Kategori: Aplikasi

Kekurangan dan kelebihan 3 aplikasi editor video gratis

Pada tulisan kali ini kita pengin bahas kekurangan dan kelebihan 3 aplikasi editor video gratis yaitu Power Director, Kine Master dan Viva Video.

Tak bisa dipungkiri bahwa di tahun 2015 ke atas, youtuber lokal maupun dunia mulai menjamur hingga tahun 2021 sekarang ini semakin bertambah pesat

Banyak Youtuber pemula yang mulai menjajal kemampuan berkarya di dunia visual dan berlomba lomba bersaing di dunia hiburan

Apalagi di jaman ini semua serba mudah dan tidak memerlukan biaya yang mahal jika kita mau membuat sebuah konten video youtube.

Smartphone sudah cukup canggih untuk memenuhi kebutuhan pembuatan konten. Dan sudah hampir semua orang memilikinya.

Aplikasi untuk edit video yang bagus dan mumpuni sudah tersedia secara gratis di Google Playstore maupun Appstore

Kita tinggal mendownload dan langsung bisa di gunakan dengan mudah dari yang gratisan sampai yang berbayar.

Nah disini kita akan membadingkan kekurangan dan kelebihan beberapa aplikasi editor video yang menurut kami paling banyak di gunakan.

Berikut perbandingan dari ketiga aplikasi tersebut yang sudah kami pilih dan uji versi gratisnya

1.Kine Master

Aplikasi edit video yang satu ini sangat populer karena memiliki antar muka yang sederhana, mudah di gunakan, fitur fiturnya bagus dan tentunya gratis.

Keunggulan paling menonjol dari aplikasi Kine Masteradalah bisa export video yang panjang, dengan kualitas gambar full HD dengan resolusi tinggi 1920 x 1080p.

Selain itu, Kine master juga memiliki fitur Croma yaitu menghilangkan green screen atau background hijau.

Biasanya croma digunakan untuk edit icon atau tombol subscribe dan lonceng youtube yang biasanya tersedia dengan warna latar hijau.

Kelebihan lainya adalah interface yang sederhana sehingga kita bisa dengan mudah memahami dan cepat menguasai penggunaanya.

Kekurangan dari Kine Master adalah minimnya template teks untuk judul maupun tulisan lainya yang keren.

Di Kine Master versi gratis untuk teks masih tergolong sangat sederhana.

Tapi secara keseluruhan Kine master tetap paling recomend karena sudah FHD 1920 x 1080p dan fitur Croma yang biasanya hanya tersedia di versi berbayar.

Untuk versi berbayar dengan kemampuan full, Kine Master mematok harga 65rb perbulan atau 359rb per tahunya.

Related Post

2.Power Director

 

Aplikasi Power Director merupakan salah satu aplikasi editing yang memiliki fitur yang paling lengkap dan termasuk mudah di gunakan.

Kelebihan Power Director adalah fitur fiturnya yang sangat komplit untuk keperluan editing.

Keunggulan paling menonjol adalah menyediakan templat Teks untuk pembuatan judul maupun tulisan lain yang super bagus.

Begitu juga dengan efek efek yang disediakan secara gratis juga sudah layaknya profesional.

Kekurangan dari aplikasi editing ini adalah kita hanya di ijinkan untuk meng ekport video dengan resolusi 720p untuk versi gratisnya.

Selain itu, fitur Cromakey juga hanya bisa di gunakan untuk versi berbayarnya saja.

Tapi secara keseluruhan Power Director bisa bisa menjadi pilihan terbaik walau secara kualitas video masih di bawah Kine master namun dari sisi tampilan masih lebih unggul

Untuk Versi berbayar, Power Director mematok harga 47rb perbulan atau 329rb per tahun

3 Viva Video

Editor Viva Video juga meiliki fitur fitur yang tak kalah lengkap. Bahkan mungkin lebih lengkap dari kedua editor di atas.

Kelebihanya adalah memiliki converter, template yang bagus dan efek efek yang tidak dimiliki editor lain untuk versi free

Fitur slide show yang tertanam juga menambah semakin lebih unggulnya aplikasi ini.

Menu Croma untuk menghilangkan green screen juga sudah tersedia secara gratis

Namun begitu, Viva Video juga memiliki beberapa kekurangan salah satunya adalah pembatasan durasi eksport video yang kurang panjang dibanding yang lainya.

Antarmuka aplikasi editor video ini juga termasuk kurang friendly khususnya bagi pemula yang belum terbiasa khususnya di menu halaman awal dan beberapa menu lainya.

Namun di area editing saya rasa masih sama hanya saja belum bisa secara otomatis posisi hp di miringkan atau fullscreen berbeda dengan kedua aplikasi sebelumnya.

Tapi secara keseluruhan aplikasi yang satu ini juga sudah sangat bagus untuk edit edit foto maupun video secara gratisan

Post ini telah di update pada 29 Mei 2021 01:25

Share
Disqus Comments Loading...