Menu Tutup

5 Fitur Google Translate Yang Jarang Diketahui Orang

instan camera translation
Rating

Google Translate merupakan salah satu aplikasi milik Google yang diciptakan untuk membantu seseorang dalam mengartikan atau menerjemahkan bahasa yang tidak dimengerti ke dalam bahasa yang dikuasainya.Meski Google Transalate sendiri sebenarnya sudah tak asing lagi untuk para pengguna dan pecinta teknologi di dunia, namun ternyata tak semua orang mengetahui 5 fitur Google Transalate ini loh.

Bukan hanya tak mengetahuinya saja, banyak orang bahkan tak tahu bagaimana cara menggunakan dan fungsi dari beberapa fitur yang dihadirkan oleh Google Translate.

Padahal beberapa fitur ini memiliki kelebihan loh, yang tentunya akan membantu kamu dalam menerjemahkan bahasa asing ke dalam bahasa mu atau sebaliknya.

Terutama bagi kamu yang hobi traveling dan berkeliling ke seluruh dunia, kamu wajib mengetahui fungsi dan kegunaan dari fitur-fitur ini, tujuannya tentu saja untuk membantu kamu bertahan di tempat asing dengan bahasa yang tak kamu ketahui sama sekali.

Selain itu kamu juga bisa dengan mudah berkenalan dan menjalin hubungan pertemanan dengan penduduk lokal yang kamu temui saat bepergian ke luar negeri tanpa terhalang oleh perbedaan bahasa dengan bantuan Google Translate.

Nah, bagi kamu yang ingin benar-benar memaksimalkan aplikasi ini, kamu harus mengetahui fitu-fitur apa saja yang ada di Google Translate beserta fungsinya. Berikut ini nih, penjelasannya. Simak yuk!

Google Translate Offline

Sebagian besar pengguna Google Translate pasti tak pernah tahu dengan fitur ini ya kan. Karena memang tak banyak yang tahu loh, jika Google Translate bisa digunakan secara offline sehingga bisa menghemat penggunaan kuota.

google tranlate offline

Nah, fitur ini sangat cocok banget deh bagi kamu yang suka berpetualang ke seluruh dunia dan membutuhkan Google Translate untuk menterjemahkan bahasa yang tak kamu mengerti ketika mengunjungi sebuah daerah baru yang masih asing untukmu.

Khusus buat kamu yang suka menggunakan bantuan Google Transalte pada saat liburan ke luar negeri atau sekadar bepergian, ada baiknya jika kamu mengunduh terlebih dahulu bahasa utama yang digunakan pada negara yang akan kamu tuju.

Kemudian dengan cara ini, kamu bisa menghemat paket data, atau juga bisa digunakan sebagai jaga-jaga apabila di negara tersebut sulit menemukan akses internet atau bahkan tak memiliki akses internet yang stabil.

Untuk menggunakan fitur ini, kamu bisa mengklik menu kemudian memilih Offline translation. Pilih dan klik bahasa yang hendak kamu gunakan. Ternyata caranya cukup mudah ya, dan bisa dijadikan sebagai pertolongan pertama saat berada di negeri asing yang tak kamu kenal sama sekali.

Karena kamu kan, tidak pernah tahu apakah tempat yang kamu kunjungi tersebut memiliki koneksi internet atau tidak. Cocok nih, buat berpetualang ke pelosok dunia sekalipun.

Type to Translate

Fitur yang satu ini juga dijamin belum banyak yang mengetahuinya. Sebagian besar orang hanya berpikir jika Google Translate hanya memiliki kemampuan untuk menterjemahkan bahasa asing ke bahasa yang kamu gunakan atau pun sebalikya.

type to translate

Padahal Google Translate bisa melakukan lebih dari itu. Salah satunya ya fitur ini. Fitur yang sesuai dengan namanya ini sebenarnya merupakan fitur utama dari Google Translate yang memiliki kemampuan untuk mengetik sesuatu sekaligus menterjemahkannya ke dalam bahasa lain yang kamu inginkan.

Pada saat kamu baru membuka aplikasi ini, kamu akan menemukan bahasa yang diketik di sebelah kiri sementara yang berada di sebelah kanan merupakan hasil dari kalimat yang telah kamu terjemahkan. Oh, jadi begitu ya rupanya.

Write to Translate

Fitur ini merupakan salah satu fitur terkeren dari Google Translate, karena jika dulu kamu hanya harus mengetik kalimat atau kata yang ingin kamu terjemahkan kan, sekarang ada fitur yang memungkinkan kamu untuk menuliskan kalimat atau kata yang ingin kamu terjemahkan ke bahasa yang kamu inginkan.

write o translate

Karena kini Google Translate telah memiliki fitur yang bisa digunakan untuk mendeteksi tulisan tangan penggunanya untuk kemudian diterjemahkan ke dalam bahasa yang inginkan.

Untuk menggunakan fitur ini, caranya cukup mudah kok. Kamu bisa bisa membuka aplikasi Google Translate kemudian Tap menu Handwriting, lalu kamu bisa menulis kata atau pun kalimat yang kamu inginkan untuk diterjemahkan ke bahasa yang kamu mau. Mudah loh ya, caranya.

Speak to Translate

Terkadang banyak hal yang bisa saja terjadi ketika kamu dalam sebuah perjalan di tempat yang asing. Untuk itu Google Translate sudah menyiapkan fitur-fitur yang akan memudahkan kamu pada saat ingin menterjemahkan sebuah bahasa ke dalam bahasa yang kamu inginkan.

speak to translate

Nah, salah satunya ya dengan fitur Speak to Translate ini loh. Kalau kamu merasa cukup sulit dan tak bisa menuliskan kata atau kalimat yang ingin kamu terjemahkan karena tak yakin dengan ejaannya yang benar, maka kamu bisa loh menggunakan fitur ini.

Yup, fitur penerjemah suara. Kamu cukup merekam suara kamu untuk diterjemahkan ke dalam bahasa yang kamu mau, fitur ini sangat cocok digunakan pada saat bercakap-cakap dengan orang asing karena Google Translate akan secara langsung menterjemahkan bahasa yang kamu gunakan ketika melakukan percakapan dengan lawan bicara yang berbicara dengan bahasa berbeda dan tentunya tak kamu mengerti.

Untuk menggunakan fitur ini kamu cukup mengklik ikon Conversation yang terletak pada bagian bawah aplikasi. Mudah ya, jadi sekarang kamu sudah bisa tuh ngobrol sama orang asing meski bahasa yang kalian gunakan berbeda. Seru.

Instant Camera Translation

Tak bisa dipungkiri Google Translate memang memiliki fitur yang cukup lengkap, karena tak hanya sanggup menerjemahkan bahasa asing melalui tulisan dan suara saja, Google Translate juga dibekali dengan fitur teks bahasa asing yang mengandalkan kamera dari smartphone kamu.

instan camera translation

Untuk menggunakan fitur ini yang harus kamu lakukan cukup dengan mengarahkan kamera smartphone kamu pada teks yang ingin kamu terjemahkan.

Kemudian ikuti saja instruksi yang diberikan oleh aplikasi dan tulisan yang sulit serta tak bisa kamu mengerti pun bisa dengan mudah kamu mengerti kan.

Jadi kalau lagi jalan-jalan ke luar negeri kamu tak harus tersesat karena salah saat membaca papan penunjuk arah.

Dari ke lima fitur Google Translate yang sudah disebutkan di atas, adakah yang belum kamu tahu. Jika ada, coba deh sekarang kamu buka aplikasi Google Translate mu dan coba menggunakan fitur yang sudah disebutkan di atas.

Sehingga kini perbedaan bahasa bukan lagi menjadi hal yang menakutkan dan menghalangi mu untuk pergi ke tempat yang kamu inginkan dan menjalin persahabatan dengan orang asing, meski memiliki perbedaan bahasa.

Semoga dengan penjelasan mengenai fitur Google Translate yang tidak banyak diketahui di atas, bisa menambah pengetahuan kamu dan nantinya bisa memanfaatkan fitur-fitur yang diberikan oleh Google Translate sehingga akan memudahkan kamu yang hendak mengunjungi tempat asing dan tidak begitu menguasai bahasanya. Selamat mencoba.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.