Menu Tutup

Membuat website menggunakan domain dan hosting gratis

Tutorial kali ini saya akan membahas bagaimana cara membuat website menggunakan domain dan hosting gratis,dan menggunakan platform WP. Hasilnya pun juga sama dengan website berbayar atau premium.

Buat kamu yang ingin belajar membuat website, yuk kita belajar bersama karena saya juga masih belajar. Tutorial ini sangat cocok karena semuanya serba gratis.

Jika nanti sudah bisa, dan memahami seluk beluknya, kita bisa menggunakan domain TLD seperti .com,.net,.id dan lain lainya.

Dan kamu tidak perlu membuat web dari awal, tetapi kamu bisa memindahkan website yang sudah kamu buat di hosting gratis,dan menggunakan domain yang gratis pula. Jadi kamu tinggal meneruskan saja.

Cara membuat website pake domain dan hosting gratis

Cara mendapatkan domain gratis.

Ada beberapa penyedia domain yang memang memberikan domain secara cuma cuma alis gratis. Kamu bisa mencari di mesin pencari google.

Di situs domain gratis tersedia banyak domain yang bisa kamu pilih sesuai keinginanmu. Diantaranya domain yang tersedia di sana adalah .tk,.ml,.cf,.ga,.gq disana juga menyediakan domain berbayar seperti pada umumnya. Untuk mendapatkanya silahkan kunjungi bisa kamu search di google.

Jika sudah ketemu , kamu sudah bisa langsung menulis dan mencari ketersediaan domain yang kamu inginkan. Karena formnya berada di halaman awal freenom, bahkan sebelum kamu melakukan registrasi apapun.

Mudah bukan? Jika nama domain kamu tersedia, kamu tinggal mengikuti petunjuk untuk mendapatkanya, Klik dapatkan sekarang, dan biasanya diminta email dan password untuk registrasi. Setelah selesai, kamu akan di arahkan ke dashboard member area.

Cara mendapatkan hosting gratis

Banyak sekali penyedia hosting yang yang memberikan juga ruang untuk hosting gratisan atau trial di awal.

Memang ini sengaja mereka lakukan, dan itu salah satu bagian dari strategi marketing mereka. Memang hosting gratisan banyak kekurangan seperti kapasitas RAM,Disk dan lain lain.

Tetapi untuk belajar membuat website, saya rasa sudah cukup.

Salah satu penyedia hosting gratisan dari dalam negeri adalah idhostinger. Silahkan kamu cari di google, dan lakukan registrasi untuk mendapatkan hosting gratis di idhostinger.

Disana kamu bisa memilih mau menggunakan hosting gratis 1 sampai 3 tahun. Kamu tinggal pilh saja.Jika sewaktu waktu kamu mau langsung uprade ke berbayar di sana juga bisa.

Kelebihan adalah berbahasa indonesia, jadi sangat mudah memahami step by step ketika melakukan registrasi untuk mendapatkan hosting gratis.

Perlu di ketahui, Hosting gratis yang berada disana sebenarnya adalah afilliasi dari hosting gratisan luar negeri.

Jadi jika kamu mau langsung registrasi di webhost juga bisa. Hanya saja karena itu hosting luar negeri jadi semua tampilanya berbahasa inggris.

Tapi untuk cpanelnya sendiri keduanya sama sama berbahasa inggris. Karen mungkin sebenarnya cpanelnya berada pada satu server.

Cara menambahkan domain.

Setelah mendapatkan hosting gratis, kamu akan mendapatkan username dan pasword untuk login ke cpanel yang biasanya dikirim ke email kamu.

Ada bebrapa hosting yang bisa langsung masuk ke cpanel melalui member area di hosting. Tetapi ada juga yang cpanelnya terpisah dari hosting.

Jadi silahkan sambil di teliti saja. Kalau di hostinger yang gratis, cpanelnya berada di member area.

Pada menu cpanel, Klik Add Domain dan isi nama domain yang tadi kamu buat di freenom. Jika sudah, biasanya akan muncul pemberitahuan yang kurang lebih memberitahukan bahwa nama domai kamu tidak terhubung dengan dns manapun.

Kemudian kamu cari tulisan yang awalnya NS1,NS2 misal NS1.idhostinger.com lalu kamu copy. Atau mau webhosting gratis lainya? nih rekomendasi dari saya Baca : 10 hosting gratis 2017

Cara setting DNS (domain name server) di domain.

cara ke 1 Kembali ke  penyedia domain yang kamu buat tadi, kemudian kamu login ke member area. Jika sudah, kamu cari manage domain/ kelola domain .

Kamu klik disitu-klik managemen tool-klik name server, jika sudah muncul tabel kosong kamu paste kan ns1,ns2 (bisa sampai 4) sesuai dns yang tadi kamu dapatkan di hosting.

 

Cara ke 2 menggunakan alamat ip yaitu dengan cara klik manage dns, artinya kamu menggunakan dns penyedia domain untuk mengarahkan domain ke hosting kamu menggunakan ip hosting.Kalau cara ke 1 artinya kamu menggunakan dns nya penyedia hosting.

Silahkan kamu cari di hosting kamu biasanya ada 4 baris, Silahkan kamu copy satu persatu dan isikan pada pab pengelola domain disana.Rekomendasi gunakan cara ke 1 biar lebih mudah dan nggak ribet.

Tujuanya adalah untuk mengarahkan domain (alamat web kamu) ketika di jalankan atau di panggil melalui browser, untuk mengeksekusi file data website yang kita gunakan.

Jadi jika kamu mau menginstal wp,nanti domain kamu mengarah ke wp dan mengeksekusi untuk menampilkan hasil akhir dalam bentuk tampilan sebuah website di browser.

Jika sudah kamu kembali ke hosting kamu. Jika setting dns sudah betul, status domain di hosting kamu akan berubah menjadi terhubung.

Cara membuat database.

Cara membuat database, kamu masuk ke cpanel kamu dan cari menu database. Kamu klik dan silahkan kamu buat database baru kamu. silahkan diisi formnya, dan jangan lupa itu nanti kamu akan gunakan ketika kamu menginstal wp

Jika masih bingung coba kamu baca artikel saya sebelumnya di situ sudah saya bahas cara membuat database beserta screenshotnya

Cara Instal wordpress

Cara instal wp ada beberapa macam yaitu menggunakan aplikasi softaculous yang sudah tersedia di hosting dan dengan cara mengupload file wp sendiri ke cpanel bisa menggunakan software Ftp atau bisa langsung upload dengan cara masuk ke file manager. Pastikan kamu menempatkan file kamu di dalam folder root public_html.

Tutorial instalasi wp sudah saya bahas pada artikel sebelumnya jadi silahkan kamu baca : Cara Instal WP di hosting. Jika di cpanel kamu tidak ada softaculous berarti kamu harus menggunakan cara ke 2 di artikel saya sebelumnya.

Nah kini kamu sudah punya website di hosting gratisan rasa premium.. Salam Blogger...

Rating

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

cerita cinta

Punya uneg uneg tentang Cintamu? Yuk berbagi disini tentang cerita kisah cintamu. Tuliskan cerita dan pengalaman perjalanan cintamu yang tak terlupakan, kisah cinta yang mengharukan, ataupun kisah cintamu yang paling gokil

Caranya mudah:

Kamu bisa menulis langsung di blog ini

     

Mengirimkan tulisan lewat email

info@dunia1001.net

Kita tidak tahu kapan kekasih sejati itu datang...Tapi orang bilang kalau jodoh itu adalah sesuatu yang bisa datang tanpa disengaja