Menu Tutup

Cara membuat toko online menggunakan Opencart

Rating

Kali ini saya akan  menulis cara membuat toko online untuk pemula yang menggunakan platform gratis yaitu Opencart

Dari mulai penginstalan baik secara online maupun ofline,input plugin plugin yang diperlukan,settingan dashboard Administrator sampai bisa di gunakan untuk berjualan.

Setelah sebelumnya saya menulis beberapa perbedaan toko online atau biasa disebut eCommerce

Cara membuat toko online menggunakan Opencart

 

Kebetulan CMS opencart sudah cukup maksimal untuk di gunakan secara profesional karena sudah support plugin Transfer BANK lokal seperti BCA,Mandiri,BRI,BNI dan lain lain begitu juga sistemnya sudah terintegrasi dengan jasa pengiriman seperti Jne, Pos,Jnt dan lain lainya

Jadi di checkout ketika belanja biaya pengiriman sudah terhitung secara otomatis dan bisa cek dulu perkiraan biaya kirim sebelum anda melakukan transfer pembayaran dari belanjaan tersebut .

Karena ini untuk pemula atau belajaran jadi kita akan membuat toko online di localhost yaitu komputer kita terlebih dahulu. Jadi saya tidak menyarankan untuk langsung sewa hosting dulu.

Kecuali mau menggunakan hosting gratisan disini : 10 hosting gratis terbaik 2017 dengan atau tanpa cpanel

Nah jika  anda tertarik dan ingin membuatnya.. yuk ikuti tutorial cara membuat toko online menggunakan Opencart.

file pendukung yang harus disiapkan:

1.Download Opencart.

Opencart adalah cms yang mungkin di khususkan untuk membangun situs situs jual beli atau toko online. Silahkan download di situs resminya Opencart

2.Download Xampp.

Digunakan untuk instalasi secara ofline di komputer anda sebelum di onlinekan (Rekomendasi kalau untuk pemula) silahkan download Disini

3. File Extensi.

Digunakan untuk memparcantik tampilanya silahkan nanti download si situs opencart sesuai yang dibutuhkan.

2 Cara instal Opencart

  • Instal di Localhost/offline di komputer sendiri
  • Instal di webHosting

Cara instalasi opencart di localhost/ofline.

1.Instal Xampp

Instal Xampp terlebih dahulu,kalau sudah,silahkan buka atau jalankan Xampp sampai muncul tampilan seperti ini:

 

Perhatikan gambart diatas, Apache harus on muncul warna hijau dan di sebelahnya muncul angka2 dan tulisan start berubah mendadi Stop.

kalau belum klik tulisan Start sampai berubah mendai Stop. Begitu juga pada baris ke 2 yaitu MySQL caranya sama. Yang lain silahkan biarkan saja

2.Ekstak Cms Opencart

Kalau cara di atas sudah, buka Opencart yang sudah di download tadi lalu Extract ke sebuah folder atau biasanya folder tersebut otomatis bernama opencart v xxx. Buka folder tersebut lihat ada sebuah folder Upload .

Nah isi folder itulah yang mau kita instal, biar gampang ubah nama folder upload itu sesuai keinginan anda misalkan saya ubah menjadi toserba.

Kalau sudah , silahkan copy folder  tersebuta lalu paste di sebuah folder htdocs. Letaknya di Localdisk  C:\xampp\htdocs\

3.Membuka phpmyadmin

Jika langkah di atas sudah dilakukan, kita mau bikin database dulu sebelum penginstalan silahkan ketik di bar browser anda
http://localhost/phpmyadmin/
lalu klik


Maka akan muncul tampilan seperti gambar atas

4.Membuat Database di localhost

Untuk membuat database silahkan klik tulisan new di kolom kiri kemudian muncul tampilan berikut

silahkan tulis nama database anda , saya pake toserba seperti gambar diatas. Kalau sudah,nama database anda akan muncul di kolom kiri dengan field yang masih kosong.

5.Menginstal opencart di komputer

Melanjutkan tahap penginstalanya,ketik di bar browser anda sesuai dengan nama folder yang anda buat tadi, yang tadi anda copy di folder htdocs.

Sekarang kita akan memanggilnya di browser dengan cara ketik: http://localhost/namafolder kalau saya misal http://localhost/toserba kemudian klik maka akan muncul tampilan instalasi berikut:

Lalu klik continue maka akan di bawa ke tampilan berikut:

 

Di tampilan di atas pastikan semua tercentang hijau dan tertulis writable berwarna hijau, jadi jangan ada yang berwarna merah. kalau sudah klik continue

Perhatikan gambar di atas, yang di isi nama database aja karena ini di localhost/offline tapi kalau di web hosting harus diisi semua dan di ubah sesuai penyedia hostingnya.
Kolom admin biarkan saja, isi email dan pasword ini wajib.Karena nanti buat login ke penel Administrator. lalu klik

Akan muncul tampilan seperti ini:

Yang artinya anda sudah berhasil mengintal opencart di localhost atau komputer anda.

Untuk masuk ke panel admisnistrasi/sebagai pemilik klik Login to your Administration, Username dan paswordnya yang tadi anda buat di akhir instalasi tahap 4.

Tampilan utama Opencart

Untuk melihat tampilan toko onlinenya klik Go to your online shop

Ini adalah tampilan halaman utamanya. Yang di bagian atas terdapat gambar slide dari produk yang kita inginkan misalnya produk unggulan, produk terbaru dan lain lain terserah kita saja.

Jika di gulir ke bawah, maka akan menampilkan bermacam produk yang di jual. Semua tampilanya bisa di custom, di atur sesuai keinginan kita.

Lihat gambar di atas, pada bagian yang paling bawah kita bisa menampilkan brand/ merk  dan bisa di edit, di ubah susuai keinginan kita.

Kita bisa mengcustomisasi opencart yang sudah di instal di komputer kita. Mempercanti tampilan, mensetting dan mengedit sedemikian rupa hingga sampai tahap akhir uji coba.

Untuk edit edi, test, tambah modul, percantik tampilan silahkan masuk keadministrasi dan download yang di butuhkan di situs resmi Opencart

(update) Untuk menginstal opencart di hosting, caranya sama dengan cara menginstal wordpress silahkan baca : Cara membuat blog menggunakan wordpress

Tetapi jika tidak mau mengistal ulang opencart di hosting, sebenarnya kita bisa menggunakan Opencart yang tadi di instal di komputer kita.

Jadi setelah di upload nanti tampilanya sudah jadi dan sama persis sesuai yang ada di komputer kita. Intinya kita tinggal menggunakan secara online saja.

Jika mau seperti itu, Kita hanya perlu mengupload file opencartnya saja. Lalu kita ubah sedikit settingan pada nama database ( usahakan di samakan agar tidak merubah rubah lagi).

Demikian cara instal opencart di localhost secara offline, semoga tutorial ini bermanfat, dan bisa di mengerti hingga bisa berhasil di praktekan oleh anda..

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.