Menu Tutup

Arti E Wallet ,kekurangan dan kelebihanya didunia bisnis

e wallet

Arti e wallet adalah salah satu alternatif pembayaran secara tradisional. Anda dapat mendaftar secara online, caranya pun sangat mudah.  Dengan menggunakan e walet anda dapat melakukan pembayaran atau transaksi secara online, penawaran yang sangat menarik bukan? Pembayaran yang dilakukan juga dijamin keamanannya serta anda dapat menghemat.

Fungsi dan arti e wallet sendiri adalah  mirip dengan dompet secara fisik.  E-wallet juga merupakan sebuah metode  untuk menabung dan menyimpan uang secara elektronik. Hal ini sangat banyak diminati karena memudahkan dalam berbagai proses transaksi jual beli secara online.

Di zaman yang serba canggih ini tentu banyak sekali perkembangan teknologi terkini. Salah satunya adalah adanya sistem transaksi secara online yang berupa e-wallet. E wallet sendiri merupakan salah satu bentuk uang elektronik yang dapat anda gunakan dalam bertransaksi.

Berdasarkan definisi e-wallet diatas maka anda dapat menyimpulkan bahwa sistem kerja dari e-wallet adalah dengan anda menyimpan beberapa uang anda ke akun e-wallet. Uang yang telah tersimpan menggunakan e-wallet dapat anda gunakan untuk belanja kebutuhan sehari – hari. Tentunya berbelanja di toko yang telah bekerjasama dengan penyedia jasa e-wallet.

Mengenal Lebih Dalam Mengenai E-wallet

Berdasarkan definisi dan arti e wallet maka dapat kita ketahui bahwa e wallet terdiri atas berbagai komponen perangkat lunak dan informasi. Dengannya piranti lunak menyediakan keamanan dalam hal informasi pribadi serta transaksi yang dilakukan. Pada umumnya dompet elektronik tersebut tersimpan pada sisi klien serta dapat dikelola dengan mudah.

E-wallet juga dapat disimpan pada sisi server yang sering disebut sebagai “thin wallet”. Thin wallet adalah aplikasi yang telah diproduksi oleh berbagai perusahaan dan dikelola oleh server dari perusahaan. Pada umumnya pengguna dari server ini adalah para pedagang. Hal ini dikarenakan dengan menggunakannya anda dapat terjamin kualitas keamanan serta sangat efisien.

E-wallet dapat ditemukan dalam bentuk database dari pengguna sesuai dengan data yang telah dientry. Data tersebut meliputi alamat pengiriman, alamat penagihan, cara pembayaran. Cara pembayaran menggunakan e-wallet dapat mengandung informasi yang meliputi nomor kartu kredit, tanggal jatuh tempo nomor untuk keamanan dan lain – lain.

Jika dibandingkan dengan e-wallet sisi server maka e-wallet sisi klien lebih mudah dalam menggunakannya. Setelah anda memasang perangkat lunak tersebut maka anda dapat mengentry data dan informasi yang dibutuhkan. Saat anda melakukan transaksi pembayaran di e-commerce maka secara otomatis e-wallet akan memasukkan informasi penggunannya pada form secara online.

Untuk menjamin keamanan dari pengguna maka aplikasi ini dilengkapi dengan password sehingga hanya pengguna saja yang dapat melihat informasi penting yang telah diungguh pada aplikasi e-wallet.

Salah satu kelebihan dari e-wallet sisi server adalah anda tidak membutuhkan untuk menginstal aplikasi tersebut di komputer. Beberapa hal yang harus anda lakukan adalah anda mengunjungi situs yang telah ditentukan dan telah menyediakan layanan e-wallet dari sisi server. Langkah selanjutnya adalah melakukan registrasi, lalu ikuti langkah selanjutnya yang ada di situs tersebut.

Produk E-wallet

Berikut ini adalah beberapa produk dari e-wallet yang sering dikenal sebagai payment point:

  1. Stok pulsa
  2. Token listrik
  3. PLN
  4. Telkom
  5. Payment point
  6. Pembayaran kartu kredit
  7. Pembayaran kredit sepeda motor
  8. Voucher game online dan lain – lain.

Kehadiran e-wallet juga mampu berkontribusi dalam bisnis e-commerce di Indonesia.  Banyak pilihan yang teah ditawarkan oleh e-wallet untuk membantu anda dalam melakukan transaksi.  Anda dapat dengan nyaman mendapatkan sesuatu yang anda butuhkan di pasar.

Kelebihan E wallet

Kehadiran e-wallet sebagai salah satu bentuk pembayaran non tunai kini semakin menyebar luas informasinya. Kehadirannya dapat membantu mempermudah dalam bertransaksi. Berikut ini adalah beberapa kelebihan dari e-wallet adalah:

  1. Anda dapat melakukan pembayaran di mana saja dan kapan saja tanpa mengenal batasan waktu.
  2. Transaksi yang anda lakukan adalah secara non tunai.
  3. Jenis pembayaran non tunai ini juga diperkirakan dapat mencegah berbagai macam tindakan kriminal dan beragam kasus seperti pencurian uang.
  4. E-wallet dapat digunakan untuk bertransaksi dan menambahkan saldo atau menyimpan uang yang berwujud uang elektronik
  5. Batas maksimal untuk saldo yang disimpan pada e-wallet adalah 1 – 5 juta rupiah.
  6. Salah satu contoh e-wallet adalah dompetku plus. Fungsi dari dompetku plus antara lain adalah fungsi transaksi dan fungsi transfer.
  7. Di Indonesia sendiri telah banyak yang menggunakan e-wallet sebagai sarana untuk bertransaksi. Diantaranya adalah BCA, FLAZZ, Mandiri E-TOLL, Bank DKI JakCard, Telkomsel Cash atau T-Cash,  Indosat I-Pay dan lain – lain.
  8. Salah satu contoh e-wallet adalah UANGKU yang dikeluarkan oleh PT. Smartfren Telecom Tbk.
  9. IPOTPAY.

IPOTPAY merupakan sebuah aplikasi yang bermanfaat bagi anda untuk berbelanja. Selain itu, anda juga dapat menggunakan aplikasi tersebut untuk memenuhi keperluan anda seperti belanja online, untuk membayar tagihan, membeli barang kebutuhan anda, transfer uang dan lain – lain.

Jenis tagihan yang dapat anda bayarkan melalui IPOTPAY antara lain adalah sebagai berikut,      kartu kredit, tagihan listrik, BPJS Kesehatan dan lain – lain. Anda juga dapat mentransfer uang tanpa mengeluarkan biaya ke semua jenis bank yang ada.

Berikut ini adalah beberapa jenis alat pembayaran non tunai yang terbagi atas tiga kelompok utama seperti berbasis kartu, berbasis warkat dan berbasis elektronik. Salah satu caranya adalah dengan menggunakan pembayaran non tunai e-wallet atau yang populer dengan nama uang elektronik.

Uang elektronik dapat dicairkan menjadi uang tunia melalui ATM atau melalui rekening bank. Uang tersebut merupakan saldo e-wallet yang dapat anda gunakan dalam bertransaksi, selain itu anda pun dapat menambahkan saldo dalam e-wallet.

E-wallet sendiri telah muncul sejak 2012 silam, namun masyarakat di negeri ini belum banyak menggunakannya. Kini baru – baru ini telah mulai banyak yang menggunakan e-wallet sebagai salah satu fintech atau finansial technology yang telah populer. Dengan menggunakan e-wallet maka anda dpat merasakan berbagai macam keuntungan dan praktis untuk digunakan.

Anda dapat menggunakan smartphone anda untuk melakukan beragam transaksi e-wallet, sangat praktis bukan? Selain itu,  setiap periode tertentu anda akan mendapatkan promo diskon yang berasal dari merchant yang telah bekerjasama dengan e-wallet.

Kelemahan E wallet

Berikut ini adalah beberapa kelemahan dari e-wallet yang harus anda ketahui:

  1. Saldo pada e-wallet hanya berfungsi untuk berbelanja atau membayar tagihan saja.

Anda harus rajin menambahkan saldo jika anda menggunakan e-wallet untuk berbelanja. Selain itu, uang anda juga tidak akan bertambah atau berkurang saat anda tidak menggunakan e-wallet untuk melakukan transaksi.

  1. Anda hanya dapat menggunakan transaksi e-wallet di merchant tertentu. Hal ini membatasi ruang gerak belanja anda. Apabila anda ingin berbelanja di toko yang tidak menyediakan kerjasama dengan e-wallet maka anda harus membayar dengan tunai.
  2. Uang pada e-wallet tidak dapat dicairkan karena uang tersebut hanya dapat digunakan untuk berbelanja saja.

Itulah definisi dan arti e wallet serta apa fungsi dan kegunaan e wallet untuk bisnis Anda.

Artikel Terkait :

Rating

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.