Menu Tutup

Tips agar printer tetap awet dan tidak mudah error

catridge printer hp
Rating

Setelah beberapa waktu lalu saya menulis tentang masalah dan solusi printer deskjet seri 2135 all in one, kali ini saya menulis beberapa tips bagaimana merawat printer agar tetap awet dan catridge tidak mudah error.

Kita mungkin sepakat bahwa printer termasuk salah satu benda elektronik yang terbilang sensitif.

Mudah error terutama pada catridge yang tidak terdeteksi, tinta yang sering macet karena kering, ataupun hasil cetakan yang tidak sempurna karena tinta yang berlebihan

Merawat printer agar tetap awet

Nah beberapa tips berikut ini mudah mudahan bisa sedikit membantu Anda saat printer anda bermasalah, ataupun baru membeli agar printer anda tetap bagus.

catridge printer hp
sumber suport.hp
  • Gunakan tinta standar

Kita tahu bahwa setiap merk printer memiliki bawan jenis tinta standar, yang biasanya tidak bisa digunakan pada printer merk lain.

Beberapa alasanya adalah karena tingkat kekentalan tinta di setiap merk printer berbeda beda dan sudah di sesuaikan dengan standar pabrikan masing masing.

Jadi gunakanlah tinta printer sesuai standarnya masing masing. Ini sangat di rekomendasikan.

Sebenarnya ada banyak jenis tinta universal yang bisa di gunakan untuk beberapa merk printer dan harganyapun lebih murah. Tetapi menurut pengalaman, tidak sebagus tinta khusus dari sisi kenyamanan pengguna.

Jika kita pintar pintar mengakali akan timbul beberapa masalah seperti output tinta kurang lancar, terkadang juga terlalu deras dan berlebihan, kadang kadang juga tidak seimbang antara warna yang satu dengan yang lainya.

Hal hal tersebut akan bisa menimbulkan masalah pada printer,seperti catridge menjadi error dan tidak terbaca karena tinta berlebihan, hasil cetakan yang kurang bagus, kadang cetakan bergaris, dan bermacam masalah lainya.

Namun disisi lain kita bisa lebih hemat karena harganya memang lebih murah, banyak pilihan tinta universal hingga mudah untuk mendapatkanya.

Jadi jika Anda ingin menggunakan tinta refill maka pintar pintarlah mengakali saat pengisian tinta pada catridge yang digunakan.

  • Lakukan isi ulang tinta dengan benar

Isi ulang tinta pada catridge hendaknya dilakukan dengan benar dan sesuai porsi masing masing catridge terutama untuk tinta refil tanpa infus. Yaitu isi ulang tinta yang di suntik langsung ke dalam catrige.

Ada beberapa jenis printer yang belum tentu bisa di buat infus. Tetapi harus menyuntikan tinta langsung kedalam catridgenya.

Oleh karena itulah isi tinta sesuaikan batas maksimal kapasitas catridge itu sendiri. Jika terlalu penuh biasanya akan terjadi kebocoran dan mengakibatkan tinta berlebih dan tercecer kemanan mana.

Jika mengenai pin catridge, hal tersebut bisa mengakibatkan catridge korsleting, error hingga mengakibatkan tidak terbaca oleh sistem dan tentunya harus ganti yang baru jika tidak cepat cepat di bersihkan.

  • Hindari kotoran masuk ke dalam printer

Debu mudah masuk kedalam printer melalui baki input kertas. Setelah masuk debu debu dah kotoran lain akan mengendap di dasar dan mudah terseret oleh kertas kemudian menempel pada roller.

Jika ini terjadi, memungkinkan perputaran roller printer akan terganggu dan bisa menimbulkab masalah paper jam atau ketas macet. Oleh karena itu, hindarilah debu masuk kedalam printer.

Namun jika sudah terlanjur ada kotoran yang masuk, Anda bisa membersihkan roller tersebut menggunakan cairan pembersih khusus printer menggunakan kapas atau tissue lembut.

Bisa juga anda membersihkan roller printer menggunakan alat pembersih khusus yang bisa anda beli di toko  toko.

  • Servis Printer ( maintenance )

Servis ringan bisa dilakukan sendiri, salah satunya adalah rajin membersihkan printer dari kotoran ,maupun dari tinta berlebih yang berceceran di dalam printer tersebut.

Jika tinta berlebih sudah terlalu banyak mengendap, Anda bisa mencuci dengan membongkarnya terlebih dahulu kemudian memisahkan komponen elektoniknya dengan plastik atau boxnya.

Namun ingat, Anda harus melakukan ini dengan hati hati. Jangan sampai air mengenai komponen elektroniknya.

Pastikan anda juga mengeringkan terlebih dahulu sebelum memasang semua komponenya kembali.

  • Mengganti catridge

Salah satu bagian printer yang mudah rusak adalah catridge. Oleh karena itu jika sudah kurang optimal, sebaiknya anda menggantu yang baru.

Begitu juga komponen yang lain seperti Encoder yang biasanya mudah terkena tinta yang menyebabkan hasil print kurang bagus bahkan bergaris karena diakibatkan oleh sensor pada Ecoder yang tidak maksimal

Encoder susah di bersihkan. Oleh karena itu jika sudah kotor sebaiknya ganti yang baru. Encoder printer banyak tersedia di pasaran dengan harga yang murah

  • Hindari memegang kuningan pin catridge

Seperti pada video support hp, di jelaskan bahwa sebaiknya kita jangan memegang secara langsung.

Hal ini bisa menyebabkan catridge error karena daya sensitifitas cukup tinggi pada pin kuningan catridge

Jadi jika kotor, bersihkanlah dengan tissue atau kapas lembut secara perlahan. begitu juga pada pin yang terdapat di rumahan catridge.

Selain menyentuh langsung kuningan catridge, kita juga tidak di perbolehkan membuka kuninan pin tersebut. Ini bisa berakibat fatal bahkan mati total

Itulah sedikit tips agar printer tetap awet dan catridge tidak mudah error. Semoga membantu

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.