Menu Tutup

5 Hal Yang Wajib Diperhatikan Saat Beli Hp Baru Murah

membeli hp baru

Smartphone kini menjadi kebutuhan wajib bagi hampir semua orang di zaman sekarang ini, mulai dari dewasa hingga remaja membutuhkan perangkat canggih ini. Tak hanya bisa digunakan untuk memenuhi kebutuhan komunikasi, smartphone sekarang memiliki peranan yang cukup penting.

Apalagi sekarang ini, smartphone hadir dengan kecanggihan yang akan memanjakan setiap penggunanya. Jika dahulu smartphone hanya bisa dimiliki oleh segelintir orang dari kalangan tertentu saja, namun kini kamu juga bisa memiliki smartphone dengan fitur canggih namun harga yang cukup bersahabat. Nah, buat kamu yang ingin ganti smartphone berikut ini adalah beberapa hal yang wajib diperhatikan saat membeli smartphone terbaru.

Sekarang ini banyak sekali smartphone yang beredar di pasaran dan telah mengusung teknologi serta fitur terbaru, namun jika kamu wajib memperhatikan kebutuhanmu sebelum membeli smartphone baru agar tak salah pilih, apalagi sekarang ini banyak sekali smartphone yang dijual murah namun memiliki kualitas yang tidak terlalu bagus. Jangan sampai menyesal deh karena salah pada saat membeli smartphone baru.

Biar tidak bingung saat hendak membeli smartphone baru, coba periksa apa saja yang harus kalian perhatikan di bawah ini deh, siapa tahu bisa jadi refrensi kamu ketika ingin membeli smartphone baru, biar tak hanya cocok dengan fungsi dan manfaatnya tapi juga pas di kantong.

Memilih Smartphone Dari Kelas Menengah

membeli hp baru
Hal pertama yang wajib kamu perhatikan pada saat membeli smartphone baru tentu saja adalah dengan melihat harga dan budget yang kamu miliki sebelum memutuskan untuk membeli smartphone yang sesuai dengan keinginan dan kebutuhan.

Untuk mendapatkan samrtphone yang tak hanya kamu inginkan tapi juga sesuai dengan kebutuhan dan budget yang kamu miliki, ada baiknya jika kamu lebih memilih untuk membeli smartphone dari kelas menengah.

Yang dimaksudkan dengan smartphone kelas menengah ini adalah smartphone yang dibanderol dengan harga terjangkau untuk banyak kalangan. Tak terlalu murah sehingga kualitas yang diberikan juga cukup untuk memenuhi kebutuhan mobilitas kamu, tapi juga tak terlalu mahal dan masih bisa dijangkau oleh banyak kalangan.

Biasanya smartphone kelas menengah atau mid-end ini telah dibekali dengan fitur dan kecanggihan yang tak kalah dari smartphone mahal. Fitur-fitur di dalamnya sudah sangat cukup untuk mendukung kegiatan mobilitas kamu sehari-hari.Dari segi kualitas, smartphone kelas menengah ini tentu saja lebih baik jika dibandingkan dengan smartphone kelas pemula yang biasanya memiliki fitur terbatas dikarenakan harganya yang juga terbilang murah.

Pilihan smartphone kelas menengah pun kini sudah banyak dan beragam loh, jadi kamu bisa memiliki banyak sekali pilihan untuk menentukan produk smartphone mana yang cocok untuk kebutuhan kamu. Smartphone kelas menengah sendiri biasanya dibanderol dengan harga kisaran 2 juta hingga 3 jutaan saja.

Memperhatikan Chipset

chipset hp
Poin kedua yang wajib kamu perhatikan berikutnya saat ingin membeli smartphone baru adalah dengan memperhatikan chipsetnya. Untuk pemilihan chipset sendiri kamu bisa memilih chipset yang umum digunakan sekarang ini di pasaran, seperti chipset Qualcomn Snapdragon.

Chipset ini sendiri memiliki beberapa seri atau varian, untuk mendapatkan kinerja yang lebih baik, disarankan untuk memilih seri Snapdragon 600 atau Snapdragon 400.

Snapdragon 600 sendiri sudah banyak digunakan dan umum digunakan untuk smartphone kelas menengah,  untuk variannya sendiri ada chipset Snapdragon 625 dan snapdragron 636.

Nah kedua varian ini bisa nih, kamu jadikan pilihan saat ingin membeli smartphpne baru. Karena kedua chipset ini sendiri menawarkan kinerja yang cukup apik loh dan mirip dengan flagship smartphone. Jadi cukup lah, untuk menunjang keseharian kamu dengan smartphone terbaru.

Menentukan RAM

ram hp

Menentukan RAM menjadi salah satu hal yang wajib diperhatikan saat membeli smartphone. Tak hanya menyesuaikan chipsetnya saja, tapi kamu juga harus menyesuaikan kapasitas ruang untuk mendapatkan smartphone terbaik yang sesuai dengan kebutuhan.

Sama halnya dengan seri chipset Qualcomn Snapdragon, untuk RAM sendiri pada smartphone kelas menengah biasanya hanya didukung dengan kapasitas RAM 2 GB dan 3 GB saja. Meski spesifikasinya tidak cukup tinggi, namun terbilang cukup untuk mendukung kegiatan kamu sehari-hari.

Layar Lebar

layar hp

Sejak pertama kali dihadirkan smartphone telah mengalami banyak perubahan, mulai dari fitur hingga sisi desain yang semakin hari semakin futuristik dan elegan. Untuk desain sendiri, yang sedang menjadi hits dan paling diminati adalah smartphone dengan layar lebar.

Maka tak heran ya, jika sekarang ini dianggap sebagai eranya smartphone dengan layar besar. Sehingga yang cukup populer sekarang ini adalah smartphone dengan layar 6 inci.

Namun meski begitu pilihan layar sifatnya sesuai selera pengguna, karena tak semua orang menyukai tampilan layar smartphone yang lebar karena menganggap susah untuk dibawa kemana-mana dan lebih menyukai tampilan layar yang fleksibel.

Jika kamu salah satu orang yang tak suka tampilan smartphone dengan layar lebar, kamu bisa memilih layar smartphone dengan ukuran standart seperti 5 inci, karena sekarang ini smartphone dengan layar di bawah 5 inci sudah jarang, selain itu layar 5 inci juga terbilang tak terlalu besar dan lebih mudah untuk dioperasikan.

Memperhatikan Resolusi Kamera

kamera hp terbaik
Fungsi smartphone saat ini bukan hanya digunakan untuk keperluan komunikasi saja, namun juga untuk memenuhi kebutuhan mengabadikan moment atau swafoto, maka dari itu resolusi kamera menjadi salah satu poin yang juga wajib kamu perhatikan saat hendak membeli smartphone baru.

Apalagi sekarang ini sudah banya smartphone di kelas menengah yang memiliki kualitas kamera yang mumpuni. Jika kamu memiliki budget berkisar Rp 2 juga hingga Rp 3 jutaan, kamu sudah bisa mendapatkan kamera smartphone dengan kelas yang cukup mumpuni untuk digunakan mengabadikan moment penting.
Bahkan kini sudah banyak smartphone kelas menengah yang sudah dibekali dengan kamera ganda sehingga bisa menghasilkan foto bokeh yang tak kalah dengan smartphone mahal. Jika kamu suka membuat video kamu bisa memilih kamera smartphone yang bisa dibekali dengan fitur OIS dan memiliki kualitas 4K untuk hasil yang maksimal.

Sudah tahu kan, poin apa saja yang harus kamu perhatikan. Jangan lupa untuk membuat daftarnya dan membandingkan harga smartphone yang kamu incar di situs jual beli smartphone online, agar kamu tak mudah percaya dan tertipu pada saat membelinya.

Tips terakhir yang wajib kamu ketahui sebelum membeli smartphone adalah, telah yakin dengan pilihan smartphone yang kamu inginkan agar kamu tak mudah digiring oleh penjual smartphone untuk membeli smartphone merk tertentu yang sebenarnya tidak sesuai dengan kebutuhan atau apa yang kamu inginkan. Karena hal ini tak jarang akan membuat kamu menyesal nantinya.

Jadi jika tak ingin merasa menyesal, sebelum membeli smartphone jangan lupa untuk mengingat apa saja hal yang wajib diperhatikan saat membeli smartphone terbaru. Semoga tips ini bermanfaat ya.

loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.