Menu Tutup

5 Tips Dan Cara Membersihkan Laptop Dengan Benar

cara membersihkan layar laptop

Teknologi dan perangkat canggih barangkali sudah tak bisa dilepaskan begitu saja dari kehidupan manusia.

Setiap hari kita pasti membutuhkan perangkat canggih untuk membantu kegiatan kita atau hanya digunakan sebagai hiburan semata.

Contohnya saja seperti laptop. Komputer lipat atau laptop kini tak hanya digunakan oleh mereka yang sudah bekerja saja, namun anak sekolah kini telah menggunakan laptop untuk membantu aktifitas mereka di sekolah.

Jadi jangan heran ya, jika laptop juga menjadi salah satu perangkat pintar yang paling dimiliki setelah smartphone.

Maka dari itu, artikel ini akan memberikan tips dan cara membersihkan laptop dengan benar, buat kamu yang tak tahu bagaimana cara membersihkan laptop atau barangkali malas membersihkan laptop yang kamu gunakan setiap hari.

Sebagai salah satu perangkat canggih yang digunakan hampir setiap hari, laptop haruslah dijaga kebersihannya.

Karena bukan hanya smartphone saja yang menjadi salah satu tempat berkembangnya kuman dan bakteri, namun ternyata laptop sama bahaya dan kotornya dengan toilet umum. Hal ini dikarenakan laptop yang sering digunakan setiap hari.

Bahkan keyboard laptop kamu bisa menjadi sarang kuman dan bakteri yang berbahaya bagi kesehatan.

Bayangkan jika laptop kamu tak dibersihkan secara berkala. Selain itu, laptop sendiri terdiri dari komponen rumit yang bisa rusak akibat debu yang dibiarkan menempel hingga masuk ke dalam laptop. Nah, lalu bagaimana ya cara membersihkan laptop.

Membersihkan laptop pun tak boleh sembarangan loh, harus dibersihkan dengan benar agar tidak merusaknya. Makanya baca nih..

Tips dan cara membersihkan laptop dengan benar di bawah ini!

Bersihkan Casing Laptop

Yang pertama harus kamu bersihkan dari laptopmu adalah dengan membersihkan bagian terluarnya terlebih dahulu, yaitu bagian casing laptop.

Nah, untuk membersihkannya pastikan kamu sudah mematikan laptop kesayanganmu terlebih dahulu ya.

Jika laptop sudah dalam keadaan mati, kamu bisa mengambil kain dan spons untuk kemudian membersihkan debu dari casing laptop milikmu.

Untuk menghindari hal hal yang tak diinginkan sebaiknya usahakan untuk menggunakan seminimal mungkin pembersih berbahan cairan yang lebih kuat dari sabut yang dilarutkan.

Ada baiknya juga nih, jika kamu menghindari penggunaan alkohol atau pun pembersih yang mengandung zat hidrogen pereoksida pada saat membersihkan layar laptop.

Setelah kamu membersihkan bagian casing laptop dengan menggunakan kain yang lembab, jangan lupa untuk membersihkan kembali menggunakan kain yang kering untuk menghilangkan cairan yang masih menempel pada casing laptop kamu.

cara membersihkan layar laptop

Hati-Hati Saat Membersihkan Layar Laptop

Laptop memang terdiri dari komponen yang cukup rapuh dan membutuhkan perhatian khusus tak hanya pada saat dibersihkan saja, namun juga pada saat digunakan sehari-hari untuk menghindari hal yang tak diinginkan terhadap laptop kesayangan.

Salah satunya seperti layar laptop yang merupakan salah satu bagian yang cukup sensitif, terutama ketika hendak dibersihkan.

Ada baiknya jika kamu sedikit berhati-hati pada saat membersihkan layar laptop kamu, khususnya terhadap material bahan yang kamu gunakan. Kamu bisa menggunakan kain mikrofiber yang sebelumnya telah dibasahi terlebih dahulu dengan air.

Namun jika cara ini masih dianggap gagal untuk membersihkan layar laptop kami, kamu bisa menggunakan tisu khusus pembersih layar untuk memastikan layar laptop kamu bersih dan bebas terhadap kotoran dan bakteri yang menempel.

cara membersihkan laptop

Membersihkan Bagian Keyboard Laptop

Keyboard adalah salah satu bagian terpenting yang harus dibersihkan dengan benar, karena keyboard laptop sendiri dianggap menjadi salah satu sarang dari kuman dan bakteri yang menempel di dalamnya dan tentu menjadi berbahaya jika tidak dibersihkan secara rutin.

Apalagi jika laptop digunakan setiap hari. Maka dari itu, kamu harus membersihkan bagian laptop yang satu ini dengan benar, bukan hanya agar keyboard laptopmu bersih namun juga tidak merusaknya.

Cara membersihkan kotoran dari keyboard, harus dilakukan dengan perlahan dan hati-hati agar air yang digunakan untuk membersihkannya tidak masuk ke bagian dalam laptop yang beresiko untuk merusaknya.

Gunakan sekaleng udara terkompresi atau bisa juga menggunakan perangkat vakum berukuran kecil untuk menyingkirkan remah-remah yang biasanya berada di sela-sela keyboard dan terganjal di antara tomblol keyboard.

Posisikan keyboard laptop pada sudut sekitar 75 derajat pada saat kamu menyemprotkan udara ke dalam, kemudian putar laptop secara perlahan untuk membersihkan remah-remah yang membandel dan terjebak di antara tombol keyboard.

Setelah itu, kamu bisa menggunakan cotton bud atau korek kuping yang sudah diberikan alkohol untuk membersihkan lemak dan minyak bandel yang menempel di antara tombol.

Usahakanlah untuk tidak terlalu banyak menggunakan alkohol dan juga jangan sekalipun menempelkan cotton bud atau korek kuping ke bagian dalam keyboard.

membersihkan cashing laptop

Trackpad Merupakan Bagian Terakhir Yang Harus Dibersihkan

Untuk bagian luar laptop yang dibersihkan terakhir adalah, trackpad yang berada di bagian bawah keyboad.

Trackpad seringkali menjadi salah satu bagian yang paling penting dari laptop. Karena dengan trackpad kamu bisa lebih mudah menggunakan atau mengoprasikan laptop, trackpad sendiri seperti sebuah mouse pada komputer yang mengatur navigasi untuk kursor sehingga menjadi salah satu tombol yang paling penting untuk mengoprasikan laptop.

Bagian trackpad ini juga sangat rentan dan jika rusak sedikit saja maka akan susah untuk diperbaiki sehingga mengharuskan kamu untuk menggunakan mouse portable.

Maka dari itu saat membersihkannya, kamu perlu melakukan perhatian khusus agar tak merusaknya.

Pada saat hendak membersihkan trackpad, sebelumnya kamu harus mempersiapkan kain basah yang bebas serat, sementara itu untuk membersihkan minyak dari jari yang menempel pada trackpad kamu bisa menggunakan air dan ada baiknya jika kamu menggunakan alkohol.

Gunakan sedikit saja untuk membersihkannya, oleskan secara perlahan, kemudian jangan lupa untuk menggunakan kain kering untuk menghilangkan sisa air atau pun alkohol ya.

membersihkan trackpad laptop

Menghapus Semua File Yang Tak Berguna

Membersihkan bagian trackpad menjadi langkah terakhir untuk membersihkan bagian luar dari laptop kamu.

Tapi apakah itu saja sudah cukup? Jawabannya tentu saja tidak, karena laptop juga harus dibersihkan hingga bagian dalam dong.

Untuk itu, setelah selesai membersihkan bagian luar laptopmu sekarang waktunya untuk membersihkan bagian dalamnya.

Salah satunya adalah dengan membersihkan dan membuang sampah digital yang berada di dalam laptopmu untuk menjaga kinerja latopmu agar tetap mulus.

Mulailah dengan menghapus semua file yang sudah tidak lagi digunakan, bersihkan folder Ricycle Bin dan hapus file download yang sudah tidak kamu perlukan. Dengan begitu laptop kesayangan kamu akan terbebas dari file sampah yang tak berguna.

Ternyata membersihkan laptop tak serumit yang kamu bayangkan bukan? Asalkan kamu tahu bagaimana cara yang benar untuk membersihkan laptop kesayanganmu.

Selain itu, cara membersihkan laptop dengan benar adalah tak hanya dengan membersihkan bagian luarnya saja, namun juga harus membersihkan bagian dalam laptop sehingga tak hanya membuat laptop bersih namun juga menjaga performanya agar tetap ok.

Rating

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.