besar pada deteksi sistem maupun sensornya.

Jika sudah di bersihkan masih tetap tidak terdeteksi dan bertanda seru, lampu indikator juga berkedip terus, Anda bisa mencoba langkah berikutnya

Menggosok kuningan catridge

Selain membersihkan terkadang kita juga harus mencoba dengan menggosok pin kuningan pada head catridge.

Karena ketika kita membersihkan, hasilnya memang belum tentu benar benar bersih. Masih ada kemungkinan benda lain yang menempel walaupun tinta yang tercecer sudah hilang dan tampak bersih.

Menurut pengalaman saya, cara ini juga bisa di gunakan. setelah di gosok dengan benda yang tipis dan keras seperti ujung pisau kecil misalnya, Catridge kembali terdeteksi.

Namun jika masalah masih berlajut, Anda bisa menggunakan cara selanjutnya.

Menukar dengan catridge cadangan.

Karena sering error, saya sendiri sempat beberapa kali membeli catridge yang baru. Tetapi lagi lagi catridge error bahkan tidak terdeteksi.

Biasanya catridge bekas yang sudah error saya simpan. Jadi jika Anda juga sering membeli catridge sebaiknya anda simpan saja catridge bekasnya. Jangan di buang.

Disinilah ampuhnya. Catridge lama yang sudah pernah error saya coba pasang kembali. Dan hasilnya ternyata terdeteksi lagi dan bisa di gunakan secara normal.

Jadi terjadinya error juga belum tentu karena head catridge yang rusak. Namun mungkin saja karena sistem pada printernya saja yang error.

Anda bisa mencoba cara ini. Karena beberapa kali menggunakan cara ini, semua catridge yang sudah pernah error ternyata bisa di gunakan lagi.

Mengganti catridge yang baru

Membeli catridge baru bisa menjadi solusi terakhir yang belum tentu menjadi solusi terbaik. Alasanya jika catridge lama bisa di gunakan dengan, mengapa harus membeli yang baru. Jadi kita bisa hemat biaya

Tetapi anda tetap bisa membeli yang baru karena cara ini tentu saja jarang gagal.

Nah itulah pengalaman saya mengatasi catridge tidak terbaca pada printer hp 2135... semoga membantu

loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.