Menu Tutup

20 Nostalgia kebahagiaan mainan anak 90an

Tidak salah memang kalau banyak orang bilang generasi bahagia adalah generasi anak anak kelahiran tahun 80- 90 an. Generasi yang pada saat itu sama sekali belum mengenal gadget.

Karena memang pada saat itu teknologi belum seperti sekarang ini, hanya orang orang menengah ke atas yang bisa memiliki.

Tapi kebahagiaan, semangat kebersamaan, canda tawa semua terasa jauh lebih indah ketika kita teringat masa lalu itu

Berikut dunia 1001 ingin berbagi gambaran sambil bernostalgia bersama keindahan anak anak 90an yang hampir tak mungkin anak anak sekarang bisa merasakan kebahagiaan itu.

20 nama permainan anak 90an

  • Yoyo dari kayu

Kalau anak sekarang sih yoyo dari plastik,kalau kita dulu bikin sendiri dari kayu

Ketika kita kecil dulu, kita sudah terbiasa memainkan permainan ini. Yoyo pada zaman itu terbuat dari kayu.

Walaupun banyak yang menjualnya, tapi kita lebih senang dan biasa membuat Yoyo sendiri. Selain bebas membentuk ukuran sesuai keinginan, ada rasa kepuasan tersendiri.

Biasanya kita mencari kayu yang ringan dan tidak keras saat di bentuk Yoyo. Saya sendiri biasanya menggunakan kayu waru atau randu.

Untuk talinya kita menggunakan apa saja yang ada seperti bekas benang bangunan atau benang jahit pada kantong semen. Waaah senang sekali berkumpul bersama teman teman bermain yoyo rame rame

  • Layang layang Elang

Kalau anak sekarang main layang layang biasa, kalau kita dulu layang layangnya macem macem biki sendiri lagi.

Layang layang pada jaman saya kecil beraneka ragam bentuknya. Ada layang layang biasa tanpa ekor, kita juga senang menerbangkan layang layang biasa yang di beri ekor panjang menggunakan kertas di potong sekitar lebar 5 cm yang di sambung hingga panjang

Ada juga layang layang Elang yang bentuknya juga bermacam macam. Seperti permainan jadul lainya, kita juga lebih senang membuat layang layang sendiri.

Membuat layang layang sangat mudah baik layang layang biasa maupun layang layang Elang. Untuk arku biasanya kita menggunakan bambu, jika tidak ada kertas spon kita juga biasa membuatnya menggunakan kantong plastik bekas

Dulu layang layang bukan untuk mengadu dengan layang layang lainya. Tetapi mengadu siapa yang paling tinggi menerbangkanya.

Berlarian di tanggul sawah, tanah lapang, atau di jalan perkebunan dataran tinggi adalah kebiasaan kami saat menerbangkan layang layang.. Oh bahagianya..

  • Main bola di sawah kering

Kalau ga pake bola plastik , kita biasa pake bola bekas yang tinggal karetnya doang.

Saat musim kemarau, selain bermain layang layang kita juga sudah biasa bermain sepak bola di sawah yang menegring.

Bermain bola di sawah kering biasanya dimulai sore hari sampai menjelang magrib tiba. Bersama teman teman kecil, kita bergembira berteriak bebas lepas tanpa batas.

  • Lompat tali karet

Talinya dari karet gelang yang di susun rapi menjadi sambungn yang panjang. Anak 90 an pasti tau maian apa saja yang menggunakan karet gelang ini banyak sekali kan.. bagaimana dengan anak sekarang?

Karet gelang ini sebenarnya bisa di gunakan untuk banyak permainan, selain di sambung sambung untuk membuat permainan lompat tali

Permainan lompat tali ini biasa melibatkan anak anak perempuan maupun laki laki. Semuanya boleh ikutan dan bergembira bersama

Selain untuk lompat tali, kita biasa memanfaatkan karet gelang untuk mengadu atau taruhan. Misalnya dalam istilah kita adalah, incer, deplukan, sulap sulapan dan adu karet lainya

Permainan incer adalah mengumpulkan karet gelang dari semua pemain, kemudian ambil beberapa karet untuk mengikat dan menembakan dengan jari telujuk ke  patok/ tiang dengan tinggi sekitar 15 cm dari jarak yang di tentukan.

Jika karet yang terikat masuk ke tiang patok tersebut maka dialah pemenangnya dan berhak memiliki karet tersebut.

Cara memainkanya bisa di pentalkan ke tanan terlebih dahulu, atau bisa langsung mengincar ke ujung tiang patok tersebut

Permainan ini bisa di ikuti banyak orang dan nantinya di tentukan giliranya dengan hompimpah terlebih dahulu.

Terkadang pemain urutan terakhir tidak sempat memainkan karena sudah ada pemenangnya di awal bahkan jika sudah ahli no urut pertama langsung memenangkanya

Kita bisa menghabiskan beratus ratus karet karena kalah terkadang juga bisa memenangkan sampai ribuan karet. Kalah atau menang kita tetap merasakan senang saat itu

  • Ketapel

Wah.. dulu kita sepulang sekolah rame rame ke kebon nembakin burung pake ketapel gini hihihi...

Di saat saat terntu kita juga biasa mencari burung ke kebun kebun. Dulu kita tahu hitangan kapan banyak anak burung yang baru keluar sarang.

Saat kekebun kita tidak lupa membawa ketepel yang merupakan satu satunya alat untuk menembak burung saat itu.

Menggunakan ketepel untuk menembak membutuhkan konsentrasi. Biasanya kita menggunakan ketepel untuk menembak sarang burung yang sangat tinggi dengan mengarahkan pelornya ke batang yang terdapat sarang burung.

Atau kita biasa langsung menembakan pelor ketepel ke burung yang agak besar, tupai, dan lain lainya

  • Gasing

Bener gak yah... waduh hampir lupa nama mainan yang satu ini ...biar bunyi biasanya kita bikin dari bambu dan di kasih lubang kecil.

Anak 90an pasti tau yang namanya gasing. Salah satu permainan jadul yang cara memainkanya di gulung dengan tali kecil dan melepaskan dengan cepat supaya berputar di lantai atau tanah

Kalau di tempatku, gasing tidak hanya terbuat dari kayu saja. Tetapi kita juga biasa membuat menggunakan bambu.

Gasing yang di buat menggunakan bambu akan di tambah lubang di bagian tengahnya. Agar ketikan berputar, gasing dari bambu mengeluarkan suara yang nyaring medari lubang tersebut.

  • Ular Tangga

Wah rame nih kalau mainya banyakan... pokoknya berisik abis deh..

Permainan ular tangga mungkin sampai sekarang masih ada walaupun hanya sedikit anak anak yang memainkanya.

Saat tidak bisa keluar rumah untuk bermain karena hujan deras, permainan ular tangga menjadi alternatif pilihan bermain bersama teman teman kecil

  • Ular naga

Sambil bernyanyi nyanyi bersama,saling pegang dari belakang sampai panjang...hmmm kangen.

Permainan yang satu ini biasanya kita lakukan saat terang bulan di malam hari. Dipekarangan rumah yang agak luas, permainan ini cukup menghibur hari kala itu.

Bulan dan bintang menjadi saksi kebahagian kami di bawah cahaya temaram dengan nyanyian riang kami beramai ramai

  • Semprotan air

Terbuat dari bambu wulung panjang,di buat semacam pompa sepeda,yang jika ditarik akan menyedot air dari ujungnya yang di lubangin kecil,lalu di dorong agar menyemprot jauh dan kita tembakan ke temen temen lalu kira saling serang.

Semprotan air adalah alat perang perangan kami jaman itu. Menggunakan pohon bambu wulung, kita biasa membuatnya bersama teman teman kecil

Batang bambu kecil kini kita buat sedemikian rupa hingga fungsinya menyerupai pompa. Jadi saat di tarik sambil di celupkan di air, maka maka air akan tersedot kedalam bambu.

Kemudian kita dorong pompanya agar air menyemprot dari bagian ujungnya yang sudah kita beri lubang kecil

Berbasah basahan bersama teman teman jika sudah saling serang dengan semprotan air ini. Setelahnya kita mandi di kali beramai ramai.

  • Petak Umpet.

Biasanya kita mainkan sehabis ngaji atau saat bulan purnama. Macam macam aturan yang kita buat kemudian kita mainkan sesuai persetujuan sebelum bermain.

Saat purnama kembali muncul memancarkan cahaya temaramnya, petak umpetpun kembali menjadi permainan yang mengasyikan selepas mengaji.

Laki laki dan perempuan berkumpul mengikuti permainan ini. Semua boleh ikut.

Kita memilki banyak jenis dan aturan untuk permainan ini. Namun kita akan memainkan jenis petak umpet sesuai persetujuan semuan anak anak

  • Pelepah pinang.

Mungkin mainan tradisional ini jarang orang tau selain di kampung kampung yang ada pohon pinang,Kita dulu suka main ini. Satu menarik,satu duduk di pelepah pinang begitu seterusnya bergantian

permaian pelepah pisang

Biasanya saya bermain dengan adik adik saya menggunakan pelepah pinang yang di dapat dari pohon pinang di belakang rumah.

Kita akan saling tarik secara bergantian berkeliling halaman rumah.

  • Bledugan (meriam bambu)

Waduh gak tau apa nama main ini di tempatmu.. Ramainya kalau bulan puasa sampil nunggu buka puasa selepas pengajian sore atau setelah Tarawih, saling bersahut sahutan.wow asyik...

Saat bulan puasa, meriam dari bambu adalah permainan menyenangkan sambil menunggu waktu berbuka puasa saat itu.

Dari rumah masing masing ataupun kelompok masing masing masing kita saling bersahut sahutan membunyikan smeriam bambu ini

  • Senapan bambu.

Bentuk dan cara mainya seperti semprotan air, bedanya yang ini pelurunya pakai buah buahan yang kecil kecil, di tempatku namanya buah kandri.. Tembakanya lumayan jauh, asyik buat main perang tembakan..

Senapan bambu juga menjadi salah satu alat perang perangn kita waktu kecil. Membuat senapan mambu sangat mudah karena hanya memotong bambu agar berlubang dari ujung ke ujung yang lainya.

Alat penembaknya juga menggunakan bambu yang di bentuk seperti lidi agar masuk ke dalam bambu tersebut

Peluru yang kita gunakan adalah buah kandri yang akan kita masukan ke dalam lubang tersebut. Jika tidak musim buah kandri ini, kita bisa menggunakan daun daunan yang di di remas membentuk bulat

Sundamanda (engklek)

Waduh ...Ga tau ditempatmu apa namanya, mungkin hanya di tempatku namanya sundamanda.

Ditempat saya permainan ini namanya sundamanda. Tapi pada umumnya orang mengenal nama permainan anak 90 ini dengan istilah engklek.

Saya tidak tahu persis mengapa dinamakan sundamanda dikampungku. Apakah karena permainan ini berasal dari Sunda ( Jawa Barat). Entahlah

Tapi yang pasti permainan ini juga bisa menghibur kami saat itu. Permainan ini juga biasa kami mainkan dehalaman rumah bersama anak perempuan dan laki laki

  • Tekel lele

Ini juga namanya macem macem,ada yg nyebut tikel balung.. wah ga tau deh di tempatmu

Di kampungku nama permainan ini adalah pecakj lele. Tapi kelihatanya di tiap tiap daerah nama permainan ini berbeda beda.

Permaian ini cukup menyenangkan. Karena permainan ini memiliki hitungan, untuk memenangkan, perlu ketrampilan, dan keakuratan untuk mendapat nilai yang banyak

  • Ban Bekas.

Cuma guling gulingkan ban bekas, tapi keceriaanya mungkin takan pernah kamu rasakan.

Saat tidak banya kawan, ban bekaspun bisa kita jadikan mainan. Dengan mendorong agar menggelinding di jalanan dan saling mengejar satu dan yang lainya

  • Mandi di kali.

Mungkin ini salah satu favorit kita dulu,ya... mandi di kali rame rame di bendungan kecil, bahkan nggak jarang masih pake seragam sekolah langsung nyebur aja.

Mandi dikali memang sangat mengasyikan. Apalagi jika sungai tempat permain memiliki curug yang kecil dan ada lingkaran kedalaman air.

Kali di kampung kami dulu sangat jernih. Berbagai atraksi kita tunjukan beramai ramai di dalam air yang mengalir jernih. Memang menyenangkan

  • Kapal kapalan

Kapal kapalan ini bisa berjalan sendiri dan berbunyi ... muter muter di atas baskom besar berisi air.

 

Untuk permainan yang satu ini memang kita tidak tidak membuat sendiri. Biasanya kita memebli di pasar.

Permainan kecil yang cukup menghibur bersama teman teman yang sering di lakukan di kolam buatan ataupun di baskom emak.

  • Main kelereng

main kelereng rame rame asyik... sampe lupa waktu.

Bermain kelereng sampai saat ini masih ada yang memainkan. Walaupaun mungkin tidak menyeluruh seperti saat kita jaman dahulu.

Bermain kelereng mungkin salah satu permaina  jadul yang cukup menghibur hingga saat ini. Karena permainan ini juga butuh ketepatan, akurasi dan feeling yang bagus

  • Gobak sodor

Jika purnama datang kita berkumpul dilapangan,banyak mainan yang bisa kita mainkan salah satunya gobak sodor

Itulah 20 nostalgia mainan kita dulu anak anak 90 an.Sebetulnya masih banyak mainan kita dulu,ya... kapan kapan kita lanjutkan di nostalgia part 2.

Kebahagiaan abadi yang tak pernah di rasakan oleh anak anak sekarang,saya yakin anak anak 90 an tidak ingin melupakanya. Kita semua ingin kembali ke masa itu. kangen.... masih terbayang jelas saat saat itu...

Artikel Terkait :

Kamu mau nambahin tentang permainan kamu dahulu?... silahkan...

Sumber Gambar : Google Search

Rating

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

cerita cinta

Punya uneg uneg tentang Cintamu? Yuk berbagi disini tentang cerita kisah cintamu. Tuliskan cerita dan pengalaman perjalanan cintamu yang tak terlupakan, kisah cinta yang mengharukan, ataupun kisah cintamu yang paling gokil

Caranya mudah:

Kamu bisa menulis langsung di blog ini

     

Mengirimkan tulisan lewat email

info@dunia1001.net

Kita tidak tahu kapan kekasih sejati itu datang...Tapi orang bilang kalau jodoh itu adalah sesuatu yang bisa datang tanpa disengaja