Menu Tutup

Cara membersihkan layar LCD di semua perangkat

Barang – barang elektronik jika tidak dirawat dan digunakan dengan baik dapat menyebabkan barang tersebut rusak dan tidak dapat bekerja optimal. Salah satunya adalah layar LCD. Cara membersihkan layar LCD pun ada langkah – langkah yang harus dilakukan dan tidak boleh asal.

Hal ini dikarenakan apabila cara membersihkannya tidak tepat dapat menyebabkan kerusakan pada layar LCD anda.

Dalam membersihkan layar LCD juga harus berhati – hati agar tidak menyebabkan kerusakan atau pun menimbulkan goresan.

Bahan kain yang digunakan untuk membersihkan pun tidak boleh asal. Semua telah ditentukan sesuai dengan prosedurnya.

Anda sebaiknya menghindari menggunakan bahan – bahan yang dapat merusak layar LCD, baik itu cairan pembersih maupun lap kain yang anda gunakan.

Oleh karena itu, pelajari lebih dalam terlebih dahulu bagaimana cara membersihkan layar LCD yang baik dan benar.

Tips Membersihkan Layar LCD

Sebelum anda berniat membersihkan layar LCD anda, maka anda disarankan untuk mengenal lebih dalam bagaimana cara membersihkannya. Hal – hal yang perlu anda ketahui adalah:

  1. Membuat larutan pembersih yang lembut
  2. Larutan yang telah dibuat dimasukkan pada botol penyemprot
  3. Mengelap dengan kain yang lembut seperti kain katun
  4. Cara mengelapnya adalah dengan gerakan melingkar

Nah, setelah anda mengetahui ilmunya, kini anda dapat mempraktekkan secara langsung bagaimana cara membersihkan layarnya dengan baik dan benar. Berikut ini adalah beberapa cara membersihkan layar LCD dengan baik:

  • Monitor dimatikan

Tujuan monitor dimatikan adalah untuk mengantisipasi resiko listrik. Selain itu, dengan monitor dimatikan akan memudahkan anda melihat kotoran dan debu pada layar monitor anda.

  • Mengelap debu dengan lap kering

Cara mengelapnya adalah dengan menggerakkan lap secara lambat dan melingkar. Kain yang disarankan adalah kain nonabrasif, diantaranya adalah mikrofiber, saputangan katun dan serbet katun.

Anda disarankan untuk tidak menggunakan kain berikut karena bersifat abrasif. Contohnya adalah handuk kertas, lap piring dan tisu wajah.

  • Langkah selanjutnya menyemprotkan cairan pembersih pada kain

Anda dianjurkan untuk tidak menyemprotkan cairan pembersih langsung pada monitor.  Hal ini dikarenakan larutan pembersih dapat memicu kerusakan sehingga layar tidak dapat berfungsi secara bagus. Larutan pembersih pada kain jika disemprotkan terlalu banyak juga tidak baik, justru malah dapat merusakkan layar.

  1. Membersihkan kotoran dengan kain yang telah disemprot larutan pembersih lalu kain tersebut digunakan untuk membersihkan monitor. Catatan yang perlu diperhatikan adalah anda dianjurkan untuk tidak menekan pada monitor. Cara membersihkannya dengan membuat gerakan lingkaran kecil.
  2. Monitor dibiarkan agar mengering.

Anda dianjurkan untuk tidak menyalakan monitor sebelum monitor kering. Tujuannya adalah untuk menghindari resiko kerusakan akibat komponen di dalamnya terkena air.  Anda juga tidak dianjurkan untuk menggunakan pengering karena lebih baik jika monitor kering secara alami. 

Cara Membuat Larutan Pembersih Layar LCD

Cara membersihkan layar LCD sangatlah mudah, langkah pertama adalah anda harus mebuat larutan untuk membersihkan LCD:

  1. Menggunakan air yang tepat. Jenis air yang bagus untuk membersihkan monitor adalah air suling.
  2. Menambahkan zat pembersih seperti alkohol isopropil dan cuka putih.  Namun keduanya tidak diperbolehkan untuk dicampur. Anda juga tidak diperbolehkan untuk menggunakan pembersih yang mengandung amonia, contohnya adalah pembersih jendela.

Apabila anda menggunakan isoprofil alkohol maka anda disarankan untuk menggunakan campuran isopropil alkohol dengan air suling dengan perbandingan tidak lebih dari 50/50. Apabila tidak ada isopropil alkohol maka anda dapat menggunakan vodka sebagai penggantinya.

Sedangkan untuk cuka, anda dapat menggunakan campuran dengan air dengan perbandingan 50/50 atau lebih. Anda dianjurkan untuk menggunakan cuka yang tawar dan bukan menggunakan cuka yang berasa seperti cuka apel dan lain – lain.

  1. Anda disarankan untuk tidak menggunakan larutan yang mengandung bahan alkohol, amonia dan larutan keras lainya. Hal ini dikarenakan bahan – bahan tersebut dapat menimbulkan kerusakan pada layar LCD anda.

Hal – hal yang tidak boleh dilakukan saat membersihkan layar LCD:

  1. Anda dianjurkan untuk tidak membasahi layar LCD secara langsung. Hal ini dikarenakan air dapat masuk mengenai mesin sehingga membuat LCD tidak dapat bekerja secara optimal. Lap atau kain yang digunakan untuk membersihkan layar LCD dilarang direndam dengan air. Anda cukup menyemprotkan larutan pembersih yang telah anda buat ke kain lap.
  2. Anda dianjurkan untuk tidak menggunakan peralatan pembersih biasa. Hal ini dikarenakan akan berpengaruh terhadap layar LCD anda. Pembersih yang direkomendasikan untuk anda adalah campuran antara air dan cuka. Anda dilarang untuk menggunakan pembersih jendela, segala merek sabun dan lain – lain.
  3. Anda dilarang menggosok layar laptop.

Hal ini bertujuan untuk mencegah kerusakan permanen saat anda terlalu keras dalam menekan layar LCD. Cara membersihkannya adalah dengan gerakan memutar namun tetap lembut. Anda pun harus menggunakan alat yang lembut dan tidak diperbolehkan menggunakan sikat.

  1. Anda dilarang menggunakan bahan tisu, serbet kertas atau pun bahan kertas lainnya untuk membersihkan layar LCD. Mengapa? Hal ini dikarenakan kertas mengandung serat kayu sehingga dapat menggores permukaan layar LCD.
  2. Anda dianjurkan untuk membersihkan layar LCD menggunakan air suling dan bukan air keran.
  3. Sebelum membersihkan layar LCD anda disarankan untuk mematikan laptop, lalu mencabut dari adaptor daya. Selain itu, baterai juga dilepas dengan tujuan untuk menghindari resiko kerusakan piksel pada layar LCD.
  4. Hal – hal yang diperlukan untuk membersihkan layar LCD antara lain adalah air suling, lap yang berasal dari kain katun, cuka putih dan botol semprot.
  5. Anda juga disarankan untuk tidak menggunakan cairan yang mengandung alkohol atau amonia.

Anda disarankan untuk tidak menggunakan pembersih berbahan alkohol atau amonia karena kedua bahan tersebut dapat menyebabkan lunturnya lapisan anti-reflektif yang terdapat pada layar LCD anda.

  1. Anda juga dapat membersihkan layar LCD dengan menggunakan lap kacamata atau pun lap chamois serta cairan yang digunakan adalah cairan pembersih kacamata.
  2. Anda disarankan untuk menyalakan layar LCD saat kondisinya benar –benar sudah kering dan tidak basah.

Tips Aman Merawat Layar LCD

Berikut ini adalah beberapa cara yang benar dan aman untuk merawat layar LCD anda:

  1. Menutup layar LCD dengan cover anti-dust saat anda tidak menggunakannya sehingga layar LCD terhindar dari kotoran atau pun debu yang akan menempel pada layar LCD.
  2. Menjauhkan anak kecil dari layar LCD.
  3. Semakin jarang dibersihkan maka akan semakin baik, oleh karena itu anda dianjurkan untuk menjaganya dengan benar agar tidak mudah kotor sehingga awet.
  4. Anda dianjurkan untuk tidak menyemprotkan secara langsung cairan pembersih pada layar LCD.

Hal ini dikarenakan menyemprotkan cairan pembersih langsung pada layar dapat menimbulkan kerusakan dan parahnya lagi adalah terjadi kerusakan secara permanen.

Selanjutnya :

Demikian ulsan cara membersihkan layar LCD dengan baik dan benar agar tidak terjadi kerusakan terutama karena LCD rentan dengan goresan. Semoga bermanfaat

Rating

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.