Menu Tutup

Belajar bisnis dan online marketing untuk pemula

Rating

Apa itu marketing online ? Internet marketing atau online marketing adalah upaya untuk memasarkan suatu produk, barang, jasa atau apapun yang di lakukan melalui atau menggunakan media internet.

Internet marketing merupakan sebuah alat, strategi atau metode yang di gunakan untuk membangun reputasi baik secara individu maupun nama perusahaan.

Jadi pemasaran online juga sebagai bentuk upaya siapapun untuk menyebarkan, mempromosikan, memberitahu, memberitakan tentang sebuah usaha atau bisnis kita yang menggunakan media internet untuk menjangkau banyak orang agar nantinya memungkinkan untuk menjadi customer kita.

Jadi tidak semua promosi digital secara otomatis merupakan upaya penjualan online. Tetapi penjualan online atau online marketing dipastikan memerlukan perangkat digital

Memulai belajar online marketing ?

Anda pasti pernah mendengar seseorang bernama Jack Ma. Yaitu pemilik situs jual beli online terkenal di tingkat dunia.Jack Ma disebut sebut menjadi orang terkaya di negeri China.

Tahukah Anda bahwa dalam sehari kekayaan Jack Ma bertambah 30 trilyun. Lalu apakah seorang Jack Ma berasal dari keluarga kaya raya?

Ketika memulai bisnis, Jack Ma berpikir bahwa menjual barang hanya kepada keluarga dan tetangganya tidak akan pernah berkembang.

Mungkin diantara anda juga secara tidak di sadari pernah mengalami hal ini. Coba ingat ingat, pernahkah anda menjual sesuatu kepada saudara atau teman dekat anda?

Mau menjual mahal agar mendapat untung banyak, ada perasaan tidak enak. Karena dia adalah teman dekat.

Mau di jual murah juga akhirnya kita susah mendapat keuntungan yang lebih. Belum lagi jika akhirnya malah bayarnya belakangan bahkan macet.

Setidaknya itulah cerita seorang Trilyuner dari negeri China ketika dulu memulai bisnisnya.

Jangkauan yang hanya di sekitar lingkunganya saja tidaklah cukup untuk maju dan sukses. Tetapi harus keluar dari lingkaran untuk menjual barangnya agar bisa menemukan lebih banyak pembeli.

Karena itulah Jack Ma berpikir harus membangun jaringan yang luas untuk mendapatkan konsumen yang banyak agar bisa mendapatkan keuntungan jauh besar

Apakah bisnis online harus jual beli barang?

Jawabanya tidak harus punya barang dan tidak harus jual beli barang. Cerita Jack Ma hanya contoh salah satu dari sekian juta orang saja.

Dan Jack Ma sendiri tidak menjual barang tetapi membangun sistemnya. Sementara bisnis online itu maknanya sangat luas.

Baca juga : Agar bisnis cepat berkembang coba sistem bisnis franchise.

Langkah langkah memulai online marketing

Berusaha dan fokus

Ketika kita sudah berencana untuk membuat sebuah usaha atau bisnis, kita harus konsisten dengan apa yang sudah di rencanakan.

Tidak ada sebuah bisnis yang bisa sukses secara instan.Jadi pikirkan dan mantapkan pemikiran bahwa memiliki usaha sendiri jauh lebih baik untuk jangka panjang, namun juga akan melalui perjalanan yang panjang berliku liku juga.

Bersiaplah untuk jatuh bangun, karena tidak ada sebuah bisnis yang bisa sukses secara instan. Apapun memerlukan kerja keras dan pantang menyerah.

Mencari peluang bisnis

Menentukan sebuah bisnis yang akan di kerjakan harus dengan melihat pasar dalam memilih peluang. Mengekor tidaklah buruk, tetapi menciptakan sesuatu yang baru jauh lebih baik.

Peluang bisa didapatkan dengan melihat situasi. Membuat hal baru bisa saja terinspirasi dari sesuatu yang kita jumpai, kita kenal, ataupun kita lihat.

Mengekor yang baik dengan "memodifikasi" sesuatu menjadi sesuatu yang berbeda dengan menambah nilai plus dengan menyesuaikan biaya awal.

Intinya kita bisa terinspirasi dari mana saja, dan menyederhanakan dalam pikiran agar lebih mudah memulai dan mengerjakan.

Jika kita berpikir ah itu sulit... itu susah.. itu tidak mungkin... waktu anda akan habis hanya untuk memikirkan itu.

Membuka bisnis

Mulailah membuka dan menciptakan bisnis anda. Karena bisnis yang baik adalah bisnis yang segera dimulai. Bukan bisnis yang terus menerus di pikirkan dan ditanyakan begitulah seorang Bob Sadino mengatakanya.

Baca juga :

Jika budget Anda besar, pastinya akan mampu memiliki bisnis real semacam toko, membuat produk maupun bisnis lainya yang harus di mulai dengan dana yang besar.

Tetapi jika budget minim, kita masih tetap bisa menciptakan bisnis besar dengan hasil yang besar. Seperti bisnis jasa misalkan. Hal ini mengandalkan kemampuan berpikir kita.

Akan tetapi dari kesemuanya, tanpa mempromosikan bisnis kita, lagi lagi hanya orang sekeliling kita yang mengetahinya.

Jadi memperluas jaringan, meningkatkan jumlah konsumen, marketing online adalah alternatif yang paling tepat dan cepat untuk mencapai target jangkauan.

Membuat branding

Masih berkaitan dengan langkah diatas, menciptakan, mempopulerkan brand sendiri jauh lebih baik dibandingkan dengan menggunakan brand orang lain tanpa menurunkan kualitas.

Bukan hanya sebuah produk yang di ciptakan dengan merk sendiri, namun branding mencakup arti yang jauh lebih luas.

Mempopulerkan brand secara online, akan berdampak nyata secara real di dunia nyata. Menciptakan image, reputasi sebuah nama atau brand yang secara tidak langsung akan menciptakan rupiah.

Nah kita akan telusuri lebih jauh bagaiamana internet marketing atau pemasaran online ini bisa berjalan dengan lebih sempurna sesuai rencana.

Branding secara online dilakukan untuk mencakup jaringan yang luas tanpa batas. Promosi yang dilakukan secara online bisa di akses oleh siapa saja dan dari mana saja seluruh dunia.

Mengelola secara online juga tak ada bedanya. Bisa kapan saja darimana saja tanpa batas.

Membuat website sendiri

Banyak orang mengatakan bagaimana cara mengeluarkan modal bisnis sekecil mungkin, tetapi bisa menghasilkan sebesar mungkin. Ini sama sekali bukan mustahil.

Bayangkan saja jika kita sudah memiliki produk untuk di jual, tetapi belum memiliki toko atau ruko di tempat yang strategis sebagai tempat penjualan kita.

Bagaimana kita akan menjualnya? Jika membeli ruko atau toko di tempat yang strategis sudah bisa di pastikan kita harus mengeluarkan dana yang besar

Jika menyewa sebuah ruko bisa di pastikan kita harus mengeluarkan dana sampai puluhan juta rupiah. Lalu bagaimana jika tidak ada dana untuk itu?

Membuat website sendiri adalah salah satu solusi yang mungkin bisa Anda coba. Kita tidak perlu mengeluarkan dana yang besar

Cara membuat website mudah hanya beberapa langkah saja. Anda bisa menggunakan link berikut untuk mulai membuat blog sendiri

Dengan memiliki website sendiri, kita akan lebih mudah mempromosikan usaha kita secara online untuk mendatangkan konsumen dengan jangkauan yang lebih luas

Strategi online marketing (pemasaran online)

Konsumen adalah sebuah target pemasaran kita. Artinya kita harus fokus memprioritaskan konsumen. Apa yang di butuhkan oleh calon pelanggan kita.

Membangun komunikasi yang baik dengan calon pelanggan kita, menciptakan kenyamanan dalam berkomunikasi dan selalu berusaha menjadi lebih dekat dengan mereka.

Membangun dan meningkatkan kepercayaan yang lebih dan menciptakan reputasi yang baik di mata mereka. Memberikan pelayanan yang maksimal merupakan hal penting untuk memulai membuat jaringan dalam jangkauan konsumen yang lebih luas.

Bayangkan jika kita adalah seorang customer sebuah produk. Bagaimana pola pikir kita jika dalam posisi pelanggan.

Bagaimaka kita bisa menemukan apa yang kita cari, apa yang kita inginkan, apa yang kita butuhkan merupaka langkah berikutnya yang harus di susun rapih dalam bagan pemikiran.

Pikirkan bagaimana cara kita menemukan produk tersebut, bagaimana kita memutuskan untuk jadi membeli produk tersebut?

Hal penting dalam strategi online marketing

SEO dan SEM

SEO adalah teknik dasar sebagai bentuk optimasi pada mesin pencari untuk mempermudah mesin pencari menemukan produk kita.

SEM juga bagian dari SEO itu sendiri  yang merupakan versi berbayar dari SEO.

Sebagai contoh, kita membayar Google untuk menampilkan iklan di mesin pencari google. Dengan harapan akan mendorong lalu lintas yang memungkinkan orang akan tertarik mengklik dan mengarah ke halaman produk kita.

SEM hampir sama system kerjanya dengan PPC ( pay per clik ) yang banyak tersebar di internet seperti Adwords yang kini telah menjadi Google Ads

Sementara SEO itu sendiri terbagi menjadi 2 kategori yaitu SEO on page dan SEO off page

1.SEO on page

SEO on page adalah teknik yang di lakukan untuk mengoptimalkan sebuah halaman atau konten post pada situs yang fungsi utamanya ditujukan untuk mesin pencari

Jadi ketika ada seseorang mencari suatu produk maupun sebuah informasi di mesin pencari seperti Google search misalnya, hasil SEO on page inilah yang akan membuat sebuah konten ditampilkan.

Melakukan optimasi pada halaman situs merupakan hal yang sangat penting. Karena akan berpangaruh pada seberapa mudah menemukan konten kita, traffic dan peringkat di mata mesin pencari.

Beberapa hal penting dalam SEO on page yang harus kita perhatikan seperti

  • Kesalahan perayapan

Jika terjadi kesalahan perayapan atau tautan rusak ini akan mengakibatkan lading lambat, rasio pentalan ( bounce rate ) naik karena calon visitor pergi, peringkat di mesin pencari dan dampak trafik negatif yang cukup besar.

Segera perbaiki jika hal ini terjadi. Kita bisa menghilangkan kesalahan ini dengan masuk ke webmaster tool yang kita gunakan. Misalnya webmaster tool Google

  • Keywords

Menggunakan keyword yang kurang tepat juga akan mempengaruhi bagaimana bot perayapan pada mensin pencari susah untuk menemukan konten kita.

Akibatnya sebuah konten yang sudah kita buat tidak akan pernah muncul namun akan terus tenggelam tanpa mendapat peringkat.

Banyak sekali internet marketing tool yang bisa kita gunakan salah satunya tool untuk reset keywords ketika kita hendak menulis sebuah konten.

  • Optimasi halaman

Optimasi halaman yang kurang menarik juga menyebabkan calon visitor kita tidak melakukan klik untuk menuju konten kita.

Buatlah judul tag dan deskripsi meta semenarik mungkin agar ketika di tampilkan oleh mesin pencari Google bisa membuat orang penasaran untuk mengklik dan menuju blog kita

  • Kecepatan Loading

Lambatnya sebuah situs maupun halaman post juga sangat berpengaruh pada calon pengguna. Mereka akan cepat cepat meninggalkan kita dan mencari yang lebih baik.

Belakangan ini lebih banyak orang berselancar di dunia maya baik untuk mencari informasi, membaca berita maupun menggunakan media sosial dengan mengandalkan smartphone.

Oleh karena itu kini dengan mudah kita bisa mengoptimasi blog kita agar lebih cepat memuat halaman ( fast loading ) dengan menggunakan fitur amp.

Blog dengan platform WP dengan mudah menggunakan plugins AMP untuk platform blogger atau yang lainya anda bisa mencari informasinya di pencarian Google.

2.SEO  Off page

SEO off page merupakan kebalikanya dari SEO on page yaitu betuk optimasi sebuah halaman yang lebih di tunjukan untuk pengguna itu sendiri.

Walaupun begitu, SEO off page juga tetap berpengaruh besar dimata mesin pencari. SEO off page di tekankan pada isi konten itu sendiri

Hal hal lainya yang juga berpengaruh disini  seperti tautan internal maupun eksternal. Semakin baik hal ini di buat, semakin banyak aktifitas pengguna maka semakin naik peringkat sebuah situs di mata mesin pencari.

Content marketing

Di sinilah kita harus menciptakan dan membuat konten berkualitas yang lebih bernilai untuk didistribusikan kepada calon pelanggan kita.

Membuat ulasan secara mendetail, review produk yang akurat di sertai dengan bentuk visual yang lebih menarik untuk memperkuat tentang produk tersebut.

Ini adalah cara terbaik dari pemasaran online di mana kita akan membuat orang tertarik untuk  melihat, membaca bahkan membeli produk produk yang kita tawarkan.

Promosi media sosial

Kita bisa menggunakan satu atau beberapa akun untuk melakukan sebuah promosi di media sosial.

Dengan begitu kita bisa terlibat dengan pelanggan, membangun hubungan yang baik, dan bisa saja kita kemudian mengirim produk, informasi maupaun layanan kita secara uptodate

Iklan PPC (pay per clik)

Yaitu membayar iklan hanya jika iklan kita ada yang melakukan klik saja. Ini hampir sama dengan iklan mesin pencari.

Bedanya ini tidak terbatas pada mesin pencari Google beberapa pesaingnya saja. Tapi sebagian besar jaringan media sosial memungkinkan kita bisa membuat iklan yang terintegrasi otomatis.

Jadi memungkinkan kita hanya membayar per klik sebuah tautan ke arah situs web kita jika ada yang melakukan klik pada link tautan tersebut

Membangun Afiliasi

Yaitu sejenis pemasaran rujukan di mana kita bisa berbagi keuntungan dengan sesama pemasar sebagai pertukaran untuk mempromosikan produk kita dengan produk lainya

Misalnya kita mempromosikan sebuah produk dari situs tertentu, begitu juga kita akan memberikan produk kita untuk di promosikan pada situs tersebut.

Email marketing

Email juga merupakan jurus ampuh dan efektif untuk pemasaran online secara gratis.Kita bisa dengan meminta izin untuk menghubungi mereka, agar kita bisa mengirim email kepada mereka kapan saja jika kita memiliki hal hal baru maupun produk terbaru kita.

Kita bisa menawarkan produk kita dan meminta mereka untuk membeli, atau bisa saja merekomendasikan untuk menyimpan email kita untuk di buka kembali suatu saat jika di perlukan.

Sampai disini kita sudah memiliki gambaran seberapa besar dan luas marketing online sebenarnya. Semoga bermanfaat

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.