Menu Tutup

Cara agar website banyak pengunjung untuk blogger pemula

Banyak blogger pemula yang bertanya bagaimana cara agar website banyak pengunjung . Begitu juga ketika pertama kali ngeblog saya sering bertanya di mesin pencari seperti itu.

Jujur saja selama mencari cari artikel tentang bagaimana cara agar blog banyak pengunjung , saya tidak menemukan cara yang akurat dan berdampak signifikan.

Hampir semua blog membahas tentang bagaimana cara membuat konten yang bagus , cara seo onpage , cara seo offpage , riset kata kunci , backlink dan lain lainya.

Bagi blogger pemula ,ini sebenarnya membingungkan. Apalagi seperti saya yang memulai ngeblog secara otodidak , tanpa pemandu tapi hanya berdasarkan informasi dari internet saja.

Saat itu saya tidak tahu harus mulai dari mana agar blog banyak di kunjungi orang .  Tetapi lama kelamaan, sedikit demi sedikit agak mulai memahami.

Cara Agar Website Banyak Pengunjung

Memilih topik konten yang bagus

Memilih topik konten yang bagus itu penting. Memilih konten yang populer juga penting. Tetapi bagi pemula ,memilin topik konten yang tepat itu jauh lebih penting.

 

Mengapa begitu?

Jika kita memilih konten yang populer, yang banyak di kunjungi orang , yang jika kita riset keywords nya banyak di cari orang, menurut saya kurang tepat.

Bukanya tujuan kita ingin agar blog banyak visitor ?

Betul , tetapi topik konten populer sudah pasti banyak di bahas oleh blogger blogger lain. Topik konten populer akan memiliki daya saing yang sangat tinggi.

Jika kita tidak bisa membuat konten yang jauh lebih bagus, tidak bisa mengalahkanya , maka tulisan kita akan tenggelam selamanya.

Konten populer itu apa? Saya asumsikan konten populer adalah topik konten atau artikel blog yang memiliki volume pencarian tinggi alias banyak di cari orang.

Tetapi ada pengecualian jika nekad tetap ingin bersaing dan memilih topik konten populer. Oh iya ini topik konten loh ya, bukan topik blog populer. Itu berbeda lagi.

Pertama, tergantung dari jenis niche blognya itu sendiri. Jika niche blognya memang ambil topik populer, kita bisa mengakali dengan kata kunci ekor panjang ( long tail words )

Atau kita bisa menggunakan keywords yang memiliki volume pencarian rendah. Tetapi bukan yang paling rendah.

Untuk meriset kata kunci atau riset keywords nya kita bisa menggunakan tool gratisan namun sangat bagus dan mudah di gunakan yaitu Ubersuggest

Kedua, Kita mampu membuat konten yang jauh lebih bagus dari konten serupa yang sudah populer duluan.

Mungkin dengan cara ini konten kita bisa bersaing dengan topik konten populer yang sudah ada di peringkat pertama mesin pencari Google

Cara memilih topik konten yang tepat

Berdasarkan pengalaman saya sendiri, saya memilih topik konten yang rendah volume pencarianya dan tidak banyak di bahas oleh blog orang lain.

Tujuanya agar konten yang kita buat bisa muncul di peringkat atas mesin pencari Google. Minimal berada pada halaman pertama.

Jika salah satu atau beberapa konten kita bisa masuk di peringkat pertama ataupun di halaman pertama mesin pencari, ini akan membuka gerbang lalu lintas organik.

Jadi strateginya kita membuka gerbang dulu lalu lintas organik yang merupakan trafik terbaik di mata mesin pencari Google.

Biasanya setelah pintu gerbang lalu lintas organik sedikit terbuka, konten kita yang tenggelam akan mendapat lalu lintas dari link internal.

Ini adalah dampak yang bagus menurut saya. Daripada kita melakukan blog walking atau meninggalkan link pada blog blog yang memiliki otoritas rendah.

Jadi konten yang belum bisa muncul di halaman pertama Google akan mendapat lalul intas juga walaupun bukan trafik organik.

Dengan begitu kemungkinan konten kita yang tenggelam juga akan naik sedikit demi sedikit di mata mesin pencari Google.

Ini strategi yang saya gunakan pada blog ini yang saya khususkan bagi anda yang memang blogger baru dan masih awam seperti saya dulu waktu pertama ngeblog.

Mencermati lalul intas blog dengan Google Analystic

Untuk memantau perkembangan lalu lintas atau trafik blog kita sering seringlah kita melihat dan mencermatinya menggunakan Google Analystic

Dengan begitu kita akan mengetahui seberapa besar trafik yang di hasilkan, seberapa banyak visitor yang keluar masuk dan konten mana yang banyak di kunjungi maupun yang tenggelam.

Kita juga bisa mengecek secara langsung dengan menuliskan kata kunci konten kita di mesin pencari untuk melihat posisi artikel kita di mesin pencarian.

Dengan begitu kita bisa menganalisa konten pada blog kita. Apa yang perlu di perbaiki, mungkin ada yang perlu di tambahkan, atau yang lainya.

Lihat lalu lintas penelusuran di Webmaster tool

Webmaster tool adalah salah satu alat Google yang kita gunakan sebagai gerbang utama mesin pencari Google mengetahui keberadaan blog kita.

Dan dari semua uraian diatas, tentu saja kita harus sudah terdaftar di webmaster untuk menelusuri semua konten blog Anda.

Dengan Webmaster tool ini juga kita bisa memantau perkembangan blog. Jika ada laporan kesalahan segeralah kita perbaiki.

Pada tool ini, jangan melewatkan menu Lalu lintas penelusuran di bagian sub menu Telusuri Analystic. Ini tampak sepele tapi penting.

Mengapa begitu?

Telusuri Analystik ini akan menunjukan kueri penelusuran yang mengarah kepada blog kita. Dari situ kita bisa melihat berapa jumlah volume penelusuran yang terjadi.

Itu merupakan sebuah kata kunci penelusuran yang berpotensi mengarah ke blog kita yang bagus untuk kita manfaatkan

Nah jika ada konten kita yang relevan dengan keywords pada kueri di situ, kita bisa mengubah kata kuncinya dan mengambil kata kunci yang memiliki volume pencarian tinggi.

Jadi dengan keywords yang muncul di sana kita bisa mengedit edit ulang semua konten kita dengan memasukan kata kunci dengan menyesuaikan topik konten kita.

Hal ini akan memperkuat topik konten blog kita dari keywords penelusuran dan berdampak pada jumlah penambahan visitor blog kita.

Membuat konten baru.

Dengan munculnya beragam keywords yang berada di kueri penelusuran Webmaster tool, ini bisa di jadikan topik konten untuk artikel berikutnya.

Jika di rasa memang perlu di kuatkan lagi beberapa konten yang sudah ada dengan sebuah artikel baru dengan topik yang masih saling berhubungan.

Tentu saja hal ini akan saling memperkuat antara konten blog yang satu dengan konten blog yang lainya. Hal ini sepele tapi menguntungkan untuk menambah lalu lintas blog

Walaupun begitu kita juga jangan melupakan riset keywords , teknik seo dan bagaimana kita bisa memaksimalkan sebuah konten untuk lebih berkulitas dan bernilai lebih lagi.

Memoles deskripsi meta agar bisa menggambarkan isi keseluruhan konten, meminimalisir resiko pentalan dengan konten yang mudah di pahami, itu juga penting

Setidaknya itu yang pernah saya lakukan, dan hasilnya lumayan bagus khususnya untuk blog gado gado dan untuk kita yang benar benar pemula secara otodidak.

Ya itulah strategi saya bagaimana menambah visitor pada blog agar website banyak pengunjung dan semakin rame pengunjungnya. Mudah mudahan ini bermanfaat buat anda yang pemula seperti saya.

Rating

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.