Cara membuat website menggunakan wordpress

WordPress adalah salah satu CMS terbesar yang di gunakan oleh para blogger di seluruh dunia. Karena wordpress mudah di gunakan, banyak plugin-plugin yang bisa kita pake untuk mempercantik blog kita dari versi yang gratisan maupun berbayar.

Jadi dengan adanya plugin plugin kita tidak perlu lagi memikirkan soal coding. Artinya tanpa mengerti kode kode pemrograman,seperti java,php,css dan lainya, kita pasti bisa membuat sebuah blog.

Sebelum kita bahas lebih lanjut, wordpress itu ada 2 jenis yaitu

  1. WordPress.com
  2. WordPress.org

Ada perbedaan diantara kedua wordpress tersebut. Sedikit gambaran, kalau wordpress.com adalah tempat kita membuat blog gratisan yang juga menggunakan hosting gratisan dan menggunakan sub domain wordpress.com.

Sama dengan perusahaan raksasa google yang juga mempunyai blogger dan menggunakan subdomain blogspot.com

Nah yang akan kita bahas kali ini adalah membuat blog yang menggunakan wordpress.org. Kalau di wordpress.org kita harus menggunakan self hosting yang bisa kita dapatkan atau sewa dari penyedia hosting baik di dalam negeri maupun luar negeri.

Keutungan menggunakan wordpress org adalah kita bebas mengcustomisasi sesuka kita sesuai selera kita. Karena semua 100 persen milik kita.

Langkah langkah yang harus di siapkan :

  • Menyiapkan self hosting

Anda bisa mendapatkan hosting dengan cara sewa bulanan,per 3bulan, per 6bulan maupun per tahun. Banyak sekali webhosting dalam dan luar negeri yang memberikan harga murah namun berkualitas dengan spesifikasi yang juga bagus . Jika lagi promo, biasanya penyedia webhosting akan memberikan bonus gratis domain TLD untuk satu tahun.

  • Menyiapkan Domain TLD

Jika di paket pembelian hosting tidak mendapatkan domain gratis anda bisa membeli domain secara terpisah, baik di tempat kamu menyewa webhosting atau kamu bisa membeli domain di penyedia domain yang berbeda

Jika kamu ingin yang 100% gratis namun hasilnya sama dengan yang berbayar,silahkan baca tutorialnya di –Bikin website pake domain dan hosting yang serba gratis

  • Menyiapkan WordPress

Sebetulnya hampir semua hosting sudah menyediakan berbagai macam cms,salah satunya wordpress sudah siap di instal melalui cpanel hosting anda, menggunakan softaculous. Tapi jika ingin mendownload sendiri juga bisa silahkan kunjungi Wordpress.org

  • 2 cara menginstal wordpress di hosting

 

Setelah mendapatkan hosting, anda akan di berikan link ,username dan password untuk masuk ke cpanel. Jadi asumsinya anda sekarang sudah masuk ke cpanel anda. Lihat gambar dasboard cpanel anda.

    1. Menggunakan softaculous

Jika domain sudah didapatkan saat membeli hosting, anda bisa langsung menginstal wordpress menggunakan softaculous app yang tersedia di cpanel anda. Lihat gambar di atas dan scrol ke paling bawah maka akan tampak seperti gambar di bawah ini

Pilih wordpress, tinggal diklik saja dan ikuti instruksi penginstalanya. Di tahap ini yang terpenting adalah lokasi tempat menyimpan hasil instalan yang akan muncul pada menu dropdown silahkan pilih nama domain yang sudah anda siapkan sebelumnya.

Jika anda membeli domain secara terpisah, anda harus masuk ke menu add domain yang ada di cpanel silahkan di cari menu add domain tersebut. Kemudian klik pilih dan masukan nama domain yang sudah anda siapkan, lalu ikuti saja instruksinya klik proses/tambahkan. Maka akan muncul folder bernama domain kamu yang berada di publik_html/namadomain.

 

Keterangan:

Choose protocol kamu biarkan aja dulu, biasanya masih http, untuk mengubah menjadi https nanti kamu bisa instal sertifikat SSL yang sudah saya bahas sebelumnya silahkan baca Cara setting http menjadi https dengan mudah.

Ketika instal wordpress folder domain tadi akan muncul seperti pada gambar di bawah ini. In Directory kamu biarkan saja, Isi nama blog atau judul blog kamu dan isi deskripsi pendek tentang blog kamu (nanti bisa di ubah dari dashboard setelah selesai instal).

Enable multisite biarkan saja untuk pemula,kecuali memang ingin menginstal multisite silahkan di ceklist.

Scrol layar ke bawah dan tampak seperti gambar berikut:

Keterangan: Isi username, password dan emailyang nanti akan kamu gunakan untuk login sebagai administrator di blog kamu.

Pilih bahasa yang ingin kamu gunakan ( nanti bisa diubah dari dashboard untuk bahasa utama blog kamu). Option bisa kamu biarkan saja.

Scrol lagi ke bawah, maka tampak seperti gambar berikut:

Ket : Optional memilih plugins,theme dll bisa kamu biarkan saja karena nanti bisa di setting setelah beres instal. Klik Instal tunggu sampai instalasi selesai.Jika sudah selesai akan muncul seperti gambar ini

Ket:  Kamu bisa langsung melihat hasilnya dengan mengklik http://domainkamu. Atau http://domankamu/wp-admin/ untuk menuju dasboard admin. Dari dasboard kamu sudah bisa langsung mengotak atik blog kamu.

Tampilan awal beranda blog kamu

Dasboar Admin

 

Sampai disini Instal wordpress menggunakan softaculous sudah selesai.

 

  1. Mengupload WordPress sendiri
  • Upload WordPress ke hosting

Jika anda ingin menginstal wordpress dari hasi download, Caranya sebetulnya hampir sama, hanya kita harus mengupload file wordpress sendiri ke file manager di hosting.

Cara ke 2 lebih ribet, hanya saja kita punya keuntungn jika kita ingin mengcustom blog kita terlebih dahulu dengan cara menginstal di laptop atau PC kita secara ofline.

Kapan kapan kta akan bahas cara menginstal wordpress di komputer kita secara offline, yang hasilnya sama dengan secara online di hosting.

Perbedaanya tidak bisa di lihat oleh orang lain. Tetapi nantinya bisa di onlinekan dengan mengupload ke hosting.

Jadi dengan cara ini kita bisa mengotak atik se maksimal mungkin sebelum di onlinekan. Dan ketika di onlinkan blog kita benar benar sudah siap, sudah bagus tinggal mengotak atik sedikit kekurangan lainya.

Oleh karena itu, kita perlu bisa juga bagaimana cara instal wordpress yang sudah di download,dengan cara mengupload wordpress dari PC kita ke hosting.

Yang pertama anda lakukan adalah masuk ke cpanel,sama dengan cara pertama diatas,kemudian menambahkan domain anda terlabih dahulu dengan cara masuk ke menu Add domain, kemudian tuliskan nama domain yang sudah di siapkan dan klik proses/tambahkan.

Di tahap ini secara otomatis anda membuat sebuah folder yang nantinya folder tersebut bernama domain anda,dan akan di gunakan untuk menyimpan file wordpress nanti. Folder ini nanti akan berada di public html.

Jika sudah, silahkan anda cari folder yang bernama domain anda dengan cara masuk ke File Manager. Silahkan cari menu tersebut biasanya paling atas di cpanel tertentu.

Klik file manager,lalu klik public html, biasanya disitu letak folder nama domain anda berada, kemudian klik, setelah masuk pastikan disitu masih kosong.

Silahkan cari tombol upload, dan cari file wordpress.zip yang sudah anda download tadi. Lalu klik dan mulailah mengupload, silahkan tunggu sampai selesai.

Tips Jika menggunakan cara ini sebaiknya file wordpress di extract dulu di komputer/laptop anda. Karena setelah di extract filenya akan ada di folder bernama wordpress.

Buka folder wordpress dan isinya anda block menggunakan mouse lalu anda klik kanan,add archiv pilih zip. Nah nah file ini yang nanti anda upload ke cpanel. Tujuanya ketika nanti di extrak di cpanel,file ini tidk berada di folder wordpress lagi.

Bedanya gini jika file wordpress langsung di upload maka alamat file akan menjadi public_html/domainanda/wordpress.

Maka alamat blognya menjadi http://domainanda/wordpress. Jadi anda harus memindahkan filenya ke folder domainanda tanpa folder wordpress.

Tapi kalau anda sudah mengextract di pc seperti yang sudah saya sebut di atas maka file wordpress sudah langsung berada di public_html/domainanda dan alamat blognya menjadi http://domainanda/.

Tapi jika sudah terlanjur di upload, tidak apa apa, kamu tinggal meng extrac file wordpress.zip dengan cara klik file tersebut lalu klik tombol extrac. Jika sudah kamu tinggal memindahkan semua isi file yang berada di folder wordpress ke folder domain kamu.

  • Setting Domain

Jika anda mendapat domain sepaket dengan penyedia hosting yang kamu sewa, biasanya tidak perlu lagi setting domain.

Jadi kamu bisa langsung memanggil blog pada bar browser anda dengan mengetikan http://domainanda dan langsung ke tahap berikutnya yaitu setting wordpress.

Tapi jika anda membeli domain pada penyedia domain terpisah atau berbeda dengan penyedia hosting, maka kamu harus melakukan setting DNS pada penyedia domainmu agar domain tersebut mengarah ke hosting.

DNS nya biasanya sudah di kirim via email setelah kamu  berhasil melakukan pembeliah hosting bersamaan dengan pemberitahuan link cpanel,username dan password. Setting domain ini juga berlaku untuk instal wordpress menggunakan softaculous.

Untuk cara setting domain kapan kapan akan di bahas terpisah.

  • Membuat database

Kembali ke dashboard cpanel, Cari dan klik menu MysQL database seperti pada gambar di bawah ini

Anda akan di arahkan ke halaman baru yang tampak seperti pada gambar berikut:

Ket : Buat nama database bebas sesukamu, lalu klik create. Jika di scrol ke bawah, disitu kamu bisa mengedit kembali, mengubah nama database ataupun menghapusnya.

 

Mungkin anda tertarik untuk membaca:

-Cara membuat blog 100% gratis menggunakan blogger

-Cara setting http menjadi https dengan mudah

-Cara memperbaiki fatal error di hosting

 

  • Setting dan instal wordpress

Setelah tahap tahap diatas sudah dilakukan,silahkan kamu panggil alamat blognya di bar browser dengan mengetikan http://domainkamu atau http://www.domainkamu . Jika langkah diatas sudah benar ketika di panggil akan muncul seperti gambar berikut :

Ket: Pilih bahasa yang di inginkan lalu klik lanjutkan.

Kemudian akan ada pemberitahuan bahwa kamu akan menginstal wordpress yang akan tampak seperti pada gambar berikut:

Ket : Klik tombol paling bawah (Ayo jika kamu tadi memilih bahasa Indonesia) Lalu kamu akan di arahkan ke tab baru yang tampak seperti pada gambar berikut:

Ket :Di isi sesuai dengan database yang sudah kamu buat tadi.

  • -Nama basis data = Isikan nama database yang sudah kamu buat tadi. misal U877377_db
  • -Nama pengguna = Isi username untuk database kamu misal U877377 atau U877377_db (beda hosting/cpanel beda cara silahkan gunakan logika saja.
  • -Sandi = Masukan sandi yang sudah di buat tadi
  • -Host basis data = localhost atau biarkan saja (di host/cpanel tertentu harus diisi bukan localhost)
  • -Prefix table = silahkan di ubah sesukamu. Gunanya untuk membedakan tiap database jika kamu akan menginstal wordpress lebih dari 1 pada satu hosting.

Tips : Di tahap ini kadang kita gagal,dan muncul pesan galat yang kurang lebih artinya tidak menemukan atau tidak terkoneksi dengan database.

Ini di sebabkan ada 2 cara penginstalan wordpress yang menggunakan softaculous dan dengan cara upload sendiri, juga mungkin ada yang salah saat mengisi form tadi.

Tergantung anda menggunakan yang mana. Secara default database akan terbentuk dengan sendirinya, Tapi jika terjadi galat, coba cek ulang form sebelum proses instal tadi, atau anda cek nama database terlebih dahulu nama database yang sudah kamu buat tadi,lalu edit jika belum kamu edit. Kemudian isi form yang ada seperti buat username dan pasword baru.

Kemudian klik kirim dan akan di arahkan menuju tab baru seperti pada gambar berikut:

Ket : Klik Jalankan pemasangan akan membuka tab baru seperti pada gambar berikut:

Keterangan:
Penting!! Data yang kamu isi disini berbeda dengan data yang kamu isi untuk database. Data disini yang nantinya akan kamu gunakan tiap kamu Login ke dashboard Bog/ web kamu. Jadi harus di ingat ingat.
-Silahkan isi nama blog kamu (nanti bisa di ubah dari dashboard jika sudah selesai)
-Buat username kamu (username untuk login)
-Buat kata sandi
-Masukan email yang nati akan di jadikan email utama di blog kamu ( bisa di ubah nanti)
Langsung klik instal wordpress. Jika sudah benar akan di arahkan pada halaman sepeti pada gambar berikut:

Ket : Klik Log masuk untuk memulai membangun blog/ web kamu. Kamu akan menuju form login

Ket : Tuliskan username atau email dan pasword yang sudah kamu buat tadi. Klik log masuk dan akan mengarah ke dashboard admin kamu seperti tampak pada gambar berikut:

Dashboard admin WordPress kamu

Halaman beranda website kamu

Nah jika kamu mengikuti step by step saya yakin kamu bisa bagaimana cara membuat website sendiri.

Sampai disini Proses instal wordpress selesai,kamu tinggal mempercantik dan mengatur tampilanya dengan menambahkan plugins plugins yang tersedia ribuan . Cari theme yang kamu sukai,juga sudah tersedia ribuan theme yang bagus baik yang gratis maupun berbayar.

Selamat berkreasi membangun blog impian kamu dan mulailah menulis post kamu…

Demikian pembahasan singkat saya tentang bagaimana cara membuat blog menggunakan wordpress di hosting. Maaf jika ada yang salah atau terlewat mohon di koreksi..

Baca juga :

-Cara membuat toko online cantik gratis mirip bukalapak

Apakah penjelasanya kurang detail hingga susah untuk di pahami? Jangan sungkan untuk menanyakan dengan menghubungi kami atau dengan meninggalkan pertanyaanmu di kolom komentar di bawah…Silahkan di share semoga bermanfaat… salam blogger

Bagikan jika berkenan... Indahnya Berbagi...
  • 13
  • 2
  •  
  • 2
  • 3
  •  
  •  
  •  
  •  
    20
    Shares

1001 Dunia

Aku suka kotak katik sesuatu di kala waktu senggang. Salah satunya iseng belajar ngeblog disini. Banyak ilmu yang bisa kita dapatkan dari dunia Internet. Bersama blog ini juga, saya berbagi apa yang saya tau dan bisa di bagikan.. semoga bermanfaat... salam...

Mungkin Anda juga menyukai

3 Respon

  1. 2 Desember 2017

    […] Cara membuat database, kamu masuk ke cpanel kamu dan cari menu database. Kamu klik dan silahkan kamu buat database baru kamu. silahkan diisi formnya, dan jangan lupa itu nanti kamu akan gunakan ketika kamu menginstal wordpress. Jika masih bingung coba kamu baca artikel saya sebelumnya di situ sudah saya bahas cara membuat database beserta screenshotnya. Baca di : Cara membuat bikin website pake wordpress […]

  2. 16 Februari 2018

    […] Cara Membuat Website Menggunakan CMS WordPressBaca […]

  3. 17 Februari 2018

    […] Cara Membuat Website Menggunakan CMS WordPressBaca […]

Bagaimana pendapatmu, ada ide?

Informasi Tutorial Tips dan Trik Dunia Online
%d blogger menyukai ini: