Menu Tutup

Cara memelihara ikan louhan yang baik

Rating

Bagaimana cara memelihara ikan louhan ?. Sebelum ke inti dari tulisan ini, saya mau flashback dulu tentang ikan lohan dan sedikit sejarahnya.

Ikan louhan merupakan ikan hias air tawar dengan harga cukup tinggi . Lohan sangat populer di tahun 2000an. Saat itu yang paling terkenal adalah lohan dari Thailand.

Bentuk louhan dulu berbeda dengan sekarang. Dulu lohan memiliki jenong yang tidak terlalu besar. Itupun baru mulai tampak jika ikan sudah besar.

Tetapi tampaknya para pencinta lohan tidak berhenti disitu walapun iklan lohan mulai tenggelam di tahun 2005an. Mereka justru membuat semacam kejutan.

Hadirnya species baru jenis lohan mungkin bisa di bilang hasil kreatifitas mereka. Mungkin dengan mengawinkan lohan dengan ikan tertentu yang menghasilkan lohan dengan tampilan lebih cantik.

Louhan jenis baru ini mulai marak beberapa tahun ke belakang. Dengan tampilan jenong yang jauh lebih besar, bahkan sudah tampak walapun  masih kecil. Harganyapun cukup mahal. Seukuran jari kelingking bisa di atas 300rb. Bahkan harganya bisa lebih mahal jika berpotensi memiliki warna tertentu.

Penggemarnyapun semakin banyak, dan tidak sedikit yang tergiur dan memulai menjadikan iklan lohan sebagai lahan bisnis.

Ada yang mulai beternak ikan lohan, ada juga yang berbisnis jual beli ikan lohan, ada juga yang hanya memelihara dan akan menjualnya ketika lohan sudah bagus hingga memiliki harga jual yang mahal.

Dan ternyata ikan ikan louhan memiliki banyak jenis seperti louhan kamfa, louhan bonsai, louhan srd, louhan air tawar dan lai sebagainya sampai belasan jenis.

Nah disini kita akan bahas cara progres ikan louhan biar tumbuh dengan bagus. Jadi supaya setelah bagus nanti memiliki nilai jual yang cukup tinggi.

Cara memelihara Ikan Louhan

1.Ukuran akuarium

Yang pertama adalah gunakan ukuran akuarium yang sesuai untuk lohan. Karena ikan lohan berpotensi tumbuh menjadi ikan yang lumayan besar, jadi gunakanlah ukuran yang menunjang pertumbuhanya.

Ukuran minimal yang di anjurkan adalah akuarium yang memiliki ketinggian 50cm dengan lebar 40cm dan panjang 1 meter.

2.Filter akuarium

Gunakan filter akuarium yang baik dan pada posisi yang baik pula. Kita tau bahwa filter ini berguna untuk menyaring dan membersihkan sisa makanan,kotoran di dalam air untuk tetap menjaga kebersihan di dlam sebuah akuarium.

Posisi penempatan juga lebih di sarankan di sampaing bukan di dasar.

3.Suhu stabil

Jika memungkinkan, anda juga bisa menggunakan stabiliser suhu air. Karena suhu yang baik untuk ikan lohan antara 28 - 34 derajat celcius.

Jika tidak, anda bisa memanfaatkan panas lampu sebagai penyetabil suhu. Akan tetapi kita harus rajin mengukur suhu. Karena memanfaatkan lampu kita tidak tahu pasti efek panas yang di hasilkan oleh lampu

4.Lampu Akuarium

Penggunaan lampu juga dianjurkkan tidak terlalu terang. Lebih redup lebih baik

Baca juga :

  1. Strategi bisnis louhan agar menjadi penghasilan jangka panjang
  2. Tempat dan cara memancing ikan kakap yang baik
  3. Spot dan waktu yang tepat mancing udang galah

5.Air dan Kandunganya

Penggunaan air ini harus di perhatikan. Gunakan air yang mengadung keseimbangan antara oksigen dan hidroksida dengan ph antara 7-8 . Kita bisa mengukur phnya dengan alat test ph.

Jika akan mengganti air, gantilah air di akuarium anda hanya 1/4 ( seperempat) airnya saja. Jangan di ganti semuanya. Hal ini akan membuat ikan lohan stress. Bahkan bisa menyebabkan kematian pada ikan.

Gantilah air setiap 2 kurang lebih 2 minggu sekali, ini sangat di anjurkan.

6.Pakan ikan lohan yang bagus

Yang utama dan penting kita harus perhatikan pakan ikan louhan tersebut. Pakan ikan kita bisa gunakan pakan ikan merek 99 atau jenis lain yang lebih bagus.

Selain itu,juga kita bisa selingi dengan pakan yang alami, misalnya udang,cacing beku,dan anakan ikan gabus.
Ketiga pakan alami tersebut bagus buat pertumbuhan ikan louhan.

Semua kebutuhan pakan lohan sangat mudah di cari. Jika malas mencari sendiri ,kita bisa membeli di toko toko yang menjual ikan lohan. Karena sebenarnya toko lohan juga menyediakan pekan yang lengkap. Tetapi kita juga harus perhitungkan untung ruginya jika ini adalah sebuah bisnis.

Kadang kadang mungkin kita harus mencari sendiri yang artinya kita tidak perlu mengeluarkan uang untuk membelinya.

7.Interaksi pelatihan lohan

Sering seringlah berinteraksi dengan lohan peliharaan kita. Seakan melatih lohan, kita bisa memasukan tangan kita kedalam air dan bermain main dengan lohan.

Katanya cara ini juga mampu merangsang pertumbuhan jenong pada lohan.

8.Pakan perangsang warna louhan

Perawatan lainya yang penting adalah makanan tertentu yang mampu merangsang munculnya warna yang lebih bagus pada lohan.

Seperti jenis pakan lohan tertentu seperti jangkrik misalnya, katanya bisa memberi warna yang lebih indah. Cara merawat ikan louhan mungkin berbeda beda orang yang satu dengan yang lainya.

Pemberian pakan lohan juga harus di atur dengan baik. Jadi tidak asal asal memberi pakan setiap waktu sesuka kita. Jadi Ikan louhan kadang kadang juga harus kita puasakan.

Misalnya pada pagi hari kita jangan dulu beri pakan, biarkan sedikit merasa lapar, agar lohan bisa tumbuh dengan agresif.  Sekali kali saja lakukan hal ini, sambil melihat perkembanganya.

Kita bisa ngasih makan pada sore hari. Karena memang pada umumnya ikan louhan makan tiga kali sehari. Ikan louhan juga bisa kita satukan dengan ikan parot ,ikan tersebut juga bisa kita dapatkan di toko ikan.

Kita satukan kurang lebih 3 jam dalam sehari. Anggap saja ini adalah satu bentuk theraphy ikan lohan. Selain itu ikan louhan juga bisa kita kasih cermin biar agresif.

Itulah beberapa tips cara memelihara ikan louhan dan merawat ikan louhan agar bisa tumbuh dengan baik dan maksimal.

Semoga tulisan ini bisa membantu anda merawat ikan louhan dengan mudah.Selamat mencoba !

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.