Menu Tutup

Cara instal ulang windows 7 jika error 0x80070003

instal ulang windows 7
Rating

Tips dan Trik kali ini kita ingin berbagi pengalaman bagaimana cara mengatasi gagal instal ulang windows 7,8 dan Vista via USB Flashdisk yang di tandai dengan pesan error code 0x80070003.

Beberapa hari kemarin kita melakukan instalasi Windows 7 di laptop. Namun setelah mencoba berkali kali, proses instalasipun tak kunjung beres.

Kegagalan pada instal ulang Windows 7 via USB kali ini memunculkan pesan error code 0x80070003 yang jujur saja tidak kami pahami penyebabnya.

Setelah Googling sana sini akhirnya menemukan sedikit titik terang, bahwa error code tersebut berhubungan dengan Windows Update.

Semetara kita disini bukan sedang update Windows melainkan sedang melakukan instal ulang Sistem Operasi.

Ya sudah dari pada pada bingung, berikut cara instal ulang Windows via USB yang muncul pesan error seperti yang di sebutkan di atas.

Cara instal ulang Windows 7,8, Vista via Usb

instal ulang windows 7

Bahan yang harus di siapkan:

  • USB Flashdisk
  • File ISO Windows yang akan di instal
  • Software Rufus untuk copy OS Windows ke Flashdisk
  • Laptop/ komputer yang akan di instal

Baca Juga :

Langkah langkah sebelum memulai penginstalan:

  • Copy File Iso Windows ke USB Flashdisk

rufus

Sebelum memulai pengistalan, masukan USB Flashdisk ke Laptop yang akan di instal. Kemudian jalankan Rufus, jika belum ada silahkan download di situs resminya.

Perlu di ketahui bahwa Rufus ini berguna untuk membuat partisi pada USB sekaligus memformatnya untuk kemudian memindahkan file Instalasi Windows ke Flashdisk dengan lebih cepat.

Jika sudah terbuka Rufus.exe akan otomatis mendeteksi Usb, kemudian klik Select untuk memilih file ISO instaler Windows dengan asumsi file Windowsnya sudah ada di laptop Anda, baik di folder maupun di Disk Drive

Setingan lainya biarkan saja, kemudian klik Start dan tunggu hingga proses copy file Iso tersebut selesai.

Jika sudah selesai, artinya USB sudah siap di gunakan untuk melakukan instal ulang Windows pada laptop Anda.

Jika Aplikasi Rufus tidak bisa di jalankan dan muncul pesan error 0xc0000005,  berarti Anda harus menggunakan laptop lain untuk memasukan file windows ke Usb

Proses berikutnya adalah melakukan perubahan setting pada laptop yang akan di instal yaitu pada beberapa hal berikut:

  • Atur jam pada Laptop sesuai dengan Zona waktu Anda saat ini berada.

Caranya dengan klik jam pada laptop di pojok kana bawah, atau masuk pada menu Control Panel. Kemudian sesuaikan.

  • Non Aktifkan semua fitur Update Windows

windows update

Untuk menon aktifkan Windows Update, klik Windows- kemudian ketikan "services" tanpa tanda kutip, klik service hingga terbuka tab baru seperti pada gambar berikut:

Double klik Windows Update-> klik stop-> kemudian ganti Automatic menjadi disable.

  • Aktifkan Windows Time

Windows Time

Diatas Windows Update ada Windows Time. Double klik lalu pilih Automatic. Tujuanya adalah untuk menyinkronkan waktu pada laptop.

Jika perlu cek ulang menu Windows Update menggunakan control panel. Cek juga agar laptop tidak terhubung dengan Internet saat penginstalan nanti.

Memulai Instal Ulang Windows

Untuk memulai penginstalan, sebenarnya caranya hampir sama dengan menggunakan disk drive atau dvd rom.

  • Setting Booting ke USB

Kita bisa setting Booting ke Usb masuk ke Bios, atau bisa juga langsung colokan USB Flashdisk ke laptop kemudian pilih setup.

Setelah muncul tap Instalasi, lakukan setting sesuai zona waktu Anda. misalnya pilih Hanoi-Jakarta. Yang lainya bisa Anda biarkan, atau bisa ganti dengan bahasa yang diinginkan kemudian Klik Instal dan proses copy windows ke hardisk berjalan.

  • Jangan pilih Update online

Secara umum proses intalasi berjalan seperti ketika instal ulang Windows menggunakan DVD rom.

Tapi disini ada sedikit perbedaan pilihan, setelah proses copy windows selesai. Yaitu pada bagian pilihan atas Update online rekomendasi, dan yang bawah not rekomendasi.

Pilih yang not rekomendasi saja. Sementara untuk instalasinya sudah otomatis mendeteksi Drive C seperti instalasi sebelumnya.

Tanda tanda instal ulang Windows akan berhasil

Jika step by step di atas dilakukan dengan benar, proses instalasi akan berjalan cepat yang menandakan bahwa Instal ulang Windows akan berhasil.

Tetapi jika proses berjalan lambat, biasanya pada step kedua saat mencapai sekitar 60 persen akan muncul pesan error code 0x80070003 yang menandakan jika Instal ulang Windows gagal, kemudian harus di reboot untuk mencoba kembali.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.