Menu Tutup

Agar bisnis cepat sukses coba sistem bisnis franchise

Di era modern seperti ini, banyak pebisnis pebisnis baru bermunculan. Mereka kebanyakan menggabungkan bisnis nyata (real) dan online. Bagaimana agar bisnis cepat sukses seperti mereka ?

Sebelum kita lanjutkan, kita akan tunjukan contoh contoh bisnis sukses, yang bisa kita lihat di sekitar kita.

Beberapa diantaranya tidak mengeluarkan modal yang besar. Tetapi dengan modal yang relatif kecil bisa mendapat keuntungan lebih

Apa rahasia bisnis sukses mereka?

Yuk ikuti perlahan pembahasanya mudah mudahan ini akan menginpirasi Anda semua. Dengan modal sesuai kemampuan, Anda akan mampu melakukanya

Contoh bisnis sukses

Banyak sekali contok bisnis yang sudah berhasil di sekitar kita. Bahkan mungkin Anda sehari hari berada di sana, mungkin bekerja di sana atau belanja di sana.

Di antara Anda mungkin ada yang saat ini bekerja di minimarket seperti Alfa dan mini market sekelasnya

Anda juga pasti tahu banyak tempat makan kesukaan misalnya seperti Chicken dan banyak juga Restoran Chicken yang lainya

Nama nama di atas merupakan sebuah jaringan bisnis yang sukses. Mungkin anda berpikir katanya tidak ada masalah pada modal tapi kok yang di tunjukan untuk bisnis besar dengan modal yang besar.

Betul. Saya sengaja menujukan nama nama di atas untuk mempermudah saja. Karena nama nama bisnis di atas kebanyakan orang sudah mengetahuinya.

Jadi bukan saya sedang menganjurkan kepada Anda untuk membuka usaha Mini mart, tetapi yang ingin saya sampaikan adalah bagaimana usaha usaha di atas bisa sukses.

Hampir semua nama bisnis di atas, menggunakan metode dagang , strategi dagang , strategi pemasaran , yang hampir sama yaitu waralaba atau Franchise

Walaupun ada beberapa yang sistemnya bermitra. Namun secara umum,hampir keseluruhan pada intinya menggunakan cara yang sama. Ya Strategi bisnis waralaba

Cara binis waralaba atau bisnis franchise

Saya tidak akan membahas secara detail dari bisnis waralaba atau bisnis franchise ini. Saya hanya ingin mengulas intinya saja agar anda bisa menemukan ide bisnis yang di sesuaikan dengan ide anda.

Franchise merupakan bahasa Perancis yang inti artinya adalah hak dan kebebasan. Dalam hal bisnis, aslinya bisa berarti hak hak untuk menjual suatu produk, jasa atau layanan.

Dalam dunia bisnis Indonesia franchise disebut juga waralaba yaitu sistem pendistribusian barang, jasa maupun layanan kepada customer (pembeli) melalui sebuah jaringan baik secara personal atau perusahaan untuk melakukan bisnis menggunakan Brand, nama, sistem, prosedur dan cara cara yang di tetapkan dalam jangka waktu tertentu dan meliputi wilayah tertentu sesuai perjanjian

Jadi kalau saya gambarkan secara sederhana waralaba atau franchise begini, kita memulai berbisnis sesuatu dengan menginduk kepada seorang pebisnis, atau perusahaan dan semuanya kita mengikuti cara dan aturan bisnis tempat kita menginduk dengan kotrak dalam jangka waktu tertentu.

Dengan cara waralaba akan sama sama menguntungkan. Karena seperti yang sudah saya sebutkan diatas misalnya *mart.

Pencipta *mart membangun bisnis dengan sistem waralaba. Maka kita bisa saja memiliki mart di daerah kita dengan menginduk kepada pencipta mart tersebut dengan sebuah perjanjian.

Misalnya nih mart mematok harga 500 juta jika kita ingin memiliki mart di daerah kita. Nah nanti dari uang 500juta itu kita akan di suplai barang, pegawai, perangkat, peratalan, peraturan dan cara cara penjualan maupun harga persis seperti alafamart di pusatnya.

Biaya 500juta ini juga meliputi branding yaitu nama mart dalam jangka waktu yang telah di tentukan misalnya selama 5 tahun.

Selain itu biasanya kita juga harus membayar semacam bagi hasil misalnya sekian persen, atau di tentukan misalnya tiap bulan kita harus bayar setoran sebesar 5juta sesuai perjanjian.

Keuntungan bisnis waralaba ( franchise )

Keuntungan bagi si pencipta bisnis franchise adalah, misal dari nominal juta tadi hanya di belanjakan sebesar  95% saja untuk di kirim kepada kita yang daftar mart tadi.

Dari contoh kasus di atas berarti si pencipta bisnis franchise mart misalnya, sudah punya keuntungan sebesar 5%

Keuntungan kedua, si pencipta bisnis franchise mart akan dapat setoran sebesar sekian persen perbulan selama masih terikat kontrak tadi misalnya 5 tahun.

Keuntungan ke tiga, si pencipta bisnis waralaba akan menyuplai barang selama kontrak berjalan. Dan dari setiap item barang, sudah di markup atau di naikan harganya terlebih dahulu.

Nah dari ketiga poin di atas Anda bisa menghitung berapa besar keuntungan bagi si pencipta bisnis waralaba bukan?

Itulah 3 keuntungan terbesar bagi si pencipta bisnis waralaba. Lalu apa kuntungan bisnis waralaba bagi yang menginduk ke pusatnya?

Keuntungan pertama adalah kita tinggal pakai saja. Karena barang barang, peralatan, Branding dan pegawai sudah di sediakan. Kita hanya menyediakan tempatnya saja.

Keuntungan bisnis waralaba kedua adalah merek kita sudah di kenal orang. Jadi memungkinkan barang akan tetap laku di jual.

Keuntungan ketiga berbisnis franchise adalah, harga jual sudah di setting yang di sesuaikan untuk memberi laba kepada kita.

Keuntungan keempat, Ini bisa menjadi batu loncatan untuk menciptakan sistem bisnis waralaba sendiri setelah kontrak berakhir dan tidak ingin memperpanjangnya.

Sampai disini, kita sudah memiliki gambaran bagimana agar bisnis kita cepat sukses . Jadi kesimpulanya adalah kita harus membangun sistem bisnisnya, strategi bisnisnya atau sistem marketing bisnisnya terlebih dahulu.

Nah sekarang kita membahas bagaimana memulai bisnis kita agar bisnis cepat berhasil dan sukses dengan modal yang minim di sesuaikan dengan kemampuan kita.

Cara memulai bisnis modal kecil agar bisnis cepat sukses

Jika Anda berminat membuka bisnis , strategi bisnis waralaba merupakan pilihan yang bagus. Bagaimana jika anda punya modal keci? misalkan di bawah 5 juta.

Semuanya tentu kembali kepada diri kita sendiri. Artinya temukan potensi diri anda, apa yang memungkinkan bisa anda kerjakan. Temukan peluang bisnis pada diri anda sendiri.

Sebagai contoh, jika anda memang suka berniaga, anda termasuk orang yang supel, pandai bergaul, pandai berbicara dengan orang lain walaupun baru dikenal, mungkin memang anda cocok untuk berdagang

Jika anda sudah menemukan potensi pada diri anda misalnya berjualan. Lihat peluang apa yang bagus di tempat anda, atau di lokasi yang anda inginkan. Anda bisa survey lokasi dulu.

Dari contoh kasus waralaba mart di atas, Anda memilih menciptakan bisnis waralaba sendiri, atau menginduk terlebih dahulu untuk belajar sebagai permulaan.

Karena langsung menciptakan sendiri tentu saja keuntunganya lebih besar. Tetapi butuh ektra kerja keras untuk mempopulerkan brand atau merek anda.

Jika anda ingin aman, anda bisa menginduk dahulu dan menggunakan brand orang lain dengan sistem waralaba dalam waktu sesuai kesepakatan dalam perjanjian.

Untung rugi bisnis waralaba

Jika memutuskan menginduk dahulu, ini keuntunganya kecil. Tetapi tingkat resiko juga lebih kecil. Ini lebih aman jika anda memang ingin memulai bisnis namun benar benar dari nol.

Tapi jika anda sudah memiliki bisnis yang sudah dikenal banyak orang, sudah bisa dikatakan bagus dimata orang lain. Anda bisa mulai mengembangkan sayap menciptakan bisnis waralaba.

Saya punya kenalan, seorang penjual cireng yang kini sudah dijadikan bisnis waralaba. Sampai saat ini, sudah banyak orang yang menginduk padanya

Pertama kali berjualan cireng, dia menciptakan cireng yang berbeda dengan cireng yang di buat oleh orang lain pada umumnya.Jadi cireng yang di buat banyak nilai plusnya

Semakin lama bisnis cirengnya semakin maju dan banyak di sukai dan di kenal orang.Jika saya perhitungkan modal peralatan,bahan awal, dan tempat masih dibawah 5juta. Karena jualanya menggunakan gerobak dan lokasinya gratis di depan ruko orang lain.

Sebelum dikembangakn menjadi bisnis waralaba, taruhlah keuntungan sekitar 200 ribu perhari. Karena dihasilkan murni dari penjualan saja.

Setelah di buat bisnis waralaba, tentu saja kuntunganya bertambah banyak. Karena dari satu orang yang menginduk di patok harga sebesar 6 juta dan wajib membayar bulanan 1 juta selama kontrak

Dari harga 6 juta tersebut di berikan semua peralatan dagang yang lengkap, resep cireng, penggunaan nama merk yang sama banner branding dan bahan membuat cireng untuk pertama jualan tanpa di beri pegawai.

Kenalan saya mengantongi keuntungan 1 juta dari setiap yang daftar menginduk. Karena uang daftar 6juta hanya di belanjakan 5 juta saja.

Hitungan sederhana bisnis waralaba

Sekarang mari kita hitung hitung tambahan penghasilan kenalan saya itu dari bisnis cireng yang modal awalnya hanya sekitar 5 juta.

Jika dalam setahun rata rata ada 50 orang aktif yang menginduk, berarti teman saya punya penghasilan tambahan 50 juta dari pendaftaran.

Dari setoran bulanan 1 juta berarti kawan saya punya pendapatan 50 orang x 1juta x 12 bulan = 60juta per tahun.

Jadi jika dihitung secara keseluruhan dalam setahun kenalan saya memiliki tambahan 50 juta + 60 juta = 110 juta pertahun

110 juta itu adalah uang tambahan dari hasil waralaba. dan diluar penghasilan dari jualanya sendiri yang rata rata per hari adalan 200 ribu

Dari contoh kenalan saya di atas bisnis kita akan lebih cepat sukses jika dikembangkan dengan strategi dagang sistem waralaba atau franchise.

Hal hal penting yang perlu di perhatikan

Seperti yang sudah saya singgung di awal, selain melihat bakat kemampuan diri, pilihlah sebuah bisnis yang perputaranya cepat.

Misalkan bisnis makanan , bisnis minuman ,maupun bisnis kuliner lainya yang bisa Anda sesuaikan sendiri dengan kemampuan modal awal.

Jika anda berniat ingin menciptakan sistem bisnis waralaba di bidang makanan, yang pertama Anda harus bisa menciptakan "rasa" .karena inilah daya tarik pertama mengapa jualanya laku.

Yang penting lainya termasuk kualitas, tampilan, pelayanan dan sebagainya. Ciptakan sesuatu yang memiliki nilai plus.

Misalnya jika pada umunya cireng ya seperti itu, anda bisa menciptakan cireng isi daging, telor, ayam dengan tampilan yang lebih menarik. Inilah nilai Plus. Walaupun harga jual bisa lebih mahal

Selain dari mulut ke mulut, kita bisa mempromosikan apa yang kita ciptakan secara online untuk menarik pelanggan baru dengan jangkauan yang lebih luas.

Anda bisa mempromosikan usaha Anda menggunakan media promosi seperti membuat iklan bersponsor di fa*ebook

Bisa menggunakan media sosial, bisa juga dengan cara membuat situs maupun periklanan berbayar lainya seperti Google Ads dengan biaya yang murah dan bisa di atur

Nah itulah yang saya maksud bagaimana cara agar bisnis cepat sukses walaupaun dengan modal yang minim. Sampai hari ini, bisnis waralaba termasuk bisnis yang menguntungkan terbukti semakin banyak orang yang membuka bisnis Franchise

Semoga tulisan ini bermanfaat buat Anda, bisa menginspirasi Anda, bisa di praktekan oleh Anda dan bisa membuak anda cepat menjadi orang sukses.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.