Kategori: Kesehatan

5 Cara Menghilangkan Komedo Membandel Paling Ampuh

Sudah mencoba berbagai cara menghilangkan komedo yang bandel? namun masih muncul juga, seperti menggunakan masker penghilang komedo atau produk kecantikan lainnya tapi komedo terus saja datang dan mengganggu harimu. Menyebalkan memang. Terutama komedo membandel yang tidak mudah dihilangkan dan mengganggu penampilan.

Komedo memang menjengkelkan apalagi jika terus menerus datang padahal sudah menggunakan berbagai macam produk kecantikan untuk membasmi komedo nakal. Tapi hasilnya, komedo tetap kembali dan terus saja kembali.

Karena memang untuk menghilangkan komedo membandel tak hanya cukup dengan menggunakan produk penghilang komedo. Karena sebanyak apapun produk yang digunakan untuk menghilangkan komedo, belum tentu ampuh loh untuk membuat komedo pergi dan tidak kembali lagi.

Hal ini dikarenakan tidak banyak orang yang mengetahui cara menghilangkan komedo dengan benar. Untuk itu, artikel ini akan memberikan 5 cara ampuh menghilangkan komedo membandel agar tidak kembali lagi. Mau tahu bagaimana caranya? Simak di bawah ini ya!

Cara menghilangkan komedo membandel

  1. Perhatikan Produk Skincare Yang Kamu Gunakan

Tidak banyak orang yang memperhatikan produk skincare yang digunakannnya. Padahal sangat penting untuk mengetahui dan memperhatikan kandungan yang terdapat dalam produk skincare yang kamu gunakan.

Karena ternyata ada lho beberapa jenis produk skincare yang dapat menutup pori-pori kulit wajahmu, dan hal tersebut tentu saja dapat membuat wajahmu mudah didatangi oleh komedo nakal yang susah sekali untuk dihilangkan.

Salah satu langkah untuk menyiasatinya adalah dengan memilih produk yang memiliki sifat non-comedogenic. Selain itu sebaiknya kamu juga menghindari produk yang mengandung mineral oil.

  1. Hindari Penggunaan Scrub Berlebihan

Tak jarang jika komedo muncul, kamu akan buru-buru menggunakan scrub dan menggosok kulit wajahmu yang dipenuhi dengan komedo untuk menghilangkannya.

Padahal tahukah kamu, jika cara tersebut hanya akan membuat pori-pori kulitmu menjadi rusak. Agar tidak melakukan kesalahan, sebaiknya kamu kenali dulu jenis eksfoliasi yang cocok untuk kulit wajah kamu.

Jika kamu memiliki kulit wajah yang sensitif kamu bisa menggunakan chemical exfoliator seperti glycolic acid dan salicylic acid yang memiliki sifat lebih lembut.

Akan tetapi bagi kamu yang memiliki jenis kulit baisa atau normal, kamu bisa mencoba physical exfoliator seperti brush, peeling pad, dan masih banyak yang lainnya.

  1. Menggunakan Retinoid

Retinoid biasa digunakan untuk mengatasi berbagai masalah jerawat. Menurut seorang pakar dermatologist yang berasal dari New York, Dr Levin. Komedo terbentuk dari minyak yang tersumbat di pori-pori dan juga sel kulit mati.

Retinoid sendiri memiliki kemampuan untuk meningkatkan pergantian sel kulit dan juga mencegah sel-sel kulit mati agar tidak menyumbat pada pori-pori. Retinoid juga dianggap mampu menjadi langkah awal untuk perawatan komedo.

Kamu bisa mencoba retinoid dengan kandungan 0,1% untuk langkah awal menghilangkan komedo, agar kulitmu bisa menerima retinoid dan tidak kaget sehingga tidak bereaksi negatif.

Saat menggunakan retinoid kamu akan merasakan beberapa dampak atau efek samping, sehingga kamu wajib menggunakan sunscreen setelah menggunakan retinoid, agar kulitmu tidak mengalami iritasi, terasa terbakar dan bahkan terkelupas.

Related Post

Karena akan sangat wajar, jika kulitmu akan mengalami eksfoliasi dan menjadi kering setelah menggunakan retinoid. Untuk mengatasinya kamu juga bisa menggunakan pelembab yang tepat dan cocok dengan kondisi kulitmu.

Salah satunya adalah pelembab yang memiliki kandungan Hyaluronic acid karena dapat menahan air yang sangat banyak di kulit wajahmu.

Tulisan Terkait:

  1. Menggunakan Bahan-Bahan Alami

Tak selamanya cara menghilangkan komedo hanya bisa dilakukan dengan menggunakan produk kecantikan, namun menghilangkan komedo membandel juga bisa menggunakan bahan-bahan alami yang bisa kamu temukan dengan mudah di sekitar kamu.

Selain mudah ditemukan bahan alami juga dianggap lebih aman karena tidak menimbulkan efek samping saat digunakan. Ada beberapa bahan alami yang bisa kamu temukan dengan mudah di rumah dan menjadikannya sebagai masker.

Berikut ini adalah bahan alami yang bisa kamu gunakan untuk menghilangkan komedo, dan cara menggunakannya:

  • Lobak

Tidak menyangka kan, jika lobak bisa kamu jadikan sebagai bahan untuk membuat masker dan ampuh menghilangkan komedo membandel. Hal ini dikarenakan lobak memiliki kandungan serat yang tinggi sehingga mampu meluruhkan toksin yang ada di dalam tubuh, selain itu lobak juga memiliki kandungan vitamin C, zinc dan fosfod yang bagus bagi kulit kamu.

Cara membuat masker lobak pun cukup mudah kok. Pertama-tama kamu harus memarut lobak terlebih dahulu lalu campurkan dengan madu kemudian aplikasikan pada kulit wajah dan diamkan hingga 10-15 menit. Kemudian jangan lupa bilas wajah dengan menggunakan air hangat hingga bersih.

  • Kopi

Kopi dikenal ampuh mengangkat sel kulit mati di kulit wajah kamu, kamu juga bisa menggunakan kopi untuk menghilangkan komedo. Caranya adalah dengan memanfaatkan ampas kopi atau bubuk kopi murni yang dicampur dengan sedikit air.

Lalu ratakan pada bagian kulit yang dipenuhi komedo, dan usap hingga merata. Gunakan gerakan memutar hingga membuat seluruh lapisan kulit tertutup oleh masker kopi, kemudian diamkan hingga mengering lalu bilas wajah kamu dengan menggunakan air hingga bersih.

  • Tomat

Bahan dapur satu ini sangat mudah kan ditemukan di rumah, siapa sangka jika tomat juga bisa digunakan untuk menghilangkan komedo. Caranya juga mudah, ambil saja satu buah tomat lalu iris, kemudian usapkan daging tomat pada kulit wajah hingga merata.

Pastikan kulit wajah kamu sudah dalam keadaan bersih ya. Diamkan hingga mengering, kemudian bilas dengan menggunakan air hangat atau air biasa, hingga wajah benar-benar bersih. Lakukan secara rutin untuk mendapatkan hasil maksimal.

  • Jeruk Lemon

Vitamin C yang terdapat pada jeruk lemon tak hanya bagus bagi kesehatan loh, namun juga dapat menjadi antibiotik alami yang dapat menghambat pertumbuhan komedo. Caranya, peras buah lemon kemudian usapkan air perasan lemon ke seluruh kulit wajah yang dipenuhi komedo, terutama area hidung.

Diamkan hingga kering lalu bilas dengan air bersih. Senyawa alami yang terdapat pada jeruk lemon akan membersihkan sel-sel kulit mati yang menyumbat pori-pori sehingga komedo tidak akan lagi mampir di kulit wajahmu. Selain itu, kulitmu juga akan menjadi lebih halus dan lembut.

  1. Berkonsultasi Dengan Ahli Dermatologist

Jika kamu sudah melakukan segala macam produk kecantikan dan menggunakan semua cara yang ada di atas, namun hasilnya komedo tetap saja kembali, maka tak ada salahnya jika kamu berkonsultasi pada ahli dermatologist untuk mendapatkan solusi yang tepat dalam membasmi dan mencegah komedo kembali lagi.

Sudah tahu kan 5 cara hilangkan komedo bandel, mulai dari menggunakan produk kecantikan hingga menggunakan bahan alami yang bisa dengan mudah ditemukan di rumah.

Namun sebelumnya pastikan kamu terlebih dahulu mengetahui jenis kulit mu sehingga dapat secara tepat memilih cara menghilangkan komedo nakal yang susah dihilangkan. Semoga artikel ini bermanfaat ya

Share
Disqus Comments Loading...