Menu Tutup

Bisnis Voucher Hotspot usaha rumahan menggiurkan

Beberapa waktu lalu saya menulis cara mendapatkan akses internet gratis. Bagaimana jika kita manfaatkan untuk membangun bisnis voucher hotspot di rumah anda?

Saat ini kita nyaris tak bisa lepas dari dunia internet. Melihat beberapa tahun ke belakang, sekarang sudah jauh berbeda.

Dunia internet berkembang sangat cepat. Begitu juga jika kita melihat kedepan, mungkin dunia online maupun teknologi sudah jauh lebih baik dan canggih di banding saat ini.

Tentunya akan ada hal hal baru yang berhasil di ciptakan oleh manusia, yang juga masih berhubungan dengan internet.

Melihat hal itu, kita banyak dari kita akan terinspirasi oleh sebuah perkembangan untuk memanfaatkan celah pada situasi ini.

Salah satunya adalah mencari peluang bisnis yang memungkinkan bisa berjalan seiring semua perkembangan yang hadir dengan inovasi inovasi baru.

Ya bisnis voucher hotspot atau jualan voucher internet wifi unlimited mungkin bisa menjadi alternatif bisnis rumahan yang akan menghasilkan.

Memulai bisnis voucher hotspot

Jika Anda tertarik memulai usaha di rumah untuk berjualan voucher internet wifi, tulisan ini akan memandu anda dari awal.

alat server wifi

Menyiapkan alat dan perangkat wifi

Apa saja alat alat yang di perlukan untuk membangun sebuah server hotspot yang bisa di gunakan untuk membuat voucher internet yang nantinya bisa di jual secara eceran ke penggunan smartphone

  • Mikrotik sebagai router utamah server hotspot
  • Router indoor dan outdoor sebagai accespoint ke user
  • Litebeam dan sejenisnya sebagai station penerima dari sumber internet.
  • Laptop sebagai alat untuk setting perangkat hotspot
  • Printer digunakan untuk mencetak voucher hotspot
  • Kabel Lan
  • Sumber internet
  • Tempat

Semua peralatan maupun perangkat di atas adalah komponen lengkap untuk membuat server wifi yang bisa didapatkan dengan mudah.

Artinya semua sudah komplit bisa dilakukan sendiri dan nantinya bisa dikembangkan lagi ke target yang lebih luas.

Jika itung itungan budget di atas sekitar 5 jutaan. Namun anda bisa mengurangi beberapa perangkat yang belum terlalu di perlukan seperti printer.

Yang terpenting adalah Mikrotik, antena outdoor, antena penerima sekitar 2 jutaan, dan sumber internet. Untuk tempat, tentunya bisa di rumah masing masing

Sebenarnya kita juga bisa membuka usaha internet ini dengan dana yang lebih kecil. Nanti kita juga akan bahas bagaimana caranya.

Mendapatkan sumber internet

Jika tempat tinggal kita di kota besar tentunya kita akan mudah mendapatkan internet. Misalnya memasang Indihome, xlhome maupun akses internet dari provider lain.

Bahkan untuk membuat server hotspot di kota besar, biayanya lebih murah cukup memiliki mikrotik dan router untuk Acces Point (AP) saja.

Nah bagaimana jika kita berada di pedesaan yang masih kesulitan mendapatkan akses internet? Sementara kita ingin jualan voucher wifi sebagai usaha dirumah kita?

  • Langkah pertama adalah mencari sumber internet terdekat yang memungkinkan bisa di tangkap menggunakan litebeam sebagai penerima akses internet pertama dalam mode station.
  • Cari informasi kepada orang orang terdekat terutama kepada orang yang sudah memiliki akses wifi. Tanyakan dari mana mereka mendapatkan internet wifi.
  • Jika dilokasi Anda sudah ada akses wifi.id, Anda bisa menggunakanya sebagai sumber internet unlimited di hotspot dengan menembak sinyal wifi.id pake litebeam yang sudah disiapkan.
  • Jika wilayah Anda sudah dilalui kabel jalur internet, tentu saja Anda bisa pasang indihome sebagai pasokan utama internet wifi.

Membuat server hotspot

Setelah Anda menemukan calon sumber internet, kini Anda bisa memulai merangkai peralatan yang sudah di siapkan.

Setting litebeam mode station

Jika kita menggunakan litebeam sebagai penangkap sinyal wifi, langkah pertama kita harus setting dulu litebeam di mode station.

Selain litebeam anda juga bisa menggunakan Air Grid, powerbeam dan masih banyak lagi baik produk Ubiquity maupun produk lainya

Pastikan bahwa sinyal bisa di terima oleh perangkat ini. Untuk detil cara nembak sinyal wifi pake litebeam nanti akan di bahas pada tulisan selanjutnya.

Setting mikrotik.

Setelah Litebeam yang anda gunakan sudah bisa menerima sinyal dengan baik, kemudian anda bisa mulai melakukan pengaturan pada Mikrotik.

Semua mikrotik bisa Anda gunakan. Tergantung keinginan anda kedepanya mau seperti apa. Karena jenis mikrotik memang beragam dari sisi fitur maupun harganya.

Setting antena outdoor sebagai penyebar sinyal ( Acces point)

Pada dasarnya settingan bawaan pabrik berbagai macam antena wifi outdoor, rata rata standarnya adalah mode Acces point (AP).

Namun Anda juga bisa merubah atau mengcustomisasi beberapa settingan didalamnya. Misalnya mengubah Lan IP, memberi password, mengatur chanel yang akan di gunakan dan lain lain dis sesuaikan dengan lokasi dan kebutuhan agar lebih maksimal.

Anda juga bisa mengatur jenis antena verikal atau horizontal untuk memaksimalkan daya sebar sinyal wifi agar lebih jauh atau lebih stabil bila di terima oleh perangkat hp atau laptop user.

Setelah semua settingan selesai tentu saja wifi hostspot Anda kini sudah bisa mulai digunakan. Untuk pengaturan detail masing masing perangkat, Anda bisa membaca tulisan saya selanjutnya.

Demikian ulasan dasar bagaimana memulai usaha rumahan dengan membuka bisnis voucher hotspot wifi yang bisa Anda lakukan sendiri dengan mudah. Semoga bermanfaat

1 Comment

  1. Pingback:Setting Mikrotik untuk server voucher hotspot 2020 | 1001 dunia

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.